Bacaterus / Gitar / Tips Cara Belajar Main Gitar Bagi Para Pemula

Tips Cara Belajar Main Gitar Bagi Para Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bermain gitar merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain untuk menghibur dan melepas penat, bermain gitar juga dapat menambah rasa percaya diri terutama bagi para lelaki. Untuk saat ini, cara belajar main gitar bukanlah hal yang sulit karena sudah tersedia berbagai macam sumber pembelajarannya di internet.

Kali ini saya juga akan mengulas beberapa tips belajar gitar yang baik dan benar. Tips ini sangat cocok bagi Anda yang akan atau baru belajar bermain gitar. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, maka Anda akan dapat mahir bermain gitar dengan cepat.

Pelajari bagian bagian gitar

Perlu Anda ketahui sebelum Anda menjadi seorang master gitar Anda harus tau bagian-bagian dari gitar tersebut seperti neck, capstan, bridge, fret dll. Hal ini akan memudahkan Anda dalam pembelajaran gitar lebih lanjut.

Pelajari tablatur

Tablatur adalah bagian cukup penting dalam pembelajaran pada gitar. Tablatur memudahkan pemain gitar pemula untuk mendapatkan ketukan-ketukan musik.

Pelajari cara memegang gitar dengan baik

cara belajar main gitar komponen

Belajar cara memegang gitar yang baik dapat membuat Anda bermain lebih nyaman. Bila Anda memegang gitar dengan cara salah itu dapat membuat tubuh sakit atau mudah pegal saat Anda bermain gitar.

Belajar cara memegang pick

Pick adalah benda kecil yang digunakan untuk strumming atau pemetikan melodi pada gitar. Memegang pick dengan benar mengurangi Anda melakukan kesalahan, seperti meleset saat Anda bermain melodi, pick tersangkut pada senar atau pick terlempar saat bermain.

Pelajari notasi notasi solo pada gitar

Notasi solo pada gitar lebih memudahkan Anda belajar gitar seperti membiasakan menempatkan jari dengan benar. Kebanyakan pemula lebih banyak memainkan notasi ganda seperti chord dasar, padahal mempelajari terlebih dahulu notasi solo lebih baik karena untuk masalah skill akan terasah dengan sendirinya (bila Anda sering berlatih).

Belajar menyetem gitar

belajar main gitar tuner

Menyetem merupakan proses menentukan dan menyelaraskan frekuensi antar senar pada alat musik berdawai. Sayangnya, kebanyakan pemula tidak pernah belajar cara menyetem gitar. Pasti Anda pernah mengalami rasa tidak nyaman saat Anda ingin bermain gitar akan tetapi gitar belum distem.

Oleh karena itu, mempelajari cara menstem gitar adalah salah satu point penting dalam pembelajaran gitar. Kita dapat menyetem gitar secara tradisional ataupun dengan menggunakan alat bantu seperti tuner atau garpu tala.

Belajar beberapa latihan jari

Latihan jari adalah salah satu latihan yang di pakai oleh beberapa gitaris pemula  dan biasa di sebut senam jari. Senam jari adalah latihan untuk meregangkan otot-otot jari atau membiasakan jari bermain di posisi sulit di bagian fret-fret gitar.

Bila Anda tidak tahu bagaimana cara melakukan senam jari Anda bisa bertanya pada teman yang sudah cukup pandai bermain gitar. Selain itu, sekarang juga banyak tersedia senam jari dengan berbagai variasi di internet.

Belajar chord-chord dasar

Saat Anda sudah terbiasa dengan notasi-notasi solo atau dengan berbagai variasi senam jari saatnya Anda belajar chord. Contoh contoh chord dasar adalah seperti Cmaj, Cmin, Dmaj, Dmin dll. Anda bisa mencari chord chord dasar di internet atau kembali bertanya pada teman yang sudah cukup ahli.

Belajar beberapa lagu dengan chord dasar

cara belajar main gitar chord

Dalam tahap ini Anda akan belajar melatih jari untuk berpindah secara baik satu per satu atau secara bersamaan. Saat Anda belajar beberapa lagu otomatis tangan akan berimprovisasi dengan perpindahan perpindahan chord baik itu lagu pop, jpop, kpop, dan lagu lagu yang menggunakan chord dasar lainnya.

Sembilan tips di atas adalah dasar-dasar dari pembelajaran gitar dasar untuk para pemula. Lalu bagaimana kita bisa membuat lagu seperti gitaris akustik terkenal yang memakai chord chord yang cukup aneh? Apakah saya bisa seperti mereka? Tentu saja bisa! Setelah mengikuti langkah-langkah di atas,  langkah selanjutnya kita akan mengulas cara belajar gitar hingga mahir.

Belajar interval musik

Setelah belajar bagian-bagian dasar gitar, bila Anda benar-benar ingin menguasai gitar, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari interval musik. Dari interval ini Anda akan bisa membuat melodi dasar Anda sendiri. Banyak sekali interval interval yang digunakan di beberapa aliran.

Belajar pembuatan chord mayor & minor

Setelah Anda belajar dari interval-interval di atas cobalah cari buku tentang pembuatan chord mayor minor atau cari di internet. Dengan ini Anda akan dapat membuat chord tanpa harus melihat buku atau catatan. Cukup dengan menghapal rumus pembuatan chord maka Anda akan bisa membuat chord di segala penjuru fingerboard guitar.

Belajar chord ekstensi

cara belajar main gitar

Setelah belajar chord major & minor sekarang saatnya Anda masuk belajar chord ekstensi. Major ekstensi tidak jauh berbeda dengan chord major & minor. Chord ekstensi adalah chord yang terbentuk dari penambahan chord major/minor seperti C7, C11, C13, Cmin13, dll.

Chord ekstensi biasanya hanyalah penambahan dari chord major/minor Seperti chord “C7” kita hanya perlu menambahkan nada menjadi 1-3-5-7b. Tapi ingat chord C7 dan chord Cmaj7 sangatlah berbeda, Anda dapat mencari tentang pergantian chord-chord tersebut di internet.

Belajar chord altered

Altered chord masih tidak jauh berbeda dari chord-chord yang telah Anda pelajari di atas, karena altered chord hanyalah penambahan atau pengurangan nada. Contoh altered chord adalah “Suspended”, “augmented”, “Add”, “Diminished”, “Half Diminished”, dan lainnya.

Pelajari not balok

Eiittss! Jangan salah dulu bila Anda menganggap tidak ada musisi musisi professional yang menggunakan tablature, karena yang mereka gunakan adalah not balok. Perlu diketahui, not balok akan memudahkan Anda dalam permainan gitar professional.

Dalam not balok Anda dapat mengetahui nada apa saja yang harus di bunyikan dan berapa lama Anda harus membunyikan nya. Setelah Anda mempelajari not balok Anda pasti mengerti kenapa sebagai musisi Anda harus bisa mempelajari nya.

Berakhir sudah tips cara belajar main gitar dari saya. Bila Anda sudah mempelajari semua langkah di atas, maka Anda pasti akan mengetahui berbagai istilah lainnya seperti slur, tapping, slapping, bottleneck, dll. Sekarang saatnya Anda membuka kreatifitas dan menumpahkannya pada sebuah karya, Anda tinggal memilih kira kira genre apa yang cocok dengan Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *