Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Januari 2019

Bangun pagi merupakan salah satu kegiatan yang teramat susah dilakukan oleh beberapa orang, hal ini dikarenakan beberapa kebiasaan buruk yang menghambat bangun pagi, seperti begadang untuk hal yang tidak penting, lingkungan yang tidak nyaman dan masih banyak lagi.

Tentunya ada tips dan trik cara bangun pagi bagi Anda yang malas ketika bangun di pagi hari dan bagi Anda dengan kebiasaan begadang. Bacaterus akan berbagi rahasia cara bangun pagi meskipun Anda tidur larut malam.

10 Cara Bangun Pagi Walau Tidur Malam

1. Hindari Konsumsi Kafein

Hindari Konsumsi Kafein

* sumber: puritycoffee.com

Ternyata hal pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat bangun di pagi hari dengan keadaan fit adalah kurangi bahkan hindari konsumsi kafein. Hal ini dikarenakan kandungan pada kafein dapat membuat pengaturan tidur pada sel saraf pusat mengalami masalah dengan respon sehingga Anda justru tidak akan dapat tidur dengan nyenyak.

Hindari konsumsi kafein setidaknya 8 jam sebelum tidur supaya ketika Anda tidur dapat merasa nyenyak dan berkualitas, serta Anda dapat bangun tepat waktu di pagi hari.

2. Persiapkan Pakaian dan Peralatan untuk Besok

Persiapkan Pakaian dan Peralatan untuk Besok

* sumber: www.easyclosets.com

Persiapkan peralatan dan jadwal checklist besok memang sangat bermanfaat apalagi hal ini juga akan lebih membuat Anda bersemangat untuk bangun pagi karena memiliki jadwal yang beraturan dan tidak begitu padat.

Apabila Anda mampu untuk menggunakan checklist dan berkomitmen dengan checklist yang dibuat maka dapat dipastikan Anda akan bisa dengan mudah bangun pagi. Tentunya walaupun begadang Anda tetap dapat mengatur jadwal kegiatan dengan menggunakan checklist tersebut.

3. Atur Ruangan Tidur

Atur Ruangan Tidur

* sumber: biohomecares.com

Menata tempat tidur dan kamar tidur menjadi lebih rapi dan indah adalah hal yang sangat penting sebelum tidur, hal ini dapat memicu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman, serta kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

Walaupun begadang tetapi apabila Anda menata tempat tidur dengan rapi dan bersih maka Anda tidak akan memiliki masalah untuk bangun pagi. Anda bisa melakukan hal ini setiap hari supaya kualitas tidur tetap terjaga dengan baik.

4. Pasang Alarm

Pasang Alarm

* sumber: www.thesun.co.uk

Memasang alarm jarak jauh dari tempat tidur dengan nada yang sesuai dengan area kamar sangat penting sebelum tidur, jika Anda dapat melakukan hal ini pasti kesulitan bangun di pagi hari akan teratasi.

Apabila Anda tipe orang yang susah untuk bangun ketika sudah tidur upayakan memasang alarm secara berurutan seperti pada pukul 05.00 lalu 05.30 sampai jam berikutnya supaya Anda dapat bangun dengan tepat waktu. Intinya, pasang alarm setiap 5-10 menit sekali agar Anda bisa cepat bangun pagi.

5. Minta Bantuan Orang Lain

Minta Bantuan Orang Lain

* sumber: www.videoblocks.com

Meminta bantuan orang lain sangat berguna untuk Anda yang tidak dapat bangun pagi. Anda dapat meminta tolong kedua orang tua atau teman (jika berada di kos) untuk membangunkan Anda di pagi hari. Hal ini ternyata cukup efektif karena bangun pada pagi hari dapat memberikan efek segar apalagi ada orang lain yang mau mendukung Anda untuk hidup sehat.

6. Niat dan Berdoa

Niat dan Berdoa

* sumber: spiritualray.com

Hal ini sangat penting walaupun ada beberapa yang mengatakan mustahil. Faktanya, berdoa dan memantapkan niat untuk bangun pagi sangatlah penting karena percaya atau tidak percaya tepat pada jam Anda ingin bangun. Sebagai contoh, biasanya ada beberapa gangguan kecil yang membangunkan Anda dari tidur seperti digigit nyamuk, merasa haus, ingin ke kamar mandi dan sebagainya.

Anda patut mencobanya dengan cara yang pertama usahakan memantapkan niat sejak sore hari. Kemudian, sebelum tidur Anda berdoa dengan keyakinan dari hati bahwa Anda dapat bangun dengan baik di pagi hari sesuai dengan waktu yang diinginkan.

7. Gunakan Tirai Berwarna Cerah

Gunakan Tirai Berwarna Cerah

* sumber: www.picfair.com

Penggunaan tirai dengan warna yang cerah sangatlah penting karena dapat membuat Anda bangun pagi dengan tepat waktu. Pasalnya, tirai dengan warna yang cerah lebih mudah ditembus sinar matahari. Selain itu, ketika tidur  sebaiknya lampu kamar dimatikan untuk membuat tidur yang lebih nyenyak.

Ketika pagi hari maka biasanya akan reflek bangun apabila terkena sinar matahari dari tirai jendela kamar Anda. Jadi, tak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan sampai siang hari karena Anda bakal kesilauan.

8. Gunakan Ritual Tidur

Gunakan Ritual Tidur

* sumber: www.dealpharmarx.com

Menurut Jeffrey Ellenbogen, membuat ritual tidur adalah melakukan kebiasaan sebelum tidur untuk membangun tidur yang berkualitas dan memberikan kesan tidur yang sehat. Ritual tidur ini dapat membentuk ritme sirkadian untuk membuat isyarat perubahan siklus tidur.

Ritual tidur dapat dimulai dengan mandi atau membersihkan badan sebelum tidur, menggunakan piyama dan mendengarkan musik sebelum tidur dapat membuat tidur jadi lebih berkualitas. Hal ini juga dapat mengganti pola kebiasaan tidur Anda yang buruk untuk tetap bangun pagi walau sehabis begadang.

9. Minum Air Sebelum Tidur

Minum Air Sebelum Tidur

* sumber: www.scoopnest.com

Menurut beberapa penelitian, minum air putih secukupnya sebelum tidur dapat membantu Anda untuk bangun di pagi hari. Kebiasaan minum air sebelum tidur ini akan membuat kandung kemih penuh di pagi hari sehingga Anda akan terbangun karena rasa ingin buang air kecil.

Akan tetapi, hindari minum air terlalu banyak karena hal ini bisa mengakibatkan Anda bolak-balik ke toilet saat tengah malam. Minumlah air secukupnya agar tidur lebih nyenyak dan tenggorokan tidak kering.

10. Usahakan Bangun dalam Waktu Sekejap

Usahakan Bangun dalam Waktu Sekejap

* sumber: fouroclock.ca

Ternyata bangun dalam waktu sekejap juga sangat efektif agar Anda dapat bangun pagi dengan tepat waktu. Yang dimaksud di sini adalah jangan sering menunda bangun tidur dan snooze alarm karena akan membuat Anda semakin malas.

Ketika sudah bangun dan membuka mata sebaiknya Anda langsung bergegas untuk segera beranjak dari tempat tidur dan segera mencuci muka serta menggosok gigi. Bangun dalam waktu sekejap dirasa sangat efektif bagi Anda dengan kesibukan yang cukup padat.

11. Disiplin untuk Bangun Pagi

Disiplin untuk Bangun Pagi

* sumber: bcbstwelltuned.com

Disiplin untuk bangun tidur di pagi hari sangat penting. Usahakan jangan tidur terlalu malam karena hal tersebut dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Jika tak ada hal yang penting, hindari kebiasaan begadang agar Anda bisa disiplin bangun pagi.

Disiplin juga bisa dilakukan dengan menyiapkan segala keperluan di pagi hari, lalu Anda juga tak lupa untuk memasang alarm sebelum tidur dan jangan lupa ingat tujuan Anda esok hari untuk menjalani berbagai aktivitas dengan penuh semangat.

12. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

* sumber: www.thebump.com

Ternyata berbagai penelitian mengatakan hal yang sama bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat menenangkan dan membuat tidur lebih berkualitas. Selain itu, Anda juga akan bangun tidur dengan lebih nyaman dan tepat waktu.

Hal ini disebabkan oleh sistem rangsangan saraf dalam tubuh yang membuat tubuh memiliki stimulus lebih sensitif dan mampu bangun dengan baik di pagi hari. Anda juga dapat mengatur suhu ruangan sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan tentunya jauh dari rasa tidur yang tidak nyaman.

Itulah sejumlah cara bangun di pagi hari walaupun malam hari anda tidak cukup waktu untuk tidur. Gunakan beberapa tips di atas supaya tidur dan bangun dengan tepat waktu. Disamping itu, Anda pun perlu menjadi lebih disiplin untuk bangun pagi dan tidak begadang bila tak ada hal yang tidak penting.

Masih merasa ngantuk ketika bangun pagi? Yuk, baca artikel tips menghindari rasa kantuk di pagi hari ini agar Anda lebih bersemangat menjalani hari.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .