Bacaterus / Kesehatan / 6 Cara Konsumsi Semut Jepang untuk Pengobatan

6 Cara Konsumsi Semut Jepang untuk Pengobatan

Ditulis oleh

Apabila Anda sudah mengetahui manfaat semua jepang untuk pengobatan, mungkin saat ini Anda sedang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara konsumsi semut jepang. Nah, jika beberapa waktu silam Anda pernah mendengar iklan komersial mengenai ekstrak kulit manggis, maka Anda mungkin berpikir apakah semut jepang juga ada ekstraknya?

Sayangnya, semut jepang tidak diekstrak dalam bentuk pil, kapsul, teh, atau apapun. Jadi, jika ada yang menawarkan obat-obatan atau minuman yang diekstrak dari semut jepang, selidiki dahulu sebelum membeli. Karena bisa jadi produk tersebut tidak benar-benar memberikan khasiat seperti semut jepang aslinya.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang

Khasiat semut jepang bisa Anda peroleh dari mengkonsumsi hewan tersebut secara langsung. Cara konsumsi semut jepang ini terbilang ekstrim. Berikut adalah beberapa cara untuk mengkonsumsi semut yang bisa Anda coba:

  1. Makan Secara Langsung

Dibutuhkan keberanian dan nyali yang besar untuk melakukan cara yang satu ini. Ya, Anda harus menenggak beberapa ekor semut jepang secara langsung. Ketika di dalam mulut, mungkin Anda akan merasakan gigi Anda menggigit semut-semut tersebut. Apabila tidak ingin menggigitnya, maka segera minum air putih setelah menenggak semut jepang, seperti cara minum obat.

  1. Minum dengan Air Putih

Anda harus menyediakan 2 gelas air putih. Salah satu gelasnya hanya diisi dengan air putih setengah saja. Masukkan beberapa ekor semut jepang ke dalam gelas yang berisi setengah air putih. Kemudian, aduk dan minumlah air yang sudah dicampur dengan semut jepang. Setelah itu, habiskan air putih di gelas yang satu lagi.

cara konsumsi semut jepang

Ini merupakan cara yang sering digunakan karena khasiat dari semut jepang akan mudah diperoleh melalui cara tersebut. Pasalnya, ketika diaduk di dalam air semut jepang akan mengeluarkan enzim pertahanan tubuh. Kandungan enzim inilah yang dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat untuk pengobatan.

  1. Menyeduh dengan Air Hangat

Cara ketiga ini hampir sama dengan cara yang kedua. Namun, Anda harus meletakkan beberapa ekor semut jepang dalam gelas kosong, lalu mengisinya dengan air hangat. Ketika diseduh dengan air hangat, semut jepang juga akan mengeluarkan enzim alami dari dalam tubuhnya. Setelah air hangat tersebut agak dingin, segera minum dan telan semut jepang yang ada di dalam air tersebut.

  1. Menggunakan Kapsul Kosong

kapsul semut jepang

Belilah kapsul kosong yang dijual di apotek sebagai media untuk mengkonsumsi semut jepang. Cara ini sangat efektif bagi Anda yang merasa jijik ketika harus menenggak langsung atau menyeduh semut jepang.

Caranya, masukkan semut jepang yang masih hidup ke dalam kapsul kosong. Telan kapsul tersebut layaknya mengkonsumsi obat. Nah, dengan cara ini maka Anda tidak akan merasa seperti sedang menelan semut hidup-hidup.

  1. Makan dengan Buah Pisang

Mengapa harus buah pisang? Apakah tidak bisa diganti dengan buah-buahan lain, seperti apel atau melon? Bisa saja, namun sangat direkomendasikan untuk menggunakan pisang  karena buah pisang memiliki tekstur yang lembut.

Cara konsumsi semut jepang dengan buah pisang adalah dengan membenamkan beberapa ekor semut ke dalam buah pisang. Kemudian, gigit dan telan buah tersebut sembari dibantu dengan air putih. Jika Anda menggunakan buah lain yang bertekstur keras, maka Anda harus mengunyahnya terlebih dahulu, karena apabila langsung ditelan Anda bisa tersedak.

  1. Campurkan dengan Hidangan Favorit

Cara yang terakhir ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa jijik Anda. Campurkan beberapa ekor semut jepang ke dalam sayuran atau hidangan favorit Anda. Ketika Anda menyantap hidangan favorit, Anda akan sangat menikmatinya sehingga tidak sadar jika sudah menelan semut jepang.

Anda bisa memilih salah satu cara di atas untuk mengkonsumsi semut jepang. Pastikan untuk memilih cara yang aman bagi Anda agar tidak merasa jijik atau takut. Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum memakannya karena kesembuhan suatu penyakit datangnya dari yang Maha Kuasa.

Dosis Konsumsi Semut Jepang

manfaat semut jepang untuk pengobatan

Setelah mengetahui beberapa macam cara mengkonsumsi semut jepang, kini Anda juga harus mengetahui dosis yang tepat. Pasalnya, dosis yang dianjurkan berbeda-beda menurut tujuan dan jenis penyakit yang hendak diobati. Inilah dosis yang tepat mengkonsumsi semut jepang berdasarkan tujuannya:

  • Stroke

Konsumsi semut jepang 5-7 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu. Misalnya, konsumsi pada hari Senin, Rabu/Kamis, dan Sabtu. Penderita stroke harus mengkonsumsi semut jepang selama 2 bulan.

  • Diabetes

Konsumsi semut jepang 3-5 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu. Penderita diabetes harus mengkonsumsi semut jepang selama 1 bulan.

  • Hipertensi

Konsumsi semut jepang 2-5 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu. Penderita hipertensi harus mengkonsumsi semut jepang selama 1 bulan.

  • Penyakit jantung dan liver

Konsumsi semut jepang 3-5 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu. Penderita penyakit jantung atau liver harus mengkonsumsi semut jepang selama 2 bulan.

  • Asam urat

Konsumsi semut jepang 2-3 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu. Penderita diabetes harus mengkonsumsi semut jepang selama 2 bulan.

  • Vitalitas tubuh

Konsumsi semut jepang 1-2 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu.

  • Kolesterol

Konsumsi semut jepang 2-4 ekor sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi semut jepang 3 hari sekali selama 1 minggu. Untuk  menurunkan kolesterol, konsumsi semut jepang selama 2 bulan.

Cara konsumsi semut jepang manakah yang Anda pilih? Pastikan Anda sudah mengetahui sejumlah manfaat dan efek samping dari semut ini sebelum mengkonsumsinya. Untuk mengetahui efek sampingnya, silahkan baca artikel ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment