Bacaterus / Buah / Inilah 10 Cara Makan Buah Tin yang Sehat dan Lezat!

Inilah 10 Cara Makan Buah Tin yang Sehat dan Lezat!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2019

Buah fig disebut sebagai buah tin atau buah ara di Indonesia. Buah tin adalah tumbuh di daerah tropis, lokasi yang kering dan cerah, dengan tanah yang dalam dan segar, seperti di Timur Tengah, Amerika dan Indonesia.

Buah ara itu rendah kalori. Dalam 100 gr buah tin segar hanya mengandung 74 kalori saja. Lalu, buah ini mengandung serat makanan, mineral, vitamin dan antioksidan pigmen yang bermanfaat bagi kesehatan dan sangat berkontribusi terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh. Sehingga bagus banget buat yang diet atau menjalankan gaya hidup sehat.

Jika Anda ingin tahu cara makan buah ara, Anda datang ke tempat yang tepat. Sebenarnya buah tin yang baru dipetik dari pohon pun sudah bisa Anda makan. Anda tinggal perlu memutar batang atasnya, membelah buah tin menjadi dua, lalu nikmati rasa manis khas buah tin!

Tapi, Anda bisa juga mengolahnya menjadi selai, bruschetta, salad, dan masih banyak lagi. Berikut adalah cara makan buah tin yang enak ala Bacaterus.

1. Roasted Fig

* sumber: www.theroastedroot.net

Membuat buah tin panggang di oven sangatlah mudah! Masukkan buah ara segar ke dalam oven dan lupakan di sana selama 40 menit. Kalau mau lebih oke, tambahkan bubuk kayu manis, rosemary dan madu membuat kombinasi super lezat buah tin panggang Anda. Sajikan makanan ini sebagai camilan atau makanan penutup yang sehat.

Bahan yang dibutuhkan: 5 buah tin segar, 1 sdm gula merah, ½ sdt kayu manis bubuk, 1½ sdm madu dan rosemary secukupnya. Cara membuatnya: panaskan oven hingga 180°C. Iris buah ara sesuai keinginan dan tempatkan di loyang.

Taburkan gula merah dan kayu manis pada irisan buah ara. Lalu beri taburan rosemary secukupnya. Panggang buah ara selama 40 menit, lalu angkat dari oven. Dinginkan selama 10-15 menit dan sajikan dengan madu.

2. Fig Bruschetta

*

Bruschetta adalah antipasto yang berasal dari Italia. Makanan ini pertama kali ditemukan pada abad ke-15. Bahan utama makanan ini adalah roti yang dipanggang, bawang putih, minyak zaitun, garam dan lada.

Topping-nya sendiri sekarang sudah bervariasi, dan kabar baiknya bruschetta cocok dipadukan dengan buah fig (plus keju kambing)! Makanan ini cocok untuk disajikan sebagai hidangan pembuka. Anda bisa melihat resepnya di sini.

3. Fig Yogurt Smoothie

* sumber: aggieskitchen.com

Siapa yang tak suka yogurt smoothie? Semua orang pasti suka! Anda bisa menggunakan yogurt vanilla untuk membuatnya. Anda bisa juga menuangkan madu juga untuk tambahan rasa manis. Tapi, jika Anda tak suka gula tambahan, bisa pakai Greek yogurt karena mereka plain.

Siapkan:

  • ½ cangkir plain Greek yogurt (atau vanila)
  • ½ pisang beku
  • 3 buah ara segar
  • 2-3 es batu
  • 1 sdt madu (opsional)

Nah, setelah semua bahannya terkumpul, cara membuatnya sangat mudah, yakni taruh semua bahan diblender, lalu blend sampai semuanya halus. Mudah sekali, bukan?

4. Fig Yogurt Bowl

* sumber: mysecondbreakfast.com

Anda suka makan yogurt tapi ingin diberi sentuhan lain supaya tidak bosan? Anda bisa menambahkan buah tin untuk sarapan granola dan yogurt Anda. Ini bisa menjadi resep vegan juga jika Anda menggunakan yogurt non-dairy. Anda bisa membaca resepnya di sini.

5. Fig Toast

* sumber: www.bonappetit.com

Entah itu untuk sarapan, makan siang, atau hanya camilan, roti panggang yang asin dan manis ini cocok untuk disantap setiap saat. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan roti lembaran, keju neufchâtel atau keju asin bertekstur lembek lainnya, buah ara, minyak zaitun, madu dan garam laut kasar (seperti garam kosher). Baca resepnya di artikel berikut.

6. Pasta with Figs & Goat Cheese

* sumber: simplyfreshdinners.com

Pernahkah Anda membayangkan makan pasta dengan buah tin? Mungkin tidak, karena buah ini biasanya dikonsumsi begitu saja. Lalu, karena rasa buah ini manis jadi sepertinya tidak akan terpikirkan untuk dicampur pada pasta.

Pasta dengan buah ara, keju kambing dan kacang pinus adalah makanan pembuka atau hidangan ringan yang sempurna untuk dinikmati saat hari spesial seperti valentine atau hari apa pun juga sepanjang tahun.

Hidangan ini memiliki kesegaran khas musim kemarau yang terik namun cukup kuat untuk memuaskan perut selama musim penghujan juga. Tambahkan juga perasan lemon, minyak zaitun, kacang pinus panggang, bayam, basil, dan topping lainnya sesuai selera. Cara membuatnya bisa Anda baca di sini.

7. Fig Cake

* sumber: mypoppet.com.au

Yup, buah ara bisa dibuat menjadi kue bolu yang lembut. Anda membutuhkan cukup banyak buah fig untuk membuat resep ini. Yaitu sekitar 10 buah! Cara membuatnya kurang lebih sama seperti ketika Anda membuat bolu biasa. Tapi, kalau mau tahu resep ini lebih lengkap, bisa Anda baca di artikel ini.

8. Chocolate Covered Fig

* sumber: www.giverecipe.com

Penggemar cokelat? Mencari camilan musim panas yang manis tapi lebih sehat? Buatlah buah ara lapis cokelat! Caranya sangat mudah, lapisi buah ara dengan cokelat hitam cair, kemudian bekukan di lemari es. Manisnya buah ara dan rasa pahit cokelat hitam merupakan perpaduan yang seimbang. Cara membuatnya bisa Anda lihat di sini.

9. Fig Salad

* sumber: thehappyfoodie.co.uk

Ini, nih, cara makan buah fig yang paling sedap, yaitu dijadikan salad. Makanan ini cuma mengandung 230 kalori saja per penyajian. Anda bisa menggunakan sayur-sayuran hijau favorit Anda, lalu 100 gr mozzarella kerbau, 2 buah buah ara segar, daun kemangi secukupnya, 1 sdt balsamic vinegar dan 1 sdm extra virgin olive oil.

Potong-potong bahan-bahan ini sesuai selera, lalu campur dengan minyak zaitun, balsamic vinegar dan kemangi. Sajikan segera!

10. Fig Bread

* sumber: thehappyfoodie.co.uk

Lebih suka roti yang fresh dibuat sendiri di rumah? Buatlah roti yang sehat dari campuran gandum, hazelnut dan buah tin. Tapi, untuk resep yang kali ini Anda tidak menggunakan buah tin segar melainkan yang kering, ya. Untuk resep selengkapnya bisa Anda cek di sini.

Ya, itulah beberapa cara mengolah buah tin agar lebih menarik dan kaya rasa ketika dikonsumsi. Jika Anda bingung mau beli buah tin di mana, bisa beli secara online di Bukalapak lewat link ini.

Ya, itulah tadi 10 cara makan buah tin yang paling enak dan mudah memasaknya. Punya resep spesial sendiri? Yuk, beri tahu kami dan pembaca lain melalui kolom komentar yang tersedia!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar