Bacaterus / Olahraga / Cara Melakukan Split Yang Benar dan Mudah Untuk Pemula

Cara Melakukan Split Yang Benar dan Mudah Untuk Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Januari 2019

Mungkin Anda pernah melihat para atlet gymnastic, ballerina, dancer, acrobat dan orang-orang yang mengikuti beladiri melakukan split dan mungkin Anda akan terkagum-kagum saat melihat mereka melakukan split. Sepertinya terlihat mudah sekali  bagi mereka melakukan gerakan split tersebut tanpa terlihat kesakitan.

Namun bisakah semua orang melakukan split? Bahkan bagi yang tidak memiliki tubuh fleksibel sama sekali? Kali ini Bacaterus akan memberikan tips bagi Anda yang ingin mencoba melakukan split. Mari simak pembahasan berikut.

Persiapan

Sebelum Anda melakukan split tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui dan penting untuk dilakukan yaitu:

1. Sabar, Anda harus sangat-sangat sabar jika ingin melakukan split apalagi jika Anda belum terbiasa melakukannya. Kalau tidak sabar, mungkin Anda akan menyerah sebelum berhasil.

2. Fleksibel, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan split jika tidak memiliki tubuh yang fleksibel. Namun, fleksibel disini adalah Anda harus melakukan pemanasan dan peregangan otot dahulu sebelum melakukan split agar otot-otot Anda tidak tegang dan untuk menghindari cidera.

3. Rutin, konsisten, dan terus berlatih. Anda harus secara rutin dan konsisten melatih split. Karena jika tidak, lama kelamaan apa yang sudah Anda latih mungkin akan menjadi sia-sia. Dan Anda harus mengulang kembali dari awal jika ingin melakukannya kembali.

Nah, setelah mengetahui hal-hal diatas, untuk mengurangi cidera saat melakukan split, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan seperti menggunakan pakaian yang nyaman untuk melakukan split. Kenapa Anda harus menggunakankan pakaian yang nyaman? Hal ini agar tubuh Anda dapat bergerak secara nyaman dan leluasa.

Selain itu jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu untuk menghindari cidera. Apalagi, jika Anda tidak terbiasa melakukan split, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu. Walaupun Anda sudah bisa melakukan split, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan dan peregangan.

Pemanasan dan Peregangan

Pemanasan dan peregangan sangat penting dilakukan saat Anda akan melakukan berbagai macam olahraga yang memerlukan kelenturantubuh Anda salah satunya adalah split. Pemanasan seperti apakah yang cocok untuk split? Pemanasan untuk split sebaiknya difokuskan pada gerakan kaki secara menyeluruh, yakni pangkal paha, paha, betis dan juga telapak kaki.

Pemanasan dapat dilakukan selama  10 – 15 menit sebelum Anda melanjutkan ke peregangan. Lakukan pemanasan secara perlahan jangan terburu-buru.Berikut beberapa gerakan pemanasan dan peregangan yang dapat Anda lakukan :

1. Jogging

jogging2. Squat

squat

3. Jumping Jacks

jumping jacks

4. Leg Kicks

leg kicks

5. Hamstring stretch

hamstring strech

 

6. Lunge stretch

lunge stretch

7. Wide Squat

wide squat

8. Lizard stretch

lizard stretch

9. Pigeon stretch

pigeon stretch

10. Frog stretch

frog stretch

Peregangan dibutuhkan untuk membuat otot-otot Anda tidak tegang dan membantu keseimbangan tubuh Anda. Jika saat melakukan peregangan Anda merasakan sakit, berarti Anda melakukan peregangan terlalu kuat. Ketika melakukan peregangan Anda harus santai dan secara perlahan mengendurkan otot sedikit demi sedikit.

Jika Anda merasakan sakit, berhentilah sesegera mungkin. Namun, adakalanya pula untuk menembus limit tubuh Anda tapi tetap ingat jangan terlalu dipaksakan jika memang dirasa sudah tidak bisa. Anda tetap bisa melatihnya dihari-hari berikutnya jika dihari pertama sudah tidak bisa.

Ingat juga saat Anda akan melakukan peregangan Anda harus santai dan jangan lupa untuk mengatur pernapasaan Anda dengan baik. Jika Anda bisa fokus untuk mengatur pernapasan Anda, dengan sendirinya Anda akan merasa santai dan tenang saat melakukan peregangan dan saat melakukan split pun sama.

Melakukan Split

Ada dua macam split yang bisa Anda lakukan yaitu split dengan tubuh menghadap kedepan atau middle split dan split dengan posisi tubuh menyamping atau front split. Untuk melakukan middle split Anda harus memiliki fleksibilitas tubuh yang sangat baik.

Sedangkan untuk front split biasanya lebih mudah dilakukan bagi pemula dan biasanya kebanyakan orang akan menemukan kenyamanan melakukan front split dan lebih fleksibe ldengan salah satu kaki saja.

1. Front Split

front split

Sekarang saatnya Anda mempraktekkan  front split berikut ini adalah tahapan melakukannya :

  • Posisikan tubuh Anda menghadap ke pinggir seperti berlutut dengan salah satu kaki di depan dan kaki yang satunya lagi di belakang.
  • Posisikan kaki depan Anda mencapai posisi 90 derajat dengan menekan kuat pada telapak kaki Anda.
  • Perlahan geser kaki depan Anda begitu juga dengan belakang. Jangan lupa untuk mengatur napas Anda dan lakukan dengan
  • Turunkan tubuh Anda perlahan ke bawah, untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda bisa menggunakan bantuan tangan Anda sebagai penopang tubuh Anda.
  • Ingat, jika Anda merasakan sakit jangan terus dipaksakan jika Anda tidak ingin cidera.
  • Lakukan terus hingga nantinya tubuh Anda bisa mencapai bawah.
  • Jaga pinggul dan telapak kaki Anda tetap sejajar dan kedua lutut Anda membentuk garis lurus.
  • Jika tubuh Anda sudah mencapai lantai atau bawah cobalah tahan posisi tersebut selama yang Anda bisa.
  • Kemudian lakukan hal yang sama pada posisi sebaliknya. Dan disitulah Anda akan menemukan kaki mana yang lebih nyaman dan lebih fleksibel saat melakukan front split.

Catatan, jika saat Anda mulai menurunkan tubuh Anda kebawah dan menggerakan kaki secara perlahan namun terasa sakit sebelum mencapai bawah, Anda bisa mengganjalnya dengan menggunakan bantal. Supaya Anda tidak bingung, Anda bisa tonton video dibawah ini untuk mencoba front split.

2. Middle split

middle split

Untuk melakukan middle split tidak jauh berbeda saat melakukan front split. Untuk pemanasan dan peregangan pun tidak jauh berbeda. Karena middle split membutuhkan kelenturan tubuh yang lebih, maka lakukan peregangan yang lebih banyak pula. Anda bisa juga menambahkan beberapa peregangan lain seperti:

  • Butterfly Stretch

butterfly stretch

  • Wall Stretch

wall stretch

  • Straddle

straddle

  • Wide Legged Split

wide legged split

  • Split Stretch

split stretch

Untuk beberapa peregangan, mungkin Anda bisa meminta bantuan pada keluarga atau teman Anda contohnya ketika Anda akan melakukan wall stretch. Saat melakukan wall stretch Anda bisa minta rekan Anda tersebut untuk mendorong Anda perlahan kedepan hingga mencapai limit maksimal Anda. Ingat, jika dirasa sakit, hentikan sesegera mungkin. Anda bisa tonton video dibawah ini untuk melakukan middle split.

Perlu diingat, pada saat melakukan split yang terpenting jangan memaksakan diri Anda. Untuk bisa melakukannya secara sempurna Anda harus terus berlatih dengan konsisten dan sabar. Mungkin dibutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tergantung dari lamanya Anda berlatih.

Selain itu, faktor umur pun mempengaruhi fleksibilitas tubuh Anda. Semakin Anda tua, maka akan semakin banyak memakan waktu, semakin Anda jarang bergerak semakin sulit pula anda melatih kefleksibelan tubuh Anda. Namun jika Anda sudah melatihnya sejak kecil akan lebih mudah melatihnya, karena otot-otot pada anak kecil masih lentur dan mudah untuk dilatih.

Semoga tips dari Bacaterus kali ini bermanfaat dan dapat membantu bagi Anda yang ingin mencoba melakukan split. Jika Anda mempunyai tips lain untuk melakukan split silahkan tulis komentar Anda dibawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar