Bacaterus / Oatmeal / Inilah 10 Cara Makan Granola yang Paling Sehat dan Lezat

Inilah 10 Cara Makan Granola yang Paling Sehat dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika Anda seorang healthy eater kemungkinan sudah kenal dengan granola. Tapi, buat yang tidak familiar, granola adalah makanan yang terdiri dari rolled oat, kacang-kacangan, biji-bijian seperti biji rami, puffed rice, buah kering seperti kismis dan kurma, lalu permen atau cokelat juga kadang-kadang ditambahkan.

Lalu, rasa manisnya di dapat dari madu atau pemanis lainnya seperti gula merah. Dia bertekstur renyah dan bisa dimakan sebagai camilan atau untuk sarapan. Sebelum Bacaterus memberi tahu Anda cara asyik makan granola, mari kita gali terlebih dahulu apa manfaat granola.

Manfaat Granola

Sebelum mengetahui cara makan granola, kami akan menjelaskan dulu beberapa manfaat dari granola. Selain bagus untuk diet, ada banyak manfaat granola yang bagus untuk tubuh Anda lho!

1. Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.express.co.uk

Bagian terbaik dari granola adalah dia ringan, namun dapat mengisi perut dan memberikan efek kenyang lebih lama. Granola juga memberikan healthy boost buat tubuh Anda dalam beberapa cara.

Karena sangat rendah kolesterol dan natrium, yang merupakan penyebab di balik obesitas kronis, granola sangat baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, serat dalam granola membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lama dan mengurangi nafsu makan berlebih.

2. Menambah Energi

* sumber: www.ebony.com

Granola adalah bentuk energi terkonsentrasi, sehingga dapat memberi Anda dorongan ekstra saat Anda paling membutuhkannya. Granola tidak akan mengisi tubuh Anda dengan gula yang menyebabkan Anda merasa lamban.

Justru sebaliknya, granola memberi Anda mangan yang merupakan salah satu mineral yang paling sedikit dibicarakan tetapi paling integral dalam tubuh. Inilah alasan mengapa banyak pendaki gunung membawa granola dalam perjalanan mereka.

3. Mengurangi Kolesterol

* sumber: www.lifetimedaily.com

Serat larut dalam granola berfungsi untuk mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan mempromosikan penyebaran kolesterol HDL di seluruh tubuh. Dengan mengurangi kolesterol berbahaya dalam aliran darah, Anda mencegah perkembangan plak di arteri dan vena Anda. Jenis plak ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan tekanan pada sistem kardiovaskular.

Tapi, pastikan untuk membeli granola yang tidak dilengkapi dengan minyak terhidrogenasi, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol negatif dan mengurangi kolesterol positif. Granola yang mengandung kolesterol baik atau HDL diantaranya yang ada kacang-kacangan seperti almond dan kenari, yang merupakan sumber asam lemak omega-3.

Cara Makan Granola

Tidak ada cara yang salah untuk menikmati granola. Granola sama baiknya ketika ditaburkan sebagai topping, dipanggang menjadi snack bar, atau dimakan sendiri seperti sereal. Jika Anda hobi berkutat di dapur, Anda bisa bereksperimen dengan “menyelundupkan” granola ke dalam adonan roti atau kue. Dijadikan apapun, granola adalah salah satu makanan tinggi gizi yang cocok dimakan dengan gaya apa saja.

Granola sering dimakan dalam kombinasi dengan yoghurt, madu, buah segar (seperti pisang, stroberi atau blueberry), susu atau sereal lainnya. Granola juga berfungsi dengan baik sebagai topping untuk berbagai kue, makanan penutup atau es krim. Inilah cara menyenangkan makan granola versi Bacaterus.

1. Dimakan Sebagai Camilan

* sumber: themom100.com

Granola sangat cocok untuk teman mengunyah Anda sepanjang hari. Tambahkan beberapa bahan makanan sehat lainnya seperti kacang dan buah kering untuk membuat snack Anda lebih menarik. Kombinasikan juga granola dengan madu atau sirup jagung, atau bahkan coklat, kalau Anda mau.

Memiliki sesuatu yang sehat dan mudah dijangkau ketika Anda merasa lapar merupakan hal yang paling pas untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Ganti permen, donat, atau camilan Anda lainnya dari dapur/ruang tamu/meja kantor Anda dengan granola.

2. Dimakan dengan Selai Kacang

* sumber: beamingbaker.com

Ingin membuat energy bites tanpa oven? Bisa banget! Siapkan granola, lalu tuang selai kacang, madu, dan boleh tambahkan sedikit susu atau susu kental manis ke dalam mangkuk. Aduk semuanya hingga granola mengental. Bentuk granola menjadi bola-bola kecil bite size. Masukkan ke dalam lemari es selama semalaman, nikmati besok harinya.

Makanan ringan sederhana ini kaya akan protein, serat, dan gula yang cukup untuk memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk menjalani hari yang sibuk. Kalau Anda belum sedia peanut butter di rumah, beli di sini, yuk!

3. Dijadikan Pengganti Sereal

* sumber: steptohealth.com

Sereal seperti Froot Loops dan Reese’s Puffs memiliki kandungan gula sangat tinggi, loh! Jadi, Anda harus hati-hati dalam memilih sereal untuk sarapan, karena tidak semua sereal itu sehat. Untuk amannya, ganti sereal Anda dengan granola. Cara makannya sama seperti sereal, tinggal dituang susu UHT saja. Tunggu sebentar supaya granola melembut, lalu nikmati semangkuk “sereal” Anda.

Untuk memastikan Anda mendapatkan sarapan yang seimbang, pilih granola yang mengandung campuran bahan-bahan bergizi seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan kering. Sudah banyak produk sereal sarapan granola, kok, di Bukalapak. Klik link ini untuk membelinya.

Atau, Anda tahu sereal hangat? Mungkin selama ini Anda tahunya sereal instan yang tinggal tuang susu lalu bisa dimakan. Tapi, ada yang namanya hot cereal, yaitu sereal yang dimasak dulu, atau bisa juga disiram oleh air/susu panas.

Intinya sereal ini disajikan panas, berbeda dengan sereal pada umumnya yang disajikan dingin. Cara membuat hot cereal sangat mudah. Cukup hangatkan susu di atas panci kecil, masukkan granola hingga susu mengental dan granola menyerap susu. Sajikan!

4. Dijadikan Topping Yoghurt/Es Krim

* sumber: paulsfirehousegranola.com

Anda bisa juga menaburkan granola ke semangkuk yoghurt atau es krim. Untuk alternatif yang lebih ringan, cari krim es non-susu yang dibuat dengan almond atau santan. Snack time jadi lebih bergizi setelah Anda menambahkan granola. Anda bisa juga menambahkan potongan buah segar, madu, coconut shred, apapun sesuka Anda. Bahkan Anda bisa juga menambahkan selai coklat kalau Anda mau cheat day, hehe.

5. Tambahkan pada Smoothie Bowl

* sumber: blog.williams-sonoma.com

Sekarang smoothie bowl banyak digemari orang-orang, bahkan kafe yang khusus menjual smoothie bowl pun bermunculan. Anda bisa membuat smoothie bowl ini menjadi semakin bergizi dengan menambahkan granola.

Psst, smoothie Anda akan terasa lebih sedap kalau granolanya dipanggang dulu, jadi lebih krenyes-krenyes! Oh, iya, cara ini tidak hanya bisa diaplikasikan ke smoothie bowl, smoothie yang di gelas juga bisa.

6. Jadikan Teman Makan Buah Potong

* sumber: joyfoodsunshine.com

Kadang malas makan buah, iya, gak? Nah, Anda bisa menambah granola di potongan buah yang sudah Anda siapkan, supaya menambah tekstur dan gizi ketika Anda memakannya.

Mulut Anda juga akan menerima sensasi yang berbeda ketika mengunyah buah-buahan yang lembut lalu berganti dengan granola yang crunchy. Granolanya ditambah madu dan kayu manis dulu supaya “bergerombol”, lalu Anda bentuk bulat-bulat seukuran gigitan, lalu nikmati bersama buah favorit Anda, yum!

7. Tambahkan pada Salad

* sumber: avirtualvegan.com

Anda belum terlalu doyan makan salad? Coba ditambah granola, siapa tahu Anda jadi suka! Mau itu salad savory atau pun salad buah yang manis, dua-duanya cocok ketika dipadukan dengan granola yang terasa nutty dan segar dari buah keringnya. Tekstur sayuran atau buah-buahan yang lembut, potongan ikan/ayam/daging serta granola yang crunchy menciptakan keharmonisan antara banyak rasa dan tekstur.

8. Buat Granola Bar

* sumber: lifemadesweeter.com

Granola bar dikenal juga sebagai flapjack. Makanan ini dibuat dari oat, atau bisa juga granola, yang dipanggang (atau tidak perlu dipanggang, hanya dibekukan saja) di atas nampan. Buatlah bar granola sendiri di rumah!

Campurkan mentega, madu, gula, ekstrak vanili, dan berbagai macam rempah-rempah dengan oat atau granola. Dinginkan adonan dalam loyang yang telah dilapisi kertas roti selama 2 jam, lalu potong lembaran menjadi persegi panjang setelah mengeras. Voila! Bar granola buatan sendiri bisa Anda nikmati.

Granola bar bisa menjadi sarapan cepat, snack sore hari, atau bahkan camilan larut malam. Granola bar juga cocok dibawa untuk hiking atau kegiatan di luar ruangan lainnya. Membuat granola bar sendiri bisa jadi lebih sehat daripada membelinya di toko, karena Anda dapat mengontrol semua yang ada di dalamnya.

Tapi, kalau Anda tak ada waktu atau tak bisa membuatnya, membeli produk pabrikan juga tak ada salahnya. Beli granola bar secara online di Bukalapak via link ini.

9. Dibuat Roti, Cookies, atau Kue

* sumber: eatsmarter.com

Masukkan granola ke dalam adonan makanan panggang Anda, baik itu kue, roti, bolu, muffin atau pun brownies. Anda bisa mencampurnya ke dalam adonan sehingga granolanya ada di dalam. Lalu, taburkan beberapa di loyang sebelum Anda panggang, sehingga ada granola yang bermunculan di bagian luar panggangan.

10. Menambahkan Krispi pada Makanan yang Digoreng/Panggang

* sumber: food52.com

Sebagai alternatif, gunakan granola sebagai pelapis renyah untuk makanan goreng/panggang Anda, seperti ayam, ikan, atau daging. Pertama-tama tumbuk (atau blender kasar/halus, terserah Anda) granola hingga berukuran kecil-kecil, lalu gulingkan daging yang akan Anda masak di atasnya.

Nah, itu tadi cara makan granola yang menyehatkan namun tetap lezat. Kalau Anda punya cara lain memakan granola yang lebih lezat lagi, yuk bagikan di kolom komentar!

Oh iya, kalau Anda lagi bingung cara mengolah buah naga yang enak, kami punya beberapa tips dan caranya di artikel 10 Olahan Buah Naga yang gampang dibuat di rumah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *