Bacaterus / Buah / 7 Cara Makan Buah Markisa yang Enak, Lezat, dan Bergizi

7 Cara Makan Buah Markisa yang Enak, Lezat, dan Bergizi

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Buah markisa, atau buah konyal, adalah buah yang memiliki kulit tebal berwarna oranye di Indonesia, dan berwarna ungu di Amerika, yang tumbuh di tempat tropis. Buah ini unik karena yang kita konsumsi adalah bijinya yang dilapisi semacam jelly yang berwarna transparan. Buah ini juga agak berlendir, tapi rasanya segar dan manis!

Karena setiap pulp-nya memiliki biji yang besar-besar (hampir 3/4 ukuran pulp), orang pun memakan buah konyal beserta bijinya. Tapi, ada juga yang merasa kalau buah ini harus disaring terlebih dahulu. Terutama jika dikonsumsi sebagai jus. Bagaimana pun cara makannya, ada yang perlu Anda ketahui tentang markisa.

Buah ini mulai digemari oleh milenial dan generasi z karena kandungan yang dimilikinya. Konyal, alias markisa, merupakan sumber antioksidan yang kaya. Sebelum membahas cara makan buah markisa, Bacaterus akan memberi tahu Anda beberapa manfaat dari buah markisa di bawah ini.

Fakta Tentang Markisa

Sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita ketahui dulu beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang buah markisa. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Sumber Serat yang Bagus

Serat adalah komponen penting dari setiap diet. Serat membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit serta gangguan usus. Serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Dan, daging buah markisa mengandung banyak serat makanan.

Kebanyakan orang di Indonesia tidak mendapatkan serat makanan yang cukup. Sumber serat yang direkomendasikan adalah 33,6 gr untuk pria usia 19-30 dan 28 gr untuk wanita usia 19-30. Sedangkan pada faktanya orang-orang Indonesia paling banyak mendapatkan sekitar 16 gr serat. Dengan makan buah markisa secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Kaya Antioksidan

* sumber: faktualnews.co

Ya, buah markisa kaya akan antioksidan, yang merupakan senyawa untuk membantu membersihkan radikal bebas berbahaya dari dalam tubuh. Antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga sistem tubuh agar tetap sehat. Para ilmuwan telah menemukan fakta bahwa antioksidan mampu meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.

Antioksidan juga mampu mengurangi cellular stress dan peradangan dalam tubuh, yang keduanya memiliki hubungan dengan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan alzheimer.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Passion Fruit markisa

* sumber: www.thespruceeats.com

Buah markisa kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan badan kita untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

4. Mengurangi Anxiety

* sumber: www.coconutreserve.com

Buah markisa kaya akan magnesium, mineral penting yang dihubungkan para ilmuwan dengan penurunan stres dan kecemasan. Magnesium dapat membantu kita mengelola tingkat kecemasan.

Nah, itu tadi sekilas mengenai manfaat markisa buat tubuh kita. Sekarang, mari langsung saja membahas cara makan buah markisa yang lezat.

Cara Makan Markisa

Bingung cara memakan markisa? Nggak perlu bingung karena ada banyak cara makan buah markisa agar rasanya semakin enak dan lezat. Yuk, cari tahu di sini!

1. Langsung Dimakan

* sumber: www.healthline.com

Buah markisa yang sudah matang sebenarnya bisa langsung Anda makan. Untuk memakan markisa, potong buah menjadi dua dan gunakan sendok untuk mengeluarkan pulp dari kulit buahnya. Ya, kulit markisa tidak bisa dimakan karena sangat keras dan memang tidak enak.

Orang-orang biasanya makan semua pulp beserta biji-bijinya, tapi ada juga yang mengemutnya lalu membuang bijinya. Tapi, kalau Anda memisahkan biji dari pulp-nya, akan terasa sedikit asam. Berbeda jika Anda langsung makan daging sekaligus bijinya, maka markisa akan terasa manis. Kenapa bisa begitu, ya? Hihi.

2. Jus Markisa

* sumber: une-journee-a-paris.com

Seperti buah lainnya, markisa juga bisa dibuat jus. Jika Anda memilih untuk tidak makan biji markisa, Anda bisa saring pulp-nya. Ini akan menciptakan jus buah markisa segar. Untuk mendapatkan puree buah markisa, gunakan saringan halus atau kain tipis.

Tekan-tekan markisa menggunakan sendok untuk mengeluarkan sarinya. Jus 100% markisa ini bisa langsung Anda minum atau pun dicampur jadi smoothie lainnya.

3. Passion Fruit Margarita

* sumber: www.saltandlavender.com

Resep margarita markisa ini menyegarkan, cepat dan mudah dibuat karena Anda bisa menggunakan jus buah markisa dari resep di atas. Margarita ini sempurna untuk minuman di hari yang sedang panas-panasnya. Jika Anda sudah punya puree buah markisa, Anda bisa membuat margaritanya kurang dari 5 menit. Cara membuatnya bisa dilihat di sini, ya.

4. Passion Fruit Coulis

* sumber: www.manusmenu.com

Untuk mendapatkan coulis markisa, Anda hanya perlu merebus pulp markisa dan gula selama 5 menit, lalu saring agar puree terpisah dari bijinya. Anda bisa juga menambahkan perisa vanila dan rempah lainnya sebelum puree diangkat dari api. Coulis markisa bisa Anda pakai untuk topping yogurt, es krim, panna cotta, bahkan cheesecake. Resep selengkapnya bisa Anda lihat di sini.

5. Passion Fruit Jam

* sumber: www.handyman.net.au

Ya, selai yang menyegarkan ini bisa menemani roti tawar Anda untuk sarapan. Selai markisa terasa luar biasa di atas roti panggang, tapi bisa juga ditambahkan sebagai topping pada kue, es krim dan kue tar. Manis dan mampu membangkitkan selera makan, selai ini dapat dibuat dalam empat langkah sederhana. Jika Anda suka rasa yang lebih halus, gunakan lebih sedikit gula.

Bahan:

  • 24 buah markisa
  • 1 gelas air
  • 1 lemon, peras
  • 1.1 kg gula

Step 1. Cuci buah markisa, potong dua, ambil pulp-nya dan sisihkan. Masukkan separuh dari cangkang kosongnya ke dalam mangkuk, tuang air hingga tertutup lalu biarkan semalaman.

Step 2. Pindahkan cangkang yang sudah direndam ke dalam panci, tuang air, lalu didihkan selama sekitar 30 menit atau sampai bagian dalam cangkangnya lunak. Buang airnya, ambil bubur lunak di dalamnya dan buang cangkangnya. Potong-potong bagian dalam cangkang tadi hingga berukuran kecil.

Step 3. Masukkan daging markisa, potongan bagian dalam cangkang markisa, dan segelas air ke dalam panci. Masak hingga mendidih. Tambahkan jus lemon dan gula, aduk sampai gula larut. Didihkan hingga larutan agak mengental.

Step 4. Pindahkan selai yang sudah jadi ke toples dengan tutup kedap udara yang sudah disterilkan. Tuang menggunakan corong agar tidak banyak yang berceceran.

6. Passion Fruit Mousse

Passion Fruit Mousse

* sumber: www.thespruceeats.com

Mousse de maracuya atau passion fruit mousse adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati cita rasa tropisnya yang khas. Mousse ini bisa disajikan dalam gelas parfait dan diberi krim kocok. Atau, sajikan sebagai “kue” mousse yang dibentuk menggunakan cetakan. Resep selengkapnya bisa Anda lihat di sini, ya.

7. Es Krim Markisa

* sumber: thekatetin.com

Cuaca panas merupakan waktunya es krim dan markisa. Lalu, adakah yang lebih baik dari itu? Ya, es krim markisa! Untuk membuat 1 liter es krim, Anda membutuhkan:

  • 225 gr full fat cream cheese (ya, ini resep es krim cheese cake!)
  • 1 kaleng (400 gr) susu kental manis
  • 360 ml whipped cream
  • 230 gr pulp markisa
  • 5-8 biskuit roti, hancurkan

Kocok krim keju sampai lembut lalu tambahkan susu kental manis dan aduk rata. Tambahkan whipped cream perlahan-lahan untuk mempertahankan udara. Tuang sepertiga campuran ke dalam wadah tahan-freezer (kaleng logam, mangkuk kaca, dll), aduk 1/3 dari buah markisa ke dalam campuran lalu remukkan beberapa biskuit roti di atasnya.

Ulangi langkah dengan semua sisa campuran, tumpuk dengan membuatnya jadi berlapis-lapis. Bekukan adonan sampai keras (sekitar 4 jam). Untuk menyajikannya, keluarkan dari freezer selama 10 menit kemudian sajikan dengan puree buah markisa dan remah roti jika diinginkan.

Begitulah cara makan buah markisa agar Anda tidak bosan dengan rasa markisanya. Nah, jika Anda punya cara lain makan buah markisa, beri tahu kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *