Bacaterus / Plum / 10 Cara Makan Buah Plum yang Paling Mudah dan Lezat

10 Cara Makan Buah Plum yang Paling Mudah dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Sama seperti kiwi, plum adalah buah yang sangat bergizi. Buah ini adalah sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Plum bisa berwarna hitam, merah, oranye atau hijau. Tapi, yang paling umum (dan yang ada di Indonesia) memang yang berwarna hitam keunguan.

Buah plum yang sudah matang rasanya manis. Makanya, buah ini bisa dimakan segar alias dimakan langsung. Tapi, plum juga dapat digunakan dalam membuat selai, jus, anggur, kue, salad, dll. Berikut adalah beberapa cara makan buah plum yang bisa Anda coba bersama Bacaterus.

1. Grilled Plum

* sumber: www.thespruceeats.com

Ini mungkin jarang Anda lakukan, tapi banyak restoran (terutama di luar negeri) yang memanggang/membakar buah. Biasanya buah-buah bakar ini disajikan sebagai pendamping makanan utama seperti steak, tapi ada juga yang dimakan sebagai dessert atau dimakan begitu saja. Itulah yang menginspirasi grilled plum dessert ini.

Teknik pemanggangan ini akan memancing rasa manis alami plum semakin keluar. Panas dari pemanggangan akan mengaramelkan gula sehingga plum terasa lebih menarik di mulut. Siapkan pemanggangan arang. Sementara menunggu panggangan memanas, cuci plum lalu keringkan dari air menggunakan tisu. Potong plum jadi dua, buang bijinya. Anda bisa mengupas kulit plum atau pun tidak.

Jika disajikan sebagai lauk makanan gurih, beri taburan garam dan lada hitam pada plum sebelum dipanggang! Jika dijadikan pendamping dessert, seperti frozen yogurt, es krim, atau kue, beri plum sedikit gula sebelum dipanggang supaya gulanya terkaramelisasi.

Taruh plum di atas nampan atau loyang. Olesi plum dengan minyak. Setelah itu, panggang plum di atas panggangan. Masak sekitar 5 menit. Sajikan plum bakar selagi masih hangat jika dijadikan sebagai lauk atau sajikan dingin dengan es krim untuk pencuci mulut.

2. Chinese Plum Sauce

* sumber: www.curiouscuisiniere.com

Di tanah Cina ada saus yang sangat terkenal, dan kebetulan bahan utamanya adalah plum, yaitu Chinese plum sauce. Dia memiliki karakteristik lengket, agak manis, sedikit asam dan dibumbui ringan. Saus plum Cina mudah dibuat di rumah.

Setelah dibuat, saus ini bisa bertahan lama sekali padahal tidak diberi pengawet apapun, loh! Dalam membuatnya, orang-orang suka menambahkan Chinese five spice powder. Saus ini cocok dimakan bersama wonton, egg roll, spring roll, dumpling, bebek peking, babi, mie, nasi, dll.

3. Tomato and Plum Salad

* sumber: www.foodandwine.com

Ya, buah plum enak sekali dibuat salad. Anda bisa menggabungkan plum dengan sayuran dan buah-buahan lainnya yang Anda suka. Tapi, coba perpaduan plum dan tomat, rasanya juara banget, loh! Cara membuatnya bisa Anda lihat di sini, ya.

4. Pickled Plum

* sumber: www.saga.co.uk

Plum masih satu jenis dengan peach, kedua buah ini sama-sama enak dijadikan acar (pickle). Cara membuat acar ini sebenarnya untuk mengawetkan makanan, tapi jadinya menciptakan makanan baru yang terasa lezat. Untuk membuat acar plum, pilih buah yang belum terlalu matang supaya tidak hancur ketika diawetkan. Pickled plum cocok dimakan bersama makanan manis atau pun gurih.

5. Plum Tart

* sumber: www.tasteofhome.com

Siapa yang suka kue tart? Kue dengan crust yang renyah dan buttery ini dipenuhi dengan buah plum segar. Perpaduannya akan meleleh di mulut Anda. Biasanya kue ini dibuat menggunakan buah apel, kan? Nah, Anda bisa menggantinya dengan plum! Yang perlu Anda siapkan:

  • 113 gram mentega, biarkan di suhu ruangan
  • 4 sdm gula
  • 1 kuning telur besar
  • 120 gram tepung serbaguna
  • 1 kg plum, potong jadi 4

Petunjuk cara membuat:

Dalam mangkuk kecil, “krim” mentega alias aduk mentega dengan gula. Aduk terus mentega dengan 3 sendok makan gula sampai mengembang. Tambahkan kuning telur, kocok. Lalu, tambahkan tepung secara bertahap, 1/4 gelas setiap kali, sampai adonan membentuk adonan lunak.

Setelah jadi, taruh adonan di loyang pie, tekan-tekan adonan di bawah tapi jangan lupa sisihkan adonan di pinggiran loyang juga untuk membuat “mangkuk” pai. Atur plum sesuai selera. Taburi dengan sisa gula. Panggang pie pada suhu 350° selama 35-45 menit atau sampai kulitnya berwarna cokelat keemasan dan buahnya lunak.

6. Caramelised Plum

* sumber: eatsmarter.com

Caramelised plum sebenarnya mirip dengan resep grilled plum di atas. Tapi, yang satu ini tidak dimasak di atas panggangan arang. Ini adalah hidangan lezat yang elegan namun mudah untuk disiapkan. Bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 15 gr mentega
  • 200 gr gula kastor
  • 6 buah plum
  • 1/2 perasan lemon
  • 1/2 perasan jeruk
  • 1 x 250 ml double cream

Sedikit informasi, double cream berbeda dengan heavy cream yang lebih dikenal orang-orang. Double cream, krim ganda, dikenal karena rasanya yang kaya. Ini adalah salah satu krim yang paling fleksibel, memiliki kandungan lemak sebanyak 48% dan bagus untuk whipping tetapi juga mendidih dan membeku dengan baik. Cara membuatnya:

  • Tempatkan mentega dan gula dalam wajan kecil, aduk di atas api kecil sampai meleleh menjadi karamel.
  • Cuci plum, potong masing-masing menjadi dua. Masukkan buah plum ke dalam wajan, masak selama sekitar 5 menit (jangan lupa dibalikkan supaya matang dua sisi!). Tambahkan jus lemon dan jus jeruk ke dalam wajan, lalu masak selama 2 menit hingga buahnya lunak.
  • Angkat panci dari atas api, tempatkan plum di atas piring dan sajikan dengan krim ganda.

7. Selai Plum

* sumber: natashaskitchen.com

Selai plum homemade ini tak hanya enak dioleskan pada roti, tapi bisa Anda makan langsung juga sebagai camilan, disajikan bersama crepe atau pancake, bahkan dicampur pada secangkir teh sebagai pengganti gula atau madu. Kalau Anda suka selai plum yang ada chunk-nya (plum preserves), maka resep ini cocok buat Anda.

Bahan:

  • 5 kg plum matang yang manis
  • 900 gr gula putih

Instruksi:

Tempatkan plum yang sudah dibelah dua dan dibuang bijinya ke dalam mangkuk. Taburkan 4½ cup (sekitar 900 gr) gula. Aduk plum sampai semua dilapisi gula. Biarkan selama 1 jam, lalu pindahkan campuran tadi ke dalam panci masak besar.

Didihkan dengan panci terbuka, aduk sesekali. Rebus sampai campuran mendidih secara merata. Simmer selama 10 menit kemudian matikan api. Dinginkan hingga suhu ruangan.

Ulangi langkah perebusan hingga beberapa kali (maksimal 4 kali) untuk mendapatkan tekstur selai yang pas. Jadi, jangan dimasak satu kali hingga plum menjadi selai, tapi dimasak berkali-kali dengan beberapa tahap pemanasan dan pendinginan. Untuk perebusan yang terakhir gunakan api kecil dan aduk terus supaya tidak gosong. Simpan selai yang sudah jadi di jar tertutup.

8. Plum Turnover (Pastel Plum)

* sumber: www.tastesoflizzyt.com

Turnover adalah pastel kalau di Bahasa Indonesia. Pastri dengan isian ini dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Untuk kali ii tentu rasanya manis karena kita akan pakai plum. Pie turnover ini enak disajikan hangat + es krim vanilla atau dengan Greek yogurt. Es krim atau yogurt kontras dengan pai hangat, jadi rasanya menakjubkan! Resepnya bisa Anda baca di sini.

9. Plum Crisp

* sumber: cookieandkate.com

Crisp adalah hidangan penutup yang terbuat dari buah yang dipanggang dengan lapisan bahan yang renyah. Resep plum crisp sederhana ini bebas gluten dan sangat mudah dibuat. Anda bisa mengganti beberapa item seperti pistachio yang diganti jadi walnut, almond, atau apapun itu kacang favorit Anda. Ikuti resepnya di artikel ini.

10. Plum Bruschetta

* sumber: www.epicurious.com

Kombinasi krim ricotta, buah plum manis, minyak zaitun dan sedikit garam ini akan membuat ketagihan. Anda bisa menyajikan ini untuk sarapan, brunch, atau dessert.

  • Campurkan plum, 1 sendok makan gula, 1 sendok makan minyak zaitun dan sejumput garam dalam mangkuk sedang. Anda bisa menambahkan ekstrak vanilla, aduk rata. Masak di atas api sedang selama 10-15 menit sampai buah mengeluarkan jus.
  • Sambil menunggu plum matang, kocok ricotta dan 1 sdm gula yang tersisa ke dalam mangkuk hingga halus.
  • Siapkan roti baguette yang sudah dipanggang. Olesi dengan campuran ricotta dan tambahkan buah plum yang sudah matang. Taburi dengan garam dan topping sesuai selera.

Ya, itulah beberapa cara makan buah plum yang lezat! Anda selalu bisa bereksperimen dengan buah yang empuk dan manis ini, membuatnya menjadi bermacam-macam delicacy.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *