Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Yuk, Pelajari 5 Cara Melipat Jas dengan Mudah dan Cepat

Yuk, Pelajari 5 Cara Melipat Jas dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2018

Selain kemeja, jas adalah salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh seorang pria. Jas biasanya digunakan pada saat menghadiri acara formal tertentu, seperti pernikahan hingga sidang skripsi bagi mahasiswa.

Jas sendiri memiliki beberapa tipe di antaranya jas biasa juga tuxedo atau dinner suit yang biasa kita lihat di acara pernikahan. Tuxedo biasanya memiliki kerah yang dilapisi satin. Selain itu, ada pula blazer yang biasanya digunakan di kantor.

Jas memerlukan ragam bentuk perawatan, lho. Bahkan, untuk menyetrikanya, ada cara tersendiri. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya oleh Bacaterus dalam artikel cara menyetrika jas yang membahas tentang langkah-langkah menyetrika jas secara detail, mulai dari menyiapkan alat sampai cara menggantung jas dengan baik. Dalam artikel tersebut juga terdapat tips memilih jas berdasarkan warna dan ukurannya.

Nah, selain menyetrika jas yang memerlukan beragam cara tertentu, ternyata perlu diperhatikan juga cara melipat jas yang kamu punya. Sebab, jas bisa saja kusut dan merusak penampilanmu kala jas tesebut dikenakan olehmu dalam kesempatan tertentu. Nggak mau, kan, kalau kamu mengunjungi pernikahan mantan menggunakan jas yang kusut? Nggak enak dilihat, bukan?

So, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara melipat jas dengan mudah agar jas tetap rapi saat kamu kenakan. Penasaran? Nah, simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya. Let’s check this out!

Cara Melipat Jas

1. Metode Selip Bahu

cara melipat jas How_To_Fold_Suit_Jacket_3_3 (Copy)

* sumber: www.maryjones.us

Metode melipat jas satu ini cukup mudah untuk dipraktikkan. Pertama, kamu harus mengangkat jas terlebih dulu, lalu balikkan salah satu bagian bahu dari jas hingga bagian lapisan dalamnya terlihat. Oh ya, selain dengan cara diangkat, kamu juga bisa menaruh jasnya di atas meja atau tempat tidur untuk mempermudah proses melipat jas.

Tahap selanjutnya, selipkan bagian bahu satunya hingga keduanya terlipat menjadi setengah bagian, dengan lapisan dalam dari jas menghadap keluar dan pastikan kedua lengan jas menghadap lurus ke bagian bawah, ya. Kemudian, lipat jas menjadi setengah bagian seperti pada gambar. Nah, selesai. Mudah bukan?

2. Lipat Ala Kemeja

How_To_Fold_Suit_Jacket_2 (Copy)

* sumber: earth-colors.dreamwidth.org

Dilansir dari realmenrealstyle, cara kedua adalah melipat jas ala kemeja. Pertama, angkat kemeja dengan kedua tangan kamu, pastikan bagian belakang dari kemeja menghadap ke arahmu. Kemudian, lipat salah satu bagian bahu dari jas dari arah pinggir ke tengah dan ulangi proses lipat ini untuk bagian bahu satunya. Step terakhir, lipat jas dari bagian bawah ke atas seperti kamu melipat kemeja milikmu.

3. Metode Gulung

How_To_Fold_Suit_Jacket_1 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Cara ini mengharuskan kamu melakukan langkah-langkah yang sama seperti cara pertama, yakni dengan metode selip bahu. Ketika sudah selesai membentuk jas menjadi setengah bagian dengan lapisan dalam jas yang menghadap keluar, kamu pun bisa  menyelipkan kemeja atau kaus di bagian atas jas yang terbagi dua. Lalu, gulung jas dari atas ke bawah seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Cara ini bisa kamu lakukan kalau kamu ingin menghemat space atau ruang di dalam tas/koper. Voila, kamu sudah berhasil melipat jas dengan metode gulung atau roll.

4. Plastik Laundry

as4 (Copy)

* sumber: www.gq.com

Cara yang satu ini terbilang sangat amat mudah dan termasuk salah satu cara melipat jas yang paling umum. Jika kamu punya plastik bekas mencuci jas kamu dari laundry, kamu bisa menggunakan plastik ini. Sebelum memasukkan jas kedalam koper, masukkan jas terlebih dulu ke dalam plastik lalu lipat menjadi setengah bagian seperti yang terlihat pada gambar. Lalu masukkan kedalam koper.

5. Lipat Bahu

jas7 (Copy)

* sumber: www.gq.com

Pertama, angkat jas terlebih dahulu kemudian balikkan kedua bagian bahu dari jas kamu sampai bagian dalam bahu atau bantalan pada bahu terlihat, kemudian lipat sampai kedua bagian kerah jas bersentuhan. Setelahnya, taruh jas di atas tempat tidur, meja atau alas lainnya. Kemudian lipat bagian bawah dan atas jas ke bagian tengah.

Tips Merawat Jas

 

 

download (Copy)

* sumber: www.elevatedcitizen.com

Sebelumnya sudah dijelaskan beberapa tips untuk melipat jas dan kali ini kami akan membagikan tips merawat jas agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Bisa simak ulasan berikut ini:

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Jas

Mencuci jas terlalu sering dapat mengakibatkan serat alami dari jas menghilang dan membuat jas tidak awet. Jika kamu mendapati sedikit kotoran pada jas, lebih baik gunakan air untuk mencucinya. Terkecuali jika jas kamu benar-benar kotor, maka cucilah ke laundry, atau lakukan sendiri jika memungkinkan.

2. Gunakan Steamer

Tips untuk merawat jas lainnya adalah dengan menggunakan steamer daripada setrika untuk merapikan jas agar tidak kusut saat akan digunakan atau sehabis dicuci. Penggunaan setrika dapat merusak bahan jas karena hantaran panasnya. Jika ingin merapikan jas menggunakan setrika, jangan lupa siapkan kain bersih atau sapu tangan berwarna putih untuk memberi jarak antara setrika dan bahan jas.

3. Gantungan Berbahan Kayu

Gunakan gantungan berbahan kayu atau plastik dengan kedua ujung gantungan berbentuk bulat. Ini akan membuat jas tetap awet sesuai bentuknya setelah dirapikan.

4. Pakai Jas Secara Bergiliran

Jangan terlalu sering memakai jas yang sama dalam setiap kesempatan untuk menjaga agar jas tetap awet. Jika terlalu sering menggunakan jas, maka kamu harus lebih sering mencuci jasnya. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama dari tips merawat jas ini, terlalu sering mencuci jas dapat membuat serat alami dari jas menjadi hilang dan jas menjadi tidak awet.

5. Jaga agar Saku Jas Tetap Kosong

Biarkan saku jas tetap kosong jika kamu tidak membutuhkannya. Terlalu sering menggunakan saku jas dan memasukkan barang ke dalamnya dapat membuat kain dari saku jas tersebut meregang sehingga dapat membuatnya menjadi tidak berbentuk.

6. Gunakan Sikat atau Tisu Basah

Ya, kamu bisa menggunakan sikat atau tisu basah untuk membersihkan noda yang tidak terlalu membandel. Lebih hemat dan lebih cepat, bukan?

7. Gunakan Pewangi Dalam Lemari

Untuk menjaga jas kamu agar tetap wangi dan segar selama disimpan di dalam lemari, kamu bisa menggunakan kamper atau pewangi lemari yang dapat di beli di toserba atau supermarket terdekat. Pilihlah wangi yang kamu sukai.

Tips Lainnya

tiepocket (Copy)

* sumber: www.fashionbeans.com

Gunakan tas atau koper yang besar ketika hendak bepergian sambil membawa jas kamu agar jas kamu yang terlipat tidak tertumpuk dan mudah kusut. Hindari melipat berkali-kali agar jas tetap rapi. Oh, ya jika kamu bepergian jauh dan membawa lebih dari satu stel jas, gunakan salah satunya agar kau tidak perlu melipat semuanya. Dengan cara ini, kamu juga dapat menghemat ruang dalam koper atau tas yang kamu bawa.

Na, itulah cara melipat jas dengan mudah agar dapat menghemat ruang dalam tas maupun koper saat akan dibawa bepergian. Bagaimana, mudah bukan?

Oh ya, semoga tips merawat jas di atas juga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu tentang bagaimana cara merawat jas yang baik dan benar agar jas kamu awet dan tidak cepat rusak. Nah, menurut kamu, dari beberapa cara melipat jas di atas, cara manakah yang paling efektif dan mudah? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar yang ada di bawah, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment