Bacaterus / Serba Serbi / Cara Melipat Sprei Karet Sudut dengan Mudah dan Cepat

Cara Melipat Sprei Karet Sudut dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Adanya sprei yang menempel pada tempat tidur Kamu adalah salah satu alasan mengapa kamu bisa tidur dengan nyaman. Ya, seperti yang kita tahu, sprei berfungsi untuk menutupi tempat tidur kita agar terlihat lebih rapi serta nyaman digunakan saat tidur.

Sprei sendiri biasanya terbuat dari bahan kain tertentu, seperti linen, katun, rayon, satin, sampai sutera. Jika dibedakan berdasarkan jenisnya, kain sprei terdiri dari dua jenis, yakni sprei rata atau flat sheet dan sprei dengan karet di ujungnya atau fitted sheet.

Nah, tenyata untuk melipat sprei ini ada caranya tersendiri, terutama untuk sprei berjenis fitted sheet yang agak sedikit tricky. Kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai 3 cara melipat sprei karet sudut atau fitted sheet dengan mudah, beserta tips untuk menjaga agar sprei tetap rapi dan tidak kusut. Selain itu, Bacaterus juga akan membagikan informasi mengenai tips mencuci sprei agar warna sprei tidak luntur dan tetap awet.

Cara Melipat Sprei Karet Sudut

1. Angkat Sprei dengan Tangan

sprei1 (Copy)

* sumber: www.realsimple.com

Langkah pertama, ambil sprei yang akan kamu lipat lalu angkat sprei menggunakan tanganmu dengan cara memegang kedua ujung berkaret dari sprei. Pastikan ujung berkaret atau bagian dalam sprei berada di hadapanmu.

2. Lipat Sprei Menjadi Setengah Bagian

cara melipat sprei sprei2 (Copy)

* sumber: www.realsimple.com

Langkah selanjutnya, bentangkan sprei lalu lipat sprei menjadi setengah dengan cara menyatukan ujung kanan dan ujung kirinya kemudian putar posisi sprei menjadi 180 derajat dengan posisi bagian karet elastis sprei tetap berada di hadapan kamu. Setelah itu, atur pegangan sprei sampai kamu memiliki dua sudut kain sprei di tangan kiri dan dua lainnya di tangan kananmu.

sprei3 (Copy)

* sumber: www.realsimple.com

Pastikan karet dari kain sprei beserta ujungnya yang terlipat menghadap ke atas dan tepat berada di hadapan kamu, ya. Kemudian, lipat kembali sprei menjadi setengah sehingga keempat sudutnya saling bertemu.

3. Lakukan Langkah Terakhir

sprei4 (Copy)

* sumber: www.realsimple.com

Langkah terakhir untuk melipat sprei berbahan karet adalah dengan menaruhnya di atas meja atau tempat tidur, bisa juga menaruhnya di tempat lain yang dapat dijadikan alas, dan pastikan bagian sprei dengan karet yang sudah terlipat menghadap ke bagian atas.

sprei 6 (Copy)

* sumber: www.realsimple.com

Setelahnya, lipat bagian sprei yang lebih panjang dan melengkung ke bagian tengah, kemudian lipat lagi sampai sprei membentuk lipatan dengan pinggiran lurus dan tidak memiliki ujung yang melengkung. Setelah itu, lipat sprei ke bagian samping sebanyak tiga kali sampai sprei terlipat dan berbentuk persegi.

Tips Agar Sprei Tidak Kusut

Wrinkled-bed-sheets (Copy)

* sumber: sleepsugar.com

Seringkali sprei yang dipasang dan sudah dilipat pun mengalami kusut. Tentu dengan sprei kusut akan membuat tampilan sprei tidak rapi. Nah, jika Anda ingin sprei tetap rapi dan tidak kusut, coba beberapa tips berikut ini:

1. Cuci Sprei Secara Rutin

Cucilah sprei secara rutin agar menjaga sprei tetap bersih dari keringat dan debu. Idealnya, rentang waktu untuk mencuci sprei adalah sekitar satu atau dua minggu setelah pemakaian. Selain itu, mencuci sprei secara rutin dapat membantu seratnya melebar dan berpotensi untuk menjadikan sprei tidak mudah kusut.

2. Jemur Saat Sprei Masih Agak Basah

Setelah selesai mencuci sprei, usahakan untuk tidak menggunakan pengering untuk mengeringkan sprei hingga benar-benar kering. Kamu tetap bisa mengeringkan sprei dengan pengering. Namun, tidak usah terlalu lama mengeringkan spreinya dan biarkan sprei tetap dalam kondisi sedikit basah dan lembab.

Menjemur sprei saat masih sedikit basah setelah dikeringkan dalam mesin cuci akan membuat sprei menjadi tidak kusut. Jemurlah sprei dengan cara membelahnya menjadi dua bagian yang sama di kedua sisi, biarkan berat dari air meluruskan bagian sprei yang kusut.

3. Setrika Sprei

Menyetrika sprei adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga sprei agar tetap rapi dan tidak kusut. Jika kamu tidak ingin menggunakan cara kedua, yakni dengan menjemurnya selagi agak basah, kamu bisa menyetrika sprei saat kondisinya masih agak basah dan lembab. Lipat sprei sedemikian rupa dan taruhlah di atas papan setrika lalu setrikalah hingga sprei yang tadinya agak basah serta lembab menjadi kering.

4. Semprotkan Air Pada Sprei

Menurut sleepsugar, cara lain untuk membuat sprei agar terjaga kerapiannya dan tidak kusut adalah dengan menyemprotkan air. Caranya mudah, pasangkanlah sprei ke tempat tidurmu, kemudian ambil semprotan yang telah diisi air. Semprotkan air ke sprei, namun jangan menyemprotnya terlalu banyak. Semprotkan air sampai sprei lembab dan agak basah, bukan benar-benar basah.

Lalu, gunakan tanganmu dan lakukan gerakan seperti merapikan sprei yang kusut. Setelah itu, tunggu dan biarkan hingga sprei mongering dengan sendirinya. Kamu akan mendapatkan sprei yang rapi tanpa kusut sedikitpun. Cara ini juga bisa kamu gunakan jika kamu tidak ingin menyetrika sprei.

5. Gunakan Tepung Kanji

Masserizie menuturkan, kamu dapat menggunakan cairan tepung kanji yang dimasak hingga mendidih dan dicampurkan dengan seember air untuk merendam sprei supaya spreimu tidak kusut. Cara ini dapat kamu gunakan pada spreimu yang masih baru. Tertarik untuk mencobanya?

Tips Mencuci Sprei agar Warnanya Tidak Luntur

sprei8 (Copy)

* sumber: sleepsugar.com

Cara untuk menjaga agar warna sprei tidak luntur adalah hindari mencuci sprei secara bersamaan dengan pakaian lain. Usahakan untuk mencuci sprei secara terpisah. Kemudian, hindari mencuci sprei dengan warna yang berbeda dalam waktu yang bersamaan agar pigmen warna dari sprei kamu tidak tercampur.

Selain itu, hindari mencuci sprei dengan menggunakan air dingin. Sebaiknya gunakan air dengan dengan suhu 40 derajat Celsius beserta campuran deterjen untuk merendam sprei ataupun sarung bantal.

Ingat, jangan gunakan pemutih, ya. Setelahnya, rendam dengan waktu kurang dari satu jam. Perendaman dapat membantu untuk menghilangkan kotoran serta mempersingkat waktu pencucian sprei.

Cara lainnya adalah dengan mengatur kecepatan mesin cuci saat mencuci sprei. Gunakanlah kecepatan normal atau khusus kain lembut saat mencucinya dengan mesin cuci. Pastikan noda yang ada di sprei sudah dibersihkan sebelumnya. Jika kamu mencuci sprei yang masih ada nodanya, dikhawatirkan noda tersebut akan luntur dan membuat warna sprei menjadi rusak.

Jika kamu mencuci sprei menggunakan tangan, cukup kucek spreinya dan jangan gunakan sikat untuk menghilangkan kotoran. Penggunaan sikat cuci dapat merusak kain sprei. Seperti yang sudah diterangkan di atas, sebaiknya rendam sprei untuk menghilangkan mempermudah proses mencucinya.

Oh ya, Hindari menjemur sprei di bawah sinar matahari secara langsung dan jangan mengeringkan sprei yang masih basah dengan cara memerasnya dengan keras, karena akan merusak serat kain pada sprei. Jika ingin menjemur sprei d ibawah sinar matahari langsung, jemurlah sprei dengan posisi bagian dalam berada di luar agar warnanya tetap awet.

Nah itu dia 3 cara melipat sprei karet sudut dengan mudah, beserta ragam tips untuk menjaga agar sprei tetap rapian tidak kusut setelah dicuci, juga tips untuk menjaga agar warna sprei kamu tidak luntur dan tetap awet. Dengan begini, sprei tetap terlihat seperti baru dan tentunya enak dilihat karena warnanya tetap cantik.

Jika kamu ingin membeli sprei baru untuk tempat tidurmu dan membutuhkan rekomendasi merk sprei yang bagus, kamu bisa membaca artikel 10 Rekomendasi Merk Sprei dari Bacaterus agar tidak kecewa dan salah saat membeli.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment