Bacaterus / Buah / 10 Cara Mengubah Buah Kiwi Jadi Makanan Enak & Sehat

10 Cara Mengubah Buah Kiwi Jadi Makanan Enak & Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 November 2019

Kiwi, buah yang kecil-kecil tapi mengandung sejuta rasa manis (dan sedikit asam!). Tahukah Anda, kalau kiwi termasuk keluarga buah beri? Sama seperti semua beri, kiwi juga penuh dengan nutrisi dan antioksidan.

Kiwi super tinggi vitamin C, bahkan lebih banyak daripada jeruk, makanya kiwi sangat bagus untuk Anda. Buah kiwi dapat Anda nikmati dalam berbagai cara, dimakan langsung, dijadikan jus, salad, kue, dessert, salsa atau dijadikan bumbu masakan.

Sayangnya, buat Anda yang jarang makan buah, apalagi buah kiwi bukanlah buah yang lazim di santap orang Indonesia, seringkali buah ini hanya duduk manis di lemari es. Tanpa kita sadari, kiwi sudah lewat masa waktunya untuk dimakan.

Akhirnya kiwi yang sehat pun malah jadi sampah. Jangan sampai ini terjadi lagi! Segera sulap buah kiwi Anda menjadi resep-resep menakjubkan di bawa ini. Yuk, masak bersama Bacaterus!

1. Selai Kiwi

* sumber: recipes.timesofindia.com

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, kiwi juga bisa dijadikan selai. Kebetulan, tidak seperti buah stroberi, blueberry, atau nanas, jarang sekali selai kiwi yang dijual di pasaran. Nah, Anda bisa membuatnya saja sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan cuma tiga bahan, loh, yaitu 545 gr gula, 1.8 kg kiwi dan 60 ml sari lemon.

Cara membuatnya, ambil daging kiwi. Belum tahu cara mengupas kiwi? Baca di artikel Cara Mengupas Kiwi dengan Mudah. Lalu, taruh daging kiwi di panci stainless steel. Hancurkan daging kiwi sampai halus. Aduk-aduk sambil tuang gula dan jus lemon.

Kecilkan api sampai sedang-rendah, lalu didihkan selama 15 menit atau sampai mengental, aduk sesekali. Tunggu dingin, lalu masukkan selai ke dalam jar tertutup yang sudah disterilkan.

2. Kiwi Chia Seed Pudding

* sumber: theroseandbean.com

Puding chia adalah sarapan atau camilan sehat. Makanan ini bertekstur creamy, memuaskan nafsu makan, serta sarat akan protein, serat dan omega-3. Ini vegan, bebas gluten, paleo dan keto. Cocok untuk semua diet! Banyak sekali resep chia pudding yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan memadukan chia dan kiwi.

Resep ini sangat cepat dan mudah dibuat. Tapi, jangan lupa bahwa chia seed memerlukan waktu untuk dapat set jadi pudding, jadi Anda tidak bisa langsung memakannya. Minimal dengan mendinginkan chia selama satu jam. Tapi, idealnya, membuat chia pudding pada malam sebelumnya dan dimakan sebagai sarapan keesokan harinya akan lebih tepat.

Yang Anda butuhkan:

  • 2 kiwi
  • 25 gr chia seed (beli di Bukalapak lewat link ini)
  • 120 ml almond milk
  • ½ sdm sirup manis (bisa gula, madu, apapun sesuai selera)

Untuk dekorasi:

  • 1 kiwi
  • ½ psang
  • 1 sdm desiccated/shredded coconut (kelapa kering, beli di sini)

Langkah membuat:

Kupas dan potong kasar kedua kiwi pertama. Masukkan cincangan kiwi ke blender dan jus sampai halus. Tuang kiwi ke dalam jar tertutup atau stoples kecil, lalu simpan di kulkas sampai nanti ketika dibutuhkan.

Dalam jar kecil, campur biji chia, susu almond dan pemanis hingga tercampur rata. Tutup dan letakkan di lemari es, aduk lagi setelah sekitar setengah jam untuk menghindari gumpalan. Biarkan selama setidaknya 1 jam (idealnya semalaman).

Saat siap untuk disajikan, tuangkan campuran chia ke dalam toples di atas jus/puree kiwi. Tambahkan topping pisang, kiwi dan kelapa kering. Kiwi chia pudding siap dinikmati!

3. Strawberry & Kiwi Crepes

* sumber: www.melissas.com

Crepe adalah snack yang enak dan legit, apalagi kalau ditambah buah-buahan segar seperti kiwi dan stroberi. Anda bisa memakan ini sebagai brunch dan desser juga. Resep crepe ini vegetarian, gluten-free dan ramah anak-anak juga.

  • 450 gr strawberry, iris
  • 2 buah kiwi, iris
  • 220 gr gula
  • 885 gr cream cheese
  • 1 sdm gula bubuk
  • 96 gr sour cream
  • 1 sdm air perasan lemon
  • ½ sdt kulit lemon

Cara membuatnya bisa Anda lihat di artikel ini, ya.

4. Kiwi Sorbet

* sumber: yonanas.com

Sorbet adalah “es krim” sehat yang hanya dibuat dari buah-buahan segar saja, tanpa susu dan lain-lainnya. Jadi, lebih sehat dan rendah kalori. Faktanya, orang yang sedang diet pun sangat menyukai dessert.

Dan, jika diberi pilihan dessert yang menggendutkan dan yang bebas efek samping, tentu orang-orang akan memilih pilihan yang kedua. Kiwi sorbet adalah dessert yang lebih sehat, lezat dan sangat mudah dibuat.

Yang Anda butuhkan hanya dua bahan saja, yaitu 8 buah kiwi dan 2 sdm air perasan lemon atau jeruk nipis. Anda bisa juga menggunakan kiwi beku saja, lalu masukkan ke ice cream maker. Bukalapak menjual ice cream maker dari harga 300 ribuan, beli lewat link ini.

Cara membuat kiwi sorbet, blender semua bahan lalu masukkan ke dalam tempat. Bekukan selama beberapa jam, lalu scoop setiap mau Anda makan!

5. Kiwi Shortcake

* sumber: www.thefitnesstribe.com

Shortcake adalah kue bolu krispi atau lebih mirip seperti biskuit. Shortcake biasanya dihias dengan buah dan krim kocok. Kue ini disebut “short” bukan karena bentuknya yang tidak tinggi. Kata “short” dalam bahasa Inggris abad ke-16 berarti crisp (renyah).

Untuk membuat kiwi shortcake, Anda akan membutuhkan tepung terigu yang diayak, telur, soft butter, krim, vanila, stevia, bubuk pengembang dan soda kue. Resep selengkapnya bisa Anda lihat di artikel ini.

6. Kiwi Frozen Yogurt Sandwich

* sumber: makethebestofeverything.com

Tak punya banyak waktu, tapi ingin membuat snack/dessert sehat? Buat “sandwich” saja dari kiwi dan yogurt! Sandwich ini bisa memuaskan pengecap rasa Anda yang sedang ingin makan es krim, tapi mencoba untuk diet, hihi.

Cara membuatnya, siapkan irisan kiwi yang cukup tebal, lalu sendokkan frozen yogurt ke atasnya mengunakan cookie scoop (sendok kue). Tutup yogurt dengan lapisan kiwi lagi agar terlihat seperti sandwich. Masukkan ke dalam freezer selama 10 menit sebelum disajikan!

7. Kiwi Watermelon Popsicle

* sumber: foodwithfeeling.com

Siapa suka es loli? Kita semua sepakat kalau es loli yang dijual oleh abang-abang pasti tidak terlalu sehat, bukan? Apalagi kalau dimakan oleh anak-anak. Buatlah es loli sendiri di rumah menggunakan buah-buahan segar seperti semangka dan kiwi. Ini sangat sehat dan menyegarkan, cocok dimakan saat cuaca sedang panas-panasnya.

Siapkan 4 kiwi, 400 gram semangka tanpa biji dan sedikit air untuk membuat puree. Airnya bisa diganti dengan air kelapa juga. Tambahkan kiwi ke dalam blender atau food processor, lalu blend sampai menjadi jus.

Air yang tadi disiapkan itu untuk mem-blend kiwi saja, ya, karena semangka sudah berair. Jika Anda tidak punya blender atau pengolah makanan, Anda selalu dapat menumbuk atau menghancurkan buah dengan garpu.

Tuang kiwi ke bagian bawah cetakan es loli dan letakkan di freezer selama setidaknya satu jam. Jika sudah set, tuang puree semangka dan bekukan lagi hingga beku seluruhnya. Jika ingin makan es lolinya tapi susah dikeluarkan, coba rendam cetakan es di atas air hangat.

8. Kiwi Salsa

* sumber: turniptheoven.com

Salsa adalah bahasa Spanyol untuk saus. Di negara berbasis bahasa Inggris, salsa selalu dirujuk sebagai saus pedas dari Meksiko. Saus ini digunakan sebagai dip sauce alias saus celup. Salsa populer dibuat dari tomat, tapi, sensasi asam bisa Anda dapatkan juga dari kiwi.

Siapkan 2 buah kiwi cincang, 2 sdm bawang bombai cincang, 1 sdm jalapeno cacah, 1 sdm daun ketumbar cincang, 1 sdm perasan air jeruk nipis dan sejumput garam. Campurkan semuanya lalu masukkan ke kulkas selama 2 jam sebelum disajikan. Makan dengan taco, nacho, ikan, ayam, dll.

9. Kiwi Oatmeal

Kiwi Oatmeal

Sebenarnya cara termudah untuk membuat makanan dengan kiwi ya tinggal dicampur dengan oatmeal saja. Bahkan Anda bisa menggunakan instant oatmeal kalau tidak mau repot-repot masak. Karena kiwi rasanya sedikit asam, tambahkan susu (bisa susu almond juga) dan sedikit madu. Setelah itu, tambahkan kiwi dan topping lainnya sesuai selera, seperti chia seed, flax seed, dll.

10. Kiwi Citrus Salad

* sumber: pickfreshfoods.com

Terakhir, Anda bisa menikmati kiwi sebagai salad. Cara membuatnya mudah sekali. Siapkan spring mix salad, 2 buah kiwi, 2 buah mandarin, sedikit almond iris dan minyak zaitun. Campurkan semua bahan, lalu beri topping almond dan tuang minyak zaitun. Salad ini sangat menyegarkan dan semua orang akan menyukainya, walaupun jika Anda tidak terbiasa makan salad sekalipun.

Sedikit intermezzo, kebanyakan resep kiwi memang dibuat untuk dimakan saat pagi, siang, atau sebagai dessert. Tapi, sebenarnya kiwi bisa dimakan sebagai snack malam hari juga, loh.

Kiwi adalah buah yang sangat bernutrisi, dan bahkan memang merupakan salah satu makanan yang terbaik dimakan (paling lambat 1 jam) sebelum tidur. Dengan makan kiwi akan membantu Anda tidur lebih baik dan jadi lebih sehat. Yuk, makan kiwi!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *