Bacaterus / Serba Serbi / Mau Tahu Cara Ikut Kuis di TV? Cari Tahu di Sini, Yuk!

Mau Tahu Cara Ikut Kuis di TV? Cari Tahu di Sini, Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kuis interaktif di televisi seringkali jadi daya tarik yang ditunggu oleh para penonton. Timbul rasa penasaran apakah kuis di TV tersebut merupakan acara yang benar diselenggarakan atau hanya settingan agar meraih rating tinggi dalam penayangan sebuah acara.

Banyak cerita beredar mengenai kuis TV ini. Sebagian ada yang bernada positif, ada pula yang bercerita miring mengenai kuis tersebut. Namun, tetap saja kuis TV membuat penasaran penonton. Bagaimana tidak? Dengan menjawab pertanyaan gampang penonton dapat hadiah yang besar. Hadiah tersebut berupa uang tunai atau barang berharga lainnya.

Mengapa Ada Kuis Interaktif Di Sebuah Acara TV?

Mengapa Ada Kuis Interaktif Di Sebuah Acara TV

* sumber: www.itv.com

Hampir semua televisi swasta di tanah air sering menampilkan kuis interaktif di sela-sela penayangan acaranya. Biasanya kuis-kuis diselenggarakan di akhir atau di tengah-tengah acara. Kuis interaktif ini biasanya melibatkan penonton TV yang berada di luar daerah.

Kuis interaktif adalah sebuah segmen khusus yang dibuat untuk para sponsor televisi yang mensponsori sebuah acara. Segmen tersebut merupakan kesempatan bagi para sponsor untuk memperkenalkan nama brand mereka.

Dengan adanya segmen kuis interaktif pada sebuah acara, sponsor akan mendapat jangkauan iklan yang lebih luas. Selanjutnya kesempatan bagi sponsor untuk memperkenalkan produknya semakin lebar.

Konon, kuis interaktif lebih efektif menjaring konsumen dibandingkan dengan mengiklankan produk mereka di jeda komersial. Tidak heran banyak perusahaan yang berlomba untuk mensponsori sebuah acara TV.

Dalam sebuah penayangan acara kuis interaktif biasanya kru TV menyiapkan booth khusus dan ditemani oleh satu-dua orang SPG. Ada juga yang hanya memasang banner nama perusahannya sebagai bagian dekorasi panggungnya.

Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Kuis TV

Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Kuis TV

* sumber: ielts-fever.com

Meskipun ada pro dan kontra mengenai kuis di TV, tak urung banyak sekali peminat kuis yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut. itu dibuktikan dengan susahnya terkoneksi dengan nomor kuis TV tersebut.

Agar kamu lebih yakin mengenai kuis interaktif di TV ini, kamu pelu mengetahui bagaimana mekanisme mengikuti kuis interaktif TV ini. Sebab jika kamu tidak mengetahuinya kamu akan melihat kuis di TV merupakan sebuah tipuan saja.

  • Kru TV Akan Mendata Peserta Kuis
Kru TV Akan Mendata Peserta Kuis

* sumber: www.mstrust.org.uk

Kamu pasti sering melihat nama si penelpon sudah terpampang di layar kaca padahal host belum menanyakan identitas si penelpon. Jangan dulu suuzan ya, hal itu disebabkan karena kru TV terlebih dahulu meminta identitas si penelpon sebelum disambungkan dengan host.

Sebelum host berbicara langsung dengan penelpon dan menjawab pertanyaannya, penelpon akan diminta menyebutkan identitas diri dan nomor rekening yang dimiliki. Hal tersebut dilakukan agar acara dapat berlangsung tepat waktu.

Selain meminta identitas penelpon pada kuis, nanti kamu akan diberi arahan mengenai tata cara menjawab pertanyaannya. Jangan lupa menyebutkan passwordnya. Biasanya password diambil dari kata yang bersangkutan dengan produk dari sponsor tersebut.

Nantinya penelpon akan ditelepon kembali oleh kru TV ketika kuisnya akan dimulai. Ini bukan merupakan sebuah settingan. Salah satu kru TV mengungkapkan bahwa ini adalah bentuk dari persiapan acara agar pendataannya tidak berantakan.

Ketika penelpon berhasil menjawab pertanyaan kuis, penelpon tidak serta merta menutup telponnya sebab ia akan ditanyai data tambahan untuk proses pencairan hadiah.

  • Hadiah Dipotong Pajak
Hadiah Dipotong Pajak

* sumber: icconsultant.co.id

Ada aturan yang mengatur mengenai pajak hadiah pemenang. Pemerintah membuat keputusan melalui Dirjen Pajak No. KEP-395/PJ/2001. Besaran pajak yang dipotong berkisar dari 15%-25%.

Kebijakan tersebut berbunyi “Hadiah undian atau lotere dianggap sebagai penghasilan dan akan dikenakan tarif pajak sebesar 25%”.

Jadi kalau hadiahmu tidak diterima sesuai dengan nominal yang disebutkan, jangan heran ya. Sebab hal itu sudah diatur dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

  • Perihal Pertanyaan yang Mudah dan Jawaban yang Dibocorkan
Perihal Pertanyaan yang Mudah dan Jawaban yang Dibocorkan

* sumber: www.creativeevents.ie

Satu dari banyak alasan yang membuat orang ingin mengikuti kuis ini adalah kemudahan pertanyaan yang diajukan oleh penyelenggara. Terkadang pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan sepele yang jawabannya super mudah.

Salah satu artikel pernah menyebutkan bahwa jawaban kuis di TV biasanya sudah diberitahukan kepada si penelpon. Itu terjadi sebab secara otomatis penelpon yang terhubung dengan host merupakan pemenang kuisnya.

Maka dari itu tak heran jika pertanyaan dibuat mudah dan memang jawabannya tidak pernah sampai membuat penelpon berpikir keras. Ada pula yang menyebutkan bahwa jawaban kuis di TV tidak diberitahukan kepada penelpon.

Benar atau tidaknya jawaban itu bergantung kepada keberuntungan si penelpon. Ketika penelpon gagal menjawab pertanyaannya maka mereka akan menghubungi penelpon lain.

Baca juga: 10 Program TV Korea yang Menarik dan Patut Ditonton

Cara Mengikuti Kuiz Di TV

Cara Mengikuti Kuiz Di TV

* sumber: www.techrapper.com

Acara kuis di TV ini, meskipun banyak menimbulkan perdebatan namun tetap selalu diburu oleh para pemburu kuis. Untuk mengikuti kuis ini kamu harus memperhatikan aturan mainnya. Karena tiap kuis biasanya punya aturan sendiri-sendiri.

1. Daftar Lewat Link

Daftar Lewat Link

* sumber: www.creativeevents.ie

Beberapa stasiun televisi membagikan link untuk diisi oleh siapa saja yang ingin mengikuti kuis di TV. Link tersebut biasanya dibagikan lewat media sosial acara TV. Nantinya kru TV akan memilih siapa peserta yang akan beruntung mengikuti kuis tersebut.

Ada juga yang membagikan link via QR code. Pendaftaran lewat QR code dan via telpon secara teknis memiliki prosedur yang sama. QR code akan muncul di sisi kanan atau kiri layar televisi. Itu adalah akses masuk peserta agar bisa mengikuti kuis yang diselenggarakan.

QR code biasanya mengarah pada dokumen dan data diri peserta. Setiap peserta harus mengisi data-data tersebut agar dapat berpartisipasi dalam kuis tersebut. Nanti pihak penyelenggara akan memilih secara acak siapa pemenang yang beruntung.

2. Siapkan Pulsa Reguler

Siapkan Pulsa Reguler

* sumber: www.gosite.com

Kuis interaktif di televisi merupakan media proses tanya jawab antara pihak penyelenggara dan penonton di rumah. Komunikasi dilakukan via telpon. Bagi pengguna telpon rumah, kamu hanya harus standby di dekat telpon selama acara berlangsung.

Sedangkan, buat kamu pengguna smartphone, isi pulsa kamu dengan nominal yang cukup untuk melakukan percakapan via telpon. Perlu diingat bahwa tarif menelpon setiap provider itu berbeda-beda. Namun usahakan pulsamu cukup.

Jangan sampai komunikasi telpon kamu  terputus sebelum kamu selesai menjawab pertanyaan dari host dan kru TV. Hal itu tentu akan menghilangkan kesempatanmu untuk meraih hadiahnya. Sebab untuk menelpon kembali pastilah sulit.

Ada ribuan orang yang menelpon ke nomor kuis interaktif tersebut. Maka dari itu hindari pulsa dengan nominal yang cukup. Lebih baik lebihi nominalnya dan selesaikan urusan menjawab pertanyaan kuis dan lain-lainnya.

3. Segerakan Menelpon

Segerakan Menelpon

* sumber: www.twilio.com

Langkah ini merupakan langkah dengan peluang sangat kecil karena ini artinya kamu harus bersaing dengan ratusan ribu orang yang menelpon nomor yang sama saat penyelenggaraan kuis. Ibaratnya ini adalah langkah untung-untungan.

Namun, itu patut dicoba. Karena siapa tahu kamu sedang beruntung dan mendapat kesempatan memenangkan hadiahnya. Untuk lebih cepat dalam menekan nomor telponnya, sebaiknya kamu sudah memasukkan nomor tersebut sebelum acara dimulai.

Masukan nomor tujuan pada keypad telponmu. Ketika host sudah memberi aba-aba bahwa telpon kuis dibuka, segera tekan dial button. Kamu dapat menghemat waktu ketika memasukkan nomor tujuan.

4. Pantengin Terus Sampai Acara Selesai

Pantengin Terus Sampai Acara Selesai

* sumber: medicalxpress.com

Setiap kuis yang diselenggarakan oleh sebuah televisi mempunyai aturannya yang masing-masing. Agar kamu tidak ketinggalan informasi kamu harus standby di depan televisi sampai acaranya selesai.

Untuk kuis TV yang diselenggarakan via QR code. Kamu wajib mengikuti ketika acara berlangsung. Sebab nantinya kamu harus mencari kode yang muncul di sudut kiri atau kanan layar televisi.

Kode tersebut harus kamu scan melalui aplikasi scanner yang bisa kamu unduh di Playstore. Setelah itu QR code akan mengarahkanmu pada dokumen yang harus kamu isi. Lalu, submit dokumen yang telah diisi pada link yang tersedia.

Selajutnya, kamu tinggal menunggu pengumuman apakah kamu berhasil menang atau tidak pada penyelenggaraan kuis TV tersebut. Biasanya pengumunan pemenang kuis diadakan setelah acara selesai.

Tertarik ikut kuis TV? Mengikuti kuis di TV ibarat menjajal peluang. Ikuti tips di atas tersebut siapa tahu kamu beruntung. Tapi seru juga kan ikutan karena kuis-kuis di TV biasanya memberikan pertanyaan seru. Ayo coba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *