Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / 6 Cara Melipat Lengan Kemeja Pria yang Mudah dan Simpel

6 Cara Melipat Lengan Kemeja Pria yang Mudah dan Simpel

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 November 2018

Kemeja adalah salah satu fashion item yang sering digunakan, terutama oleh pria. Kemeja memberikan kesan maskulin dan rapi. Pemilihan jenis, warna, serta ukuran kemeja juga berpengaruh terhadap penampilan seorang pria.

Selain dibedakan oleh jenis, warna, dan ukuran, kemeja juga dapat dibedakan dari panjang serta pendeknya lengan. Sebagian di antara para pria yang lebih suka menggunakan kemeja dengan lengan pendek karena dianggap lebih praktis, namun ada pula yang lebih senang menggunakan kemeja berlengan panjang.

Tetapi, membiarkan lengan kemeja begitu saja tanpa melipatnya, dianggap meninggalkan kesan jadul pada pemakainya, terutama bagi para pria muda. Nah, kali ini saya akan membagikan cara mudah melipat lengan kemeja buat para pria agar terlihat lebih cool tapi tetap rapi pastinya. Simak pembahasan mengenai cara mudah melipat lengan kemeja untuk pria berikut ini.

6 Cara Mudah Melipat Lengan Kemeja

 1. Basic Roll

cara melipat lengan kemeja

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Cara pertama adalah dengan menggunakan metode basic roll. Metode ini adalah cara yang paling sering dan sangat umum digunakan untuk cara melipat lengan kemeja.

Pertama, buka kancing lengan kemeja kamu, lalu gunakan manset kemeja sebagai acuan untuk mengukur lipatannya. Lipatlah manset kemejamu sekali, kemudian tarik lengan kemejamu untuk menjaganya agar tetap lurus dan tidak kusut. Setelah itu, lipatlah lengan kemeja kamu sampai batas siku tangan. Cara ini sangat pas untuk dipakai kalau kemejamu memiliki ukuran yang lebih besar daripada tanganmu.

 2. Master Roll

masterroll (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Next, ada master roll. Master roll bakal bikin manset di lengan kemejamu terlihat pada lipatan terakhir. Bagi sebagian orang, lipatan lengan kemeja yang menampilkan kain bagian dalam itu terlihat keren, lho. Mau mencoba metode ini?

Caranya gampang, seperti biasa, buka dulu kancing yang terdapat pada ujung lengan kemeja, kemudian rapikan dan luruskan. Lalu, lipat lengan kemeja sedikit lebih panjang hingga ke siku kamu dan biarkan bagian dalam (manset) lengannya terlihat. Kemudian, lipat lagi ujung lengan kemejamu sampai menutupi sebagian dari manset yang terlihat tadi.

Kalau bagian luar lengan kemeja memiliki perbedaan warna yang cukup kontras dengan manset di bagian dalam, sebaiknya lipat lagi lengan kemeja hingga meninggalkan sedikit bagian dari manset yang terlihat. Hal ini untuk menjaga agar penampilan tetap terlihat rapi dan sempurna.

3. AIFA Roll

aifaroll (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Selanjutnya, ada AIFA Roll. Cara melipat lengan kemeja ini bisa kamu gunakan kalau kamu tidak mau terlalu repot melipat lengan kemeja sampai ke siku, namun tetap ingin terlihat rapi dengan kemeja panjangmu. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah melipat manset lengan kemejamu sekali saja. Pastikan ukuran lipatan sama dengan ukuran manset lengan kemeja.

Kemudian, lakukan lipatan tersebut sekali lagi pada bagian lengan kemeja yang telah kamu lipat tadi (ukuran lipatan kedua ini harus sama dengan yang pertama, yakni seukuran manset lengan kemeja). Metode ini akan meninggalkan lipatan lengan kemeja di bawah siku seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. High Roller

highroller (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Cara melipat lengan kemeja selanjutnya adalah dengan metode high roller. Pertama, lipatlah lengan kemeja seukuran mansetnya, lalu lipat kembali sekali untuk menutupi manset tersebut. Kemudian, lipat lengan kemeja kamu sebanyak tiga atau empat kali sampai bagian atas sikumu. Lipatan ini cocok buat kamu yang mempunyai otot lengan besar. Kamu akan terlihat lebih gagah dengan kemejamu nantinya. Mau mencoba?

5. Garter Roll

garterroll (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Berikutnya ada cara garter roll. Cara ini cocok untuk kamu pakai kalau lengan kemejamu sudah sedikit mengendur. Garter roll sebenarnya adalah salah satu cara melipat lengan kemeja yang terbilang jadul dan sedikit repot karena harus melibatkan pita pengikat.

Dilansir dari realmenrealstyle, garter roll kembali populer di kalangan masyarakat kala pesepakbola terkenal asal Inggris, David Beckham menggunakan metode ini untuk melipat lengan kemejanya. Nah, kalau kamu penggemar beratnya David Beckham, kamu bisa pakai cara ini untuk melipat lengan kemejamu, siapa tahu jadi kelihatan makin ganteng.

Cara mengaplikasikan metode garter roll cukup mudah. Pertama, pasang pita pengikat di bagian atas siku hingga membagi lengan kemeja menjadi dua bagian. Lalu, tarik bagian kemeja yang terletak di bagian atas pita pengikat. Tariklah sampai pita pengikatnya tertutup dengan sempurna.

 6. Trooper Style

trooperstyle (Copy)

* sumber: jurnal.maskoolin.com

Cara melipat lengan kemeja ala marinir ini juga sangat mudah untuk dipraktikkan. Pertama, lipat lengan kemeja sampai ke bagian tengah (antara sikut dan pundak), lalu gulung lengan kemeja sebanyak dua sampai tiga kali. Jangan lupa sisakan jarak buat manset yang digunakan untuk menutupi gulungan terakhir. Setelah itu, lipat manset lengan kemeja sampai bagian luarnya terlihat dan menutupi gulungan terakhir tadi.

Metode trooper style ini bisa kamu gunakan kalau kamu menggunakan kemeja panjang, tapi ingin terlihat lebih simpel seperti menggunakan kemeja berlengan pendek.

Tips Memilih Kemeja

foldedsleeve (Copy)

* sumber: www.gentlemansgazette.com

Menurut maskoolin, hal pertama yang harus diperhatikan ketika membeli kemeja adalah bahannya. Pilihlah kemeja yang terbuat dari campuran dua bahan seperti kain katun dan polyester agar kemeja yang kamu kenakan tidak mudah kusut dan nyaman saat dikenakan karena bahannya lembut.

Kemeja dengan bahan seperti ini sangat cocok untuk digunakan pada cuaca panas. Sedangkan, jika cuacanya dingin atau pada musim hujan, kemeja berbahan kain flannel adalah yang paling cocok untuk kamu gunakan.

Selain bahan, pilihlah motif kemeja yang sesuai dengan cara memerhatikan bentuk tubuh kamu. Kalau kamu pria bertubuh kurus, pilihlah kemeja dengan motif kotak-kotak agar memberikan kesan tubuh yang lebih berisi. Sementara, jika kamu punya tubuh gemuk, pilih kemeja yang punya motif garis vertikal supaya kamu terlihat lebih kurus tentunya.

Tidak hanya memperhatikan dua hal di atas, kamu juga perlu memerhatikan ukuran kemeja dan juga bentuk kerahnya. Kemeja dengan kerah tinggi dan cenderung tidak lebar cocok untuk kamu yang memiliki bentuk wajah bulat agar memberikan kesan tinggi pada lehermu. Sedangkan kerah yang lebih rendah cocok untuk kamu yang memiliki bentuk wajah kecil dan tirus.

Jangan sampai kamu salah membeli kemeja, karena ukurannya tidak sesuai. Jangan lupa pilih warna kemeja yang cocok. Kamu mungkin akan membutuhkan beberapa kemeja dengan warna yang berbeda untuk pergi ke setiap acara yang berbeda pula.

Warna putih misalnya, cocok untuk kamu gunakan saat mengunjungi acara pernikahan atau acara formal lainnya. Menurut LukyStyle, kamu juga bisa menggunakan warna-warna solid seperti warna hitam, biru tua, sampai abu-abu.

Nah, itu dia 6 cara mudah melipat lengan kemeja untuk pria serta beberapa tips untuk memilih kemeja yang cocok berdasarkan bahan, ukuran, kerah, warna, dan jenisnya. Jika kamu ingin menambah pengetahuan tentang bahan kain yang digunakan untuk membuat pakaian, simak artikel yang membahas mengenai 10 Bahan Kain yang Sering Digunakan dalam Dunia Fashion ini untuk menambah wawasanmu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment