Bacaterus / Oatmeal / 10 Penyajian dan Cara Makan Muesli yang Enak dan Lezat

10 Penyajian dan Cara Makan Muesli yang Enak dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Januari 2019

Anda sudah tahu muesli? Selamat, berarti Anda termasuk orang-orang yang peduli akan kesehatan. Muesli (Jerman: campuran sereal) adalah raw rolled oat (gandum mentah/oatmeal), buah-buahan kering (kismis, aprikot, apel, peach, dan lain-lain), kacang-kacangan (almond, chesnut, dan lain-lain), serta biji-bijian (kuaci, chia seed, dan lain-lain. Istilah mudahnya sih muesli ini paket lengkap dari oatmeal biasa.

Cara termudah untuk makan muesli memang disantap seperti sereal, yaitu tinggal dituangkan susu sapi segar saja lalu tinggal santap. Anda bisa juga menambah buah-buahan segar seperti kiwi, pisang, stroberi, dan lain-lain supaya rasanya lebih enak. Biasanya muesli disantap sebagai sarapan. Muesli dikembangkan oleh Maximillian Bircher-Benner pada tahun 1900 untuk makanan pasien di rumah sakit.

Muesli biasanya tersedia di supermarket atau toko yang menjual makanan impor kalau di Indonesia. Muesli memang tidak terlalu populer di negara kita, karena mayoritas orang lebih memilih makan nasi untuk sarapan. Padahal, tidak ada salahnya jika Anda makan muesli untuk sarapan, karena lebih sehat, kaya akan serat, lebih mengenyangkan, dan cocok untuk yang sedang diet.

Muesli ada yang dijual dalam kemasan jadi, sehingga Anda hanya perlu menuangkannya dan langsung makan. Tapi, ada juga yang menjual muesli “mentah” untuk diolah. Nah, sekarang Bacaterus akan memberi tahu Anda sepuluh cara makan muesli yang paling tepat, supaya kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang dan terasa enak di lidah kita. Ini dia caranya:

10 Penyajian dan Cara Makan Muesli

1. Sebagai Sereal

Sebagai Sereal

* sumber: cookieandkate.com

Cara makan muesli yang terbaik dan termudah adalah dengan memakannya seperti sereal. Karena, pada dasarnya, muesli memang masih satu rumpun dengan serelia. Tambahkan susu cair ke dalam mangkuk Anda untuk sarapan dengan muesli. Jika Anda tidak suka susu, bisa diganti dengan yoghurt tawar, baik yang cair maupun yang berbentuk krim.

Jika Anda mau memberikan muesli untuk orang tua, kakek nenek, atau balita yang belum punya gigi yang lengkap, Anda bisa merendam muesli dengan susu panas terlebih dahulu. Tunggu hingga muesli jadi lembek dan terasa seperti oatmeal. Anda bisa juga menghangatkan semangkuk muesli dan susu di dalam mikrowave.

2. Panggang

Panggang cara makan muesli

* sumber: www.goodfood.com.au

Ada yang mengatakan kalau muesli lebih baik “dimasak” dulu daripada langsung dimakan dalam keadaan “mentah”. Itu semua kembali lagi pada Anda. Sebenarnya dengan memasak muesli, yang biasanya dengan cara dipanggang, hanya akan membuat muesli jadi terasa lebih kriuk ketika dimakan.

3. Buah Segar

Tambah Topping Buah

* sumber: www.thewholesomefork.com

Cara makan muesli yang selanjutnya adalah dengan memberikan topping buah-buahan segar atau yang telah dibekukan terlebih dahulu di freezer. 

Buah-buahan yang biasanya digunakan untuk topping muesli adalah stroberi, pisang, blueberry, rasberi, blackberry, kiwi, apel, pir, mangga, kelapa parut, leci, delima dan masih banyak lagi. Jika Anda mau makan muesli asin, Anda bisa menambahkan santan, potongan bacon atau sosis goreng.

4. Buah Kering

cara makan muesli Buah Kering

* sumber: www.taste.com.au

Selain buah segar, dried fruit alias buah kering juga enak sekali ketika dipadu dengan muesli. Jika muesli Anda polos dalam artian tidak terlalu banyak memiliki buah kering dan biji-bijian, maka menambahkan buah kering adalah pilihan yang sangat tepat. Buah kering yang populer ditambahkan ke dalam muesli adalah kismis, cranberry, goji berry, dan aprikot.

5. Smoothies

Smoothies

* sumber: www.doctoroz.com

Tahu desert smoothies di mangkuk yang lagi kekinian? Anda bisa membuatnya sendiri rumah kok. Pertama-tama, buatlah smoothies dari buah kesukaan Anda, jangan terlalu banyak esnya supaya konsentrasi bentuk dan rasa smoothies-nya tidak berubah. Muesli bisa Anda jadikan topping dari semangkuk smoothies favorit Anda.

6. Bubur

Bubur

* sumber: aduna.com

Anda malas mengunyah? Sedang sakit? Bubur muesli merupakan makanan yang paling pas. Tekstur muesli ketika dimasak dengan susu atau air akan melunak. Takarannya adalah 1 cangkir muesli + 1 cangkir air + 1 cangkir susu. Lalu, panaskan di atas kompor dengan api kecil selama 10 – 15 menit. Aduk terus bubur muesli supaya tidak menggumpal.

7. Rendam

Rendam

* sumber: mylittlegourmet.com

Anda ingin tahu cara makan muesli original versi Bircher? Adalah Bircher Muesli, sebuah resep tradisional untuk makan muesli. Caranya adalah dengan merendam muesli semalaman. Teknik ini akan membuat muesli menjadi lembut.

Biasanya muesli direndam oleh susu, yoghurt, santan, dan larutan favorit lainnya. Siapkan wadah dengan tutup. Takaran muesli dengan larutan adalah 1:1, lalu masukkan ke dalam kulkas. Besok paginya, keluarkan bircher muesli dari wadah, dan bubur muesli dingin pun siap menjadi sarapan Anda.

8. Apple Sauce

Apple Sauce

* sumber: www.karlasnordickitchen.com

Saus apel tidak terlalu beken di Indonesia, tapi biasanya muesli sering dimakan bersama dengan saus apel. Saus ini tidak berbentuk cairan atau gel, tapi mirip seperti ampas apel yang diblender. Muesli dan saus apel merupakan perpaduan yang paling tepat jika Anda sedang dieet laktosa.

9. Muesli Bar

Muesli Bar

* sumber: id.pinterest.com

Anda pasti pernah melihat camilan berbentuk bar di mini market dan swalayan yang dibuat dari gandum dan biji-bijian. Terinspirasi dari benda yang sama, Anda bisa membuat muesli bar dalam cara makan muesli kali ini. Jika Anda malas makan muesli sebagai sarapan, muesli bar merupakan jawabannya karena Anda akan menganggapnya sebagai camilan yang enak.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda cuma membutuhkan selai kacang, madu, atau mentega leleh. Lalu, aduk rata dengan muesli. Setelah itu, cetak sesuai selera, dinginkan di lemari es. Muesli bar pun siap Anda nikmati dan bisa dibawa ke mana saja Anda inginkan.

10. Kue / Roti

Kue / Roti

* sumber: theviewfromgreatisland.com

Cara makan muesli yang terakhir adalah dengan memasukkannya ke adonan kue atau roti. Ada banyak cookies dan roti yang menggunakan oatmeal sebagai bahan tambahannya. Nah, Anda bisa banget mengganti oatmeal dengan muesli. Anda bisa juga memasukkan sejumput muesli ke dalam panekuk, muffin, dan lain-lain.

Muesli merupakan makanan yang sehat, enak, dan mengenyangkan. Semoga sepuluh cara makan muesli dari Bacaterus ini dapat memberikan inspirasi untuk Anda makan muesli dengan lebih lezat lagi. Jika Anda sedang diet, lebih baik batasi buah kering karena biasanya buah kering mengandung banyak gula. Selain yang sudah kami sebutkan di atas, apakah Anda punya cara lainnya untuk makan muesli?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar