Bacaterus / Kurma / 10 Cara Konsumsi Kurma Muda yang Benar untuk Program Hamil

10 Cara Konsumsi Kurma Muda yang Benar untuk Program Hamil

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2019

Kurma adalah pohon yang berasal dari sekitar Teluk Persia. Sejak zaman kuno hingga sekarang, kurma sudah dibudidayakan, makanya Anda akan mudah menemukannya. Tapi, kurma paling banyak ditemukan di daerah Timur Tengah. Yang dikonsumsi dari pohon kurma adalah buahnya.

Jenis kurma ada bermacam-macam, tapi secara garis besar dapat digolongkan sebagai kurma matang (siap makan) dan kurma muda (belum matang). Pasti Anda pernah mendengar tentang kurma muda, apalagi kalau Anda sudah menikah dan sedang menjalani promil alias program hamil.

Buah kurma muda disebut juga sebagai ruhtob. Biasanya ruhtob berwarna kuning, tapi ada juga yang merah, hijau, dan campuran seperti hijau kekuningan dan hijau kemerahan. Berbeda dengan kurma matang yang teksturnya lembek, kurma muda teksturnya keras dan padat.

Rasa kurma muda cenderung sepat. Tapi, walaupun belum matang dan tidak terasa manis, buah kurma muda justru menjadi incaran orang-orang, terutama oleh para pasangan yang ingin mendapatkan momongan.

Pada kesempatan kali ini Bacaterus mau membahas cara konsumsi kurma muda untuk promil dengan benar, tapi tetap terasa enak di lidah. Sebelum itu, ketahuilah terlebih dahulu alasan kenapa kurma muda digilai orang-orang.

Keistimewaan Kurma Muda

cara konsumsi kurma muda

* sumber: www.dawn.com

Walaupun terkenal bagus untuk kesuburan, perlu Anda ketahui kandungan apa saja yang ada di dalam buah kurma muda. Jadi, kurma muda mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan. Di antaranya adalah vitamin A, C, dan K, lalu zat besi, klorida, kalium, asam Niasin, belerang, dan protein.

Lalu, zat apakah yang mendorong kurma muda bagus untuk kesuburan? Ternyata, buah kurma muda mengandung hormon biostin dan neurohipofisa, yang bekerja layaknya oksitosin (hormon perangsang kontraksi pada dinding rahim dan menambah produksi ASI).

Jadi, selain bagus untuk mendukung promil, kurma muda juga merupakan penyubur hormon yang berkaitan dengan kehamilan (seperti menyehatkan rahim dan organ kewanitaan serta memperbanyak produksi ASI). Buah kurma muda dapat mencegah pendarahan dan keguguran pada ibu hamil, lalu membantu melancarkan proses persalinan nantinya.

Tak hanya berkaitan dengan kehamilan, buah kurma muda ternyata punya beberapa manfaat lainnya seperti melancarkan sistem pencernaan, dapat mengatasi sembelit, menjaga kesehatan jaringan mata, hingga mencegah munculnya sel kanker. Wah, banyak sekali, ya, manfaat buah kurma muda?

Cara Konsumsi Kurma Muda

Nah, di atas tadi sekilas mengenai kelebihan kurma muda untuk tubuh. Sekarang, Bacaterus mau membahas cara konsumsi kurma muda dengan benar, terutama buat yang sedang menjalankan program hamil.

1. Dimakan Langsung

Dimakan Langsung

* sumber: www.italianstore.ca

Cara konsumsi kurma muda yang pertama adalah dengan langsung memakannya. Walaupun belum matang, buah ini bisa langsung dimakan dan tidak akan memberikan efek samping apapun. Itu juga jika Anda dan pasangan tidak terlalu mempertimbangkan rasanya.

Kurma muda mengandung hormon botosin yang akan meningkatkan gerak peristaltik dalam pembuluh darah dan dinding rahim (uterus). Kurma muda juga memiliki kandungan yang dapat menunjang kesuburan rahim. Kata orang-orang, untuk pria sebaiknya mengonsumsi kurma muda yang berwarna merah, sedangkan untuk wanita sebaiknya mengonsumsi kurma muda yang berwarna kuning atau hijau.

Lalu, sunnah-nya, makanlah kurma dalam hitungan ganjil. Waktu yang terbaik untuk makan kurma muda adalah 1 – 2 jam sebelum berhubungan intim dengan pasangan. Sedangkan untuk para wanita sebaiknya mengonsumsi kurma muda setelah beres haid dan pada masa subur saja.

2. Ditumbuk

Ditumbuk

* sumber: freevudu.wordpress.com

Cara konsumsi kurma muda yang ke-2 adalah dengan menumbuk buahnya hingga halus. Tekstur kurma muda cukup keras, bahkan untuk memisahkan daging dengan bijinya saja sulit. Jadi, Anda bisa langsung menumbuk buah kurma hingga hancur, jangan lupa buang bijinya, ya. Tumbukan buah kurma muda basah, biasanya dikonsumsi bersama telur ayam kampung dan susu.

3. Bubuk

Bubuk Instan

* sumber: www.totsandmoms.com

Ada, loh, kurma muda dalam versi bubuk. Biasanya produk ini dibuat dari kurma muda hijau yang digiling hingga jadi serbuk yang sangat lembut. Karena sudah berbentuk serbuk, Anda tentunya bisa lebih mudah mengonsumsinya. Anda bisa menambahkan bubuk kurma muda ini pada minuman lain (susu atau jus). Bubuk ini bisa juga langsung diseduh dengan air.

Kalau Anda kesulitan mendapatkan bubuk kurma muda, Anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Belah buah kurma muda, lalu keluarkan bijinya. Potong-potong kasar daging buahnya dan jemur di bawah sinar matahari. Jika Anda kesulitan membelah buah kurma, tumbuk saja menggunakan mutu dan coet.
  • Jemur kurma selama 5 – 10 hari (tergantung cuaca di daerah Anda). Jika buah kurma muda sudah sangat kering dan mudah hancur ketika ditekan, maka kurma telah siap diolah.
  • Siapkan mixer, masukkan buah kurma muda yang sudah dijemur. Atur kecepatan mixer dalam tingkat rendah supaya bubuk yang dihasilkan tidak mengeluarkan minyak.
  • Saring (ayak) bubuk kurma hingga Anda mendapatkan hasil serbuk kurma yang paling halus. Jika masih tersisa banyak bubuk kurma yang masih kasar, blender saja lagi lalu ayak lagi. Lakukan proses tersebut berulang kali hingga semua bubuk kurma habis.
  • Serbuk kurma homemade pun siap dipakai kapan saja Anda butuhkan.

4. Diseduh

Diseduh cara konsumsi kurma muda

* sumber: gkfooddiary.com

Jika Anda sudah punya kurma muda bubuk, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh. Supaya rasanya lebih enak, tambahkan madu murni, perasan air lemon, dan susu. Anda bisa juga mencampurkan serbuk ini pada berbagai minuman dan makanan lainnya, tapi sedikit saja supaya tidak merusak rasa dari kudapan tersebut.

5. Direbus

Direbus

Anda pasti sudah sering mendengar cara minum obat herbal yang prosesnya direbus. Nah, kurma muda ini sama saja seperti obat herbal, jadi Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus. Takarannya adalah, rebus 1½ gelas air dengan 7 butir kurma muda. Rebus hingga kurma menjadi lembek. Air rebusannya bisa langsung Anda minum atau ditambah madu terlebih dahulu. Buah kurma rebusnya juga bisa Anda konsumsi.

6. Dijus

Dijus cara konsumsi kurma muda

* sumber: www.tastyappetite.net

Cara konsumsi kurma muda yang ke-6 adalah dengan membuatnya jadi jus. Kombinasikan buah kurma muda dengan air dan gula/madu supaya rasanya jadi manis. Anda bisa juga menggabungkan buah dan sayur yang sekiranya cocok dengan buah kurma muda.

7. Madu + Telur + Susu

Madu + Telur + Susu

* sumber: gkfooddiary.com

Resep kurma muda yang satu ini paling sering dikonsumsi oleh orang-orang Indonesia. Mungkin karena rasanya familiar dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Yaitu dengan menggabungkan kurma muda bubuk, susu, telur, dan madu. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dengan cara diaduk atau pun diblender.

8. Mixed Juice

Mixed Juice

* sumber: comowater.com

Supaya lebih sehat dan kaya vitamin, Anda bisa membuat jus dari aneka buah dan sayur ditambah buah kurma muda. Seperti resep yang satu ini, yaitu kurma muda, tomat, apel, dan wortel. Semua buah dan sayur ini memiliki cita rasa yang kuat, sehingga Anda tidak akan terlalu merasakan rasa sepat dari buah kurma mudanya.

9. Kurma + Semangka

Kurma + Semangka

* sumber: citronlimette.com

Selain apel, buah kurma muda juga enak dijus bersama dengan semangka. Tidak hanya bagus untuk promil, jus kurma muda dan semangka ini bagus juga untuk mengatasi masalah sulit buang air besar, menjaga kesehatan pencernaan, hingga melindungi kesehatan dan kecantikan kulit. Makanya, jus ini bisa diminum oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga lansia.

10. Bubur

Bubur cara konsumsi kurma muda

* sumber: www.waitrose.com

Cara konsumsi kurma muda yang ke-10 adalah dengan membuatnya jadi bubur. Buatlah bubur nasi seperti yang sering Anda makan ketika sarapan. Tambahkan sedikit bubuk kurma muda ke dalamnya. Anda bisa pula menambahkan 2 sendok teh madu murni supaya rasa buburnya tidak pahit. Bubur kurma muda ini bagus juga dimakan oleh lansia yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.

Nah, itulah beberapa cara konsumsi kurma muda yang benar untuk program hamil dari Bacaterus. Tak hanya untuk promil, kurma muda juga bagus jika dimakan oleh anak-anak dan lansia untuk menjaga kesehatan.

Untuk menjaga kurma muda agar tidak cepat rusak, cucilah terlebih dahulu, keringkan (angin-anginkan), lalu masukkan ke tempat kedap udara. Setelah itu, masukkan tempat berisi kurma tersebut ke dalam freezer. Ingin tahu tempat membeli kurma di Bandung? Baca artikelnya di Toko Kurma dan Oleh-oleh Haji di Bandung.

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar program hamil Anda berhasil. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar