Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Cara Melupakan Cinta Pertama yang Selalu Terbayang

10 Cara Melupakan Cinta Pertama yang Selalu Terbayang

Ditulis oleh

Cinta pertama biasanya memiliki caranya sendiri untuk tinggal di hati kita. Mungkin karena sosok itulah yang pertama kali mengenalkan perasaan yang tidak bisa dijelaskan, tapi mudah untuk dimengerti, dan sulit dilupakan. Dia lah yang pertama mengajarkan cinta, perasaan yang saling terbalas, rasa aman, dan perasaan bahagia. Wajar, jika Anda merasa stuck pada sang cinta pertama.

Jarang ada orang yang berhasil pada kisah cinta pertama, jadi Anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri, atau menyalahkan sosok dia yang telah pergi. Tapi, jika Anda terus kepikiran dengan sosok cinta pertama dan membuat Anda larut dalam kesedihan.. itu bukanlah hal yang bagus. Anda harus move on, kehidupan tidak akan menunggu Anda.

Jika Anda tidak ingin tertinggal karena terus terpuruk memikirkan masa lalu, mari lupakan sosok first love dengan 10 cara melupakan cinta pertama versi Bacaterus berikut ini:

10 Cara Melupakan Cinta Pertama

1. Buang Pikiran yang Tidak Realistis

Buang Pikiran yang Tidak Realistis

Cinta pertama biasanya menjadi angan terindah setiap orang. Tidak jarang orang berpikir untuk membuat cinta pertama mereka menjadi selamanya. Tapi, jika takdir berkata lain, Anda harus menerimanya.

Anda juga harus membuang semua pikiran tidak realistis di otak Anda, seperti “Aku tidak akan menemukan cinta yang lain”, atau “Aku tidak akan pernah jatuh cinta lagi”, apalagi “Aku tidak akan bisa bahagia kalau bukan dengannya”.

Buang semua pikiran konyol itu dari otak Anda. Selaras dengan bergeraknya bumi, percayalah bahwa waktu akan menyembuhkan luka Anda. Dan pada akhirnya Anda pun mengerti, bahwa semua rasa sakit yang pernah Anda alami bukanlah sebuah kesialan, melainkan suatu ujian untuk memperkaya hati Anda.

2. Singkirkan Hal yang Berkaitan Dengannya

Singkirkan Hal yang Berkaitan dengan Cinta Pertama

Menyimpan barang pemberian cinta pertama, menyimpan text message, hingga menyimpan foto bersama si dia merupakan “racun” di kehidupan Anda.

Jika Anda ingin terus maju, cara melupakan cinta pertama adalah dengan membuang semua benda yang berkaitan dengannya. Baru, setelah itu Anda akan jadi lebih siap untuk “membuang” dirinya dari pikiran Anda, karena Anda tidak akan terdistraksi oleh benda-benda yang bisa membuat Anda rindu padanya.

3. Fokus Pada Masa Sekarang

Apa yang sedang Anda lakukan sekarang? Belajar? Bekerja? Berlatih menari? Kursus piano? Apa pun itu, fokuskan diri Anda pada masa yang sedang Anda jalani sekarang, bukan pada kenangan masa lalu bersama dengannya. Justru dengan absennya percintaan, Anda jadi lebih bisa fokus pada passion, keluarga, teman, hobi, dan pekerjaan Anda.

Anda bisa juga mencari hobi baru, seperti berolahraga, memancing, melukis, menulis, apa pun itu yang membuat Anda bahagia. Hobi dan kegiatan baru dapat membuat memori baru juga, sehingga memori lama tentangnya bisa terkikis. Lalu, selagi Anda menikmati kehidupan Anda yang sekarang, mungkin saja Anda tidak sadar kalau Anda telah melupakan dia.

4. JANGAN Kepo

JANGAN Kepo

Kepo merupakan penyakit yang sering disangkal tapi ada pada banyak orang. Bawannya ingin tahu terus update-an terbaru dari sang mantan terindah, padahal Anda dan dirinya sudah lama juga berpisah. Anda mungkin akan stalking media sosial sang cinta pertama, atau bahkan parahnya sampai stalking di dunia nyata. Memangnya apa yang akan Anda dapatkan dengan melakukan itu?

Yang ada, jika Anda kepo, Anda malah semakin sakit hati dan terpuruk ketika mengetahui si dia telah lebih bahagia tanpa Anda. Mungkin saja si dia telah ada gebetan baru, atau si dia menjadi semakin sukses, atau dia bersenang-senang bersama temannya.

Lalu, apa yang akan Anda lakukan sekarang? Tidak kesal melihat dia bisa hidup bahagia tanpa Anda, sedangkan Anda jatuh terpuruk? Makanya, berhenti stalking, dan move on sekarang juga.

5. Menyayangi Diri Sendiri

Mulailah untuk menyayangi dan menghargai diri sendiri. Akan sulit untuk berpikir positif dan move on jika Anda masih tidak peduli pada diri sendiri. Tidur yang cukup. Makan yang enak. Jalan-jalan. Belanja. Perawatan wajah. Lakukan semua hal yang membuat Anda merasa senang. Berikan diri Anda me time agar muncul pemikiran kalau Anda itu berharga.

6. Berhubungan Intens dengan Kerabat

Cara melupakan cinta pertama yang selanjutnya adalah dengan berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang terdekat lainnya. Mungkin akan sulit untuk maju ke depan sendirian. Dengan bantuan dan dukungan dari orang tersayang, Anda pasti bisa melalui masa sedih ini dengan cepat.

7. Mendengar/Membaca Cerita Inspirasional

Mendengar/Membaca Cerita Inspirasional

Cara melupakan cinta pertama yang lainnya adalah dengan membaca, mendengar, atau menonton acara atau cerita inspirasional. Dengan mendengarkan cerita orang, apalagi yang ceritanya mirip seperti jalan cerita Anda, bisa muncul pemikiran baru tentang sisi lain dari perpisahan dengan sang cinta pertama. Anda bisa menarik kesimpulan dari cerita-cerita yang telah Anda dengar dan mengambil hikmahnya.

Dengan mendengarkan cerita yang inspiratif, jalan pikiran Anda akan lebih terbuka luas. Lama kelamaan Anda pun akan menyadari kalau perpisahan itu adalah hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapa saja.

Lalu, tanpa sadar Anda telah ikhlas, dan bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik di masa depan. Siapa tahu nanti Anda malah ada di posisi inspirator yang memberi semangat pada orang-orang yang patah hati seperti Anda dulu.

8. Sadari Kalau Tidak Ada yang Spesial Darinya

Sadari Kalau Tidak Ada yang Spesial Darinya

* sumber: lovemybrit.com

Mungkin ini teknik cara melupakan cinta pertama yang paling menyebalkan karena terkesan “sombong”. Tapi, percayalah kalau cara ini sangat ampuh. Dengan menaikkan “standar” Anda, si cinta pertama bisa saja jadi terlihat tidak menarik lagi.

Jika si dia itu orang yang cuek, coba dipikir-pikir lagi oleh Anda, sebenarnya dulu waktu pacaran dengan dia Anda tidak pernah dipedulikan. Lalu, buat apa Anda bergulung pada masa-masa dulu saat Anda dicuekin? Jadi, naikkan lah standar Anda mulai dari sekarang.

9. Nikmati Kenangan Masa Lalu

Nikmati Kenangan Masa Lalu

Setelah Anda semakin dewasa dan bijaksana, Anda pasti bisa menjadikan memori masa lalu menjadi hal yang indah ketika diingat. Nikmatilah kenangan itu. Dengan begitu, Anda tidak perlu benci dan menghapus memori tentang mantan Anda, bukan?

Tidak apa-apa Anda terus teringat masa-masa bersama cinta pertama. Asal, jadikan kenangan itu sebagai refleksi untuk di masa mendatang, dan terima lah kalau hubungan Anda dengannya telah selesai.

10. Maju ke Depan

Cara melupakan cinta pertama yang terakhir adalah dengan mengejar ambisi Anda yang lebih besar dari sekedar hobi dan iseng-iseng saja.

Ketika merasa sedih dan kehilangan, orang cenderung menjadi tidak peduli pada kehidupannya sendiri. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Kejar terus ambisi Anda. Apa yang Anda mau? Lulus sarjana? Naik pangkat? Punya perusahaan sendiri? Semua pasti bisa dilakukan jika Anda mau move on dan terus berusaha.

Ya, itulah sepuluh cara melupakan cinta pertama versi Bacaterus. Orang cenderung menjadi terpuruk dan mengeluarkan sistem defence yang membuatnya menjadi apatis ketika sedang patah hati. Padahal semua itu tidak ada gunanya selain hanya menyakiti diri Anda dan orang-orang yang menyayangi Anda. Ingatlah, kegagalan bukanlah akhir dari dunia. Yuk, move on.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment