Bacaterus / Kesehatan / Inilah 10 Cara agar Mata Tidak Bengkak Setelah Menangis

Inilah 10 Cara agar Mata Tidak Bengkak Setelah Menangis

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 November 2018

Menangis adalah hal yang sangat normal dialami oleh setiap manusia, apalagi dengan sebuah tangisan maka sistem hormon dalam tubuh akan ikut stabil dan hormon stress akan berkurang dengan sendirinya. Namun, menangis akan memalukan apabila timbul bengkak di mata. Hal ini terjadi akibat jaringan kulit area kelopak mata akan menyerap air mata yang keluar secara terus menerus dan mengakibatkan bengkak.

Di samping itu, bagi laki-laki, bengkak pada mata adalah hal yang sangat memalukan dan tidak boleh terjadi. Maka itu, agar Anda bisa lebih percaya diri maka Bacaterus memberikan tips 10 cara agar mata tidak bengkak setelah menangis. Cara-cara ini bersifat alami dan dapat dilakukan di mana pun tanpa menimbulkan efek samping pada mata Anda.

10 Cara agar Mata Tidak Bengkak Setelah Menangis

1. Kompres dengan Air Es

Kompres dengan Air Es

* sumber: www.rd.com

Kompres dengan air es atau air dingin memang sudah tak asing lagi dalam mengatasi bengkak, apalagi air es dalam kesehatan mampu merileksasikan darah. Tak perlu repot melakukannya, Anda cukup membalutkan handuk yang sudah direndam di air es atau menggunakan wadah khusus seperti yang ada pada gambar. Efek dingin pada air es ini akan menghilangkan rasa gatal apabila mata sembab diakibatkan oleh alergi.

2. Mencuci Mata dengan Air Mengalir

* sumber: hariangadis.com

Metode ini sudah lama terbukti dan dipraktikkan oleh banyak orang, karena mencuci muka dengan air dingin yang mengalir akan memperlancar sirkulasi darah di daerah mata dan membuat mata lebih nyaman juga segar.

Tetapi, walaupun banyak dilakukan oleh setiap orang, tidak semua bengkak pada mata akan segera hilang dengan mencuci di air mengalir. Namun sayangnya, ada beberapa bengkak yang tak mudah hilang walau sudah dicuci dengan air mengalir, seperti bengkak karena alergi atau gigitan serangga.

3. Meletakan Kepala dengan Posisi Setengah Duduk

Meletakan Kepala dengan Posisi Setengah Duduk

* sumber: www.tribunnews.com

Posisi setengah duduk atau biasa disebut dengan semi fowler ini merupakan posisi yang cukup nyaman untuk meredakan mata bengkak akibat menangis. Hal ini dikarenakan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh, sehingga cairan yang berkumpul di sekitar mata akan lebih cepat hilang dan terserap oleh tubuh, dibandingkan pada saat posisi datar.

Selain itu, posisi setengah duduk juga membuat badan menjadi lebih rileks dan nyaman, menghilangkan stres pasca menangis, dan juga posisi yang nyaman untuk bersantai.

4. Menggunakan Mentimun

Menggunakan Mentimun

* sumber: www.eyeetiquetteoptical.ca

Siapa yang tidak mengetahui buah yang sering digunakan untuk rujak ini? Pastinya setiap orang sudah mengetahui buah yang harganya murah meriah dan muncul tanpa harus menunggu musim tertentu. Kandungan antioksidan dan Vitamin B yang cukup tinggi pada buah mentimun dapat memperlancar peredaran darah dan membantu menghilangkan mata panda.

Apalagi buah mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga lebam setelah menangis bisa segera pulih akibat proses penyerapan air pada daerah mata dengan air buah mentimun secara seimbang. Tak lupa, mentimun juga sangat berkhasiat untuk menghilangkan racun berlebih pada area sekitar mata.

5. Menggunakan Sendok

* sumber: www.wembleyclinic.co.za

Ternyata di sekitar kita banyak orang yang belum mengetahui bahwa manfaat dari sendok juga dapat menghilangkan lebam pada mata pasca menangis. Rasa dingin pada sendok mampu membuat mata menjadi lebih segar dan cara ini dapat Anda lakukan setelah menyiapkan sendok makan dan memasukan sendok tersebut ke dalam bak yang berisi es.

Setelah itu, diamkan sendok dalam rendaman es selama 10 menit dan angkat sendok tersebut. Kemudian, letakan pada bagian mata dengan cara bagian atas sendok berada melekat pada mata. Diamkan sendok selama 10 menit dan ulangi hingga mata yang lebam dapat tersamarkan.

6. Melakukan Pemijatan Ringan

Melakukan Pemijatan Ringan

* sumber: dailyvanity.sg

Pemijatan ringan atau massage pada mata ini sangat dipercaya dapat menghilangkan bengkak. Selain itu, cara yang mudah dan tanpa harus mencari alat bantu membuat pemijatan ringan pada area mata ini digemari oleh kalangan wanita.

Cara pemijatan ini cukup mudah hanya dengan kedua tangan saja. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengosok kedua telapak tangan secara bersama-sama agar efek hangat pada area tangan dapat membuat area sekitar mata lebih rileks.

Gunakan jari manis untuk memijat mata dari arah luar ke dalam, tekan bagian kelopak mata dengan lembut dan pindahkan jari ke arah luar secara bersamaan. Lakukan cara ini di pagi hari atau beberapa saat setelah menangis. Cara ini dapat dilakukan sekitar satu menit saja guna menghindari bengkak yang parah akibat kesalahan dalam proses pemijatan.

7. Samarkan dengan Make Up

* sumber: thoughtcatalog.com

Menggunakan make up bagi wanita adalah sebuah kewajiban. Untuk itu, bukan menjadi kesalahan apabila Anda menutupi lebam pada mata setelah menangis dengan menggunakan make up counter yang alami.

Make up counter dapat digunakan di bagian kelopak mata dan area sekitarnya yang mana dapat menyamarkan lebam pada mata. Gunakan teknik degradasi yang alami sehingga memunculkan mata yang sehat alami. Bagi Anda yang belum bisa menggunakan make up, maka bisa ikuti tata cara make up alami bagi pemula ini.

8. Menggunakan Teh Celup

Menggunakan Teh Celup

* sumber: www.planet%20science.com

Kantong teh ternyata dapat membantu Anda dalam menyempitkan pembuluh darah area mata. Hal ini akan mengurangi lebam pada mata. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan menempelkan kantong teh yang sudah digunakan ke bagian kelopak mata dengan cara sedikit menekannya. Letakan selama 10 menit dan lakukan beberapa kali sehari sehingga efek mata lebam akan berkurang.

9. Jangan Mengusap Mata Berlebihan

* sumber: www.nkcf.org

Anda sangat perlu menghindari mengusap mata secara berlebih, hal ini akan mengakibatkan pembengkakan pada mata. Tekanan berlebih yang ditimbulkan oleh tangan mampu membuat pembuluh darah tidak mengalirkan darah secara stabil. Untuk itu, jangan sampai mata anda bengkak akibat ulah tangan anda sendiri.

10. Oleskan Krim Mata

* sumber: stylecaster.com

Oleskan krim mata untuk mengurangi efek lebam. Biasanya, krim pada mata dapat digunakan pada malam hari. Selain untuk mengurangi bengkak pada mata, krim mata juga dapat digunakan untuk mengurangi kantong mata yang berlebih. Oleskan secara merata pada area mata dan perlu hati-hati agar tidak terkena bagian dalam mata.

Belum punya krim mata? Anda bisa cek Bukalapak di link ini dan pilih merk krim mata terbaik dan paling cocok untuk Anda.

Demikianlah 10 cara agar mata tidak bengkak setelah menangis. Lakukan beberapa tips tersebut secara rutin dan Anda bisa merasakan hasilnya. Selain untuk mengatasi bengkak pada mata akibat menangis, cara tersebut juga dapat Anda praktikkan sehari-hari untuk membuat tampilan mata Anda lebih indah dan segar.

Mata bengkak juga dapat diatasi dengan selalu istirahat teratur, pola makan sehat dengan gizi seimbang, dan menjauhi tingkat stres yang tinggi. Untuk itu, mari bagikan tips dan trik lainnya mengenai cara mengatasi mata bengkak di kolom komentar. Yuk, berbagi hal-hal positif bersama Bacaterus dan dapatkan solusi seputar permasalahan keseharaian Anda di website kami.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya seorang perawat yang punya hobby menulis, menyukai senja dan penikmat kopi putih, mari berproses bersama dalam hidup.

Leave A Comment