Bacaterus / Buah / Inilah Cara Makan Buah Delima yang Enak dan Nggak Ribet!

Inilah Cara Makan Buah Delima yang Enak dan Nggak Ribet!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2019

Di dalam buah berkulit tebal dan berwarna merah ini ada sekitar 600 aril, atau biji, dan itu semua bisa dimakan langsung mau secara mentah (tidak diolah) atau pun diolah dulu. Yang malas dari makan buah delima adalah kadang berantakan, karena ada orang yang tidak tahu cara membuka buahnya dengan rapi.

Anda bisa menambahkan biji delima ke salad, yogurt, oatmeal, makanan penutup, atau apa pun yang Anda inginkan! Membuka dan mengambil biji delima memang sulit, tetapi jika Anda mengetahui teknik yang tepat dapat membuat prosesnya mudah. Sebelum mencari tahu cara makan buah delima, kita bahas sedikit cara membuka buah delima dengan mudah.

Cara Mengupas Buah Delima

Jika Anda bingung mengupas buah delima yang benar dan mudah, kami punya beberapa tips dan triknya. Yuk, baca terus artikel ini sampai akhir!

1. Pakai Sendok Kayu

* sumber: eatingrichly.com

Buah delima bisa “dibongkar” dengan menggunakan sendok, tapi bukan sembarang sendok melainkan sendok kayu. Pertama, potong buah delima menjadi dua di bagian tengah. Kemudian, posisikan delima di atas mangkuk dengan sisi biji menghadap ke bawah. Pukul-pukul kulit delima dengan bagian belakang sendok kayu sampai semua biji terlepas.

Sebelumnya Anda dapat mengisi setengah mangkuk dengan air, sehingga biji delima yang bagus tenggelam ke dasar sementara biji yang jelek mengapung ke atas. Ini membuat Anda lebih mudah untuk memisahkan biji yang lebih baik dimakan dan yang mana yang sebaiknya tidak dimakan.

2. Pakai Pisau

* sumber: healthynibblesandbits.com

Metode lain yang sama populer dan efektif untuk mengambil biji delima adalah dengan menggunakan pisau. Siapkan pisau pengupas/buah/kecil, lalu buang batang kecil di bagian atas buah, atau disebut juga sebagai bunga-nya delima. Kemudian, sayat kulit di bagian pinggir kulit, mulai dari atas ke bawah. Jika Anda tidak bisa merasakan tiap bagian dalam delima, cukup buat sekitar enam sayatan secara merata di sekitar buah.

Untuk mencegah jus atau cairan delima keluar, jangan memotong buah terlalu dalam. Selanjutnya, pegang buah dan letakkan ibu jari Anda di bagian atas tempat bunga delima berada. Tarik perlahan buah untuk memisahkan bagian-bagian yang sudah Anda sayat tadi. Lanjutkan dengan melepaskan membran putih yang mengelilingi setiap bagian biji.

Terakhir, tuang biji-biji delima ke mangkuk atau alas yang bersih. Tarik dan tekan hingga terbalik kedua ujung tiap sayatan agar biji delima keluar semua. Semakin matang maka biji-biji delima semakin mudah lepas. Sekarang, Anda bisa menikmati buah delima dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara makan delima yang menyenangkan versi Bacaterus.

Resep Pomegranate

Pomegranate atau delima yang matang sebenarnya bisa dimakan begitu saja. Tapi, kalau Anda bosan atau ingin menyulapnya menjadi makanan lainnya juga bisa. Umumnya delima dibuat menjadi dessert atau makanan manis, tapi ada juga yang dibuat sebagai savory food, loh. Berikut adalah resep-resepnya.

1. Pomegranate Pudding

* sumber: www.weightwatchers.com

Puding buah delima, ada yang pernah membayangkannya? Kalau buah-buah lain seperti melon, jeruk dan kiwi pasti sudah sering Anda temukan. Tapi, kalau puding delima pasti jarang, kan? Untuk membuatnya, Anda membutuhkan buah delima ukuran sedang, 1 sdt air mawar, 1 jar kecil (150 gr) natural Greek yogurt, 100 gr soft cheese rendah lemak, ½ sdt vanilla extract, 2 sdt icing sugar.

Cara Membuatnya:

Keluarkan buah delima, lalu ambil setengahnya, simpan di dalam mangkuk. Siapkan blender tangan, lalu hancurkan dan saring agar Anda mendapatkan jusnya saja.

Campur jus ini dengan air mawar, yogurt, keju lunak, ekstrak vanila dan icing sugar. Aduk hingga rata. Taburkan sedikit delima yang tidak dihancurkan ke dalam gelas-gelas kecil, tuang campuran jus delima tadi lalu beri topping delima lagi. Dinginkan di lemari es selama beberapa jam, lalu sajikan dingin.

2. Pomegranate Salad

* sumber: cookieandkate.com

Delima enak juga dijadikan tambahan salad. Anda bisa menggunakan buah pir, apel, aneka pilihan sayur hijau, keju kambing dan pecan. Jangan lupakan biji delima yang kriuk-kriuk dan juicy! Anda bisa menambahkan jahe dan cuka apel supaya terasa lebih segar.

3. Pomegranate Jelly/Jam

* sumber: id.pinterest.com

Pomegranate sama seperti kebanyakan buah lainnya, bisa dibuat jadi selai (jam) atau yang lebih beken dipanggil jelly di Amerika. Selain ini terasa sangat manis dengan sendirinya. Akan terasa lezat ketika dipadukan dengan roti dan mentega. Anda bisa juga menjadikan selai ini sebagai saus salad. Serbaguna, ya?

Bahan yang dibutuhkan: 950 ml jus delima, 60 ml jus lemon, 1 paket pektin bubuk dan 1 kg gula tebu putih. Anda bisa membuatnya dengan resep ini, ya.

4. Pomegranate Saffron Rice

* sumber: eatingrichly.com

Saffron rice atau nasi kunyit adalah hidangan yang terbuat dari kunyit, nasi putih dan kaldu sayuran. Nasi safron ditemukan dalam banyak negara. Resepnya mirip dengan nasi putih biasa hanya saja ada tambahan bahannya.

Walaupun namanya nasi kunyit, warna nasi ini tidak selalu kuning, karena “bumbu” utama nasi ini adalah saffron atau kuma-kuma, yaitu rempah termahal di dunia. Anda bisa menambahkan delima ke dalam nasi saffron untuk memperkaya rasanya.

Bahan:

  • 1 cangkir beras
  • ½ cangkir kaldu sayur
  • 1 gelas air
  • 1 batang kayu manis
  • ½ cangkir biji delima
  • sejumput kecil saffron
  • 10 daun mint, dicincang
  • garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

Masak nasi di panci atau rice cooker menggunakan kaldu sayur dan air putih biasa. Masukkan kayu manis selagi memasak. Jika nasi sudah masak, singkirkan kayu manisnya lalu tambahkan saffron, daun mint dan delima. Tambahkan garam dan lada sesuai selera.

5. Iranian Pomegranate Soup (Aash-e anar)

* sumber: www.thekitchn.com

Di Iran, ada kudapan khusus nan lezat yang dibuat dari buah delima, loh! Percaya atau tidak, orang-orang Iran memasak delima menjadi sup, hihi. Namanya adalah aash-e anar alias sup buah delima khas Iran. Makanan ini populer juga di Timur Tengah. Sup delima yang hangat ini memiliki cita rasa asam dan manis. Teksturnya kental, bisa dinikmati dengan roti atau pun nasi. Resepnya bisa Anda intip di sini.

6. Pomegranate Parfait

* sumber: www.unicornsinthekitchen.com

Parfait adalah jenis dessert beku di Prancis. Parfait terbuat dari krim, telur, gula dan sirup dan dibuat menjadi puree seperti custard. Sebenarnya parfait ada gelasnya tersendiri yang disebut gelas parfait. Tapi, Anda bisa menggunakan gelas kecil mana saja yang Anda punya.

Pomegranate parfait adalah hidangan penutup lezat dan mewah yang dibuat hanya dengan 4 bahan yang sudah ada di dapur Anda. Manis dan tajam! Resep selengkapnya bisa Anda lihat di artikel ini.

7. Pomegranate Guacamole

* sumber: www.unicornsinthekitchen.com

Guacamole adalah makanan khas Meksiko yang terbuat dari alpukat. Biasanya ditambah dengan perasan lemon dan garam. Biasanya guacamole dijadikan “saus” cocolan tortilla atau sebagai teman makan roti.

Anda bisa membuat guacamole dengan menambahkan delima supaya terasa lebih segar dan crunchy. Anda hanya perlu melumat alpukat, lalu diberi potongan bawang bombai merah, perasan lemon/jeruk nipis, garam dan lada. Jangan lupa tambahkan delima, tentunya!

8. Pomegranate Vinaigrette

* sumber: joyfoodsunshine.com

Vinaigrette adalah saus yang dibuat dengan mencampurkan minyak dengan sesuatu yang bersifat asam, seperti cuka atau jus lemon. Saus ini dapat ditingkatkan cita rasanya dengan menambahkan garam, bumbu dan rempah-rempah. Vinaigrette  biasanya digunakan sebagai saus salad, tapi bisa juga digunakan sebagai bumbu masakan. Untuk membuatnya, silakan baca resepnya di sini.

9. Pomegranate Salsa

* sumber: eatingrichly.com

Salsa adalah Bahasa Spanyol untuk saus. Di negara berbasis bahasa Inggris, salsa selalu dirujuk sebagai saus pedas dari Meksiko. Salsa biasanya menjadi saus celup atau cocol. Anda bisa membuat saus salsa dengan menambahkan biji delima. Semua bahannya segar, tidak perlu dimasak, menyiapkannya tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit. Pomegranate salsa recipe bisa Anda intip di sini.

10. Pomegranate Juice

* sumber: healthynibblesandbits.com

Resep yang terakhir adalah yang paling mudah dan favorit semua orang, yaitu jus delima. Tahukah Anda, kalau jus delima segar buatan sendiri jauh lebih enak daripada jus pabrikan yang dibeli di toko? Rasanya jauh lebih ringan dan terasa lebih segar. Anda bisa mengintip resepnya dari artikel ini.

Ya, itu tadi beberapa cara mudah untuk makan buah delima yang enak dan nggak ribet. Dari semua cara yang kami rekomendasikan, cara mana yang biasa Anda gunakan? Atau punya cara lainnya? Yuk, bagikan pada kami dan pembaca lain di kolom komentar!

Oh iya, kalau Anda masih ragu untuk makan buah delima, sebaiknya ketahui juga Manfaat Buah Delima ini. Banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar