Bacaterus / Tempat Unik / 10 Candi Terbesar di Dunia yang Paling Populer dan Megah

10 Candi Terbesar di Dunia yang Paling Populer dan Megah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Candi adalah sebuah bangunan yang dijadikan tempat peribadatan oleh pemeluk agama Hindu dan Buddha. Karena keindahan konstruksi bangunannya, keberadaan candi bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keberadaan candi-candi yang ada di seluruh dunia memang memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diketahui. Bila kamu termasuk orang yang suka traveling dan menikmati keindahan bangunan yang satu ini, kali ini Bacaterus telah merangkum beberapa candi terbesar di dunia yang populer di mata wisatawan. Berikut adalah daftarnya.

1. Candi Borobudur – Indonesia

Candi Borobudur

* sumber: www.borobudurpark.com

Candi Borobudur pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Salah satu candi kebanggaan Indonesia ini terletak di utara Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Ketenaran Candi Borobudur yang spektakuler memang sudah terdengar bahkan ke mancanegara. Banyak dari para wisatawan dunia yang menjadikan Candi Borobudur sebagai tujuan destinasi wisata mereka.

Candi Borobudur adalah candi peninggalan Buddha terbesar yang ada di dunia. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan wangsa Syailendra di abad ke-8 dan ke-9. Candi Borobudur membutuhkan waktu pembangunan sekitar 75 tahun.

Candi Borobudur sendiri terbagi menjadi tiga tingkat yang terdiri dari 2.672 papan relief dan lebih dari 5.000 patung Buddha. Tepat di tengah candi terdapat sebuah kubah setinggi 35 meter dari atas permukaan tanah.

2. Candi Angkor Wat – Kamboja

Candi Angkor Wat

* sumber: pixabay.com

Angkor Wat adalah candi yang berada di kota Angkot, Kamboja. Angkor Wat dibangun pada abad ke-12 di masa kepemimpinan Raja Suryawarman II. Berada di antara bangunan kuil yang eksotis, Angkor Wat membutuhkan waktu setidaknya 30 tahun masa pembangunannya.

Angkor Wat sendiri adalah salah satu peninggalan Hindu yang paling terkenal di wilayah dataran Angkor. Berdiri di atas tanah seluas 2 juta meter persegi, keberadaan Angkor Wat memang menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang ada di negara Kamboja.

Pada masanya, Angkor Wat digunakan sebagai pusat pemerintahan dan sebagai tempat tinggal raja. Angkor Wat yang berati “kota candi” memang banyak dikelilingi oleh candi yang memiliki keindahan dan nilai sejarah.

3. Candi Shwedagon – Myanmar

Candi Shwedagon

* sumber: commons.wikimedia.org

Shwedagon adalah bangunan candi yang berada di wilayah ibu kota Yangon, Myanmar. Shwedagon atau yang lebih dikenal dengan pagoda emas memiliki tinggi mencapai 99 meter dari permukaan tanah. Shwedagon memang terlihat begitu mencolok karena lapisan emas yang menyelimutinya.

Candi ini disebut sebagai candi tertua yang ada di Myanmar bahkan di dunia. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada antara abad ke-6 sampai ke-10 oleh etnis Mon. Namun, catatan resmi tentang hal tersebut baru disebutkan pada tahun 1485.

Pada abad ke-14, Raja Mon Binnya U mulai kembali membangun candi setinggi 18 meter. Sementara lapisan emas yang melapisi permukaan Shwedagon diketahui hadiah yang diberikan Ratu Shin Shawbu. Candi ini terlihat menakjubkan di malam hari. Sorot lampu yang menyinari candi memberi efek berkilau yang indah.

4. Candi Prambanan – Indonesia

Candi Prambanan

* sumber: www.borobudurpark.com

Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Raja Rakai Pikatan. Candi kemudian diperluas oleh Raja Balitung Maha Sambu pada masa Kerajaan Medang Mataram pada abad ke-9.

Candi Prambanan merupakan objek wisata candi di Indonesia yang kedua paling menarik setelah Candi Borobudur. Candi yang dikenal juga dengan sebutan Candi Rara Jonggrang ini merupakan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi saat liburan di Yogyakarta dan sekitarnya.

5. Candi Sri Ranganataswam – India

Candi Sri Ranganataswam

* sumber: www.wikipedia.org

Candi Sri Ranganathaswam terletak di Srirangam, India. Candi ini dibangun sebagai persembahan Dewa Wisnu. Candi Sri Ranganathaswam merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh pengunjung dan peziarah Hindu setiap tahunnya.

Berdiri di atas lahan seluas 600 ribu meter persegi, Candi Sri Ranganathaswam menjadi salah satu candi terbesar yang ada di dunia. Candi Sri Ranganathaswam sendiri memiliki ketinggian mencapai 73 meter dari atas permukaan tanah.

Candi ini diketahui menjadi salah satu candi yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Relief yang terdapat dalam Ranganathaswam menceritakan legenda dan mitologi yang ada di India.

6. Candi Bagan – Myanmar

Candi Bagan

* sumber: pixabay.com

Candi Bagan adalah salah satu peninggalan sejarah lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Bagan sendiri berdiri di atas lahan seluas 41 juta meter persegi. Dalam komplek bersejarah ini terdapat setidaknya 2.000 reruntuhan bangunan Buddha. Sebagian besar candi ini berasal dari abad ke-11 sampai abad ke-13.

Beberapa candi yang ada di wilayah itu di antaranya adalah Candi Dhammayangyi yang menjadi candi terbesar, Candi Thatbyinnyu yang menjadi candi tertinggi dan Candi Ananda yang tampak mempesona dengan keindahan bangunannya. Lokasi Candi Bagan sendiri berada dekat dengan lokasi Pagoda Shwedagon.

7. Candi Ranakpur – India

Candi Ranakpur

* sumber: commons.wikimedia.org

Candi Ranakpur yang berada daerah Udaibar, Rajasthan India adalah sebuah candi yang menarik secara arsitektur. Candi Ranakpur terbuat dari batuan marmer yang membuat bangunan bersejarah ini terlihat sangat anggun dan eksotis. Candi Ranakpur ditopang oleh 1.444 pilar yang diukir sangat menarik. Candi ini dibangun pada abad ke-15.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari candi terbesar ini adalah warna pilar yang akan terus berubah seiring dengan pergeseran matahari. Selain itu, terdapat peninggalan sejarah yang memiliki pesona luar biasa, yaitu Patung Tirthankara yang menarik perhatian para wisatawan.

8. Candi Paro Taktsang – Bhutan

Candi Paro Taktsang

* sumber: www.wikipedia.org

Paro Taktsang atau Tiger’s Nest Monastery adalah sebuah Candi Buddha yang dibangun pada tahun 1692 di Himalaya. Candi ini terletak di tebing bagian atas Lembah Paro, Bhutan.

Paro Taksang atau yang dikenal juga sebagai Biara Taktsang Palphug memang memiliki sejarah tentang penyebaran agama Budhha di Bhutan pada abad ke-18 yang dibawa seorang guru bernama Padmasambhava.

Konon, Guru Padmasambhava pernah bermeditasi selama tiga bulan di gua Taktsang Senge Samsup. Candi yang dikenal juga dengan Sarang Harimau ini memang cukup tenang dengan pemandangan lembah yang spektakuler. Bagi para wisatawan yang ingin merasakan ketenangan bisa mencoba berkunjung ke candi yang satu ini.

9. Candi Jetavanaramaya – Sri Lanka

Candi Jetavanaramaya

* sumber: commons.wikimedia.org

Jetavanaramaya adalah candi umat Buhdha yang berdiri di kawasan Anuradhapura, Sri Lanka. Candi ini menjadi salah satu candi terbesar yang ada di dunia. Bangunan ini dibangun menggunakan sekitar 93,3 juta batu bata dan memiliki ketinggian sekitar 122 meter.

Bangunan ini didirikan pada masa pimpinan Raja Mahasena pada abad ke-3. Candi Jetavanamaraya ini membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk bisa berdiri. Salah satu candi yang menjadi objek wisata populer di negara beribu kota Colombo ini memang cukup unik.

10. Candi Wat Rhong Khun – Thailand

Candi Wat Rhong Khun

* sumber: commons.wikimedia.org

Wat Rong Khun adalah candi yang berada wilayah Chiang Rai, Thailand. Bangunan berwarna putih ini adalah candi Buddha yang dibangun oleh pihak swasta bernama Chalermchai Kositpipat. Candi ini memang terbilang cukup baru dibangun. Tempat ini mulai resmi dibuka pada tahun 1997 dan menjadi salah satu objek wisata yang ikonik di Thailand.

Selain sebagai tempat ibadah umat Buddha, tempat ini juga biasa digunakan sebagai tempat pameran kesenian. Memiliki struktur bangunan yang indah dengan didominasi warna putih yang indah, Wat Rhong Khun memang menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Thailand.

Nah, itulah beberapa candi terbesar di dunia yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Di Indonesia sendiri masih banyak candi-candi spektakuler lainnya yang tersebar di sejumlah daerah, baik yang berafiliasi dengan agama Hindu maupun Buddha.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *