Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / Beginilah Cara Diet dengan Beras Merah yang Baik dan Benar

Beginilah Cara Diet dengan Beras Merah yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Beras merah sudah terkenal sebagai makanan yang ampuh dalam urusan menurunkan berat badan. Tak sedikit yang telah melakukan program diet menggunakan beras merah. Alasannya, kandungan gizi beras merah seperti serat lebih tinggi dan kalori rendah dibanding beras putih.

Namun, meski kandungan beras merah cocok untuk diet, ada beberapa cara agar diet kamu berhasil menurunkan berat badan. Bacaterus telah merangkum cara mudah untuk diet dengan beras merah. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Diet dengan Beras Merah

1. Sarapan

Sarapan

* sumber: pergikuliner.com

Kalau kamu melewatkan sarapan dengan alasan diet, berarti cara yang dilakukan kurang tepat. Bahkan, jangan pernah meninggalkan aktivitas ini di pagi hari. Sarapan sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga kamu tetap berenergi di siang hari.

Tak hanya itu, sarapan juga dapat menahan kamu dari cemilan-cemilan karena harus mengganjal perut sebelum jam makan siang. Maka dari itu, untuk menu sarapan, kamu bisa menggunakan beras merah. Tidak perlu banyak-banyak, cukup lima hingga 10 sendok saja. Jangan lupa, tambah dengan lauk pauk yang bergizi seperti sayuran, tahu, tempe, telur, dan ayam.

2. Makan Siang

* sumber: pergikuliner.com

Makan siang harus mencukupi kebutuhan tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Menu nasi merah yang disajikan tidak jauh berbeda ketika kamu sarapan. Hanya saja, tetap harus diperhatikan seberapa banyak kamu makan di siang hari agar program tetap terjaga.

Menu makan siang yang bisa kamu coba adalah satu centong beras merah, lauknya dada ayam bakar tanpa kulit. Bisa juga diganti dengan ikan bakar kalau tidak ada. Sisanya adalah tambahan sayur sebagai sumber serat yang cukup banyak. Lalu, jangan lupa buah-buahan sehabis makan berat dan air putih sebagai pengakhir jadwal makan siang kamu.

3. Makan Malam

* sumber: www.allianz.co.id

Pada malam hari, tubuh akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak akibat aktivitas siang hari. Perbaikan itu akan dilakukan ketika kamu terlelap. Maka dari itu, saat jam makan malam, menu makan yang tersaji haruslah kaya akan protein.

Penyajian nasi merah untuk makan malam adalah delapan sendok. Lauknya cukup satu telur rebus dan sayuran saja. Konsumsi buah tetap jangan lupa, bisa diminum sebagai jus atau dimakan langsung. Agar asupan protein benar-benar terpenuhi, sebaiknya kamu minum susu rendah lemak menjelang tidur.

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, ternyata menurunkan berat badan dengan beras merah bisa dilakukan dengan cara meminum air bekas pencuciannya atau sering disebut air tajin. Air tajin beras merah bisa menjadi alternatif sebagai pengganti susu. Terdapat kandungan nutrisi tertentu sehingga air ini bsia menurunkan berat badan.

Disamping untuk menurunkan berat badan, beras merah memiliki manfaat untuk kecantikan kulit juga, lho. Beberapa di antaranya adalah sebagai masker wajah, lulur pembersih badan, mencerahkan bibir gelap, dan membantu mengurangi dampak pada kulit akibat terkena paparan sinar matahari terlalu lama.

Hanya saja, dalam penggunaan untuk kecantikan, kamu harus mencampurkan dengan benda-benda lain seperti madu, pasta almond, atau hanya dengan mengoleskan air tajin pada kulit tubuh.

Nutrisi dalam Beras Merah

Bukan hanya tips diet dengan beras merah, karena kamu juga perlu tahu kandungan nutrisi yang ada di dalam beras merah. Nutrisi yang terkandung dalam beras merah ini sangat ampuh untuk diet lho. Inilah nutrisi yang ada di dalam beras merah:

1. Serat

* sumber: www.egopharmabd.com

Beras merah terkenal akan kandungan serat tinggi. Serat memiliki beragam manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah polip usus, wasir, dapat mengatur kadar gula darah, dan menurunkan risiko diabetes.

2. Karbohidrat

Karbohidrat

* sumber: eazysafe.com

Karbohidrat memiliki peran sebagai sumber utama energi tubuh. Karbohidrat dalam beras merah cukup kompleks, di mana dapat menyimpan protein jaringan yang merupakan peran utama dalam proses metabolisme. Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat sebesar 50 persen kalori agar fungsi sel-sel tubuh berjalan dengan baik.

3. Kalsium

* sumber: howtodobyvinod.blogspot.com

Tubuh memiliki kalsium sebanyak 40 persen dari total mineral yang ada. Kalsium sendiri dapat menjaga dan merawat tulang untuk kontraksi otot dan transmisi saraf, aktivasi enzim, dan untuk pembekuan darah. Apabila kamu kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil cadangan dari tulang dan hal tersebut akan mengakibatkan osteoporosis.

4. Vitamin B

* sumber: www.drweil.com

Vitamin B memiliki fungsi penting untuk tubuh. Mineral ini berperan sebagai koenzim dalam reaksi kimia tubuh dan memproses metabolisme tubuh. Dalam beras merah, kandungan vitamin B cukup banyak ditemukan.

5. Magnesium

Magnesium

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Magnesium berperan sebagai fasilitator pembentukan glikogen otot dan liver yang berasal dari glukosa darah dan tulang. Magensium juga dapat memecah glukosa, asam lemak, asam amino, dan mencegah kontraksi otot. Magnesium banyak terdapat dalam beras merah.

6. Kalium

* sumber: www.okaydoc.com

Kalium berfungsi sebagai pengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan ginjal. Tak hanya itu, kalium juga mampu meningkatkan funsgi saraf, mencegah stres, dan kesehatan jantung. Kamu dapat menemukan kandungan kalium pada beras merah.

7. Fosfor

* sumber: hellosehat.com

Beras merah memiliki fosfor cukup tinggi, yang berperan penting dalam proses metabilisme. Fosfor juga akan mengatur pembentukan struktur membran dan memilihara kesetabilan pH dalam darah.

Selain ketujuh kandungan gizi tersebut, beras merah juga menjadi pemasok tinggi zat besi bagi tubuh. Zat besi sangat dibutuhkan untuk membantu untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Permasalahan saat diet, banyak yang melupakan asupan zat gizi. Akhirnya, mereka cepat lelah karena oksigen yang disalurkan dalam tubuh tidak sempurna.

Nah, ternyata beras merah banyak manfaatnya dan kandungannya ya untuk tubuh kita? Selain untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tentu saja beras merah jadi sahabat dalam program diet kamu. So tunggu apalagi, mulai sekarang ganti nasi putihmu dengan yang merah agar berat badan tetap terkontrol dan kesehatan pun terjaga.

Namun, jika kamu kurang suka dengan beras merah, masih ada makanan lainnya untuk diet sehat, kok. Salah satunya adalah mengandalkan buah alpukat. Yuk, baca artikel 10 Cara Mengolah Alpukat untuk Diet ini agar hidup semakin sehat. Selamat mencoba, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

Leave A Comment