Bacaterus / Daging Ayam / 4 Cara Melunakkan Daging Ayam yang Mudah Dilakukan

4 Cara Melunakkan Daging Ayam yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2019

Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk hidangan yang lebih lezat maka Anda perlu mengetahui beberapa cara mudah melunakkan daging ayam ini. Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat terhindar dari hidangan daging ayam yang sulit dimakan.

Tidak hanya menjadi lembut, menggunakan metode-metode melunakkan daging ayam di bawah ini juga dapat menghasilkan daging yang juicy dan lezat. Berikut adalah empat cara melunakkan daging ayam dengan mudah tanpa membuat tekstur dan rasanya hancur.

1. Menggunakan Alat Pelunak Daging

Alat pelunak daging tersedia secara komersial di pasaran. Alat ini biasanya terbuat dari bahan metal atau kayu. Jika belum memiliki pelunak daging, Anda masih dapat memanfaatkan peralatan dapur lainnya seperti ulekan kayu atau batu dan palu (harus dalam keadaan bersih). Untuk alasnya sebaiknya gunakan talenan kayu.

Cara melunakan daging ayam dengan pelunak daging cukup mudah. Bagian kepala pelunak daging biasanya dibuat bergerigi agar daging yang ditumbuk menjadi lebih empuk.

Hanya saja alat ini hanya cocok digunakan untuk melunakkan daging ayam tanpa tulang. Jadi, hindari melunakkan daging ayam bertulang dengan alat ini jika tidak ingin proses memasak jadi berantakan. Jika ingin tetap memakainya, pisahkan daging ayam dari tulangnya terlebih dahulu sebelum ditumbuk. Berikut adalah langkah melunakkan daging ayam dengan pelunak daging.

  • Bungkus daging ayam (ingat ya, tanpa tulang) yang akan ditumbuk dengan plastik bening agar proses pelunakan berjalan dengan baik.
  • Tempatkan daging di atas talenan kayu, lalu tumbuk permukaan daging secara merata.
  • Bolak-balik daging agar tumbukan merata.
  • Hindari menumbuk terlalu keras karena bisa menghancurkan daging dan teksturnya.

2. Menggunakan Marinade

* sumber: cookwithlars.com

Contoh marinade yang biasa digunakan untuk melunakkan daging ayam adalah marinade yogurt plain/tawar dan marinade buttermilk. Melunakkan daging ayam dengan marinade atau rendaman adalah cara yang bagus untuk menjaga daging tetap empuk dan juicy. Selain itu, marinade juga dapat menambah banyak rasa pada daging ayam.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Baik buttermilk dan yogurt tawar mengandung enzim dan asam yang bekerja sama memecah protein di dalam daging ayam. Setelah proteinnya dipecah, daging ayam akan menjadi lunak dan siap diolah menjadi hidangan yang diinginkan. Berikut adalah cara melunakkan daging ayam dengan marinade buttermilk atau yoghurt tawar.

  • Siapkan wadah yang memiliki penutup.
  • Potong daging ayam sesuai keinginan dan direkomendasikan untuk melepas bagian kulitnya (sudah dibersihkan).
  • Masukkan daging ayam ke dalam wadah dan tambahkan buttermilk atau yoghurt hingga menutupi seluruh bagian daging ayam.
  • Tutup rapat dan letakkan di dalam kulkas selama minimal 1 jam. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa menyimpannya selama 24 jam.
  • Jika proses ini sudah selesai, daging ayam siap dimasak sesuai dengan keinginan (Anda dapat meniriskan daging ayam hasil rendaman sebentar untuk menghilangkan cairannya).

Yoghurt mungkin mudah didapat di warung-warung, tetapi buttermilk tidak. Nah, jika Anda tidak memiliki buttermilk di rumah, Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan dapur yang ada. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Siapkan 2 sendok makan cuka (30 ml) dan 1 gelas susu (susu murni atau rendah lemak).
  • Campurkan kedua bahan ini dan aduk hingga merata. Biarkan kedua bahan ini bersatu selama 5 hingga 30 menit hingga menggumpal.
  • Gunakan langkah di atas untuk mulai melunakkan daging ayam dengan buttermilk handmade ini.

Jika ingin yang lebih alami, Anda dapat menggunakan marinade buah-buahan untuk melunakkan daging ayam. Marinade buah yang cukup populer adalah campuran kiwi, nanas, dan mangga yang sudah dihaluskan. Cukup aduk campuran ketiga buah ini dengan daging ayam lalu simpan di dalam kulkas selama 1 jam.

3. Menggunakan Baking Soda

*Sumber: https://www.pinterest.com/shellscsu/

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk melunakkan daging ayam. Kok bisa? Baking soda yang dicampur dengan air pada dasarnya akan meningkatkan tingkat Ph permukaan daging ayam.

Tingkat Ph yang lebih tinggi akan mempersulit protein dalam daging untuk terikat bersama. Jadi, setelah Anda merendam daging ayam dalam campuran soda kue dan air hanya selama 15 menit, daging ayam bisa lebih lunak dan siap dimasak sesuai dengan resep yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Potong-potong daging ayam yang ingin dilunakkan (sudah dibersihkan)
  • Siapkan wadah yang cukup untuk memuat seluruh potongan daging ayam.
  • Campurkan 3 sendok makan soda kue dengan 1,5 gelas air di dalam wadah yang sudah disediakan.
  • Masukkan potongan daging ayam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Angkat daging ayam dari rendaman dan cuci kembali menggunakan air bersih.
  • Masak ayam sesuai keinginan.

4. Memasaknya Lebih Lama

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Tanpa harus menggunakan bahan-bahan dapur di atas, daging ayam juga dapat dilunakkan dengan cara memasaknya dalam jangka waktu yang cukup lama (hingga belasan jam). Metode ini mungkin bisa disebut dengan memasak lambat untuk memecah protein daging ayam secara perlahan selama beberapa jam.

Selain memungkinkan daging ayam memiliki rasa yang luar biasa, memasak dengan metode ini adalah cara termudah untuk menghasilkan daging ayam yang lembut dan juicy. Berikut adalah beberapa metode memasak lambat yang bisa Anda coba untuk melunakkan daging ayam.

  • Merebus: Daging ayam bisa cepat lunak dengan cara merebusnya selama beberapa jam. Memasak daging ayam dengan cara ini sudah sangat populer karena daging benar-benar bisa dilunakkan.
  • Memanggang: Metode memasak ini juga bisa dipakai untuk melunakkan daging ayam. Cukup bumbui daging ayam dan panggang hingga matang.
  • Menggoreng: Cukup panaskan 1 sdm minyak di atas wajan menggunakan api yang kecil dan goreng daging ayam yang sudah dibumbui selama beberapa waktu hingga cukup lunak untuk disantap (daging ayam perlu dibulak-balik selama proses memasak dengan cara ini agar seluruh bagiannya matang).
  • Memasak menggunakan slow cooker dan pengasap (smoker) juga dapat melunakkan daging ayam.

Harap diingat untuk tidak memasak daging ayam terlalu lama atau berlebihan. Jika hal ini terjadi, daging ayam bisa rusak dan tidak dapat dimakan. Cara ini membutuhkan sedikit pengalaman agar dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak agar daging ayam menjadi lunak.

Jika Anda baru mencoba hal ini, Anda dapat memastikan tingkat kematangan daging ayam dengan memeriksa suhu internalnya. Anda bisa menggunakan sebuah termometer untuk mengetahui suhu bagian dalam daging ayam. Sebagian besar potongan daging ayam membutuhkan suhu internal setidaknya 74 derajat Celcius untuk tingkat kematangan yang cukup.

Jika proses memasak di atas sudah selesai, sebaiknya diamkan dulu daging ayam selama 5-10 menit sebelum dipotong-potong atau disantap. Hal ini berguna agar protein dan sarinya menyebar kembali keseluruh bagian daging ayam sehingga rasanya lebih lezat. Pastikan untuk membungkus daging ayam menggunakan aluminium foil selama proses mendiamkan.

Nah, itulah beberapa cara melunakkan daging ayam dengan mudah yang dapat menghasilkan hidangan daging ayam yang mengesankan. Baca juga informasi tentang daging lainnya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar