Bacaterus / Daily Tips / Cara Daftar Jadi Driver Gojek, GrabBike, Uber, dan Blujek

Cara Daftar Jadi Driver Gojek, GrabBike, Uber, dan Blujek

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keberadaan ojek dengan sistem pemesanan online tampaknya menjadi fenomena tersendiri di Indonesia dalam beberapa bulan ke belakang ini. Selain karena gesekan dengan pengandara ojek konvensional, penghasilan besar dari bisnis ojek online ini cukup banyak menarik perhatian masyarakat.

Melihat fakta tersebut, akhirnya banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk menjadi pengojek dengan sistem online tersebut. Mulai dari tukang ojek pangkalan, buruh, pekerja kantoran, bahkan hingga mahasiswa juga banyak melamar untuk menjadi pengojek tersebut.

Saat ini terdapat banyak layanan ojek online yang beroperasi di beberapa kota besar di Indonesia. Gojek dan GrabBike merupakan yang paling populer karena mereka merekrut driver dalam jumlah yang cukup banyak. Sedangkan baru-baru ini ada juga Blujek yang mencoba menyaingi dua pemain besar tersebut.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk menjadi pengojek dari salah satu layanan tersebut, kali ini bacaterus.com akan mengulas beberapa persyaratan dan cara daftar jadi driver ketiganya. Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Daftar Gojek

cara daftar jadi driver gojek

GoJek merupakan salah satu penyedia layanan ojek online tertua di Indonesia. Layanan ini sudah didirikan semenjak tahun 2011 meskipun baru beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2014. Selain menawarkan jasa ojek standar, Gojek juga memiliki layanan kurir, belanja, serta delivery makanan.

Jika dulu Gojek sendiri hanya beroperasi di beberapa kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, dan juga bali, maka saat ini Gojek sudah merambah ke kota-kota Kabupaten di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang driver Gojek, maka Anda harus melengkapi syarat-syarat yang dikutip dari website resmi Gojek ini:

  1. Calon driver wajib memiliki android smartphone
  2. Calon driver wajib memiliki SIM C aktif
  3. Calon driver harus menyediakan motor dengan STNK aktif

Setelah Anda merasa sudah 3 syarat di atas, maka Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi dari dari Gojek dengan klik di sini. Jika Anda sudah mengunjungi situs resminya, maka akan muncul sebuah formulir pendaftaran online.

cara daftar gojek

Di sana tertulis bahwa Anda harus mengisi data diri dengan lengkap dan benar. Mulai dari mengisi nama, alamat e-mail, nomor telepon, kota, samapai dengan plat nomor motor. Setelah dirasa semua lengkap dan benar, Anda bisa langsung klik Submit kemudian tunggulah respon dari pihak Gojek.

Cara Daftar GrabBike

cara daftar grabbike

GrabBike merupakan penyedia ojek online yang digadang-gadang sebagai pesaing serius dari Gojek. Layanan ini dibuat oleh seorang pengusaha muda asal Malaysia bernama Anthony Tan yang juga memiliki layanan taksi online bernama GrabTaxi.

GrabBike sendiri tidak hanya beroperasi di Indonesia saja, namun juga di negara tetangga seperti Vietnam. Konon untuk melancarkan layanannya di Indonesia, GrabBike menggelontorkan dana investasi hingga Rp 4,5 triliun.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk menjadi ojek dari GrabBike ini, berikut adalah persyaratan serta cara daftar jadi driver yang harus Anda lengkapi:

  1. WNI Maksimal usia 55 tahun pada 31 Desember 2015.
  2. Sehat jasmani (Tidak ada kekurangan fisik) dan rohani
  3. Memiliki sepeda motor yang layak dan sesuai dengan kriteria dari GrabBike
  4. Bisa membaca dan menulis
  5. Menguasai area Jabodetabek
  6. Mengisi formulir pendaftaran.
  7. Fotocopy KTP yang masih berlaku
  8. Fotocopy SIM C yang masih berlaku
  9. Surat Keterangan Domisili (Bagi KTP luar kota / alamat KTP berbeda dengan alamat tinggal saat ini)
  10. Fotocopy STNK yang masih berlaku
  11. Fotocopy Kartu Keluarga Terbaru
  12. Surat keterangan sehat dari dokter untuk usia ≥ lebih dari sama dengan 50 tahun M. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
  13. Membayar uang Top Up awal sebesar Rp150.000,- untuk mereka yang mencicil HP.
  14. Membayar uang Top Up awal sebesar Rp100.000,- bila sudah mempunyai HP (min. Android dengan kapasitas RAM 1 MB).

Selain persyaratan di atas, Anda juga harus memenuhi kriteria kendaraan motor yang akan digunakan. Tidak perlu motor mahal kok, Anda hanya perlu memiliki motor dengan tipe non-trekking, body masih layak untuk dikendarai, dan mesin masih bisa beroperasi dengan baik.

Jika memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya, klik di sini, untuk mengisi formulir secara online. Nah, setelah masuk halaman websitenya, Anda harus mengisi data diri dengan benar seperti nama, nomor telepon, kota, dan lain-lain. Sudah lengkap? Kini saatnya Anda langsung klik Daftar Sekarang. 

cara daftar grab

Sebagai informasi, GrabBike menggunakan sistem pembayaran 90 berbanding 10. Artinya, 90% pendapatan yang diterima akan diberikan kepada driver sedangkan 10% sisanya akan masuk ke dalam kas operator GrabBike.

Cara Daftar Uber Motor

uber motor

* sumber: pic.uberon.info

Selain Grabbike dan juga Gojek, Uber menjadi salah satu layanan ojek online yang cukup populer di Indonesia. Awalnya, Uber hanya menyediakan taxi online. Namun, seiring dengan kebutuhan masyrakat Indonesia, Uber pun membuka sebuah layanan baru yang dinamakan dengan Uber Motor.

Tidak jauh berbeda dengan Grabbike dan Gojek, Uber Motor juga memiliki layanan yang sudah menyebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya. Nah, bagi Anda yang tertarik ingin menjadi salah satu driver Uber Motor, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Memiliki SIM C aktif
  2. Memiliki kendaraan motor yang layak (usahakan di atas tahun 2008)
  3. Memiliki surat kepemilikan motor (STNK) dan Hidup Pajak
  4. Memiliki SKCK yang masih berlaku

Jika semua syarat sudah dipenuhi, maka Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Uber untuk mendaftarkan diri secara online, bisa klik di sini. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data diri secara lengkap dan benar. Kemudian klik Submit dan Anda tinggal menunggu respon dari pihak Uber.

Cara Daftar Blujek

cara daftar blujek

Blujek merupakan penyedia layanan ojek online terbaru di Indonesia. Pengambilan nama Blujek sendiri terinspirasi dari kata “blusukan” yang populer di kalangan pejabat belakangan ini. Jadi, ojek ini diharapkan dapat masuk hingga ke pelosok untuk menjangkau pelanggan.

Warna yang diusung oleh Blujek juga cukup unik. Jika Gojek mengusung atribut jaket dan helm serba hijau, maka Blujek menggunakan atribut serba biru. Atribut ini juga selaras dengan kata “Blu” yang berarti biru dalam Bahasa Inggris.

Layanan yang ditawarkan oleh Blujek juga cukup bervariasi, mulai dari transportasi ojek konvensional, pesan makanan, pengiriman barang, serta layanan belanja hingga maksimal Rp 1 juta. Nah bagi Anda yang ingin mendaftar jadi driver Blujek, berikut adalah persyaratannya:

  1. Fotokopi KTP, SIM C, dan STNK
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi ijazah, akta kelahiran, atau surat nikah
  4. Pas foto 3×4 dengan latar belakang berwarna merah
  5. Memiliki motor keluaran minimal tahun 2008

Sebagai catatan, saat ini Blujek sudah tidak lagi beroperasi di Indonesia. Jadi, Anda sudah tidak bisa lagi menikmati layanan Blujek atau menjadi seorang driver Blujek.

Nah itulah cara daftar jadi driver Gojek, GrabBike, Uber, dan Blujek. Bagi Anda yang tertarik, silahkan penuhi berbagai macam syarat yang diajukan oleh masing-masing penyedia layanan tersebut lalu hubungi nomor kontak yang disediakan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

6 Responses

  1. Mau daftar driver grabbike

  2. Pak daftar grabbike di wilayah bandung ada di mana pak

    1. Menurut info dari website grab:

      Bandung
      Kantor Grab, Gateway Pasteur, Ruko Jade No.2, Jl Gunung Batu No.203, Kota Bandung
      (62) (021) 806 48777
      Opening Hours
      Senin – Jumat 08:00 – 17:00 WIB
      Sabtu 08:00 – 13.00 WIB

      Silakan kunjungi websitenya untuk info lebih lanjut.

  3. Apakah kantor grab sudah membuka pendaftaran baru???

  4. Bqgaimana buka kantor grab ya.. Untuj ntb

    1. Halo Sofyan, silakan kontak customer service mitra Grab-nya ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *