Bacaterus / Tikus / 10 Cara Mengusir Tikus & Curut yang Mengganggu dari Rumah

10 Cara Mengusir Tikus & Curut yang Mengganggu dari Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tikus adalah hama yang cukup mengganggu. Jika dahulu tikus hanya dijumpai di sawah dan rumah-rumah yang berada di pedesaan, kini hewan pengganggu tersebut juga mulai mendiami tempat tinggal di perkotaan. Tak hanya di dalam gudang, tikus juga kerap kali berkeliaran di dapur.

Keberadaan tikus di dalam rumah memang sangat mengganggu. Tikus kerap kali mencuri makanan, membuang kotoran di lemari dan lantai, hingga membawa wabah penyakit. Jika dibiarkan maka hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Sudah menggunakan jebakan tikus, tetapi tikus tak kunjung pergi. Nah, mungkin Anda perlu mencoba berbagai cara ampuh mengusir tikus berikut ini. Beberapa cara mengusir tikus ini mungkin bisa Anda gunakan untuk menyingkirkan hama tikus yang meresahkan di rumah Anda. Apa sajakah itu?

1. Menggunakan Daun Mint

Daun Mint

Daun mint atau peppermint ternyata merupakan tanaman yang bisa membuat tikus pergi dari rumah. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membeli beberapa ikat daun mint, kemudian rendam daun mint di dalam wadah berisi air. Sari dari daun mint akan larut dalam air. Selanjutnya, semprotkan air rendaman daun mint di area yang sering dikunjungi tikus.

Sekedar informasi, tikus tidak menyukai aroma mentol yang berasal dari daun mint. Selain itu, agar lebih efektif Anda bisa menanam tumbuhan peppermint di pelataran rumah. Aroma mentol dari tumbuhan mint yang Anda tanam bisa membuat tikus enggan berada di rumah Anda.

2. Menggunakan Jangkrik

cara ampuh mengusir tikus jangkrik

Jangkrik dikenal sebagai salah satu makanan burung. Hewan pengerik yang satu ini ternyata bisa membuat tikus ketakutan. Ya, suara kerikan jangkrik ternyata dapat membuat tikus terganggu sehingga ia akan menghindarinya.

Carilah jangkrik berjenis gryllus assimilis yang biasa digunakan untuk aduan, karena jangkrik jenis ini bisa mengerik dengan keras. Kemudian, letakkan jangkrik di sudut atau tempat yang biasa didatangi tikus. Dapat dipastikan tikus tidak akan kembali ke tempat tersebut, karena hama pengganggu tersebut tidak menyukai tempat dengan suara bising.

3. Pelihara Kucing

cara mengusir tikus kucing

Sudah bukan rahasia lagi jika tikus merupakan salah satu makanan favorit dari kucing. Nah, dengan memelihara kucing, maka dipastikan populasi tikus di rumah Anda akan berkurang. Meskipun tidak dimangsa, keberadaan kucing secara tidak langsung akan membuat para tikus ketakutan.

Pilihlah tipe kucing yang aktif dan enerjik agar dapat sigap mengejar dan menangkap tikus ketika melihatnya. Kucing lokal biasanya lebih sigap menangkap tikus terutama apabila mereka terbiasa hidup secara bebas dan tidak diberi makanan kaleng.

4. Menggunakan Soda Pop (Bom Soda)

cara menghilangkan tikus baking soda

Walaupun sedikit konyol, salah satu cara ampuh mengusir tikus ini cukup efektif menyingkirkan tikus di rumah Anda, lho! Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa tikus tidak bisa bersendawa atau buang gas dari tubunya. Oleh karena itu, Anda bisa membubuhi baking soda di makanan yang akan dijadikan umpan untuk menarik perhatian tikus.

Ketika tikus memakan umpan yang sudah dicampuri dengan baking soda, maka ia tidak mampu mengeluarkan reaksi gas dari reaksi cairan soda dan asam di dalam perutnya. Nah, bisa bayangkan bagaimana si tikus tersebut tersiksa karena kembung, kan?

5. Menggunakan Zat Amonia

Amonia

* sumber: www.purenature.co.nz

Usut punya usut, amonia adalah zat yang terkandung dalam urin manusia. Caranya, gunakan cairan amonia untuk disemprotkan di sudut-sudut yang biasa ditinggali oleh tikus. Akan tetapi, gunakan cairan amonia ini secukupnya, karena baunya yang pesing dapat mengganggu Anda dan keluarga.

Amonia ini bisa menghilangkan tanda kekuasaan tikus. Jadi, ketika tempat tinggalnya ditandai zat amonia, otomatis tikus akan pergi dan mencari tempat tinggal baru. Sekedar informasi, tikus biasa menandai tempat tinggalnya dengan urinnya, maka ketika cairan amonia disemprotkan di tempat tinggalnya, itu akan menghilangkan tanda yang dibuat oleh si tikus.

6. Menggunakan Campuran Air, Saus Cabai dan Deterjen

Deterjen

Bahan-bahan yang digunakan ini cukup mudah diperoleh. Namun, cara menggunakannya tidak terlalu mudah. Anda harus menjadi pemburu tikus ketika menggunakan campuran air, saus cabai, dan deterjen ini.

Pertama, larutkan saus cabai dan deterjen ke dalam air. Kemudian, masukkan cairan tersebut ke dalam botol spray atau botol parfum bekas. Nah, Anda harus siap siaga membawa botol ini untuk memburu tikus. Jadi, ketika si tikus muncul, Anda harus segera menyemprotkan cairan ini ke bagian muka atau tubuh tikus.

7. Menggunakan Buah Mengkudu

buah mengkudu

Buah yang baik bagi kesehatan ini juga ampuh untuk mengusir tikus. Caranya, sediakan 3 buah mengkudu dan potong menjadi beberapa bagian. Letakkan potongan mengkudu ini di dalam wadah, kemudian letakkan wadah di tempat yang biasa dilalui tikus. Alhasil, tikus-tikus akan pergi karena tidak suka dengan bau mengkudu yang menyengat.

8. Menggunakan Buah Durian

buah durian

Buah yang satu ini memiliki penggemar yang cukup banyak. Akan tetapi, ada pula orang-orang yang tidak suka mengkonsumsi durian karena baunya bisa memabukkan. Nah, faktanya selain manusia, tikus juga tidak menyukai aroma durian.

Manfaatkan hal tersebut dengan meletakkan kulit durian di tempat yang sering disemayami tikus. Aroma yang menyengat dan kulit durian yang tajam mampu menyingkirkan tikus-tikus nakal dari rumah Anda.

9. Menggunakan Kapur Barus

kapur barus jebakan tikus

Sudah menjadi rahasia umum jika kapur barus ampuh untuk menghilangkan jamur serta memperharum ruangan. Nah, manfaat lain dari kapus barus ini adalah untuk mengusir hama tikus. Hancurkan kapur barus dan taburkan remah-remahnya di daerah yang sering dilewati tikus. Tikus membandel di rumah Anda akan pergi dan rumah pun jadi lebih harum.

10. Memanfaatkan Aplikasi Pengusir Tikus

Di jaman yang modern ini, segala hal dapat dibuat menjadi digital. Untuk mengusir tikus-tikus yang membandel, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengusir tikus yang bisa diunduh dari smartphone Android, iOS, atau yang lainnya.

Aplikasi ini umumnya memancarkan gelombang suara yang mungkin tidak bisa didengar oleh manusia, tapi bisa didengar tikus. Tikus akan merasa kebisingan dan pergi dengan sendirinya. Untuk daftar aplikasi lengkapnya, silahkan simak di link ini.

Wah, ternyata ada berbagai macam cara ampuh mengusir tikus, ya! Tinggalkan cara kuno mengusir tikus dengan menggunakan jebakan, karena cara-cara di atas ini tampaknya lebih ampuh untuk menyingkirkan si hama pengganggu tersebut.

Pastikan selalu menjaga kebersihan tempat tinggal Anda agar tikus enggan untuk kembali lagi. Pasalnya jika rumah Anda kotor, maka bukan tidak mungkin kawanan tikus tersebut akan kembali lagi ke rumah Anda dan mengotorinya seperti semula.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Terima kasih atas ulasan nya,akan saya coba

  2. Keep it up may God bless you with more talents
    Regards
    Sainath

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *