Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 10 Cara membersihkan Kaca & Cermin Agar Kembali Berkilau

10 Cara membersihkan Kaca & Cermin Agar Kembali Berkilau

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Desain interior rumah sudah bagus, desain rumah juga sudah keren, kalau kaca jendela dan cermin kusam pastinya akan mengurangi keindahan rumah, bukan? Buat kamu yang lebih banyak mengunakan kaca untuk interior dan/atau eksterior rumah, sebaiknya kamu rajin membersihkan kaca-kaca tersebut supaya kejernihan dan tampilannya tetap bersih cemerlang tanpa noda.

Kalau kamu tidak mau repot, mungkin kamu bisa minta tolong ahli bersih-bersih kaca ke rumah kamu. Kalau kamu mau sedikit capek, kamu bisa membersihkannya menggunakan cairan pembersih kaca yang sudah tersedia banyak di pasaran. Tapi, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada dirumah untuk membersihkan kaca, loh!

Apa saja, sih, bahan-bahan untuk mengatasi kaca jendela dan cermin yang kusam? Bacaterus telah merangkumnya untuk kamu:

10 Cara Membuat Kaca dan Cermin Kembali Berkilau

1. Kapur Tulis

Kapur tulis biasanya digunakan guru untuk menulis di dalam kelas. Tapi, tahukah kamu kalau kapur tulis ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan kaca yang kotor, buram, dan kusam? Kamu cukup ambil 5-10 buah kapur tulis, sebaiknya kapur tulis yang putih, ya, jangan yang warna-warni.

Setelah itu siapkan air bersih dalam baskom kecil, kemudian celupkan kapur-kapur tadi kedalam air. Ambil kapur yang sudah basah, lalu gosok-gosokkan ke permukaan kaca. Selanjutnya, bersihkan sisa kapur yang melekat dengan koran bekas yang telah diberi air. Kemudian keringkan menggunakan koran bekas kering, dan kaca pun akan kembali kinclong.

2. Cuka

Cuka

Cuka nggak cuma bisa digunakan untuk menambah kenikmatan menyantap bakso, asinan, atau makanan lainnya. Tapi, cuka juga bisa dijadikan alternatif cairan pembersih kaca. Kamu cukup menyiapkan 2 sendok makan cuka dan air secukupnya. Masukkan campuran bahan tersebut ke dalam botol semprot. Kocok sampai merata.

Kamu bisa menggunakan campuran bahan tadi untuk membersihkan setiap kaca dirumah kamu. Semprotkan secara merata di seluruh permukaan kaca, lalu lap kaca dengan kain bersih dan kering. Kalau kamu nggak suka dengan baunya, kamu bisa menggunakan masker hidung. Kamu nyaman, kaca juga bersih.

3. Cairan Pembersih Wajah atau Face Toner

Face Toner

Jangan dulu buang cairan pembersih wajah atau face toner kamu yang sudah tak terpakai atau sudah kadaluwarsa. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih wajah atau face toner tersebut untuk membersihkan kaca jendela dan cermin di rumah kamu, lho.

Caranya sangat mudah. Tuangkan cairan pembersih wajah atau face toner yang sudah tak terpakai itu pada kain yang akan digunakan untuk membersihkan kaca. Gosok-gosokkan kain tersebut pada kaca sampai debu dan kotoran yang menempel terangkat. Ulangi cara ini sampai kaca jendela dan cermin kamu kembali kinclong.

4. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Cermin yang ada di kamar mandi kamu biasanya sering berembun karena udara yang terlampau lembab atau karena pengaruh uap panas dari pemakaian air panas untuk mandi. Tapi, kamu nggak usah khawatir, karena kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan cermin yang ada di kamar mandi kamu.

Oleskan pasta gigi pada permukaan cermin lalu diamkan selamat 15 menit. Setelah itu, kamu bersihkan sisa-sisa pasta gigi yang menempel pada cermin dengan kain halus sampai bersih. Nah, cermin kamu pun akan kembali bersih dan berkilau.

5. Teh Hitam

teh

Habis minum teh, biasanya ampas tehnya kamu apakan? Kalau yang bentuknya celup, mungkin bisa kamu dinginkan di dalam kulkas untuk kamu gunakan sebagai kompres mata yang sembab atau bisa juga untuk scrub wajah. Tapi, kamu juga bisa memanfaatkan ampas teh untuk membersihkan kaca, lho.

Seduh ampas teh hitam yang sudah tak terpakai dengan 200 ml air bersih, kemudian tambahkan cuka sebanyak 40 ml. Saring terlebih dahulu sebelum memasukkan campuran bahan-bahan tadi ke dalam botol spray.

Kemudian semprotkan cairan tersebut pada kaca jendela, kaca lemari, maupun kaca cermin di rumah kamu. Gunakan kain yang bersih dan kering untuk mengeringkannya. Niscaya kaca kamu akan menjadi kinclong kembali.

6. Tembakau

Kamu pernah lihat tembakau yang dilinting menjadi seperti rokok yang biasanya dihisap oleh kakek-kakek? Nah, si tembakau inilah yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela dan cermin di rumah kamu. Tembakaunya nggak usah yang mahal-mahal. Tembakau yang berkualitas rendah juga bisa kamu gunakan.

Caranya sangat mudah. Pertama, rendam 200 gram tembakau dalam air selama 30 menit. Kedua, gunakan air rendaman tersebut untuk membersihkan kaca jendela, kaca lemari, maupun kaca cermin di rumah kamu. Terakhir, bersihkan dengan kain bersih yang kering sampai semua tembakau yang melekat di permukaan kaca menjadi bersih.

7. Sabun Cair

Sabun Cair

Seluruh bagian rumah yang di dominasi dengan kaca tentunya akan tampak kusam jika tidak rajin dibersihkan. Selain menggunakan 6 bahan di atas, kamu bisa menggunakan sabun cair yang kamu punya, boleh sabun mandi atau sabun cuci tangan.

Siapkan air hangat sebanyak 250 ml, cuka makan sebanyak 25 ml, lalu satu sendok teh sabun cair. Masukkan campuran 3 bahan tadi ke dalam botol spray, kemudian semprotkan pada bagian kaca yang kotor lalu bersihkan menggunakan kain bersih kering sampai benar-benar bersih.

8. Alkohol

Alkohol 50-90 persen biasanya kita gunakan disaat kita butuh mensterilkan luka pada tubuh. Tapi, ternyata, alkohol dengan kadar itu bisa juga digunakan untuk membersihkan kaca jendela dan cermin di rumah.

Caranya adalah: teteskan alkohol pada kain katun yang bersih dan kering. Kemudian gosok-gosokkan pada seluruh permukaan kaca yang mau kamu bersihkan. Maka kaca-kaca yang sudah kamu bersihkan menggunakan alkohol tadi akan menjadi bersih dan cemerlang.

9. Kaporit

Kaporit tidak hanya digunakan untuk menjernihkan air di kolam renang. Kaporit bisa juga digunakan untuk membersihkan kaca-kaca yang ada di rumah kamu.

Larutkan kaporit dengan air sampai tekstur air berubah menjadi kental. Kemudian, oleskan campuran tadi pada seluruh permukaan kaca jendela dan cermin, lalu tunggu sampai kering. Kemudian basuh dengan air bersih, lalu keringkan menggunakan kertas koran.

10. Pemutih Pakaian

mencuci celana jeans

Pemutih pakaian yang kamu punya pun bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca jendela dan cermin. Kamu cukup basahi kain bersih dan kering dengan cairan pemutih pakaian tadi. Lalu, gosokkan kain itu pada seluruh permukaan kaca jendela dan cermin di rumah kamu. Kemudian kamu lap menggunakan kain bersih dan kering atau boleh menggunakan koran bekas.

Jika masih terdapat noda pada cermin bisa saja itu adalah bayangan dari belakang cermin ataupun bintik-bintik kecil yang berasal dari kotoran debu yang sudah mengerak. Ulangilah salah satu cara diatas sampai seluruh kaca jendela dan cermin kamu menjadi benar-benar bersih. Hati-hati jangan sampai menggoresnya, ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Eva Tresna Nurhayati
35 thn, ibu rumah tangga, punya dua anak , jualan online, senang menjahit, menonton film, mendengarkan musik, membaca novel, memasak dan membuat cemilan sehat.

Leave A Comment