Bacaterus / Tidur / 9 Cara Efektif Agar Bisa Tidur Cepat dalam Hitungan Detik

9 Cara Efektif Agar Bisa Tidur Cepat dalam Hitungan Detik

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Desember 2018

Ketika badan sudah siap untuk tidur namun mata tak jua segera terpejam sering membuat orang merasa stres dan putus asa. Lebih frustasi lagi ketika besok harus bangun pagi untuk pergi kerja atau sekolah. Sulit tidur ini memang dialami oleh banyak orang. Banyak faktor yang menyebabkan orang kesulitan untuk tidur cepat, di antaranya banyak pikiran atau terlalu banyak minum kafein.

Kurang tidur dapat berakibat negatif pada beberapa bagian tubuh bahkan otak dan fungsi biologis lainnya. Lalu, bagaimana agar bisa tidur cepat dalam hitungan detik? Jangan putus asa. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tidurmu. Coba ikuti tips dari Bacaterus berikut agar masalah susah tidurmu bisa teratasi. Yuk, simak penjelasannya.

9 Cara Agar Cepat Tidur

1. Coba Metode Pernapasan 4-7-8

Coba Metode Pernapasan 4-7-8

Adalah Dr. Andrew Weil, M.D. yang memperkenalkan metode pernapasan 4-7-8. Metode ini adalah metode pernapasan sederhana namun cukup manjur digunakan untuk meningkatkan ketenangan dan relaksasi. Cara ini juga mungkin bisa membantumu merasa rileks sebelum tidur.

Metode pernapasan ini terdiri dari pola pernapasan yang dapat membuat sistem saraf menjadi rileks. Cara ini bisa dilakukan kapan saja kamu merasa stres atau cemas.

Berikut ini adalah langkah untuk melakukan pernapasan 4-7-8:

Walaupun metode ini dapat dilakukan posisi apapun, posisi yang terbaik adalah duduk dengan punggung tegak. Selama proses ini, letakkan ujung lidah di belakang gigi depan atas. Hembuskan napas melalui mulut di sekitar lidahmu; cobalah mengerutkan bibir sedikit jika ini terasa canggung.

  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut diikuti dengan mengeluarkan suara.
  • Tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung hingga hitungan empat (hitungan dilakukan dalam hati).
  • Tahan napas selama tujuh hitungan.
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut, diikuti dengan mengeluarkan suara hingga hitungan delapan.

Catatan: Lakukan tahapan pernapasan di atas sampai empat kali.

2. Turunkan Suhu Kamar

Turunkan Suhu Kamar

Apakah kamu tahu jika suhu tubuh internal merupakan bagian integral untuk mengatur jam tubuh biologis seseorang? Suhu tubuh kita berubah ketika kita tidur. Saat tidur, suhu tubuh turun sedikit. Suhu tubuh menurun sementara suhu tangan dan kaki meningkat.

Menurut Harvard Medical School, beberapa ahli percaya bahwa penurunan suhu ini membantu proses pengaturan jam biologis tersebut. National Sleep Foundation merekomendasikan suhu kamar tidur sekitar 15 hingga 23 derajat celcius, suhu yang ramah untuk tidur.

Lisa Meltzer dari National Sleep Foundation mengatakan bahwa sejuk, gelap, kamar tidur nyaman adalah kuncinya. Kegelapan memberi isyarat pada otak untuk membuat melatonin, yang memberi tahu jam internal seseorang bahwa inilah saatnya untuk tidur. Melatonin mendinginkan suhu tubuh internal kita. Suhu tersebut mencapai titik terendah antara pukul 2 dan 4 pagi.

3. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Meltzer menginstruksikan untuk menghangatkan tubuh dengan mandi air panas satu jam sebelum tidur. Lalu berpindahlah ke ruangan dengan  udara yang lebih sejuk. Proses ini akan menyebabkan suhu tubuh turun secara lebih drastis. Studi menunjukkan bahwa penurunan suhu yang cepat ini memperlambat metabolisme tubuh dengan lebih cepat dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

Menurut Meltzer mandi bisa membuat rileks. Jika kita mandi setiap malam pada waktu yang sama, akan membuat aktivitas tersebut menjadi bagian tetap dari rutinitas tidur. Saat tubuh kita mendingin setelah mandi, ini dapat membantu mengirim sinyal ke otak, memberitahukan ini waktunya tidur.

4. Sembunyikan Jam

Sembunyikan Jam

Tak berhenti berguling ke kanan dan ke kiri, berusaha untuk tidur, menyaksikan menit-menit berlalu ke arah pagi tapi kamu belum juga bisa tertidur. Apakah ini pernah kamu alami? Beberapa orang terkadang terbangun di malam hari kemudian tidak bisa terpejam lagi setelahnya. Tahukah kamu, semakin kamu kamu tatap jam, semakin stres kamu jadinya.

Mengamati jam adalah hal yang umum dilakukan oleh orang yang insomnia. Terus-menerus memeriksa jam hanya akan meningkatkan stres. Saat stres, tombol di sistem syaraf akan lebih sulit untuk dimatikan sehingga membuatmu sulit tertidur. Meltzer mengatakan bahwa dengan menatap jam terus-menerus akan menambah stres dan kekhawatiran kamu akan tidak bisa tidur.

Untuk itu, sembunyikanlah jam dari pandanganmu atau keluarkan jam dari kamarmu. Jika kamu memerlukan alarm di kamarmu, nyalakan alarm dan hindari terus-menerus menatap jam ketika kamu terbangun di tengah malam.

5. Dengarkan Musik yang Membuat Rileks

Dengarkan Musik yang Membuat Rileks

Kualitas tidur dapat meningkat secara signifikan dengan musik. Musik bahkan dapat digunakan untuk membantu memperbaiki gangguan tidur kronis seperti insomnia. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 24 orang dewasa menunjukkan bahwa musik yang menenangkan dapat mendorong mereka tidur lebih nyenyak.

Studi lain mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik, 25 peserta tidur lebih nyenyak dan lebih dalam ketika mereka diperdengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum tidur.

Menurut penelitian, musik klasik atau musik apa pun yang memiliki irama lambat 60 – 80 detak per menit dapat membantu kamu tertidur. Dalam penelitian tahun 2008, murid berusia 19 – 28 tahun diperdengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur. Hasilnya menunjukkan peningkatan kualitas tidur yang signifikan. Bonusnya, mereka juga mengalami penurunan gejala depresi.

Terakhir, jika musik yang menenangkan tidak tersedia, cobalah untuk memblokir semua kebisingan. Itu juga dapat membantu kamu untuk bisa tidur cepat dan meningkatkan tidur tanpa gangguan.

6. Jangan Naik ke Tempat Tidur Sebelum Mengantuk

Jangan Naik ke Tempat Tidur sampai Kamu Benar-Benar Merasa Ngantuk

Mencoba untuk segera tertidur pulas dengan tidur pada pukul delapan malam adalah sebuah kesalahan. Dr. Jannet Kennedy, psikolog klinik dan pendiri NYC Sleep Doctor, mengatakan bahwa jika kita tidak mengantuk, tubuh kita tidak akan tenang.

Menurut Profesor Sonia Ancoli-Israel, profesor psikiatri di University of California San Diego School of Medicine, semakin lama kamu berada di tempat tidur tidur, semakin buruk tidurmu. Tidur selama delapan jam lebih efisien dibandingkan berada di tempat tidur selama sembilan sampai sepuluh jam tambahnya.

7. Gunakan Kaos Kaki

Gunakan Kaos Kaki

Mandi bukanlah satu-satunya trik untuk bisa tidur cepat. Untuk mengoptimalkan suhu untuk tidur, keseimbangan yang ideal adalah tubuh yang lebih dingin dan kaki dan tangan yang lebih hangat menurut Profesor Ancoli-Israel.

Satu penelitian menunjukkan bahwa memakai kaus kaki dapat melebarkan pembuluh darah dan dapat membantu aliran darah sehingga dapat menghasilkan suhu yang lebih optimal untuk tertidur.

8. Matikan Semua Alat Elektronik

Matikan Semua Alat Elektronik

Menonton TV, bermain video game, menggunakan telepon seluler dan jejaring sosial dapat membuat kita lebih sulit untuk tertidur dan tetap tertidur.

Dianjurkan agar mematikan semua semua alat elektronik dan menyingkirkan ponsel juga komputer sehingga ruangan tidur menjadi tempat yang tenang dan bebas gangguan. Dengan demikian kamu bisa tertidur lebih cepat.

9. Gunakan Aroma Terapi

Cobalah Aroma Terapi

Aromaterapi biasanya menggunakan minyak esensial. Umumnya, aromaterapi digunakan oleh mereka yang sulit tidur, karena aromaterapi dapat membantu proses relaksasi.

Sebuah tinjauan sistematis dari 12 penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan aromaterapi efektif untuk meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa lavender dan mawar damask adalah aroma populer yang memiliki efek positif terhadap tidur.

Alat diffuser untuk minyak esensial atau minyak atsiri dapat digunakan untuk membantu menyebarkan aroma rileks di ruangan sehingga dapat mendorong seseorang tertidur.

Susah tidur membuat orang jadi frustrasi. Selain itu, sulit tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Apakah kamu termasuk orang yang susah tidur? Apa yang kamu lakukan jika kamu sulit tertidur? Apakah kamu melakukan salah satu tips di atas? Tapi, untuk bisa tidur lebih nyenyak, kamu bisa coba 9 Posisi Tidur yang Baik dan Benar ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar