Bacaterus / Bahasa Inggris / 10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bahasa Inggris adalah bahasa universal no. 2 di dunia. Yang nomor satunya ditempati oleh bahasa Cina. Akan tetapi, pada praktiknya, lebih banyak orang-orang yang mempelajari bahasa Inggris daripada bahasa Cina, kan? Alasan bahasa Cina bisa menempati posisi pertama adalah karena penduduk Cina merupakan populasi paling tinggi di dunia.

Sedangkan untuk bahasa Inggris, setidaknya ada 60 negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Negara-negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Irlandia, Selandia Baru, bahkan Afrika hingga Asia Selatan pun aktif berbahasa Inggris. Termasuk di negara kita sendiri, Indonesia, di mana bahasa Inggris wajib diajarkan dari bangku sekolah dasar hingga bangku kuliah.

Selain di sekolah, Anda dapat mempelajari bahasa Inggris dengan mengikuti kursus offline maupun online. Akan tetapi, semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ingin tahu cara fasih berbahasa Inggris tanpa mengeluarkan uang? Bisa, kok, Anda tinggal belajar saja sendiri di rumah. Bacaterus telah merangkum 10 cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak. Yuk, dipraktikkan!

10 Cara Fasih Berbahasa Inggris Secara Otodidak

1. Bertekad

Bertekad

* sumber: cym.com.au

Sebelum memulai belajar, Anda harus punya tekad terlebih dahulu supaya Anda tidak berhenti di tengah jalan. So, cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak yang pertama adalah kumpulkan niat. Bukan niat untuk bisa fasih berbahasa Inggris layaknya orang Amerika atau Inggris, ya. Tapi, lebih kepada manfaat berbahasa Inggris untuk kehidupan Anda.

Pikirkan masa depan Anda, misalnya ingin kuliah di luar negeri, ingin mendapatkan beasiswa, ingin bekerja di tempat bonafiditas, dan lain-lain yang membutuhkan skill berbahasa Inggris. Untuk urusan logat yang fasih itu urusan nanti, yang penting Anda bisa mengerti dan bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu.

2. Siapkan Materi

Siapkan Materi cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak

* sumber: id.pinterest.com

Setelah membulatkan tekad, langkah kedua dalam cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak adalah dengan mengumpulkan materi. Karena Anda akan belajar sendiri, maka Anda bisa mengumpulkan materi dari hal-hal yang Anda sukai. Materinya boleh berupa teks, audio, dan visual.

Anda dapat membeli buku belajar bahasa Inggris di toko buku, pasar buku, bazar buku, atau pun secara online. Selain buku, Anda bisa membeli audio book maupun CD untuk belajar bahasa Inggris. Oh, iya, ada satu benda lagi yang penting Anda miliki, yaitu kamus.

Mau baru belajar atau pun tinggal melancarkan bahasa Inggris, tetap akan membutuhkan kamus supaya lebih cepat memahami kata-kata baru. Anda bisa menggunakan kamus berupa buku atau kamus elektrik dan kamus yang ada di ponsel Anda.

3. Baca Buku

Baca Buku

* sumber: id.pinterest.com

Nah, sekarang waktunya Anda membaca buku. Jika Anda tidak suka text book pelajaran, carilah buku bacaan bahasa Inggris lainnya seperti novel, komik, majalah, atau artikel di internet. Belajar dari buku teks mungkin akan membuat Anda bosan. Tapi, kalau temanya menarik minat Anda, dijamin deh Anda bakal semangat terus belajarnya!

4. Listening

Listening cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak

* sumber: id.pinterest.com

Di sekolah atau di kampus, mungkin Anda sudah diajarkan listening. Biasanya, pelajaran ini berkaitan dengan TOEFL. Jadinya, suara dan percakapan yang Anda pelajari cenderung monoton begitu-begitu saja. Untuk mendapatkan kosa kata yang lebih luas dengan intonasi beragam, coba dengarkan percakapan radio berbahasa Inggris. Biasanya, percakapan seperti ini lebih hidup dan kosa katanya lebih banyak.

Ada cara lainnya yang lebih mudah dan menyenangkan! Anda pasti punya lagu favorit yang berbahasa Inggris, kan? Sesukanya Anda dengan lagu lokal atau lagu dalam bahasa lainnya, tetap saja Anda pasti tahu satu atau dua lagu berbahasa Inggris. Nah, Anda bisa mempelajari lagu favorit Anda mulai dari mencari tahu artinya lalu maknanya. Nanti Anda akan semakin banyak tahu tentang bahasa Inggris, deh.

5. Nonton Film

Nonton Film

* sumber: www.digitaltrends.com

Cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak yang menyenangkan lainnya adalah dengan menonton film atau acara televisi berbahasa Inggris. Untuk latihan pertama, cobalah menonton dengan menggunakan teks terjemahan bahasa Indonesia.

Tonton beberapa kali hingga Anda mengerti maknanya. Setelah itu, cobalah Anda menonton film yang sama dengan teks bahasa Inggris agar Anda jadi tahu bagaimana cara penulisannya.

Latihan yang terakhir, nonton lagi film tersebut tanpa menggunakan teks terjemahan sama sekali. Hal ini untuk melatih listening Anda. Mungkin terdengar tidak mungkin, tapi dengan latihan, semuanya bisa terjadi. Anda justru bisa mendapatkan banyak kosa kata baru dan belajar logat dari film dan acara televisi.

6. Nonton Video Native Speaker

Di era internet seperti sekarang ini, rasanya tidak ada yang sulit. Anda bisa menemukan banyak video gratis yang mengajarkan Anda berbahasa Inggris. Anda tinggal mencari video di YouTube dengan keyword “belajar bahasa Inggris”, “how to speak like native“, “studying English slang“, dan lain-lain, lalu video yang Anda inginkan akan muncul.

7. Bicara Pada Diri Sendiri

Bicara Pada Diri Sendiri

Anda suka berbicara pada diri sendiri? Tenang saja, menurut studi, berbicara pada diri sendiri merupakan tanda kalau kita itu cerdas. Tapi, dalam konteks wajar, sih, bukan seperti yang kita tonton di sinetron ngomong sama diri sendiri begitu detil dan keras sampai terdengar orang-orang.

Misalnya, seperti ketika Anda lapar, boleh tuh Anda bergumam pada diri sendiri “Duh, lapar” tapi pakai bahasa Inggris. Jadi, sambil berjalan ke dapur untuk mengambil makanan, Anda bisa bersenandung mengatakan “I’m hungry~”.

Mulai dari kata-kata yang simpel dan singkat, naikkan level ngomong sama diri sendiri Anda jadi tingkat kalimat. Misalnya, setelah seharian beraktivitas, Anda mengingat kejadian apa saja yang terjadi pada hari itu. Lalu, Anda menceritakannya pada diri sendiri dalam bahasa Inggris. Misalnya begini, “I woke up at 6 o’clock and I took a bath after that. I went to campus at 7. I have Economics for the morning class. Blablabla…“.

8. Praktikkan Bersama Teman

Praktikkan Bersama Teman

Partner sangat penting jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris. Jika ingin lancar dan fasih dalam bahasa Inggris Anda harus sering mempraktikkannya, kan? Tapi, kalau cuma ngomong sama diri sendiri tentu kosa kata Anda tidak akan bertambah. Begitu pula dengan rasa percaya diri Anda yang bisa turun ketika tiba-tiba diajak berdialog pakai bahasa Inggris oleh orang lain.

Untuk itu, ajak teman Anda untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Tidak perlu seharian, misalnya pada jam-jam tertentu Anda membuat perjanjian untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris. Anda tidak perlu jadi sok pintar dan menggunakan kosa kata yang ribet. Bercakap-cakap saja seperti biasa ketika Anda menggunakan bahasa Indonesia.

9. Praktikkan Setiap Hari

Praktikkan Setiap Hari

* sumber: www.vesela-chaloupka.cz

Practice! Everyday! Latihan berbahasa Inggris setiap hari adalah metode yang paling tepat jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris dengan cepat. Sama seperti ketika Anda belajar memasak, mungkin Anda sudah sering melihat orang tua Anda memasak. Anda juga tahu bagaimana cara memasak. Tapi, kalau Anda tidak pernah terjun langsung di dapur, memangnya Anda bakal bisa memasak? Tentu tidak.

10. Pakai Bahasa Inggris Kapanpun Dimanapun

Pakai Bahasa Inggris Kapanpun Dimanapun

Cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak yang terakhir adalah dengan menggunakan bahasa Inggris kapan pun di mana pun. Ketika di rumah, di sekolah, sedang hangout, usahakan untuk selalu mempraktikkan bahasa Inggris Anda supaya jadi lebih lancar. Tapi, jangan mengucapkannya keras-keras, ya. Nanti Anda disangka show off dan ditatap sinis oleh orang sekitar karena disangka sok bule, hihi.

Satu hal yang perlu diingat adalah, untuk jangan pernah menyerah dan jangan takut salah. Tak sedikit orang yang merasa tidak PD berbahasa Inggris karena kosa kata yang terbatas dan logat yang masih Indonesia banget.

Padahal, Anda tidak perlu merasa kebanting karena native (orang yang aktif berbahasa Inggris) saja tidak pernah mengolok-olok orang lain ketika logatnya tidak sama seperti mereka atau ketika salah dalam mengatakan suatu kata. Yang membuat Anda merasa tertekan sebenarnya adalah diri Anda sendiri. Jadi, teruslah belajar dan berlatih. Gunakan kesalahan menjadi kekuatan Anda.

Sekian informasi 10 cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak dari Bacaterus, semoga berkenan di hati Anda. Jika Anda tahu cara lainnya untuk lancar berbahasa Inggris secara otodidak, share di bawah, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *