Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / 10 Cara Melipat Jilbab Segi Empat agar Tidak Kusut

10 Cara Melipat Jilbab Segi Empat agar Tidak Kusut

Jilbab segi empat atau paris merupakan jenis kerudung yang paling populer di kalangan wanita berhijab. Semua orang pasti punya kerudung jenis ini karena dapat digunakan pada semua kesempatan, baik itu untuk sehari-hari, hangout, hingga datang ke acara formal dan untuk bekerja.

Sayangnya, jilbab segi empat cukup mudah kusut ketika disimpan di lemari begitu saja. Apalagi ketika jilbabnya dibawa saat bepergian. Tapi, Bacaterus tahu cara-cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut, baik itu untuk disimpan di rumah atau pun buat dibawa bepergian. Simak dan praktikkan caranya, yuk!

10 Cara Melipat Jilbab Segi Empat agar Tidak Kusut

1. Menggunakan Gantungan Satu-satu

Cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut yang pertama adalah dengan menggunakan gantungan baju. Jika Anda memiliki banyak space di lemari atau Anda punya lemari khusus kerudung, sebaiknya jembrengkan kerudung satu per satu menggunakan gantungan pakaian seperti ini.

Biasanya jika kita melipat kerudung langsung setelah kering atau pun menyetrikanya terlebih dahulu, kalau disimpan begitu saja di lemari hasilnya tetap kusut, kan?

Nah, jika Anda melipat kerudung paris menjadi dua, lalu menggantungkannya satu per satu dengan hanger seperti ini, maka jilbab segi empat Anda akan tetap rapi. Anda dapat membeli gantungan baju secara online di Lazada lewat link ini dan di MatahariMall melalui link ini.

2. Dilipat atau Digulung di Rak

Dilipat/Digulung di Rak cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut

Jika Anda punya rak tak terpakai, gunakan saja sebagai tempat penyimpanan jilbab Anda. Anda bisa melipatnya menjadi berbentuk persegi atau pun menggulungnya.

Sebenarnya jika Anda melipat dan menumpuk kerudung seperti ini dapat membuat kerudung tetap rapi. Yang jadi masalah adalah saat pengambilannya. Tak jarang orang malas mengambil dengan hati-hati dan langsung merapikan lagi bagian yang berantakan. Nah, hal itu yang membuat kerudung jadi mudah berantakan ketika disimpan.

Padahal cara ini dapat memudahkan kita untuk memilih warna dan motif kerudung yang akan dipakai. Melipat kerudung seperti ini juga dapat menghemat ruang daripada jika Anda menggantungnya seperti cara di atas.

3. Digulung di Boks

Jika Anda punya keranjang, baik itu yang dibuat dari kardus, rotan, plastik, apa pun itu, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan kerudung. Jika Anda melipat lalu menumpuknya, rasanya kurang tepat bila menggunakan media ini. Jadi, gulung-gulung lah kerudung Anda dan biarkan ujungnya menghadap ke atas supaya lebih mudah ketika akan dipilih.

Tips: jangan menggulung kerudung terlalu padat jika Anda tidak ingin bekas gulungan membekas di kerudung. Jika tertarik, Anda dapat membeli boks dengan aneka macam bentuk, jenis, dan bahan secara online di Lazada melalui link ini atau di MatahariMall lewat link ini.

4. DIY Gantungan di Balik Pintu Lemari

Buat Gantungan di Balik Pintu Lemari

Anda mungkin pernah melihat storage seperti ini di balik pintu lemari. Sebenarnya, gantungan seperti ini sama dengan yang ada di toko kerudung. Akan tetapi, jarang ada yang menjual gantungan seperti ini, jadi mungkin Anda harus pesan ke pengrajin. Tak hanya harus dipasang di balik pintu, Anda bisa juga meng-install gantungan ini di tembok, tengah ruangan, atau di mana pun yang Anda suka.

5. Hijab Hanger (Bulat Banyak)

Hijabers pasti sudah tahu benda ini. Pasalnya, benda ini melanglang buana di mana-mana. Anda bisa menemukan pedagang benda ini mulai dari pasar, online shop, hingga toko di mall. Sebenarnya, fungsi benda ini sama seperti gantungan, Anda bisa menggantungnya di dalam lemari pakaian atau di balik pintu kamar.

Gantungan ini memiliki banyak lubang yang muat untuk menyimpan banyak kerudung sekaligus. Caranya, lipat kerudung jadi empat atau semuatnya di lubang gantungan, setelah itu masukkan bagian kerudungnya ke belakang supaya rapi. Beli hijab hanger ini secara online di Lazada melalui link ini dan di Blibli melalui link ini.

6. Tie / Belt Hanger

Tie Hanger

* sumber: ayisah.com

Cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan gantungan sabuk atau dasi. Karena bentuknya lurus dan agak lebar, makanya tie/belt hanger ini bisa digunakan juga buat menggantung jilbab paris kita. Anda bisa menemukan produk serupa di Lazada dengan klik link ini atau di Blibli dengan klik link ini.

7. Towel Hanger

Over-the-Door towel hanger alias gantungan handuk merupakan cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut yang selanjutnya. Produk ini sangat praktis karena Anda dapat menyimpannya di mana saja, mau itu di lemari, di belakang pintu, hingga di paku pada tembok.

8. Shower Curtain Rings

Di Indonesia memang tidak lazim orang punya bath tub, mengingat iklim di Indonesia yang tropis sehingga tidak membutuhkan bath tub buat berendam. Akan tetapi, Anda mungkin sering melihat di film luar negeri biasanya bath tub atau shower juga punya gorden untuk menutupi orang yang sedang mandi, kan? Nah, kita bisa mencuri ide gorden bath tub itu untuk dijadikan gantungan kerudung.

Jika Anda menggunakan shower curtain rings ini, Anda bisa menyimpan cukup banyak kerudung di dalam satu gantungan. Jadinya lebih praktis dan lebih hemat tempat, kan? Anda dapat membeli bulatannya di Lazada dengan mengklik tautan ini. Tinggal tempelkan bulatan itu di gantungan baju yang agak tebal supaya kuat menahan banyak kerudung.

9. DIY dari Gelas Kertas

 DIY dari Gelas Kertas

Banyak tutorial di internet yang mengajak kita membuat storage unik dari gelas kertas. Anda tinggal menyusun gelas di sudut kamar, di dalam lemari, di laci, atau di mana pun Anda inginkan. Lalu, masukkan kerudung Anda dengan cara digulung. Gelas kertas dapat Anda beli di situs belanja online Lazada melalui link ini dan di Blibli lewat link ini.

10. Packing di Koper

Packing di koper kadang menjadi tantangan tersendiri karena isinya suka berantakan. Tak jarang pakaian saling bercampur sehingga membuatnya jadi kusut.

Nah, jika Anda ingin tahu cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut di koper, gunakanlah kantung ekstra untuk setiap benda. Jadi, satu kantung hanya berisi jilbab, pakaian, celana dalam, dan sebagainya. Jadi, antar pakaian tidak akan saling adu dan tidak membuat masing-masing jadi kusut.

 

11. Tangga

Anda punya tangga lipat di rumah? Atau mungkin Anda punya tangga dari bambu yang agak pendek? Anda bisa menyulapnya menjadi tempat penyimpanan kerudung, loh! Supaya lebih menarik, warnai tangga dengan warna kesukaan Anda.

Dengan menggunakan tangga seperti ini, kesan vintage dan rustic jadi kuat banget. Selain buat menyimpan kerudung, tangga tersebut akan membuat ruangan jadi aesthetic. Anda dapat juga membeli tangga seperti ini di Lazada lewat link ini atau di MatahariMall dengan klik link ini.

12. Folding Hanger (Jemuran Lipat)

Folding Hanger (Jemuran Lipat)

* sumber: oneconf.us

Anda pasti sudah tahu jemuran lipat, kan? Selain dipakai untuk menjemur pakaian, jemuran ini bisa Anda manfaatkan sebagai gantungan kerudung juga. Tapi, jika Anda ingin menyimpannya di dalam lemari, mungkin perlu dipertimbangkan juga ukuran gantungannya. Folding hanger dapat Anda beli secara online di situs belanja terpercaya Lazada melalui link ini dan di Blibli melalui link ini.

13. DIY Vintage Board

 DIY Vintage Board

* sumber: oneconf.us

Selain dari gelas kertas, Anda bisa juga DIY gantungan kerudung dari kayu. Anda hanya membutuhkan beberapa papan kayu tipis, paku, palu, dan cat jika diperlukan.

14. Shoes / Accessories Hanger

Shoes/Accessories Hanger

* sumber: oneconf.us

Ada pula gantungan sepatu/kaos kaki/aksesoris yang dijual di pasaran. Bentuk gantungan ini mirip seperti gantungan tas yang dibuat dari plastik. Anda dapat menemukan shoe hanger seperti ini di Lazada lewat link ini.

15. Glass Hanger

Glass Hanger

* sumber: oneconf.us

Ada yang mengatakan benda ini sebagai gantungan gelas tapi ada juga yang bilang gantungan sepatu. Gantungan apa pun ini, Anda bisa menjadikannya cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut. Anda dapat memodifikasi glass hanger yang sudah ada, atau Anda bisa membeli produk serupa di Lazada dengan klik link ini.

Selesai, deh, pembahasan Bacaterus kali ini tentang kumpulan cara melipat jilbab segi empat agar tidak kusut. Semoga informasi ini dapat Anda terapkan, ya. Kalau Anda punya tips lainnya untuk melipat jilbab supaya tak kusut, share di kolom komentar, oke?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

2 Comments

  1. Manda at - Reply

    Tangga dan rak piring perlu dicoba
    😂

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Selamat mencoba. Terima kasih. 🙂

Leave A Comment