Bacaterus / Buah / Cara Makan Buah Parijoto, Buah Segar, Asam, dan Menyehatkan

Cara Makan Buah Parijoto, Buah Segar, Asam, dan Menyehatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah mendengar tentang buah parijoto? Ini memang tidak sepopuler buah jeruk atau apel, karena daerah tempat tumbuh dan penyebarannya belum luas.

Tapi, jika Anda pernah berziarah ke makan Sunan Muria di daerah Colo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pasti tahu buah parijoto. Pasalnya, buah ini ditemukan tumbuh lebat di sana. Makanya, orang-orang menyebutnya sebagai ‘buah peninggalan Sunan Muria’.

Buah parijoto juga dipasarkan dengan baik oleh pemerintah Kudus. Selain dijual secara utuh sebagai buah, parijoto juga telah diolah menjadi minuman dan makanan seperti sirup, selai, permen, keripik hingga roti. Jadi, untuk Anda yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh pun memiliki lebih banyak pilihan.

Buah yang bentuknya kecil-kecil namun bergerombol dan mirip blueberry ini memiliki banyak khasiat. Diantaranya, buah ini dipercaya baik untuk kesuburan, menjaga kandungan dan melancarkan proses kelahiran. Lalu, buah ini juga mampu mencegah sariawan, menjadi obat diare dan bagus untuk penderita kolesterol.

Buah ini memiliki rasa asam yang segar. Jika Anda punya buah parijoto segar atau pun yang sudah berbentuk menjadi makanan/minuman lain dan ingin mengolahnya kembali, berikut Bacaterus persembahkan cara-cara makan buah parijoto.

1. Rujak Buah dengan Parijoto

* sumber: cookpad.com

Karena cita rasanya yang asam, segar dan sedikit sepat, buah parijoto memang paling cocok dimakan sebagai rujak. Tapi, namanya juga rujak, pasti isinya bukan cuma satu buah saja, dong? Untuk itu, siapkan buah-buahan segar lainnya, seperti nanas, bengkuang, belimbing, atau sayuran seperti tomat dan mentimun juga jika Anda suka.

Untuk bumbu rujaknya, ulek asam Jawa, gula pasir, gula merah, garam, terasi, dan sedikit buah parijoto supaya semakin segar. Anda bisa mencocol buah parijoto yang belum diulek juga ke bumbu rujak nantinya.

2. Es Krim Wortel dan Buah Parijoto

* sumber: cookpad.com

Ingin makan es krim sehat, tapi tidak ada yang menjualnya? Buat saja sendiri di rumah! Kali ini ada resep es krim wortel dan buah parijoto. Tentu Anda tidak bisa menemukan varian rasa es krim ini di manapun karena sangat random, hihi. Tapi, rasanya enak dan sehat juga. Jadi, Anda pun tidak akan khawatir jika anak-anak memakannya.

Untuk membuat es krim ini, Anda membutuhkan wortel, susu bubuk, susu kental manis, tepung maizena, gula pasir, SP, air, agar-agar, dan buah parijoto untuk topping. Untuk resep selengkapnya dan cara membuatnya, kunjungi situs ini.

3. Es Parijoto Carica

* sumber: cookpad.com

Buah carica memiliki nama umum pepaya gunung. Tapi, buah ini punya banyak nama di setiap daerah, seperti pepaya Dieng, karika, gedang memedi (Bali) dan juga carica (Wonosobo). Kerabat pepaya ini tinggal di daerah dataran tinggi yang basah.

Buah ini bukan asli dari Indonesia melainkan dari dataran tinggi Andes di Amerika Selatan. Walaupun begitu, buah ini cukup banyak ditemukan di beberapa wilayah Nusantara dan biasanya dipasarkan sebagai manisan.

Supaya tidak bosan makan buah parijoto begitu saja, Anda bisa menjadikannya es buah! Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sirup rasa melon, manisan carica, buah parijoto, air putih dan es batu saja. Ini segeeeer banget diminum siang-siang atau untuk buka puasa.

4. Fresh Fruit Spring Roll

* sumber: id.tastemade.com

Spring roll Vietnam lagi populer banget sebagai menu diet di negara kita. Banyak sekali orang berbisnis dari rumah dan menjajakkan spring roll mereka di media sosial, pengirimannya tinggal pakai ojek online. Praktis banget, deh. Tapi, harga yang ditawarkan juga lumayan. Biasanya spring roll dipasarkan di atas 30 ribu. Kalau Anda mau lebih hemat bisa bikin sendiri di rumah.

Dan, isian spring roll itu tidak harus selalu sayuran saja, loh. Anda bisa mengisinya dengan bihun, daging ayam, daging sapi, jamur, dan yang tak kalah populer adalah buah-buahan segar. Fresh fruit spring roll atau lumpia buah segar ini bisa menjadi alternatif ketika Anda bosan makan salad yang tampilannya begitu-begitu saja.

Yang Anda butuhkan adalah rice paper dan buah-buahan segar seperti biji delima, kiwi, nanas, stroberi, mangga, persik, mangga, raspberry atau parijoto. Untuk saus cocolannya bisa pakai madu dan perasan lemon saja sudah sedap, loh!

5. Lotisan Sambel Kacang Mete

* sumber: cookpad.com

Lotis adalah makanan yang terdiri dari buah-buahan segar. Nanti buahnya diiris-iris agak besar, terus dinikmati dengan sambal manis yang terbuat dari gula Jawa, garam dan cabai. Ya, lotisan adalah rujak versi Jawa, lebih tepatnya dari Jawa Tengah. Walaupun, terdapat perbedaan antara lotis dan rujak. Yang berbeda adalah bentuk penyajiannya.

Lotis disajikan dengan potongan buah yang besar-besar, lalu bumbunya dipisah. Jadi kita makannya dengan mencolek buah pakai bumbu, bukan menyiram buah dengan bumbu.

Sedangkan rujak biasanya dipotong tipis-tipis, bahkan ada juga yang diparut, diserut hingga ditumbuk, kan? Siapkan buah-buahan segar (dan beberapa yang masih mentah) seperti mangga mengkal, timun, jeruk bali, jambu air, parijoto dan buah/sayuran favorit Anda.

Untuk sambalnya, siapkan 1 genggam kacang mede goreng, 200 gram gula jawa, 1⁄4 sdt garam, 1 sdm air asam jawa dan 3 cabai rawit. Ulek semua bahan sampai halus, lalu tambahkan kacang mede dan ulek lagi tapi agak kasar. Lotisan pun selesai!

6. Sop Buah

Sop apa yang enak dimakan untuk takjil atau saat cuaca lagi panas? Ya sop buah jawabannya! Makan sop buah akan menghilangkan dahaga sekaligus mengganjal perut, karena buahnya banyak dan kuahnya juga lumayan memenuhi perut. Anda bisa menambahkan buah parijoto ke dalam sop buah biasa dan membuatnya jadi lebih istimewa.

7. Sari Buah Parijoto

*Sumber: https://www.instagram.com/p/Be9rnvpB3nD/

Buah parijoto memang sudah dipasarkan sebagai sirup jadi, tinggal seduh. Tapi, kalau Anda mau yang lebih alami lagi, Anda bisa membuat sari buah parijoto sendiri di rumah. Cara membuatnya, rebus buah parijoto dengan air secukupnya. Rebus sampai airnya berubah menjadi warna pink. Atau, Anda juga selalu bisa untuk menjus buah ini, loh.

8. Keripik Parijoto

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seperti yang sudah Bacaterus katakan di atas, sudah banyak produk jadi yang terbuat dari parijoto. Camilan yang sehat dan bisa ganjal perut. Dibuat dari sirup buah parijoto, tepung terigu, mentega dan garam, tanpa tambahan MSG! Keripik yang memiliki cita rasa gurih, asam dan manis ini dijual dengan harga sekitar 30 ribuan dengan berat 100 gram.

9. Sirup Parijoto

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Buah parijoto atau sinom parijoto sudah bisa lebih mudah dikonsumsi, karena sudah ada sirup siap pakainya. Sirup ini diproses dengan cara mem-press buah parijoto. Sirupnya murni, kental, tidak ditambah air atau pun pengawet, hanya ditambah gula saja (bukan pemanis buatan). Produk ini bisa disimpan selama 6 bulan lamanya. Tersedia sirup parijoto dalam ukuran 250 ml, 350 ml, 500 ml dan 630 ml di pasaran.

10. Permen Parijoto

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Buah parijoto ternyata bisa disulap menjadi jelly candy juga! Dibuat dari gula pasir, glukosa dan buah parijoto asli. Permen ini dikemas dalam botol kecil yang praktis, bisa Anda bawa ke mana saja. Kalau Anda mabuk perjalanan, tinggal buka bungkus permen ini dan rasakan sensasi manis asam segarnya di mulut. Setiap kemasan 100 gram berisi 25 butir permen.

Begitulah caranya makan buah parijoto, bisa diolah atau berupa permen. Yang jelas buah parijoto ini sangat menyehatkan dengan rasanya yang segar dan sedikit asam. Tertarik untuk mencoba makan buah ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *