Bacaterus / Makanan / 10 Resep dan Cara Makan Chia Seed yang Enak dan Sehat

10 Resep dan Cara Makan Chia Seed yang Enak dan Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Chia seed atau biji chia merupakan super food yang banyak dikonsumsi oleh orang masa kini. Chia seed termasuk kategori super food karena mengandung kalsium 5X lebih tinggi dari susu, mengandung 8X dari Omega 3 yang ada pada ikan salmon, kaya serat, zat besi, dan anti-oksidan, serta kebaikan lainnya.

Anda bisa mendapatkan energi lebih banyak dan kenyang lebih lama dengan makan lebih sedikit jika mengonsumsi chia seed. Kenapa? Karena chia seed mengandung sedikit karbohidrat tapi kaya akan protein dan serat. Lalu, chia seed juga akan mengembang ketika terkena air. Chia seed akan berubah jadi seperti gel ketika di lambung, makanya Anda akan merasa kenyang lebih lama jika memakannya.

Hal itulah membuat orang yang menyukai gaya hidup sehat, sedang membentuk tubuh, atau sedang diet banyak yang mengonsumsi biji chia. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 resep dan cara makan chia seed yang enak. Yuk, bikin untuk sarapan hari ini!

1. Minuman Detoks

Minuman Detoks cara makan chia seed

Apakah Anda sedang melakukan program diet seperti intermittent fasting (diet puasa) seperti OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier? Inti dari kedua diet tersebut adalah menahan asupan kalori dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Jadi, sebagai pengganti makan saat sarapan, Anda minum chia seed sebagai gantinya.

Cara makan chia seed yang pertama adalah dengan menjadikannya minuman detoks sehat berenergi. Resepnya, campurkan 1½ sdm chia seed dengan air putih atau bisa juga menggunakan air kelapa. Anda bisa mencampur perasan jeruk/lemon juga ke dalamnya. Rendam chia seed selama 15 menitan agar mengembang. Setelah itu, minumlah.

2. Oatmeal

Oatmeal Chia Seed

* sumber: ohsheglows.com

Cara lain mengolah chia seed untuk diet adalah memadukannya dengan oatmeal. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah oatmeal, air, susu rendah lemak, buah segar/kering, dan chia seed. Campur semua bahan hingga rata, lalu taburkan chia seed sebagai bahan pelengkapnya, dan selesai!

Oh iya, kalau ingin mengonsumsi Quaker Oatmeal dengan olahan lain, silakan langsung cari resep dan tipsnya di artikel Cara Mudah Membuat Quaker Oatmeal untuk Diet ini, ya.

3. Puding

Puding cara makan chia seed

* sumber: tasty-yummies.com

Siapa yang tidak suka dessert? Sepertinya semua orang suka mengkonsumi desert, hanya saja beberapa orang menghindari dessert karena takut gendut atau karena alasan tertentu. Sekarang tak perlu khawatir lagi, karena Anda bisa menikmati dessert rendah lemak untuk menurunkan berat badan, yaitu puding chia seed.

Bahan:

  • 1¼ cangkir susu non-diary (contohnya: susu kelapa dan susu almond).
  • ¼ cup biji chia.
  • 3 sdm bubuk kakao (jika tidak ada, bisa diganti bubuk kue coklat).
  • 1 sdm sirup maple/madu.
  • Garam secukupnya.
  • Irisan dark chocolate untuk hiasan.

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam toples yang ada tutupnya. Aduk rata.
  2. Jika sudah, tutup toples rapat-rapat, lalu kocok toples itu kuat-kuat.
  3. Setelah itu, masukkan toples ke dalam kulkas. Anda bisa membiarkannya semalaman atau paling cepat 4 jam.
  4. Nanti tekstur makanan ini akan berubah seperti puding. Makan ketika dingin lebih enak.

4. Yoghurt

Yoghurt

* sumber: theviewfromgreatisland.com

Cara makan chia seed untuk menurunkan berat badan adalah mencampurkannya dengan yoghurt. Seperti yang sudah diketahui khalayak umum, yoghurt sangat baik untuk diet. Anda tinggal mencampurkan yoghurt favorit Anda dengan biji chia, dan nikmati sebagai sarapan atau camilan.

5. Bubur

Bubur

Sarapan memang paling enak kalau makan bubur. Lalu, tahukah Anda kalau chia seed bisa dibuat jadi bubur? Daripada bubur yang dibuat dari beras, bubur chia seed jauh lebih sehat karena gluten-free. Berikut adalah resepnya.

Bahan:

  • 1 cangkir susu almond
  • ¾ cangkir santan
  • 2 pisang, tumbuk
  • 1/3 cup biji chia
  • 1 sdm kenari, cincang
  • 1 sdm kacang almond, cincang
  • 1 sdm biji bunga matahari kupas
  • 1/3 cup kurma, cincang
  • ½ cangkir air matang
  • 1 sdm serpihan kelapa

Ingin tahu cara membuatnya? Baca resepnya di sini, ya.

6. Salad Nasi

 Salad Nasi 

* sumber: relish.com

Orang Indonesia pasti tidak bisa dipisahkan sama yang namanya nasi. Makan pagi nasi, makan siang nasi, makan malam pun nasi. Padahal sebenarnya nasi itu kurang bagus, loh, karena dapat memicu diabetes suatu saat nanti. Tapi Anda bisa mengakalinya jadi makanan sehat dengan menambahkan chia seed. Berikut adalah resep salad nasi chia.

Bahan:

  • 1 cup air dingin.
  • 1¾ sdt biji chia.
  • 2 sdt minyak zaitun extra-virgin.
  • 2 sdm perasan lemon.
  • 1-2 siung bawang putih, cincang.
  • ½ sdt garam.
  • Daun rosemary/oregano segar, cincang.
  • 1-8 cabai rawit (sesuai selera).
  • 3 cangkir nasi merah matang.
  • 1 zucchini kecil.
  • 1 buah tomat, buang bijinya, cincang.
  • 2 sdm keju parmesan parut (opsional).

Cara membuat dan resep selengkapnya dapat Anda baca lebih lanjut di sini.

7. Jus Buah

Jus Buah

* sumber: id.pinterest.com

Chia seed sering sekali digunakan sebagai topping smoothies alias jus buah. Anda bisa membuat jus apa saja, mau jus pisang, apel, kiwi, pir, semangka, blueberry, mangga, strawberry, pokoknya buah apa pun yang Anda inginkan. Setelah jus buahnya jadi, Anda tinggal tambahkan 1-2 sdm chia seed ke dalamnya. Jus buah kaya serat pun siap Anda nikmati!

8. Muffin

Muffin

Muffin merupakan sarapan yang umum di daerah Eropa, tapi kalau di Indonesia muffin biasanya dijadikan camilan atau makanan pendamping teh dan kopi. Nah, muffin bisa dibuat jadi sesuatu yang lebih sehat lagi, yaitu dengan menambahkan chia seed ke dalam adonannya.

9. Campuran Minum Botol

Campuran Minum Botol

* sumber: delightfullydomestic.typepad.com

Ternyata, selain dijadikan makanan pendamping, chia seed bisa juga dijadikan “isian” air putih biasa, loh. Chia seed tidak memiliki rasa, jadi tidak menciptakan rasa baru pada air putih. Kalau Anda merasa kerepotan menyiapkan makanan dengan chia seed, cobalah langkah ini.

Siapkan botol minum yang biasa Anda gunakan. Untuk takaran di dalam botol, silakan isi air hingga 3/4 penuh. Setelah itu, masukkan 1-2 sdm chia seed (tergantung ukuran botol minum yang digunakan). Kocok botol setiap kali Anda akan minum. Dan, air putih Anda pun akan jadi lebih sehat dan bermanfaat sekarang setelah dicampur chia seed.

10. Topping Makanan Besar

Topping Makanan Besar

* sumber: www.dinner-mom.com

Cara makan chia seed yang terakhir adalah dengan menambahkannya sebagai topping pada makanan besar. Biasanya Anda makan apa untuk sehari-hari? Nasi, roti, singkong, jagung, ubi, sagu? Apa pun itu, Anda bisa menambahkan biji chia sebagai topping tambahan.

Atau, Anda bisa juga membuat menu baru supaya tidak bosan makan itu-itu saja. Misalnya seperti bola-bola nasi chia. Cara membuatnya, campurkan 1½ sdm chia seed pada nasi panas. Atau, Anda bisa merendam chia seed di dalam air terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan nasi. Setelah itu, Anda tinggal bentuk nasi jadi bola-bola kecil bite size. 

Itu dia resep dan cara makan chia seed dari Bacaterus. Selain bagus untuk kesehatan, chia seed baik juga untuk kulit. Misalnya untuk menghilangkan jerawat, mencerahkan serta melembabkan kulit.

Dibalik segala manfaat chia seed, ada pula efek samping chia seed seperti dapat menyebabkan tenggorokan sakit, tidak cocok untuk orang yang sudah kurus, membuat perut kembung, dan bisa memunculkan alergi kulit untuk sebagian orang. Itu sedikit tentang bahaya chia seed.

Kesimpulannya, setiap benda pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kembali lagi kepada Anda, apakah Anda merasa tubuh menjadi lebih sehat dan bugar setelah mengonsumsi chia seed atau justru malah membuat tubuh tidak fit? Jika ternyata chia seed cocok dengan Anda, teruskan saja mengonsumsi chia seed supaya tubuh Anda lebih sehat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *