bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Yuk, Intip Cara Bikin Pasir Kinetik Sendiri di Rumah

Yuk, Intip Cara Bikin Pasir Kinetik Sendiri di Rumah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Pasir kinetik atau sering disebut juga dengan pasir ajaib merupakan sebuah permainan yang menggunakan campuran pasir dan bahan hidrofobik. Bahan hidrofobik ini merupakan bahan yang menolak air sehingga air tidak bisa merembes dan membasahi media lain.

Permainan pasir kinetik saat ini sedang booming. Balita dan anak-anak suka sekali memainkan permainan ini. Mereka bisa belajar banyak hal ketika memainkannya.

Asal-Usul Pasir Kinetik

Asal-Usul Pasir Kinetik

* sumber: littlefishblog.com

Awalnya pasir kinetik digunakan oleh para ilmuwan untuk membersihkan tumpahan minyak. Kemudian pasir kinetik berkembang menjadi permainan kreatif dan menyenangkan yang tersedia di toko-toko online.

Pasir kinetik diciptakan oleh Spin Master Ltd, sebuah perusahaan yang memproduksi mainan dan hiburan untuk anak-anak. Perusahaan besar ini berbasis di Kanada. Sudah banyak jenis permainan yang dibuat oleh perusahaan yang berdiri sejak tahun 1994 ini.

Pasir kinetik buatan Spin Master Ltd terdiri dari 98% pasir da 2% polimer. Itulah kenapa pasir ini tidak melar jika ditarik-tarik. Hanya bisa dibentuk dan dicetak dengan berbagai bentuk sesuai keinginan anak-anak.

Cara Membuat Pasir Kinetik Sederhana

Cara Membuat Pasir Kinetik Sederhana

* sumber: www.sheknows.com

Saat ini tidak lah sulit mencari pasir kinetik. Permainan yang berasal dari Kanada ini bisa kamu dapatkan di toko-toko online dan offline. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Langkah-langkah pembuatan pasir kinetik ini berbeda, bergantung pada jenis bahan yang digunakan. Perhatikan tata cara pembuatannya.

1. Peralatan Yang Dibutuhkan

Peralatan Yang Dibutuhkan

* sumber: www.hgtv.com

Untuk membuat pasir kinetik sendiri kamu memerlukan beberapa bahan dan peralatan seperti pasir yang menjadi bahan utama, tepung maizena, sabun cuci piring, air secukupnya dan pewarna makanan.

Pastikan kamu menggunakan pasir yang bersih dan lembut. Bersihkan pasir dari batu dan sampah-sampah kecil yang mungkin terjebak di dalam pasir.

2. Campuran Bahan dan Cara Membuat Pasir Kinetik

Campuran Bahan dan Cara Membuat Pasir Kinetik

* sumber: www.hgtv.com

Ada beberapa jenis bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat pasir kinetik. Setiap bahan ini menghasilkan tekstur pasir kinetik yang berbeda.

  • Menggunakan Tepung Kanji dan Pasir
Menggunakan Tepung Kanji dan Pasir

* sumber: onelittleproject.com

Sebagai langkah awal, tuang 1,5L air ke dalam wadah besar. Jangan menggunakan wadah yang terbuat dari porselen. Lebih baik gunakan wadah plastik besar yang tidak sulit dibersihkan.

Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan. Kamu bisa menggunakan pewarna makanan yang berbentuk cair. Ini akan lebih mempermudah proses pencampuran. Sebagai variasinya kamu bisa menambahkan wewangian ke dalam campuran bahan-bahan ini.

Atau kamu bisa juga menambahkan tetesan cat glow-in-the dark ke dalamnya. Bahan-bahan tambahan ini akan membuat anak lebih betah bermain pasir kinetik. Setelah itu masukan tepung kanji ke dalam air tersebut.

Aduk-aduk rata semua bahan sampai tidak ada adonan yang menggumpal. Karena tepung kanji mempunyai karakteristik yang mudah menggumpal ketika ditambahkan dengan air, maka kamu harus mengaduknya dengan cepat.

Bahan glitter, wewangian dan cat glow-in-the-dark dicampurkan bersamaan pada tahap ini. Jika kamu ingin membuat pasir kinetik dengan warna-warna berbeda, pisahkan adonan pasir pada wadah-wadah berbeda dan beri pewarna sesuai selera.

Terakhir, campurkan pasir. Pasir seperti ini bisa kamu dapatkan di toko-toko perkakas atau toko peralatan kerajinan tangan. Kamu juga bisa menggunakan pasir pantai atau pasir yang ada di taman bermain. Asalkan pasirnya bersih.

Teruslah mengaduk sampai semua bahan tercampur rada. Setelah semua bahan rata tercampur, pastikan pasir telah membentuk tekstur yang dapat dibentuk seperti pasir kinetik pada umumnya.

  • Menggunakan Tepung dan Baby Oil
Menggunakan Tepung dan Baby Oil

* sumber: onelittleproject.com

Pasir kinetik yang terbuat dari tepung mempunyai kelebihan tersendiri, yakni dari segi kebersihan. Pasir ini lebih bersih dan teksturnya lebih lembut jadi mudah dibentuk.

Tuangkan tepung ke dalam wadah yang cukup besar. Jika ingin membuat pasir kinetik warna-warni, bagi tepung menjadi beberapa bagian dan tempatkan dalam wadah terpisah. Sesuaikan banyaknya tepung dengan banyaknya pewarna yang akan kamu butuhkan.

Untuk pasir kinetik yang terbuat dari tepung kamu harus gunakan pewarna bubuk. Hal tersebut akan mempermudah proses pembuatan pasir kinetik. Pada tahap ini, kamu bisa mencampurkan bubuk glitter bersamaan.

Selanjutnya tambahkan baby oil atau pewangi berbahan dasar minyak. Tuangkan 1/4 baby oil ke dalam campuran bahan tersebut setelah pewarna sudah tercampur rata. Aduk-aduk rata semua bahan. Agar lebih mudah gunakan tangan untuk mengaduknya.

  • Tepung Kanji dan Minyak Sayur
Tepung Kanji dan Minyak Sayur

* sumber: savingdollarsandsense.com

Bahan lain yang bisa kita gunakan untuk membuat pasir kinetik adalah campuran tepung kanji dan minyak sayur. Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti tepung kanji dengan tepung maizena jika tidak ada.

Masukan tepung ke dalam wadah besar. Masukan pula bubuk glitter dan pewarna ke dalam mangkuk besar tersebut. Jika ingin membuat pasir kinetik yang putih bersih, lewati tahap pencampuran tepung dengan pewarna dan bubuk glitter.

Tambahkan pewarna berbahan dasar minyak atau minyak esensial ke dalam minyak sayur. Aduk rata. Jangan gunakan pewarna atau bahan lainnya yang tidak berbahan dasar minyak, sebab air dan minyak tidak akan bersatu.

Langkah selanjutnya, tuangkan minyak ke dalam wadah yang berisi tepung. Jika sebagian tepung belum terkena minyak, tambahkan lagi lebih banyak minyak ke dalam tepung. Aduk kembali sampai tepung benar-benar kalis.

Setelah semua tepung dan minyak menyatu hasil pasir kinetik ini akan menyerupai salju putih yang bersih, jika tidak diberi pewarna. Semua bahan telah tercampur rata, kamu bisa mulai bermain.

Baca juga: Cara Membuat Gelembung Sabun yang Tidak Mudah Meletus

Manfaat Anak Bermain Pasir Kinetik

Manfaat Anak Bermain Pasir Kinetik

* sumber: littlefishblog.com

Pernah dengar sebuah tagline iklan detergen yang ada di Indonesia “Berani kotor itu baik”? Yup! Tagline tersebut bukanlah sebuah tagline biasa yang mengada-ngada. Pasalnya dengan berani kotor-kotoran, anak bisa belajar banyak hal. Misalnya saja ketika anak bermain pasir.

Bermain pasir tidak hanya menyenangkan, namun permainan ini punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, di antaranya:

  • Merangsang Pertumbuhan Anak
Merangsang Pertumbuhan Anak

* sumber: mumsgrapevine.com.au

Perlu diingat bahwa pasir kinetik diperuntukkan bagi anak berusia 3 tahun lebih. Pengaruh positif dari pasir ajaib ini mempengaruhi tumbuh kembang anak. Teori ini sangat didokumentasikan dengan baik oleh para ahli.

Ada banyak bukti-bukti yang memperkuat keterangan bahwa bermain pasir dapat meningkatkan sensor kesadaran, mengembangkan koordinasi mata tangan dan mengembangkan kreativitas.

Di zaman ini anak-anak selalu tertarik pada permainan kreatif yang membuat anak tertantang untuk menciptakan sesuatu. Dan pasir kinetik merupakan permainan yang ideal bagi anak dan dapat memberikan efek-efek positif bagi anak.

  • Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus
Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus

* sumber: www.bestadvisor.com

Pasir kinetik merupakan bahan yang sangat ramah anak. Pasir ini dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak. Aktivitas seperti meremas dan  memeras dapat memperkuat kekuatan tangan.

Tusuk-tusuk dengan menggunakan jari, gulung-gulung dengan menggunakan alat dapat mengembangkan kemampuan bilateral si kecil. Memotong pasir kinetik atau menyodoknya melatih anak menggenggam dan menggunakan alat.

Menekan pasir yang dibentuk menjadi kue dengan menggunakan cetakan pasir atau membentuknya dengan gelas kecil dan membalikkannya untuk membuat istana pasir membantu anak untuk mengembangkan otot-oto kecil mereka yang terdapat pada tangan.

Motorik halus yang berkembang dengan baik akan sangat bermanfaat bagi anak ketika dewasa. Jadi jangan ragu untuk mengizinkan anak bermain pasir kinetik.

  • Melatih Kreativitas
Melatih Kreativitas

* sumber: www.sheknows.com

Ketika memainkan pasir kinetik anak diberi kebebasan untuk mengeksplorasi bentuk dan permainan apa yang diinginkan oleh si kecil. Mereka secara otomatis dibiarkan berpikir dan mencari inspirasi bentuk apa yang bisa mereka buat dengan peralatan yang ada.

Dukung permainan si kecil dengan memberikan ember kecil, sekop, dan peralatan termasuk pasirnya yang nantinya akan merangsang anak berimajinasi.

  • Mengajarkan Anak Bersosialisasi
Mengajarkan Anak Bersosialisasi

* sumber: www.freepik.com

Ketika anak bermain bersama teman-temannya, anak akan belajar bersosialisasi dengan orang lain. Keadaan tersebut mengajarkan anak untuk belajar berempati kepada teman sepermainannya yang ikut bermain.

Kemampuan bersosialisasi harus diajarkan kepada anak sejak dini. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan anak mengelola emosi. Dua hal ini merupakan bekal penting bagi anak kelak ketika menginjak usia dewasa.

  • Melatih Fisik
Melatih Fisik

* sumber: mumcentral.com.au

Bermain pasir kinetik memerlukan tenaga. Ada kalanya anak harus mengangkat pasir, memindahkan pasir yang telah dicetak, menekan pasir agar menghasilkan bentuk sempurna sesuai cetakan dan kegiatan fisik lainnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut membuat anak harus mengeluarkan tenaga ekstra. Aktivitas fisik yang dilakukannya dengan pasir mainannya akan membuatnya lebih sehat dan aktif.

Nah, itulah cara membuat pasir kinetik sendiri di rumah. Mudah bukan? Pasir kinetik bisa digunakan berulang-ulang. Kamu bisa menyimpannya pada wadah atau jar yang tertutup rapat agar pasir kinetik tidak terkena debu dan kotoran yang akan menempel. Selamat mencoba!

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram