bacaterus web banner retina

Inilah 10 Tips dan Cara Bermain Congklak Supaya Menang

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Mei 2020

Congklak, atau dakon, adalah sebuah permainan tradisional yang sangat populer. Tidak hanya di pelataran Jawa saja, tapi hingga seluruh negeri dengan nama yang berbeda-beda.

Sementara itu, "congklak" merupakan istilah yang digunakan oleh orang Jawa Barat. Sedangkan orang Jawa Timur dan Tengah menyebut permainan ini sebagai "dakon." Tidak hanya di Indonesia, permainan congklak juga dikenal di beberapa negara Asia Tenggara seperti tungkayon di Thailand dan Sungka di Filipina.

Selain menyenangkan, congklak juga dapat melatih daya berpikir, karena memainkan congklak membutuhkan taktik. Tidak hanya daya berpikir, daya nalar dan penghitungan pemainnya pun akan terasah. Ingin tahu cara bermain congklak dan tips rahasia supaya menang? Bacaterus akan membahasnya di bawah ini.

Cara Bermain Congklak Supaya Menang

1. Siapkan Papan Permainan

Siapkan Papan Permainan

Sebelum membahas cara bermain congklak, tentunya Anda harus menyiapkan papan permainannya terlebih dahulu. Biasanya congklak yang berkualitas baik, indah, cantik, dan mewah dijual di tempat oleh-oleh dan kerajinan tangan. Rata-rata papan permainan congklak dibuat dari kayu yang dicat atau diukir.

Tapi, ada pula papan congklak yang sederhana. Papan ini dibuat dari plastik. Biasanya Anda akan menemukan papan congklak seperti ini di tukang kelontong keliling atau di warung. Papan congklak berukuran panjang kira-kira sepanjang lengan orang dewasa. Lalu ada 16 lubang yang berfungsi sebagai tempat biji congklak.

2. Siapkan Biji Congklak

 Siapkan Biji Congklak 

Selain papan, yang Anda perlukan untuk bermain congklak adalah biji congklak. Sebenarnya Anda bisa menggunakan biji apa saja, asal bentuknya cenderung bundar dan berukuran kecil. Rata-rata biji congklak berbentuk keong-keongan seperti gambar di atas. Tapi, ada pula yang dibuat dari plastik atau dari biji sirsak.

3. Dua Orang Pemain

Dua Orang Pemain cara bermain congklak

Permainan congklak dimainkan oleh dua orang. Cara bermain congklak adalah para pemain duduk saling berhadapan seperti akan memainkan catur atau igo.

4. Masukkan Biji Ke Lubang

Masukkan Biji Ke Lubang

* sumber: www.dreamstime.com

Nah, untuk dapat memulai permainan, Anda harus memasukkan biji congklak ke dalam lubang-lubang yang ada pada papan. Tapi, tidak semua lubang diisi biji congklak, ya.

5. "Rumah"

Rumah

* sumber: roshidan-rashid.blogspot.co.id

Jadi, ada dua jenis lubang pada papan permainan congklak. Pertama, adalah Rumah. Lubang ini adalah yang paling besar dan ada di sisi terluar papan permainan. Rumah yang dimiliki pemain adalah yang ada di samping kiri masing-masing pemain. Sedangkan lubang lumbung yang ada tujuh itu disebut Kampung. Isi setiap Kampung dengan tujuh biji congklak. Lalu, biarkan rumah kosong terlebih dahulu.

6. Mulai Permainan

Masukkan Biji Ke Semua Lubang

* sumber: bm.therakyatpost.com

Pada permainan dimulai, kedua pemain akan memulainya pada saat bersamaan. Ambil semua biji congklak di satu Kampung, lalu jatuhkan satu per satu pada Kampung lain searah jarum jam. Jangan lewatkan bagian Rumah, ya.

Jika biji congklak yang Anda pegang sudah habis, tapi berhenti di Kampung yang ada bijinya, maka permainan terus berlanjut. Yang perlu Anda hindari adalah memasukkan biji pada Rumah lawan.

Jika pemain berhenti pada Kampung kosong, maka Anda "mati." Lalu, usahakan untuk tidak "mati" alias kehabisan biji congklak di Kampung lawan, karena berarti permainan Anda akan ditunda dan lawan akan bermain.

7. Giliran Main

Giliran Main

Jika salah satu pemain "mati", maka pemain lainnya akan melanjutkan permainan. Pemain tersebut bisa mengambil biji congklak dari lubang yang mana saja, asal dari Kampung miliknya.

8. Isi "Rumah"

Isi

Seperti yang sudah Bacaterus katakan sekilas di atas, jangan lupa untuk mengisi biji congklak pada Rumah Anda. Karena, tujuan permainan congklak adalah memiliki banyak biji congklak di Rumah sendiri.

9. "Menembak"

Menembak adalah ketika pemain kehabisan biji congklak di Kampungnya sendiri, lalu Kampung di sebrangnya (milik lawan) ada isinya. Berarti biji congklak milik lawan dapat diambil.

10. Akhir Permainan

Akhir Permainan

* sumber: istypingsomething.blogspot.co.id

Permainan berakhir ketika biji congklak sudah habis. Setelah itu, kedua pemain menghitung jumlah biji congklak yang dimiliki, baik di Rumah maupun di Kampungnya sendiri. Orang yang memiliki biji kampung terbanyaklah yang menang.

11. "Terbakar"

Terbakar cara bermain congklak

* sumber: porosbumi.com

Istilah di setiap daerah berbeda-beda, tapi bahasa Indonesia dari istilah ini adalah Terbakar. Jadi, jika Anda dan lawan akan melanjutkan permainan, orang yang kalah pada babak sebelumnya akan kehilangan satu Kampung miliknya. Nanti si Kampung itu tidak boleh dimainkan.

Ketika permainan dilanjutkan dari sesi sebelumnya, maka jumlah biji congklak yang digunakan adalah yang telah didapatkan (tidak dibagi rata lagi). Kalau Anda kalah, berarti Kampung yang paling kanan ditutup satu, tidak boleh diisi biji congklak. Nanti, kalau ada kelebihan biji congklak, simpan saja di Rumah Anda.

Nah, tadi itu cara bermain congklak. Bacaterus punya tips supaya menang, nih, pertama, selalu mulai dari Kampung paling kanan. Semakin jauh Anda mengambil jarak, maka permainan akan semakin lama. Kedua, ketika lawan telah "mati" dan Anda akan mulai main lagi, ambillah biji congklak yang paling banyak.

Selain menyenangkan, manfaat permainan congklak adalah untuk mengakrabkan diri dengan teman atau keluarga, mengasah otak, melatih kelincahan tangan dan jari, serta melestarikan permainan tradisional Indonesia. Semoga cara dan tips ini berguna untuk Anda, selamat bermain!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram