Bacaterus / Telur / 6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak

6 Cara Makan Telur Mentah yang Benar dan juga Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Telur merupakan bahan makanan yang sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari. Kita memerlukan telur ayam untuk membuat kue atau memasak berbagai macam makanan. Bahkan, ketika tidak ada lauk di rumah, kita bisa menggoreng telur ayam dan menyantapnya dengan nasi putih.

Namun, pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk mengkonsumsi telur mentah? Konon, telur mentah memiliki beragam manfaat untuk tubuh, lho. Pro dan kontra mengkonsumsi telur mentah masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Kali ini, Bacaterus akan membahas seputar cara makan telur mentah dan mengenal manfaat makan telur mentah untuk kesehatan tubuh. Yuk, tak perlu berlama-lama lagi, silahkan baca ulasan selengkapnya di sini.

Kandungan Gizi dalam Telur

Kandungan Gizi dalam Telur

Kami akan membahas beberapa cara makan telur mentah yang paling sering dilakukan oleh masyarakat di penjuru dunia, tetapi sebelumnya agar Anda semakin yakin untuk mengkonsumsi telur mentah maka kita akan mengenal kandungan gizi di dalam telur. Berikut adalah kandungan gizi di dalam telur yang harus Anda ketahui:

  • Protein

Sudah jadi rahasia umum bahwa telur diklaim sebagai makanan tinggi protein. Nilai kandungan protein di dalam telur mencapai 100 persen. Sementara itu, nilai kandungan protein pada daging ayam hanya 80 persen dan susu cuma 75 persen.

  • Kolin

Senyawa yang satu ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janinnya. Kekurangan asupan kolin dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak pada janin. Kolin juga dapat membantu proses metabolisme tubuh. Satu butir telur mengandung 25 persen dari kebutuhan kolin harian yang dianjurkan.

  • Vitamin A

Tahukah Anda bahwa sayuran seperti wortel dan ubi jalar tidak memberikan asupan Vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh? Justru kandungan Vitamin A yang mencukupi bisa Anda peroleh dari kuning telur. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan hormon.

  • Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak tubuh. Anda tidak bisa memperoleh Vitamin D sesuai dengan asupan harian yang diperlukan tubuh hanya dengan mengandalkan sinar matahari saja. Konsumsi telur dapat memenuhi kebutuhan Vitamin D harian Anda.

  • Asam Lemak Omega 3

Telur mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Manfaat asam lemak omega 3 untuk kesehatan tubuh adalah sebagai anti-inflamasi alami untuk meredakan peradangan di dalam tubuh.

  • Mineral

Bukan hanya kuning telur saja yang mengandung gizi, tetapi putih telur juga mengandung mineral yang penting bagi tubuh Anda. Satu butir telur mengandung 1,3 mcg folat, 6,6 mcg selenium, 2,3 mg kalsium, 3,6 mg magnesium, dan 4,9 mg fosfor.

Cara Makan Telur Mentah yang Benar

Ada berbagai cara makan telur mentah, tetapi yang populer di Indonesia adalah sebagai campuran jamu atau minuman STMJ (susu telur madu jahe). Sebagian dari kita masih merasa jijik ketika harus menyantap telur mentah yang cenderung berbau amis. Nah, agar kita tidak merasa jijik saat harus menyantap telur mentah, cobalah beberapa cara makan telur mentah yang enak ini:

1. Makanan Jepang

Makanan Jepang Cara Makan Telur Mentah

Anda mungkin tidak tahu bahwa orang-orang Jepang memiliki beragam cara untuk menikmati telur mentah yang benar. Terbukti ada beberapa makanan Jepang yang menggunakan telur mentah sebagai campuran utamanya, yaitu:

  • Tamago Kake Gohan

Ini merupakan nasi putih panas yang di atasnya diberi telur ayam mentah. Kemudian, telur tersebut diberi kecap sushi lalu telur dikocok bersama nasi.

  • Sukiyaki

Hidangan yang satu ini lebih sering dinikmati saat musim dingin. Sukiyaki terdiri dari daging, sayuran, jamur dan mie yang direbus dalam kuah kaldu. Untuk menikmati sukiyaki biasanya ada semangkuk telur mentah yang sudah dikocok. Daging yang diambil dari panci akan dicelup ke dalam telur mentah, baru dimakan.

  • Natto

Selanjutnya, ada natto yang merupakan hidangan eksklusif di Jepang. Natto biasanya tidak cocok bagi lidah orang-orang asing, termasuk lidah kita masyarakat Indonesia. Natto adalah fermentasi kedelai yang dicampur dengan telur mentah. Makanan ini bisa langsung dimakan atau disantap bersama nasi putih.

  • Tsukimi Udon

Udon adalah mie khas Jepang dengan ukuran yang lebih besar dibanding ramen. Telur mentah juga bisa dicampur ke dalam udon yang hendak dimakan. Namun, kuah udon ini harus panas untuk mengurangi rasa amis dari telur.

2. Telur dan Madu

Telur dan Madu

Rasa amis dari telur mentah ternyata bisa disamarkan jika kita menyantap telur mentah tersebut dengan madu. Namun, pastikan bahwa madu yang digunakan adalah madu murni agar Anda memperoleh manfaat dari telur dan madu itu sendiri.

Pecahkan telur di dalam gelas, lalu tuangkan madu sesuai selera untuk menghilangkan bau dan rasa amis telur. Telur dan madu ini boleh dikocok terlebih dahulu atau langsung diminum.

3. STMJ (Susu Telur Madu Jahe)

STMJ (Susu Telur Madu Jahe)

Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan cara makan telur mentah melalui olahan STMJ (susu telur madu jahe). Telur ayam kampung mentah akan dicampur dengan susu sapi murni, madu murni, dan wedang jahe. Hasilnya, rasa dan bau amis dari telur akan tersamarkan oleh ketiga bahan lainnya. STMJ ini memiliki manfaat untuk menambah stamina tubuh.

4. Bubur

Bubur

* sumber: drinks.seriouseats.com

Satu lagi cara makan telur mentah yang enak banget dan bikin kita ketagihan. Kalau Anda memesan bubur ayam, biasanya kita bisa meminta tambahan telur ayam mentah yang dipecahkan di atas bubur ayam panas yang kita pesan. Aduk telur dengan bubur agar tercampur menjadi satu. Tambahkan merica untuk menyamarkan rasa amis telur mentah.

5. Smoothie

Smoothie

Yang satu ini adalah cara konsumsi telur mentah yang masih jarang dilakukan di Indonesia. Jika Anda merasa tidak sanggup mengkonsumsi telur mentah tanpa tambahan apapun, cobalah mengolah telur mentah menjadi smoothie. Campurkan telur mentah dengan buah segar dan yogurt di dalam blender. Kemudian, tuang ke dalam gelas dan segera habiskan dalam keadaan fresh.

6. Salad

Salad

Ingin hidup sehat tak perlu tanggung-tanggung. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat sekarang juga. Salah satu makanan sehat yang proses pembuatannya mudah adalah salad.

Namun, untuk membuat salad yang Anda konsumsi menjadi lebih tinggi protein adalah dengan menambahkan 1 butir telur mentah. Untuk menghilangkan bau dan amis dari telur mentah, gunakan salad dressing dengan rasa yang kuat, seperti mustard atau mayones.

Adakah bahaya telur mentah yang mungkin belum Anda ketahui? Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, pro dan kontra konsumsi telur mentah masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Telur mentah merupakan makanan hewani yang rentan terpapar bakteri salmonella. Bakteri ini dapat menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan kram perut, mual, dan diare.

Akan tetapi, daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda. Banyak para atlet yang mengkonsumsi telur mentah setiap hari tetapi justru memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Jadi, sah-sah saja jika Anda ingin mengkonsumsi telur mentah menggunakan beberapa cara makan telur mentah di atas. Bila Anda ingin mengetahui panduan cara menyimpan telur yang benar agar lebih awet, silahkan baca di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *