bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 6 Cara Agar Slime Tidak Lengket di Tangan Saat Memainkannya

6 Cara Agar Slime Tidak Lengket di Tangan Saat Memainkannya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Mei 2021

Slime adalah salah satu mainan favorit anak-anak yang juga disukai oleh orang dewasa. Teksturnya yang kenyal dan lentur membuat orang asyik memainkannya. Tak hanya membeli, slime pun bisa dibuat sendiri.  Namun, biasanya slime buatan sendiri memiliki tekstur yang lunak dan cenderung lengket di tangan. Ini bisa jadi tidak menyenangkan. Untuk tahu cara agar slime tidak lengket, simak tipsnya di sini.

Cara Agar Slime Tidak Lengket

Cara Agar Slime Tidak Lengket

Ada enam cara yang bisa dilakukan agar slime tidak lengket di tangan. Semua caranya sangat mudah, dan bisa lihat informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Menaburkan Soda Kue

Menaburkan Soda Kue
*

Cara agar slime tidak lengket di tangan bisa kamu atasi dengan menaburkan sekitar 2 gr soda kue pada slime milikmu yang lengket. Selanjutnya kamu langsung bisa menguleni slime milikmu dengan menggunakan tangan.

Tujuannya adalah supaya kamu bisa langsung mengetahui teksturnya apakah slime masih lengket ataukah teksturnya sudah seperti slime yang kamu inginkan. Jika ternyata sesudah ditambahkan soda kue, slime masih tetap lengket, kamu dapat tambahkan lagi sedikit soda kue.

Pemberian tambahan soda kue harus disesuaikan serta dikira-kira karena kalau kamu terlalu banyak menambahkan soda kue maka slime buatanmu tersebut akan keras dan jadi tidak elastis lagi. Itu tentu akan menghilangkan ciri khas dari slime.

Jika soda kue yang ditambahkan terlalu sedikit, slime buatanmu akan menjadi lengket di tangan saat dimainkan. Selain memberikan soda kue, slime harus tetap diulemi agar slime tidak lengket.

Intinya, bahan apapun yang dijadikan tambahan pada slime yang kamu buat, slime tersebut harus tetap kamu uleni. Tujuannya agar bahan yang ditambahkan tadi bisa tercampur dengan merata pada slime.

2. Menggunakan Baby Oil atau Elips

Menggunakan Baby Oil atau Elips
*

Kalau kamu masih mencari cara agar slime tidak lengket di tangan, cobalah dengan memberikan tambahan baby oil. Ini bisa mengatasi slime yang lengket. Penambahan baby oil akan membuat slime buatanmu tidak lengket lagi. Cukup teteskan beberapa baby oil pada slime tapi  jangan terlalu banyak.

Akan tetapi slime yang diberikan tambahan baby oil akan menjadi sedikit berminyak. Karenanya teteskan baby oil  secukupnya saja, jangan berlebihan.  Penggunaan baby oil tak akan berpengaruh pada tekstur slime. Selain menggunakan baby oil, kamu bisa menggunakan Elips yang dipakai untuk rambut.

3. Menggunakan Larutan Lensa Kontak

Menggunakan Larutan Lensa Kontak
*

Mungkin bagi kamu yang tidak tahu akan sedikit kaget mendengar kalau larutan lensa kontak bisa digunakan sebagai salah satu cara agar slime tidak lengket. Cukup tambahkan sekitar 5 ml larutan lensa kontak pada slime atau secukupnya kemudian kamu uleni slime sampai tak lagi terasa lengket di tangan.

Larutan lensa kontak yang ditambahkan harus benar-benar secukupnya. Bila kamu menambahkan terlalu banyak lensa kontak pada slime, hasilnya slime milikmu akan kehilangan konsistensi serta membuat slime jadi gampang rusak atau pecah ketika ditekan. Teksturnya pun tidak elastis lagi.

4. Menguleni Slime

Menguleni Slime
*

Jika kamu tak ingin menambahkan apapun pada slime yang kamu buat, kamu dapat mulai secara terus menerus menguleni slime milikmu serta dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Tujuannya yaitu supaya slime mempunyai tekstur yang elastis dan kuat dan tidak lagi lengket di tanganmu.

Sebenarnya kurangnya pengulenan slime itulah yang bisa menyebabkan slime jadi lengket. Slime akan jadi lebih kuat dan lebih elastis jika diuleni dengan kuat dan lebih lama, dan tentunya slime kamu tidak akan lagi menempel pada tangan.

5. Merendam dengan Slime Activator

Merendam dengan Slime Activator

Cara yang satu ini sangat di rekomendasikan. Untuk membuat slime tidak lengket di tangan, kamu bisa merendam slime pada slime activator. Tak hanya cepat, slime activator juga bisa menjadikan slime lebih elastis. Untuk melakukan cara ini tidak perlu memakan waktu lama, cukup sebentar saja.

Namun, cara agar membuat slime tidak lengket yang menggunakan slime activator akan membutuhkan bahan yang cukup banyak. Tinggal pilih saja mana cara yang menurutmu lebih cepat dan hasilnya bagus.

6. Merendam dalam Air

Merendam dalam Air
*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=vHa9bAtifIc

Untuk mencegah slime lengket di tangan, cara lain yang bisa kamu gunakan adalah merendam slime di air. Bila kamu mengikuti cara ini, kamu akan membutuhkan durasi waktu yang cukup lama. Ketika slime direndam,  kamu tak boleh mengaduk-aduk slime terlalu kuat.

Slime cukup diaduk secara perlahan dan jangan juga terlalu banyak diaduk. Jika slime terlalu banyak diaduk, maka cara yang kamu pakai ini tak akan berguna untuk mengatasi slime yang lengket.  Cara yang satu ini tak banyak digunakan orang-orang sebab membutuhkan waktu yang lama sekali.

Ketika memakai cara ini, orang-orang cenderung tidak sabar saat harus menunggu hasilnya. Selain itu, banyak orang yang melakukan kesalahan ketika melakukan proses perendaman. Mereka berpikir jika mengaduk-ngaduk slime, air akan meresap. Justru sebaliknya, slime akan jadi rusak atau tak bagus.

Manfaat Slime untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

Kalau dilihat dari tekstur slime, mainan ini memang cocok untuk anak-anak. Selain sebagai mainan, slime mempunyai manfaat lain saat anak memainkannya atau saat mereka berusaha untuk membuat slime buatan sendiri. Dilansir dari Liputan6.com, berikut manfaat slime untuk anak-anak juga orang dewasa.

  • Menenangkan Perasaan
Menenangkan Perasaan
*

Manfaat pertama dari slime adalah menenangkan perasaan. Tekstur slime yang kenyal dan lembut saat anak-anak atau bahkan orang dewasa memegangnya dapat menciptakan perasaan lega sehingga bisa menyalurkan perasaan rasa stres.

Daripada emosi negatif disalurkan dengan berteriak-teriak atau marah-marah, cobalah ambil slime dan lalu meremas-remas slime tersebut untuk meredakan emosi. Ketika memegang, menarik, dan meremas slime tersebut, sensasi yang dirasakan oleh tangan dapat membuat kamu lebih tenang.

  • Melepas Kecanduan Smartphone
Melepas Kecanduan Smartphone
*

Anak-anak sekarang banyak yang kecanduan smartphone. Nah, slime bisa mengalihkan perhatian mereka dari gadget tersebut. Kalau anak-anak kecanduan main game di smartphone, cobalah beri mereka slime untuk mengalihkan ketergantungan mereka pada smartphone tersebut.

Beri anak-anak slime dan ajak mereka bermain bersama. Ini bisa jadi salah satu solusi. Slime bisa mengurangi rasa jenuh yang mereka rasakan. Pengalaman yang didapatkan saat bermain slime dan sensasi yang dirasakan indra mereka, akan membuat anak berpikir ada permainan yang lebih menarik.

  • Melatih Kreativitas Anak
Melatih Kreativitas Anak
*

Manfaat dari slime selanjutnya adalah melatih kreativitas anak. Ketika mereka mencampur bahan-bahan pembuatan slime, muncul lah proses kreatif. Anak-anak dapat membuat slime seperti apa yang mereka mau. Dengan kreativitasnya, anak-anak bisa menentukan aroma, warna, dan tingkat kelembekannya.

Wawasan si anak juga bisa bertambah dengan membuat slime sendiri. Mereka dapat belajar sains dari mencampur bahan-bahan untuk membuat slime yang menghasilkan benda bertekstur kenyal serta lengket. Selain itu, mereka juga bisa belajar mengenai cara mencampur bahan dan warna.

Perlu diperhatikan, saat mereka membuat slime, orang tua pun harus hadir untuk mengawasi anak agar terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Kalau perlu, orang tua juga bisa ikut bersama mereka membuat slime bersama-sama sambil terus mengawasi anak-anak.

  • Membersihkan Debu
Membersihkan Debu
*

Manfaat slime yang mungkin tak banyak diaplikasikan oleh orang dewasa adalah untuk membersihkan debu. Mungkin orang dewasa akan berpikir kalau slime hanya mainan anak-anak yang kenyal dan lembut.

Slime bisa digunakan untuk membersihkan debu, terutama di tempat-tempat yang susah untuk dijangkau. Misalnya slime digunakan untuk membersihkan debu pada keyboard laptop atau PC. Selain itu, slime juga bisa digunakan untuk membersihkan debu di layar televisi, laptop, komputer, dan lainnya.

Cara membersihkan debu keyboard laptop menggunakan slime yaitu dengan menaruh slime pada permukaan keyboard. Kemudian, tunggu sampai slime melentur hingga bisa menjangkau ke tempat-tempat yang susah untuk dibersihkan, lalu angkat slime kembali.

Ada beberapa cara agar slime tidak lengket ditangan saat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Cara-cara yang dijelaskan di atas bisa dicoba agar bermain slime lebih menyenangkan. Rasakan juga manfaat bermain slime yang ternyata bisa juga untuk melepaskan stres, lho!

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram