Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2019

Salah satu menu seafood yang digemari banyak orang, yang tentu jika tidak memiliki alergi seafood, adalah kepiting. Boleh dibilang kepiting termasuk ke dalam kategori menu seafood yang mewah, selain lobster tentunya. Walaupun mahal harganya, tapi rasanya yang super enak membuat orang rela mengeluarkan uangnya demi menikmati hidangan lezat ini.

Namun, ada satu masalah ketika menikmati kepiting. Ribet! Memang tidak mudah untuk bisa menikmati daging kepiting yang tersembunyi di dalam kaki dan capitnya yang keras itu. Salah cara makan kepiting bisa-bisa dibuat malu, apalagi ketika makan kepiting di restoran. Tadinya ingin makan enak malah dapat musibah. Nah, supaya kamu tidak salah dan ribet saat makan kepiting, simak tips ini.

Alat-alat yang Diperlukan

Jika kamu kebetulan makan kepiting di restoran besar, ada baiknya kamu mengenal beberapa alat yang digunakan ketika menikmati kepiting. Jika kamu memiliki alat-alat ini juga tak ada ruginya karena kamu tak akan kesusahan ketika menyantap kepiting.

Dengan mengetahui fungsi alat-alat ini kamu bisa makan enak dan tidak akan kesusahan menggunakan alat-alat tersebut. Berikut adalah alat-alat yang biasa dipakai saat menyantap kepiting.

1. Apron/Oto

Apron

* sumber: www.webstaurantstore.com

Waktu kecil, ketika ibu menyuapi anaknya, biasanya anak bayinya akan dipasangkan kain alas di dada atau dikenal juga dengan istilah oto, supaya makanan tidak mengotori pakaian. Nah, begitu juga ketika akan makan kepiting, biasanya disediakan apron atau oto.

Umumnya, apron atau oto yang disediakan adalah yang sekali buang terbuat dari plastik. Tujuannya sudah jelas, agar ketika kamu makan, pakaian aman tidak belepotan oleh bumbu, saus atau yang lainnya. Apron atau oto untuk makan kepiting biasanya berwarna putih dengan gambar kepiting berwarna merah yang besar. Namun, ada juga yang menampilkan nama restoran di apron tersebut.

Mungkin kamu khawatir jadi terlihat aneh ketika memakai oto saat makan, tapi jika semua orang memakainya maka tak ada alasan untuk kamu tidak memakainya juga. Lagi pula, orang biasanya makan kepiting bersama-sama dengan teman atau keluarga, jadi tak perlu khawatir jadi terlihat aneh gara-gara harus memakai oto plastik. Belum punya apron? Bisa beli di Bukalapak lewat link ini.

2. Pisau

* sumber: www.tapatalk.com

Untuk memisahkan kepiting, kamu akan memerlukan pisau. Pisau khusus kepiting ini digunakan untuk mengeluarkan cangkang segitiga pada perut kepiting dan juga insang. Walaupun pisau kepiting berukuran kecil, tapi pisau tersebut cukup kuat untuk membelah cangkang. Pisang itu juga cukup tajam untuk memisahkan daging dengan sempurna.

3. Palu

* sumber: www.pfaltzgraff.com

Palu khusus untuk kepiting digunakan untuk membuka capit kepiting. Palu kepiting memiliki pegangan yang panjang dengan kepala palu yang kecil tapi keras.

Palu untuk kepiting didesain secara khusus agar menjadi ringan. Tujuannya agar tetap bisa membuka cangkang tanpa perlu menghancurkan kepiting menjadi potongan-potongan kecil. Kamu pasti tak mau makan daging kepiting dari potongan-potongan cangkang kecil, bukan? Memakai palu untuk kepiting menghemat banyak waktu saat kamu mencoba memakan kepiting utuh.

4. Tang Penjepit Kepiting

* sumber: www.williams-sonoma.com

Tang penjepit kepiting sangat penting ketika akan makan kepiting agar bisa dengan mudah menghancurkan capit kepiting. Alat ini dirancang mirip dengan penghancur kacang. Pegangan tang memiliki penjepit di dalamnya dan keduanya dihubungkan oleh engsel.

Untuk memecahkan cangkang dan mengambil daging kepiting di dalamnya, kamu cukup meletakkan kepiting di antar penjepitnya dan pegang kedua gagangnya dan tekan secara bersamaan. Jika kamu belum punya alatnya, maka bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.

5. Pencungkil

* sumber: www.williams-sonoma.com

Alat pencungkil cocok untuk menyendok daging dari dalam kaki kepiting. Bentuknya panjang dan ramping sehingga dapat menjangkau jauh ke dalam kaki agar tak menyisakan sepotong pun daging. Di salah satu ujung pencungkil terdapat sendok kecil, dan di ujung lainnya garpu cabang dua berukuran kecil.

Cara Makan Kepiting

Setelah mengenal alatnya, sekarang kita akan bahas bagaimana cara makan kepiting yang benar sehingga kamu bisa menikmati kelezatan daging kepiting dengan mudah.

1. Persiapan

* sumber: id.pinterest.com

Sebelum mulai makan kepiting, siap-siap terlebih dahulu. Jika kamu makan di rumah, siapkan koran untuk alas dan juga tisu. Kamu juga akan memerlukan pisau pengupas, mangkuk kosong (untuk membuang cangkang kosong) palu, dan talenan supaya meja makanmu tidak rusak oleh alat-alat yang digunakan saat makan. Terakhir, tentu saja siapkan kepiting yang sudah dimasaknya.

Satu hal lagi yang harus dipersiapkan ketika makan kepiting, yaitu kesabaran. Terutama ketika kamu makan kepiting utuh, jangan pikir bisa dengan cepat memecahkan kaki kepiting dan memakan dagingnya secepat kilat. Perlu kesabaran ketika berusaha untuk mengeluarkan daging kepiting. Ketika kamu sabar, kamu bisa menikmati daging yang banyak tanpa memberantakkan semuanya.

2. Buka Cangkang Kepiting

* sumber: www.dishmaps.com

Letakkan kepiting dengan bagian perutnya menghadap ke atas. Letakkan pisau di bawah apron, lalu tarik ke belakang untuk memecahkannya. Balik kepiting dan sambil memegang bagian bawah, masukkan ujung pisau di antara cangkang. Putar untuk melepaskan cangkang kepiting dan membuka rongga bagian dalam.

3. Buang Bagian yang Tidak Bisa Dimakan

Buang bagian yang tidak bisa dimakan

* sumber: www.formerchef.com

Buang paru-paru yang tidak bisa dimakan. Bentuknya terlihat seperti spon dengan warna abu-abu. Gunakan tangan, pisau, sendok atau garpu untuk mengambil dan membuangnya. Jika kamu lihat isi berwarna coklat kekuningan, beberapa orang menyebutnya mustard atau mustar, bagian itu disebut hepatopankreas. Hepatopankreas adalah organ yang menyaring racun.

Bagian tersebut dianggap sebagai bagian yang lezat dengan aromanya yang kuat. Beberapa orang ada yang suka dan ada yang tidak. Umumnya, hepotopankreas aman untuk dimakan selama kepitingnya berasal dari perairan yang tidak terkontaminasi.

4. Belah Tubuh Jadi Dua

* sumber: www.thespruceeats.com

Belah tubuh kepiting menjadi dua, gunakan tanganmu. Untuk membuat belahannya seimbang, kamu bisa gunakan pisau. Dengan membelah kepiting menjadi dua, kamu akan bisa melihat daging kepiting terpisah menjadi dua belah. Sekarang kamu bisa mengambil potongan daging dengan jari-jarimu.

5. Patahkan Kaki-kakinya

* sumber: www.chowhound.com

Pegang setengah tubuh kepiting dengan satu tangan, lalu gunakan tangan yang lain untuk menarik setiap kaki dengan gerakan sedikit memutar. Jika kamu berhasil memisahkan kaki-kaki kepiting itu dengan benar, saat terlepas daging kepiting akan keluar dari potongan kaki tersebut. Di pangkal kaki belakang, yang disebut backfins, kamu akan menemukan mother lode, yaitu bongkahan daging kepiting yang lezat.

6. Gunakan Trik Khusus

* sumber: www.manmadediy.com

Jika daging di kaki tidak bisa keluar dengan mudah, kamu bisa gunakan palu untuk kepiting. Ingat! Jangan terlalu keras memukulnya, lembut saja. Terlalu keras memukul akan menyebabkan cangkang hancur berkeping-keping. Ujung-ujungnya kamu hanya bisa mengambil potongan-potongan kecil saja.

Kamu bisa coba trik berikut. Pegang pisau secara vertikal, dengan ujung pisau di tengah kaki kepiting. Kemudian pukul pisau dengan menggunakan palu untuk menghancurkan cangkang. Lalu, ambil potongan daging kepiting yang utuh tersebut. Gunakan teknik yang sama untuk capit, tetapi tekan pisaunya sedikit lebih keras, tepat di bawah penjepit.

Mungkin kamu sudah paham kalau kepiting tidak terlalu memiliki banyak daging. Walaupun sedikit dan penuh usaha tapi rasa nikmatnya mengalahkan segalanya sehingga orang tetap suka makan kepiting. Apakah kamu termasuk orang yang senang bersusah-susah demi menikmati lezatnya daging kepiting? Kepiting jenis apa yang menurutmu paling lezat?

Tapi, sebelum kamu memakan kepiting, tentunya kamu harus cermat dalam memilih daging kepiting yang bagus. Seperti apa, sih, kepiting yang bagus? Silakan cari tahu informasi selengkapnya di artikel 7 Cara Memilih Kepiting ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .