Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Ini Dia Cara Makan Buah Kesemek yang Praktis dan Enak

Ini Dia Cara Makan Buah Kesemek yang Praktis dan Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2018

Pernah makan atau setidaknya mendengar nama buah kesemek? Buah berwarna jingga dan memiliki bentuk seperti tomat ini bisa dimakan begitu saja atau diolah menjadi makanan. Saat matang, kesemek memiliki rasa yang manis dan bikin ketagihan. Namun, saat buah kesemeknya belum matang maka rasanya akan sangat sepat.

Bagi Anda yang belum pernah makan buah kesemek sebelumnya, Bacaterus akan memberikan panduan cara makan buah kesemek yang benar. Dengan melalui berbagai cara berikut ini, Anda bisa menikmati kelezatan buah kesemek secara mudah.

Cara Makan Buah Kesemek yang Benar

Buah kesemek memiliki tampilan yang menyerupai tomat. Namun, bagaimana cara makan buah kesemek yang benar? Apakah kita bisa menikmati buah kesemek seperti cara kita menikmati buah tomat pada umumnya? Berikut adalah sejumlah cara makan buah kesemek yang benar dan mudah:

1. Dimakan Langsung

Dimakan Langsung Cara Makan Buah Kesemek

Menikmati buah kesemek yang sudah matang memang sangat menyenangkan. Anda dapat menikmati daging buah kesemek yang manis dan segar.

Cara makan buah kesemek yang paling benar adalah memotongnya menjadi beberapa bagian, lalu gunakan sendok untuk mengambil daging buahnya. Pada dasarnya, kulit buah kesemek juga bisa dimakan, tetapi jika tidak ingin dimakan, Anda bisa mengerok daging buahnya dengan sendok.

2. Menjadi Topping Makanan

Parfait Kesemek

Buah kesemek memiliki ukuran yang sama seperti tomat. Namun terkadang, Anda akan menemukan kesemek dengan ukuran yang lebih besar dari buah tomat. Nah, Anda bisa memotong buah kesemek ini berbentuk dadu. Potongan kecil dari buah ini tentu akan sangat memudahkan Anda ketika melahapnya.

Kemudian, potongan buah kesemek bisa dijadikan topping untuk berbagai jenis makanan, mulai dari kue, pudding, oatmeal, sampai dengan yogurt. Percayalah, buah kesemek yang manis ini akan sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan.

3. Dijadikan Salad Buah Kesemek

Menjadi Topping Makanan

Salah satu cara memakan buah kesemek yang nikmat dan beda dari yang lain adalah membuat buah ini sebagai isian salad. Ya, Anda bisa mengiris buah kesemek yang matang tipis-tipis, lalu masukkan buah ini bersama buah dan sayuran lainnya.

Selanjutnya, beri salad buah kesemek ini dengan saus dressing yang sesuai dengan selera Anda. Ingat, untuk membuat salad buah kesemek Anda harus memastikan bahwa buah tersebut benar-benar sudah matang agar rasanya manis.

4. Diolah Menjadi Saus Salsa

Mengolah Menjadi Saus Salsa

Buah kesemek bisa langsung dimakan, tapi Anda juga bisa kesemek sebagai bahan makanan. Manfaatkan kesemek untuk membuat salsa manis. Haluskan buah kesemek matang yang sudah dipotong kecil-kecil dengan bahan-bahan lainnya, seperti bawang bombai merah, cabai rawit, cabai besar, dan ketumbar. Jika biasanya saus salsa dibuat dengan bahan dasar mangga atau tomat, kini Anda bisa menggantinya dengan buah kesemek.

5. Dikeringkan Menjadi Manisan

Gotgam

Di Korea, ada manisan yang bernama Gotgam (곶감). Ini merupakan buah kesemek kering yang diolah menjadi manisan. Buah kesemek yang keras dipilih sebagai bahan baku pembuatan Gotgam. Kemudian, buah ini digantung di halaman rumah sehingga bentuknya menciut dan terdapat bubuk-bubuk putih.

6. Dibuat Selai untuk Roti

Membuat Selai untuk Roti

Bosan dengan selai nanas atau stroberi? Anda bisa menikmati selai dari buah kesemek, lho. Untuk membuat selai buah kesemek, Anda harus mendapatkan buah yang sepat alias tidak terlalu matang.

Setelah itu, Anda juga harus mencampurkan sejumlah bahan-bahan lainnya, mulai dari kayu manis, pala, dan parutan kulit jeruk. Kemudian, semua bahan dimasak di dalam panci sampai kesemeknya mencair dan teksturnya agak kental. Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba mengoleskan selai buah kesemek ini pada roti atau jenis makanan lainnya. Selamat mencoba!

Cara Makan Buah Kesemek Mentah yang Asam

Selain memakan buah kesemek yang matang, Anda juga bisa memakan buah kesemek yang mentah. Kesemek mentah memiliki rasa yang asam, tetapi Anda bisa sedikit mengakalinya dengan beberapa cara agar buah tersebut tetap enak ketika dimakan. Berikut ini adalah cara memakan buah kesemek mentah yang bisa Anda coba:

1. Percepat Proses Pematangan

Percepat Proses Pematangan

Rasa asam yang dihasilkan buah kesemek mentah dapat membuat lidah jadi mati rasa. Anda harus minum dan mengkonsumsi makanan lain untuk menghilangkan rasa asam pada lidah akibat kesemek yang belum matang. Satu-satunya cara memakan buah kesemek mentah adalah mempercepat proses pematangan buah.

Simpan kesemek dalam wadah tertutup selama 2-3 hari. Cara ini dapat mempercepat proses pematangan sekaligus pembusukan buah. Jadi, sebaiknya Anda mengecek buah tersebut sesering mungkin sehingga buahnya tidak keburu busuk.

Selain cara ini, Anda juga bisa memanaskan buah kesemek di dalam oven. Namun, Anda harus membungkus buah dengan plastik tebal sebanyak tiga lapis. Kemudian, panaskan buah yang sudah dibungkus di dalam oven dengan suhu panas tidak lebih dari 50 derajat celcius selama 18-24 jam.

2. Bekukan Buah Kesemek

Bekukan Buah Kesemek

Buah kesemek yang mentah juga bisa dinikmati dengan cepat tanpa menunggu berhari-hari. Anda hanya perlu membekukan buah kesemek di dalam freezer. Cara ini akan mengubah rasa dan tekstur buah tersebut. Buah kesemek beku akan memiliki rasa dan tekstur seperti sorbet sehingga nyaman untuk dimakan. Kalau tidak suka memakan buah beku, Anda bisa menghangatkan buah ini di dalam microwave.

3. Direndam Air Kapur

Direndam Air Kapur

Kesemek yang mentah memiliki rasa asam dan sepat yang tentunya membuat Anda tidak bisa menikmati buah tersebut. Salah satu cara memakan buah kesemek yang sepat adalah merendam buahnya dalam keadaan utuh di dalam air kapur selama 24-48 jam.

Namun, air kapur ini akan meninggalkan serbuk putih yang menyebabkan buahnya jadi seperti diselimuti bedak. Meskipun begitu, daging buah kesemek yang direndam air kapur tetap layak dikonsumsi kok, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menyantapnya.

Diet dengan Buah Kesemek

Diet dengan Buah Kesemek

Tahukah Anda bahwa kesemek merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi saat diet? Satu buah kesemek memiliki berat 168 gram. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam satu buah kesemek adalah 31 gram. Hal ini membuat kesemek sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet. Apalagi rasa manis kesemek tidak seberapa jika dibandingkan dengan buah-buahan manis lainnya, seperti mangga atau melon.

Manfaat buah kesemek lainnya adalah melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Sistem pencernaan yang berjalan dengan lancar tentu saja akan membuat program diet yang sedang Anda jalankan berhasil.

Cara memakan buah kesemek saat diet adalah dengan memakannya langsung atau mencampurkan pada salad maupun oatmeal yang Anda konsumsi. Rasa kesemek yang manis dan segar akan membuat makanan hambar jadi terasa lebih nikmat. Selain itu, Anda pun bisa membuat jus dari buah kesemek untuk langsung diminum dalam keadaan segar.

Kini, Anda telah mengetahui berbagai cara makan buah kesemek yang matang maupun mentah. Bahkan, pelaku diet pun juga bisa mengkonsumsi buah yang satu ini dengan cara menambahkan kesemek ke makanan-makanan diet yang terasa hambar.

Tak hanya kesemek saja, bahkan buah mengkudu yang pahit pun bisa menjadi makanan yang enak dan bermanfaat jika diolah dengan cara yang benar. Ingin tahu cara mengolah buah mengkudu yang benar? Jangan lewatkan informasinya di artikel ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment