Bacaterus / Daging / 10 Cara Melembutkan Daging Agar Empuk Saat Dimasak

10 Cara Melembutkan Daging Agar Empuk Saat Dimasak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memasak daging sapi, kambing, atau babi tidak semudah memasak daging ayam atau daging bebek. Pasalnya, terkadang ada bagian-bagian daging yang alot dan tidak empuk. Akibatnya, Anda akan mengalami kesulitan saat harus mengunyah daging tersebut. Berbeda dengan daging ayam atau bebek yang teksturnya tidak terlalu berserat sehingga lebih empuk.

Jangan putus asa saat memasak daging yang terlanjur alot. Sealot apapun daging tersebut, Anda bisa membuat teksturnya lebih empuk dengan 10 cara melembutkan daging dari Bacaterus berikut ini. Oh iya, 

1. Nanas

Nanas cara melembutkan daging

Siapa sangka dengan nanas Anda bisa membuat daging sapi atau daging kambing jadi lebih empuk? Bahkan, Anda tidak perlu mengukus daging sampai teksturnya menjadi lebih lunak. Cara yang satu ini diperoleh dari seorang pemilik warung yang menawarkan menu olahan daging kambing, yakni Pak Budi.

Cara melembutkan daging dengan nanas adalah pilih nanas muda yang masih berwarna hijau, lalu parut nanas sampai halus. Sembari memarut nanas, jangan lupa untuk memotong daging sambil menyiram air panas di atasnya. Setelah itu, lumuri daging dengan parutan nanas dan diamkan selama beberapa jam sebelum ditumis atau dimasak dengan cara lain.

2. Kopi

Kopi

Tahukah Anda bahwa kopi bisa dipakai untuk membumbui daging sekaligus membuat teksturnya jadi lebih empuk? Ya, Anda dapat memperkuat rasa daging dengan menggunakan kopi.

Caranya pun cukup mudah, Anda bisa menyeduh kopi kental, lalu diamkan sampai dingin. Selanjutnya rendam daging di dalam air kopi tersebut selama 24 jam. Apabila sudah direndam selama 24 jam penuh, Anda dapat langsung mengolah daging tersebut. Selain menjadi lebih empuk, daging yang direndam dengan kopi akan memiliki aroma yang lebih sedap ketika dimasak.

3. Soda kue

Soda kue

Trik untuk membuat daging jadi lebih empuk dari para chef profesional ini patut untuk dicoba. Di samping itu, bahan untuk melembutkan daging yang satu ini juga terbilang murah. Gunakan soda kue untuk membuat daging yang alot jadi lebih lunak.

Cara melembutkan daging dengan soda kue adalah taburkan soda kue di seluruh bagian daging dan diamkan selama 1 jam. Soda kue bekerja dengan memecah kolagen sehingga menghasilkan tekstur daging yang lebih lunak. Setelah 1 jam, lanjutkan dengan merendam daging di dalam air dingin selama 15 menit, kemudian Anda bisa melanjutkan untuk mengolah daging tersebut.

4. Pukul daging dengan meat tenderizer

Pukul daging dengan meat tenderizer

Anda pasti tidak asing dengan alat yang satu ini, yakni meat tenderizer. Ini adalah pemukul daging yang memiliki bagian-bagian yang tajam untuk melubangi daging. Fungsi dari alat ini sudah jelas untuk melembutkan daging yang alot. Di samping itu, meat tenderizer juga bermanfaat untuk membuat bumbu jadi lebih meresap ke dalam daging.

Cara melembutkan daging dengan meat tenderizer terbilang sangat mudah. Cukup letakkan daging di atas nampan, lalu pukul daging berkali-kali dengan alat ini. Jenis meat tenderizer yang paling umum adalah yang berbentuk kotak dan terbuat dari stainless steel.

5. Teh

teh

Tidak kalah dengan kopi, teh juga mampu membuat daging jadi lebih empuk dan memiliki aroma yang lebih harum. Bagaimana bisa teh membuat tekstur daging menjadi empuk? Kandungan tanin di dalam teh berfungsi sebagai pelunak daging alami.

Untuk memanfaatkan teh sebagai pengemuk daging, Anda harus menyeduh teh hitam yang sangat kental dan pekat. Kemudian, rendam daging di dalam teh sembati dipijat-pijat agar air tehnya meresap ke dalam pori-pori daging. Diamkan daging di dalam air teh selama beberapa menit, angkat dan tiriskan daging, lalu Anda dapat langsung memasak daging tersebut.

6. Kiwi

Kiwi

Buah yang memiliki daging berwarna hijau ini ternyata juga dapat mengempukkan daging, lho. Di beberapa negara barat, kiwi memang banyak dipakai sebagai pengempuk daging alami. Enzim Actinidin di dalam kiwi membuat daging cepat empuk. Akan tetapi, di Indonesia nampaknya masih belum terlalu sering dimanfaatkan sebagai pengempuk daging.

Jika Anda tertarik menggunakan kiwi untuk mengempukkan daging, cobalah untuk membeli buah kiwi segar, kupas kulitnya, dan iris buah ini tipis-tipis. Letakkan irisan buah kiwi secara berjajar hingga menutupi daging. Untuk daging dengan berat 1 kilogram umumnya membutuhkan 4 buah kiwi.

7. Daun pepaya

Daun pepaya

Cara melembutkan daging yang satu ini merupakan cara tradisional yang sudah digunakan sejak zaman nenek moyang kita. Di samping itu, Anda pun tak perlu membayar mahal untuk membeli bahan yang satu ini. Bahkan, Anda bisa meminta tetangga yang memiliki pohon pepaya. Ya, kali ini Bacaterus akan memberikan tips melembutkan daging dengan daun pepaya.

Yang harus Anda lakukan adalah meremas-remas daun pepaya sampai mengeluarkan getah. Kemudian, gunakan daun tersebut untuk membungkus daging. Diamkan daging selama 60 menit. Selanjutnya, silakan olah daging menjadi hidangan yang Anda inginkan. Cara melunakkan daging dengan daun pepaya ini lebih cocok untuk Anda yang akan membuat steak atau sate.

8. Saus tomat

Saus tomat

Ketika hendak membuat daging untuk BBQ, Anda akan melumuri daging dengan saus tomat. Selain untuk menambah citarasa daging, saus tomat juga mengandung asam yang dapat melunakkan tekstur daging.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk merendam daging di dalam saus tomat selama 2 jam agar daging yang akan dibakar menjadi lebih empuk. Di samping itu, dalam waktu 2 jam saus tomat akan meresap ke dalam daging sehingga dapat menambah citarasa daging tersebut ketika dikonsumsi.

9. Cola

Cola

Minuman kok dijadikan sebagai bahan pengempuk daging? Di beberapa negara barat, cola memang dimanfaatkan untuk membumbui daging. Penggunaan cola sebagai bumbu untuk daging sapi ini akan menciptakan rasa yang unik.

Tidak hanya untuk menambah citarasa saja, cola akan membuat daging menjadi empuk setelah dimasak. Pasalnya, kandungan asam di dalam cola akan berubah menjadi katalis untuk melunakkan otot-otot daging. Bila Anda ingin mencoba cara mengempukkan daging dengan cola, gunakan cola biasa yang bukan diet coke.

10. Jahe

rebusan jahe

Rempah ini memang tidak asing di Indonesia. Di negara kita jahe memang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Namun, tahukah Anda bahwa jahe ternyata bisa membuat daging yang alot jadi lebih empuk? Enzim proteolitik alami yang berada di dalam jahe dapat menguraikan ikatan protein daging sehingga tekstur daging jadi lebih empuk.

Cara menggunakan jahe untuk melembutkan daging adalah kupas kulit jahe dan parut hingga halus. Lumuri daging dengan parutan jahe selama 15 – 30 menit sebelum memasak daging.

Yuk, coba semua cara melembutkan daging di atas untuk membuat daging sapi untuk steak, kambing bakar, dan babi jadi lebih empuk. Kini, Anda tidak perlu lagi mengukus daging hingga berjam-jam karena dengan cara-cara di atas Anda bisa mengempukkan daging tanpa perlu merebusnya di atas kompor sehingga lebih hemat energi.

Oh iya, kalau Anda punya daging kurban dan bingung cara menyimpannya agar tetap fresh dan awet, berikut Bacaterus punya solusinya dalam artikel 10 Cara Menyimpan Daging Kurban ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *