Bacaterus / Belajar Yuk! / Ini Dia 10 Cara Fokus Belajar Tanpa Memikirkan Pacaran

Ini Dia 10 Cara Fokus Belajar Tanpa Memikirkan Pacaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2018

Masa muda adalah saat-saat di mana kita biasa mengenal cinta untuk pertama kali. Jatuh cinta terkadang bisa membuat dunia kita menjadi lebih indah. Apalagi ketika cinta kita berbalas, pasti rasanya senang banget!

Namun, ketika pacaran ada kalanya masa-masa kita bertengkar dengan pasangan sampai menyebabkan putus hubungan. Tentu saja pasang surut kehidupan berpacaran bisa mengganggu konsentrasi muda-mudi yang masih bersekolah.

Jika kamu ingin fokus terhadap studimu, memang ada baiknya jika kamu tidak berpacaran dulu. Pacaran bisa mengganggu konsentrasi belajarmu lantaran ketika ada masalah dengan pasangan, waktumu hanya akan terbuang untuk memikirkan masalahmu dengan pacar. Nih, Bacaterus punya 10 cara fokus belajar tanpa memikirkan pacaran yang bisa kamu coba.

10 Cara Fokus Belajar Tanpa Memikirkan Pacaran

1. Bangun Niat dari Diri Sendiri

Bangun Niat dari Diri Sendiri Cara Fokus Belajar Tanpa Memikirkan Pacaran

Cara fokus belajar tanpa memikirkan pacaran yang paling sederhana adalah membangun niat dari diri sendiri. Kalau kamu memang niat untuk memfokuskan diri pada kegiatan belajar, keinginan untuk berpacaran pasti akan hilang dengan sendirinya.

Tips agar kamu bisa membangun niat dari dalam diri sendiri adalah memiliki cita-cita dan motivasi. Yakinlah bahwa pilihanmu untuk fokus belajar ketimbang pacaran adalah pilihan yang tepat untuk masa depanmu.

2. Bergaul dengan Sesama Jomblo

Bergaul dengan Sesama Jomblo

Kalau kamu terus menerus berada dekat dengan teman-teman yang lebih mementingkan pacaran, lama kelamaan pasti timbul keinginan dari dalam diri untuk turut berpacaran. Solusi yang tepat agar kamu fokus belajar adalah bergaul dengan teman-teman yang juga tidak memiliki pacar.

Kadang-kadang, kita juga butuh refreshing untuk menghilangkan kepenatan saat belajar. Jadi, kamu bisa refreshing bersama teman-teman jomblomu ini. Ingat, jomblo untuk fokus pada pelajaran tidak buruk kok. Itu artinya kamu memiliki prinsip untuk tidak menyia-nyiakan masa mudamu.

3. Memiliki Cita-cita dan Motivasi

Miliki Cita-cita dan Motivasi

Setiap orang pasti memiliki cita-cita atau impian. Jadikan cita-citamu sebagai motivasi untuk giat belajar. Kalau ada perasaan ingin pacaran seperti teman-teman lainnya, kamu hanya perlu mengingat cita-citamu. Impian tidak akan bisa dicapai tanpa adanya usaha. Oleh karena itu, gunakan masa mudamu untuk fokus belajar sampai kamu bisa meraih cita-cita.

Motivasi diri sendiri agar kamu tidak tergoda untuk turut berpacaran seperti teman-temanmu. Kesuksesanmu kelak hanya kamu yang bisa menciptakannya, bukan pacar atau temanmu.

4. Cari Kegiatan yang Lebih Positif

Cari Kegiatan yang Lebih Positif

Untuk mengisi waktu luang di sela-sela waktu belajar, kamu bisa melakukan kegiatan yang positif. Kegiatan tersebut sebaiknya tidak berhubungan dengan cinta dan pacaran. Cari tahu hobi dan minatmu, lalu kamu bisa menyalurkannya melalui hal-hal yang positif.

Misalnya, kamu adalah seorang yang senang bergaul. Kamu bisa bergabung pada komunitas yang sesuai minatmu, entah itu komunitas melukis, komunitas modifikasi kendaraan, atau komunitas muda di dalam tempat ibadah. Kegiatan yang positif akan menjauhkanmu dari keinginan untuk berpacaran.

5. Hindari Kegiatan yang Dekat dengan Orang Berpacaran

Hindari Kegiatan yang Dekat dengan Orang Berpacaran

Bila kamu masih sering galau memilih antara fokus belajar atau berpacaran, sebaiknya kamu hindari dulu kegiatan yang dekat dengan orang pacaran. Misalnya, untuk sementara waktu hindari nonton film di bioskop karena banyak pasangan yang memadu kasih di bioskop. Masih banyak kok kegiatan yang tidak berhubungan dekat dengan orang pacaran.

Cara fokus belajar tanpa memikirkan pasangan yang satu ini hanya bersifat sementara. Nanti kalau kamu sudah memiliki tekad yang kuat untuk tidak memikirkan pacaran, kamu bisa melakukan kegiatan yang dekat dengan orang-orang yang sedang berpacaran tanpa khawatir menjadi baper.

6. Perbanyak Belajar Kelompok

Perbanyak Belajar Kelompok

Mengapa kamu harus sering belajar kelompok ketimbang belajar sendiri di rumah? Belajar kelompok merupakan sarana sosialisasi selain di sekolah. Belajar sendiri terkadang bisa membuat kamu melamun dan kesepian. Akibatnya, kamu akan mencari pacar untuk mengatasi rasa kesepian yang kamu alami.

Sementara, jika kamu belajar kelompok, kamu akan lebih sering berinteraksi dengan teman-temanmu sehingga kamu tidak menjadi kesepian. Kalau tidak ada teman yang bisa diajak belajar kelompok, ikut saja bimbingan belajar supaya kamu bisa mendapat teman-teman baru.

7. Minta Dukungan Orang Tua dan Sahabat

Minta Dukungan Orang Tua dan Sahabat

Salah satu cara fokus belajar tanpa memikirkan pacaran adalah dengan berterus terang mengenai tujuanmu ini kepada sahabat atau orang tua. Mintalah dukungan dari mereka agar Anda selalu fokus dan tidak memikirkan urusan hati terlebih dahulu.

Kalau ada yang memberi support, kamu pasti merasa lebih kuat menjalani kesendirian di tengah teman-teman yang sudah mulai berpacaran. Bagaimana jika sahabatmu sendiri ternyata sudah memiliki pacar? Setidaknya dengan mengetahui tujuanmu, sahabatmu tidak akan pamer kemesraan dengan pacarnya di hadapanmu.

8. Pikirkan Konsekuensi Buruk dari Pacaran

Pikirkan Konsekuensi Buruk dari Pacaran

Jiwa muda yang sedang menggelora tentu memaksamu untuk turut berpacaran seperti anak-anak seusiamu lainnya. Namun, kalau kamu lebih ingin fokus belajar ketimbang pacaran, maka kamu harus memikirkan konsekuensi buruk dari pacaran. Pikirkan kemungkinan bahwa kamu tidak bisa konsentrasi mengahafalkan materi pelajaran jika perasaanmu sedang galau karena bertengkar dengan pacarmu.

Jadi, biar tidak terganggu dengan hal-hal seputar pacaran, memang sebaiknya kamu fokus dulu pada pelajaran. Percayalah, nanti akan tiba saat yang tepat untukmu bisa merasakan indahnya pacaran dengan pasangan.

9. Kurangi Nonton Drama Percintaan

Kurangi Nonton Drama Percintaan

Apakah kamu salah satu penggemar drama percintaan romantis? Jika ya, kamu harus mengurangi kebiasaan menonton drama percintaan sebagai bentuk cara fokus belajar tanpa memikirkan pacaran. Adegan pemuda dan pemudi yang pacaran dalam sebuah film tentu mempengaruhi pikiran kita untuk ingin merasakan hal yang sama.

Jika kamu masih belum sanggup mengendalikan keinginanmu untuk berpacaran dan berfokus pada belajar, sebaiknya kamu harus mengurangi kebiasaan menonton sejumlah drama percintaan yang jutsru semakin membuatmu baper.

10. Menantang dan Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Menantang dan Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Challenge dirimu sendiri untuk bisa fokus pada pelajaran di saat teman-temanmu yang lain justru sedang sibuk pacaran. Kamu harus benar-benar memiliki tekad yang kuat untuk tetap rajin belajar dan tidak memikirkan urusan hati terlebih dahulu.

Apabila kamu berhasil fokus pada pelajaran dan tidak tergoda sedikit pun ketika gebetanmu mendekatimu, maka kamu bisa memberikan reward untuk diri sendiri. Reward tersebut bisa berupa apapun yang kamu sukai.

Inilah 10 cara fokus belajar tanpa memikirkan pacaran. Memang benar jika ada pelajar yang tetap sukses dalam studinya meskipun mereka menjalin hubungan dengan pasangannya. Akan tetapi, jika nilaimu pas-pasan memang sebaiknya fokus dulu pada pelajaranmu. Percayalah kalau kamu sudah sukses, kelak jodohmu akan datang dengan sendirinya kok!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. karen 14 September 2018 at 20:39 - Reply

    saya sangat menyukai dengan apa yg anda tuliskan untuk membagi motivasi bagi banyak org.

    • Bacaterus 28 Oktober 2018 at 14:43 - Reply

      Terima kasih, Karen. 😊

Leave A Comment