Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Melipat Celana Panjang untuk di Lemari dan Traveling

Cara Melipat Celana Panjang untuk di Lemari dan Traveling

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 September 2018

Selama ini, bagaimana cara Anda melipat celana panjang? Mungkin Anda tidak pernah benar-benar memikirkan tentang cara Anda melipat dan menyimpan celana, tapi kalau Anda tahu cara yang tepat maka Anda bisa menghemat tempat cukup banyak di lemari. Apalagi kalau Anda sering traveling, maka ruangan di koper atau tas Anda bisa jadi lebih spacy.

Ada orang yang tidak mau repot sehingga menggantung celana panjang satu per satu dengan gantungan pakaian. Cara ini memang efektif untuk membuat celana tetap rapi, tapi ruangan di lemari jadi termakan sangat banyak, bukan? Dengan cara-cara melipat celana panjang yang mau Bacaterus share ini, Anda bisa melipat celana panjang dengan tepat, membuat banyak ruang di lemari/koper/tas, dan celana Anda bisa tetap rapi.

Cara Melipat Celana Panjang ala Marie Kondo/KonMari

Marie Kondo adalah founder metode KonMari, yaitu cara beres-beres untuk menciptakan ruangan lebih banyak. Salah satu metodenya mengajarkan cara melipat celana panjang. Berikut adalah step by step-nya.

1. Masukkan Saku

Masukkan Saku

* sumber: www.mamaslaundrytalk.com

Pertama, masukkan bagian dalam saku kalau tadinya berada di luar. Dengan merapikan bagian saku, celana Anda bisa jadi lebih rapi karena tidak ada yang mengganjal, dan setiap celana Anda bisa dilipat dalam ukuran yang sama.

2. Bentangkan Celana

Bentangkan Celana

* sumber: www.youtube.com

Kedua, pegang celana tegak lurus, guncangkan beberapa kali hingga celana jadi lurus dan rapi. Setelah itu, bentangkan celana Anda di atas permukaan yang rata. Ratakan celana menggunakan telapak tangan hingga tidak ada bagian yang berkerut lagi.

3. Lipat Jadi Satu

Lipat Jadi Satu

* sumber: www.youtube.com

Ketiga, lipat celana yang membentang tadi menjadi satu jajar. Pastikan celana tidak terlipat atau pun berkerut. Bagian saku belakang bisa berada di luar atau pun di dalam, terserah Anda.

4. Selipkan Bagian Selangkangan

Selipkan Bagian Selangkangan

* sumber: www.mamaslaundrytalk.com

Keempat, selipkan bagian selangkangan ke dalam. Langkah ini opsional, kalau Anda mau melewatkannya juga tidak apa-apa, karena langkah ini akan membuat celana jadi sedikit lebih tebal di satu sisi. Nilai plusnya, celana Anda akan terlihat lebih rapi dan kerutan di bagian selangkangan dapat berkurang.

5. Lipat Celana Jadi Dua

Lipat Celana Jadi Dua

* sumber: www.youtube.com

Langkah ke-5, lipat celana menjadi dua bagian. Tarik bagian bawah celana ke atas hingga sejajar dengan bagian pinggang. Rapikan supaya celana tidak berkerut.

6. “Potong” Celana Jadi Tiga

"Potong" Celana Jadi Tiga

* sumber: www.youtube.com

Selanjutnya, beri pola dengan “memotong” celana jadi tiga bagian menggunakan tangan Anda. Lihat gambar di atas jika Anda kebingungan.

7. Lipat Sesuai Cetakan

Lipat Sesuai Cetakan

* sumber: www.youtube.com

Sehabis itu, Anda tinggal melipat celana sesuai pola potongan tadi. Selesai!

8. Berdirikan

Berdirikan cara melipat celana panjang

* sumber: www.youtube.com

Kalau Anda melakukan metode melipat celana ala KonMari dengan benar, seharusnya celana Anda bisa berdiri seperti ini, walaupun alasnya tidak rata (seperti kasur, misalnya). Tapi, tergantung kepada bahan celana juga. Tentu, celana dari bahan denim akan mampu berdiri, tapi mungkin tidak dengan celana dari bahan katun dan sifon.

9. Selesai!

Selesai

Selesai, deh! Anda sudah bisa menyimpan celana yang sudah dilipat rapi ini di lemari, koper, atau tas Anda.

Cara Melipat Celana Panjang ala Ranger Roll (untuk Traveling)

Sebenarnya, Ranger Roll adalah teknik melipat baju, khususnya T-shirt. Tapi, Anda bisa mengaplikasikannya juga pada celana panjang. Metode ini biasanya diaplikasikan ketika orang mau bepergian, karena dapat menghemat ruangan sangat banyak di tas atau koper. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bentangkan Celana

Bentangkan Celana 

Sama seperti cara melipat celana panjang ala KonMari di atas, pertama-tama bentangkan celana Anda di tempat yang datar. Masukkan saku ke dalam jika belum.

2. Tarik dan Lipat Salah Satu Bagian

Tarik dan Lipat Salah Satu Bagian

* sumber: www.today.com

Langkah ke-2, lipat celana menjadi sejajar. Setelah itu, tarik celana yang ada di bagian atas, lalu lipat miring seperti pada gambar.

3. Gulung Celana dari Pinggang

Gulung Celana dari Pinggang

* sumber: www.today.com

Biarkan posisi celana tetap seperti itu, ya. Selanjutnya, gulung celana mulai dari bagian pinggang. Gulung dalam ukuran yang sekecil mungkin. Terus gulung hingga mencapai ujung celana.

4. Masukkan Celana yang Sudah Digulung

Masukkan Celana yang Sudah Digulung

* sumber: www.today.com

Nah, sekarang masukkan celana yang sudah tergulung ke juntaian celana yang dilipat miring tadi. Caranya, buka celana yang menjuntai, balikkan, lalu tarik ke arah celana yang sudah digulung. Masukkan celana yang sudah digulung tadi sebisanya (sampai mentok).

5. Selesai!

Selesai

* sumber: www.today.com

Selesai! Celana Anda sudah terlipat dengan gaya Ranger Roll. Dengan begini, Anda bisa menghemat ruangan di tas atau koper Anda hingga 50%!

Cara Melipat Celana Bahan Panjang

Terakhir, Bacaterus mau berbagi bagaimana cara melipat celana panjang dari bahan kain. Tentu Anda bisa mengaplikasikan metode KonMari dan Ranger Roll pada celana bahan kain juga. Tapi, kedua cara tersebut dapat membuat celana jadi kusut.

Apalagi kalau Anda membawa celana bahan ini ketika traveling untuk urusan bisnis. Tidak akan ada masalah kalau Anda membawa setrika, tapi tidak semua orang mau repot-repot membawa alat tersebut ketika bepergian. Jadi, kalau Anda mau celana tetap rapi walaupun dilipat, ikuti langkah di bawah ini.

1. Setrika

Setrika

* sumber: www.gentlemansgazette.com

Pertama-tama, selalu setrika celana Anda sebelum disimpan. Kalau Anda menyimpan celana yang belum disetrika, maka kondisinya bisa jadi lebih parah, karena sudah celananya keriting terus dilipat pula. Apalagi jika Anda membawanya bepergian, celana akan tertindih barang-barang lainnya selama berjam-jam, mengakibatkan area lipatan dan kerutan di celana semakin parah.

Celana bahan cenderung lebih mudah berkerut dan terlipat daripada celana lainnya. Celana dengan bahan seperti ini lebih baik disimpan dengan cara dilipat alih-alih digulung. Dan, sebelum disimpan, sangat bijaksana jika Anda menyetrika celana tersebut terlebih dahulu, apalagi jika Anda tidak punya banyak waktu ketika traveling dan berencana untuk segera memakai celana itu setelah dikeluarkan dari koper.

Menyetrika celana ada tekniknya, loh. Cara menyetrika celana adalah dengan melipatnya sejajar, lalu mulai dari celana yang ada di bawah dulu. Jika sudah, setrika celana yang ada di atas. Balikkan celana, lalu lakukan hal yang sama seperti sisi celana yang sudah disetrika tadi. Karena celana, terutama celana bahan, memang seharusnya ada garis lipatan di bagian tengahnya.

2. Taruh Celana di Tempat Datar

Taruh Celana di Tempat Datar

* sumber: prelo.co.id

Setelah disetrika, langkah selanjutnya adalah dengan membentangkan celana di permukaan datar. Anda bisa melakukannya di lantai, di atas karpet, di atas kasur, di atas meja, dan sebagainya.

3. Lipat Jadi Satu

Taruh Celana di Tempat Datar

Sama seperti cara-cara melipat celana panjang sebelumnya, lipat celana jadi satu (sejajar). Luruskan celana dan pastikan tidak ada bagian yang keriting. Anda tidak perlu memasukkan/melipat bagian selangkangan untuk celana berbahan kain seperti ini.

4. Lipat Setengah

Lipat Setengah

Langkah ke-4, lipat celana jadi setengah. Tarik ujung celana dan posisikan sejajar dengan bagian pinggang. Rapikan lagi celana Anda, pastikan tidak ada bagian yang mengkerut.

5. Lipat Lagi

Lipat Lagi

Sekarang, lipat lagi celana Anda jadi setengahnya. Sekarang celana Anda siap disimpan di lemari atau pun untuk dibawa traveling.

6. Masukkan ke Suit Bag

Masukkan ke Suitbag

Ada pula cara melipat celana panjang lainnya, khusus untuk celana berbahan kain. Yaitu dengan menggunakan suit bag atau garment bag. Apakah itu? Suit bag adalah kantung yang panjang dan lebar yang bisa dilipat, fungsinya adalah untuk menjaga setelan pakaian (suit) tidak kusut ketika dibawa bepergian.

Walaupun biasanya suit bag dipakai untuk menyimpan celana dan jas, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk celana saja, kan? Anda dapat membawa celana dalam posisi vertikal tanpa melipatnya sama sekali jika menggunakan suit bag. Langkah ini sangat tepat untuk meminimalisir kerutan di celana bahan Anda. Jika Anda memiliki acara atau meeting yang sangat penting yang mengharuskan Anda tampil profesional, lakukanlah cara ini untuk melipat celana ketika bepergian.

7. Selipkan Dry Cleaner Bag

Selipkan Dry Cleaner Bag

Ini tips tambahan ketika Anda membawa celana untuk bepergian dan tidak ingin celananya kusut. Masukkan celana ke dry cleaner bag sebelum dimasukkan ke dalam koper atau tas Anda. Plastik ini biasanya diberikan binatu ketika Anda mencuci jas atau baju yang mewah secara satuan (bukan laundry kiloan).

Tapi, Anda bisa menemukannya juga di swalayan atau di Bukalapak via link ini. Plastik ini akan menjaga celana dari kerutan dan lipatan. Ada juga dry cleaner bag yang eco-friendly, biasanya terbuat dari kertas daur ulang. Anda bisa menggunakan dry cleaner bag yang dari plastik atau pun dari kertas. Dua-duanya sama dapat bekerja dengan baik.

Yup, itulah beberapa cara melipat celana panjang untuk disimpan di lemari dan untuk traveling. Pernahkah cara-cara di atas terbayang oleh benak Anda? Kalau Anda lebih suka cara yang mana untuk melipat celana?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment