Bacaterus / Cokelat / Inilah Cara Melelehkan Coklat Bubuk yang Mudah Dilakukan

Inilah Cara Melelehkan Coklat Bubuk yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cokelat merupakan sajian yang sangat disukai tidak hanya oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Cokelat sendiri merupakan hasil olahan dari biji kakao dengan nama ilmiah Theobroma cacao.

Cokelat sering dimanfaatkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Cokelat sendiri biasa dikreasikan ke dalam berbagai jenis kue, minuman bahkan untuk sebuah produk kecantikan.

Nah, bagi kamu para pecinta olahan cokelat, kali ini kita akan membahas cara melelehkan dan mengolah bubuk cokelat menjadi sajian lain yang lebih nikmat. Agar kamu tidak penasaran, berikut adalah ulasannya.

Pohon Kakao Penghasil Cokelat

Buah kakao

* sumber: en.wikipedia.org

Kakao atau Theobroma cacao adalah pohon perennial yang berasal dari Amerika Selatan. Pohon ini biasa tumbuh di hutan tropis yang berada diketinggian 300 meter di atas permukaan laut atau daerah tropis dengan curah hujan 1.000 mm hingga 3.000 mm per tahun.

Pohon kakao sendiri bisa tumbuh mencapai 5-10 meter. Sebenarnya kakao adalah tanaman asli Meksiko. Penduduk Meksiko sendiri biasa memanfaatkannya sebagai minuman. Selain di Meksiko, tanaman ini juga banyak tumbuh di Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Pohon kakao memiliki beberapa jenis varietas. Sementara yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat dunia adalah varietas Forastero.

Pohon kakao mulai berbuah dan dapat dipanen pada saat umurnya mencapai empat atau lima tahun. Buah yang bisa dihasilkan dalam satu pohon sekitar 20 buah setiap tahun.

Setiap 10 buah kakao sendiri mampu menghasilkan sekitar 300 sampai 600 biji atau sekitar 1 kg pasta cokelat. Indonesia sendiri menjadi penghasil cokelat terbesar ketiga di dunia, sehingga cokelat menjadi salah satu komoditas penting bagi negara kita.

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Cokelat memiliki dua jenis, yaitu dark chocolate atau coklat hitam dan milk chocolate/white chocolate atau coklat putih. Orang-orang biasa memanfaatkan dark chocolate untuk kesehatan dibanding dengan white chocolate.

Kandungan antioksidan dan serat dalam cokelat hitam disebutkan jauh lebih tinggi dibanding cokelat putih. Dark chocolate juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh sehingga lebih baik bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat cokelat hitam bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.

‌1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Baik untuk Kesehatan Jantung (Copy)

Manfaat cokelat yang satu ini memang telah diakui oleh para pakar kesehatan yang ada di seluruh dunia. Salah satunya dari Universitas Harvard, yang mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

Hal tersebut karena cokelat dapat membantu meningkatkan HDL atau (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat). Selain itu, cokelat juga dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Baik Bagi Penderita Diabetes

Memulihkan Pasien Diabetes

* sumber: www.hospitalsanfernando.com

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, cokelat dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Itu karena senyawa epicatechin yang ditemukan dalam kakao mampu membantu sel beta bekerja lebih baik dan kuat.

Mereka juga menambahkan bahwa hasil studi menunjukkan senyawa monomer epicatechin bisa meningkatkan kemampuan sel beta untuk menghasilkan insulin. Sehingga mengkonsumsi cokelat dalam jumlah yang cukup bisa membantu para penderita penyakit diabetes.

3. Mencegah Stres dan Memperbaiki Otot Lebih Cepat

Meredakan Stress

* sumber: www.thermofisher.com

Selain untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan juga diabetes, cokelat juga bermanfaat untuk membantu mengurangi stres dan membuat tubuh jauh lebih rileks. Hal itu karena cokelat dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Cokelat juga disebutkan dapat membantu memulihkan kondisi otot tubuh. Menurut University of Texas pada penelitiannya, mereka menemukan atlet yang meminum cokelat rendah lemak setelah melakukan latihan mengalami pemulihan lebih cepat dibanding mereka yang tidak meminum.

4. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Salah satu manfaat lain dari cokelat adalah untuk meningkatkan kecerdasan serta meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam kakao dipercaya berperan penting dalam meningkatkan kinerja otak, terutama untuk memori jangka panjang. Hal itu sempat dikemukakan oleh seorang ilmuan dalam jurnal Frontiers in Nutrition.

5. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kulit sehat

* sumber: pixabay.com

Cokelat memang bisa menjadi dua mata pedang untuk kulit. Kandungan antioksidan serta vitamin C yang ada dalam cokelat memang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain dapat melembabkan kulit, cokelat juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Meskipun demikian, mengkonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak atau berlebihan dapat membuat wajah berjerawat dan berminyak. Oleh karena itu, mengkonsumsi cokelat pun harus tetap diperhatikan.

6. Mengurangi Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.foxnews.com

Cokelat memilki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang sedang melakukan penurunan berat badan atau diet.

Selain membantu mengurangi nafsu makan, cokelat juga membuat tubuh cepat kenyang. Kamu bisa mencoba mengkonsumsi cokelat hitam pada pagi hari dengan satu gelas air hangat.

Cara Melelehkan Cokelat Bubuk

Setelah kita membahas sedikit tentang budidaya cokelat dan manfaat cokelat, selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara untuk melelehkan cokelat bubuk untuk kemudian mengolahnya menjadi menu lain yang lebih lezat. Terdapat dua cara melelehkan cokelat bubuk yang bisa kamu kamu lakukan di rumah. Berikut adalah bahasannya.

1. Cokelat Untuk Minuman

Susu Cokelat Minuman Penggemuk Badan

Saring cokelat untuk mencegah bubuk cokelat menggumpal. Kemudian sisihkan. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, kemudian kecilkan api.

Masukan cokelat bersama sedikit air dan margarin ke dalam panca lain. Setelah itu simpan panci berisi cokelat di atas air mendidih. Hal tersebut untuk mencegah cokelat terbakar langsung oleh api.

Pastikan kondisi api dalam keadaan kecil. Aduk-aduk sampai coklat mencair. Setelah kekentalannya sesuai dengan yang kamu harapkan, sajikan. Kamu bisa tambahkan gula atau tidak sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

2. Membuat Cokelat Batangan

cokelat

Lakukan hal yang sama seperti di atas. Saring cokelat untuk mencegah bubuk cokelat menggumpal. Masukan dua sendok cokelat bubuk, gula dan susu cair secukupnya, kemudian masukan pula satu sendok makan tepung maizena

Sama seperti cara pertama, masak cokelat di atas panci yang tidak terbakar langsung oleh api. Masak hingga semuanya bercampur dan sedikit mengental serta berwarna kehitaman.

Setelah itu angkat dan masukan kedalam cetakan. Diamkan beberapa saat atau bisa kamu memasukannya ke dalam kulkas sampai coklat mulai mengeras dan siap untuk disantap menjadi coklat batangan atau dikreasikan dalam menu yang baru. Mudah, bukan?

Demikian cara melelehkan cokelat bubuk dan mengolahnya menjadi menu coklat yang lezat. Kamu pun bisa membuat kreasi olahan kamu sendiri sesuai dengan keinginan. Bila kamu memiliki resep lain yang lebih menarik, kamu bisa berbagi dengan pembaca lain di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *