Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Bikin Rambut Gimbal Sendiri di Rumah dengan Mudah

10 Cara Bikin Rambut Gimbal Sendiri di Rumah dengan Mudah

Rambut gimbal atau dreadlocks merupakan helaian rambut yang dianyam, dikepang, diputar, atau disasak, hingga menyatu. Sejarah rambut gimbal sudah ada sejak zaman sebelum masehi, sekitar 3600 tahun ke belakang. Kabarnya, rambut gimbal pertama kali ditemukan di Peradaban Minoan, salah satu peradaban paling awal Eropa dengan Kreta sebagai pusatnya (sekarang bagian dari Yunani).

Di sana, ditemukan gambar orang yang memilki rambut gimbal panjang. Tapi, tak hanya di Eropa, Mesir kuno juga telah melakukan dreads sejak dulu. Rambut gimbal ditemukan pada patung dan artefak Mesir kuno. Bahkan, ditemukan pula mumi dengan rambut locks tersebut.

Pada zaman Bronze Age dan Iron Age, dikabarkan bahwa banyak orang dari Asia Kecil, Kaukasus, Mediterania Timur, dan Afrika Utara melakukan seni rambut gimbal untuk rambut dan jenggot mereka sejak dulu.

Jika Anda ingin menggimbalkan rambut, sebenarnya bisa saja dan Anda hanya memerlukan rambut yang cukup panjang, beberapa alat, dan ekstra kesabaran. Berikut adalah 10 tata cara bikin rambut gimbal dari Bacaterus untuk Anda.

Cara Bikin Rambut Gimbal Sendiri

1. Keramas

Keramas cara bikin rambut gimbal

Dalam cara bikin rambut gimbal, pertama-pertama yang harus Anda persiapkan adalah kondisi rambut yang bersih. Hal ini sangat penting karena kotoran dan residu akan mengganggu proses penggimbalan rambut.

Apalagi jika tipe rambut Anda berminyak atau Anda habis menggunakan minyak rambut, karena minyak akan membuat rambut licin, jadi menyulitkan proses penggimbalan.

Ingat, Anda membutuhkan rambut yang bersih dan kesat. Jadi, jangan menggunakan kondisioner setelah keramas, ya. Lalu, sebelum memulai proses pembuatan rambut gimbal, pastikan rambut Anda telah kering sempurna.

2. Bagi Rambut (Sectioning)

Bagi Rambut (Sectioning)

Langkah ke-2 dalam cara bikin rambut gimbal adalah membagi rambut (sectioning). Pisahkan rambut Anda menjadi bagian-bagian kecil. Sebenarnya terserah pada Anda, ingin membagi rambut dalam bentuk kotak, oval, atau apa pun itu.

Tapi, untuk hasil gimbal yang bagus, sebaiknya Anda melakukannya dengan pola yang teratur. Jangan mencampur pola kotak dengan oval, jangan pula melakukannya dengan bentuk asal-asalan.

Hal ini dilakukan agar ukuran gimbal Anda jadi sama rata dan tidak membuat rambut tertarik pada satu sisi yang membuat kepala Anda terasa sakit. Untuk menjaga sectioning tidak saling menyatu, ikat dengan karet gelang satu per satu.

3. Jarak Sectioning

 Jarak Sectioning

* sumber: www.csgaz.net

Pada umumnya, jarak sectioning adalah sekitar 1.25 x 1.25 untuk untaian/helaian gimbal kecil. Ukuran 2.5 x 2.5 cm untuk untaian gimbal ukuran sedang. Sedangkan untuk untaian gimbal ukuran besar, Anda bisa memperbesar jarak sectioning hingga 3 – 4 cm. Tapi, perlu diperhatikan lagi apakah rambut Anda cukup untuk membuat dreads besar-besar atau justru cukupnya untuk membuat dreads kecil saja.

Kenapa sectioning penting? Karena garis-garis ini akan sangat terlihat setelah Anda selesai menggimbalkan rambut. Jika Anda tidak mau petak-petak rambut Anda terlihat berantakan, sebaiknya ikuti pola yang teratur misalnya kotak semua, oval semua, atau mungkin segitiga dan zigzag semua.

4. Sasak Rambut

Setelah melakukan sectioning, sekarang tugas Anda adalah menyasak tiap helainya satu per satu. Pertama-tama, siapkan sisir sasak, Anda bisa membelinya di Lazada melalui link ini atau di MatahariMall dengan klik link ini. Kedua, ambil satu helai rambut (lebih enak mulai dari helaian bawah). Ketiga, sisir seperti biasa supaya tidak ada rambut yang menyangkut ketika disasak.

Keempat, tarik helaian rambut ke atas dan pegang erat. Lalu, selipkan sisir sasak sekitar 2.5 cm dari akar rambut, dan dorong sisir ke bawah (ke arah kulit kepala). Ulangi langkah ini beberapa kali hingga rambut terasa padat. Jika bagian rambut paling dekat akar sudah padat, maju lah ke 2.5 cm di atasnya, lalu sasak lagi hingga helaian rambut tersebut tersasak semua.

5. Tips Menyasak

Menyasak rambut sendiri memang perlu perjuangan. Ketika Anda menyasak dengan tangan kanan, gunakan tangan kiri Anda untuk memegang dan memuntir rambut yang sedang dikerjakan. Gerakan ini akan membantu proses penyasakan agar lebih cepat selesai. Jika Anda kidal, gunakan tangan kiri untuk menyasak dan tangan kanan untuk memuntir rambut.

Kunci dalam tahap cara bikin rambut gimbal ini adalah kesabaran. Ketika Anda tiba-tiba kehilangan mood atau kesabaran, maka akan terlihat pada hasil dreadlocks-nya nanti. Beri atensi yang sama untuk setiap untaian dreads, jangan terburu-buru ingin menyelesaikannya. Jadi, lakukan penggimbalan ini ketika Anda punya banyak waktu luang. Atau, Anda bisa meminta bantuan teman supaya locks-nya cepat jadi.

6. Ikat Helaian Gimbal

 Ikat Helaian Gimbal

* sumber: www.youtube.com

Cara bikin rambut gimbal yang selanjutnya adalah dengan mengikat tiap untaian gimbal. Gunakan karet gelang untuk mengikatnya. Ada dua bagian rambut yang harus Anda ikat, yaitu ujung rambut yang sudah digimbalkan dan pada rambut bagian di atas kulit kepala.

7. Pakai Wax Khusus

 Pakai Wax Khusus

* sumber: www.youtube.com

Ada produk wax khusus untuk rambut gimbal. Wax ini berguna untuk mengeraskan rambut gimbal Anda. Cara menggunakannya, aplikasikan wax pada setiap untaian rambut gimbal secara merata.

Tipis-tipis saja, karena jika kebanyakan, takutnya malah membuat rambut Anda berminyak. Gunakan wax ini setiap 2 – 4 minggu sekali, tergantung ketebalan, panjang rambut, dan seberapa sering Anda keramas.

Perawatan Rambut Gimbal

1. Rambut Gimbal Bukan Berarti Tidak Keramas!

 Rambut Gimbal Bukan Berarti Tidak Keramas!

* sumber: www.youtube.com

Persepsi yang salah mengenai rambut gimbal adalah kotor dan jarang keramas. Padahal, rambut gimbal juga perlu dikeramas. Usahakan menggunakan sampo tanpa residu.

Kebanyakan sampo meninggalkan sisa/bekas (residu) yang akan membuat rambut Anda jadi berminyak, kusam, berketombe, dan masalah rambut lainnya. Apalagi jika Anda memutuskan untuk memiliki rambut gimbal, tentunya sampo berresidu sangat berisiko buat Anda.

Carilah sampo yang tidak menyisakan residu seperti Neutrogena Anti-Residue Shampoo, Unilocs Residue Free Shampoo, Avalon Organics Lemon Clarifying Shampoo, atau sampo khusus dreadlocks seperti Vital Goods Dreadlock Shampoo, My Tangled Knots, dan DreadHeadHQ Dread Soap.

Dengan keramas secara teratur menggunakan sampo tanpa residu, maka rambut gimbal Anda akan terus berada di kondisi terbaiknya. Ketika keramas, beri banyak perhatian pada kulit kepala. Jangan gosok rambut gimbal Anda, karena rambut gimbal itu saling tersangkut, jadi kalau Anda gosok malah bisa membuat rambut patah.

Waktu terbaik untuk keramas adalah pada pagi hari, jadi Anda punya waktu seharian penuh untuk membuat rambut kering sempurna. Jangan tertidur ketika rambut masih basah, karena nanti rambut gimbal Anda bisa berjamur. Jika tak ada sampo non-residu, Anda bisa menggunakan sabun atau sampo lainnya yang tidak mengandung kondisioner dan parfum.

2. Rambut Gimbal Juga Butuh Pelembab

 Rambut Gimbal Juga Butuh Pelembab

Justru karena rambutnya digimbalkan, makanya rambut Anda memerlukan perawatan ekstra. Gunakan pelembab rambut secara rutin supaya rambut Anda tetap sehat. Caranya, buat campuran minyak esensial dan air, lalu semprotkan pada untaian rambut secara merata. Lakukan setiap hari agar rambut Anda terhindar dari kering dan patah.

Minyak esensial yang bisa Anda gunakan adalah seperti tea tree oil, minyak lavender, dan lain-lain. Jangan gunakan minyak sayur (minyak goreng), minyak zaitun, dan minyak lainnya yang dibuat dari nabati karena tak cocok untuk perawatan rambut gimbal. Anda bisa juga membeli pelembab khusus rambut gimbal di toko.

3. Rapikan Gimbal

Rapikan Gimbal

Tak selamanya rambut gimbal Anda akan berada di kondisi terbaiknya. Ada masanya rambut gimbal Anda keluar dari jalurnya. Anda bisa mengembalikan rambut yang keluar-keluar menggunakan pinset, alat rajut, atau dengan menggulung-gulung untaian gimbal Anda.

Nah, itu dia 10 tata cara bikin rambut gimbal dari Bacaterus. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menonton video di atas. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment