Bacaterus / Tepung / 10 Camilan Manis dari Tepung Terigu yang Paling Enak

10 Camilan Manis dari Tepung Terigu yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2019

Tepung terigu merupakan bahan makanan yang sering dipakai. Banyak sudah jenis makanan yang tercipta dari bahan dasar satu ini. Camilan manis adalah salah satu di antaranya. Terdapat camilan manis yang dibuat dari tepung terigu yang enak rasanya.

Beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Sejumlah rekomendasi itu bisa kamu simak di bawah ini.

1. Kue Apem

Kue Apem (Copy)

Kamu pasti tahu kalau ini adalah salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kamu bisa menemukan kue ini, baik dari pedagang keliling maupun dari pedagang kue di pasar. Meski populer dan dianggap sebagai salah satu kue khas Indonesia, kue ini rupanya bukan murni dari Indonesia.

Kue Apem sebetulnya berasal dari India dan dibawa oleh Ki Ageng Gribig ke Indonesia. Saat itu, Ki Ageng yang baru pulang dari Tanah Suci membawa tiga buah makanan, di mana salah satunya adalah Kue Apem.

Sayangnya, kue Apem yang dibawanya itu terlalu sedikit untuk dibagikan ke semua tetangganya. Akhirnya, Ki Ageng pun menyuruh sang istri untuk membuat ulang kue tersebut dan setelahnya dibagikan ke orang-orang.

2. Nastar

Nastar (Copy)

Kalau kue satu ini sangat familiar di telingamu, dan sering muncul saat Idul Fitri tiba. Ciri khas kue ini adalah bentuknya yang bulat kecil, berwarna kuning, memiliki taburan keju di atasnya, serta memiliki isian berupa nanas.

Kadangkala, bagian atas kue ini diberi hiasan berupa cengkeh. Menurut sejarah, kue ini ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Nama nastar sendiri merupakan singkatan dari dua kata bahasa Belanda, yaitu: Ananasi (nanas), dan Taartitartipie (kue tart).

3. Bakpao Manis

Bakpao Manis (Copy)

Bakpao merupakan olahan tepung terigu sekaligus salah satu kuliner warisan kebudayaan Tiongkok. Makanan ini memiliki ciri khas berupa bentuknya yang bulat kecil, serta warnanya yang keputihan. Bakpao sendiri umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu: bakpau asin dan bakpau manis.

Khusus untuk bakpao manis, jenis bakpao ini punya banyak varian. Terutama, dari segi isiannya. Beberapa varian bakpao manis sendiri adalah bakpao manis kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, dan kelapa.

4. Kue Chiffon

Kue Chiffon (Copy)

Kue Chiffon adalah sebuah kue yang sering menjadi alternatif kue ulang tahun. Selain kue tart dan black forest. Cara membuat kue ini dimulai dari mengayak tepung terigu, lalu mencampurkannya dengan sejumlah bahan, seperti gula, baking powder, dan sebagainya.

Kue Chiffon umumnya berwarna cokelat muda di bagian luarnya, dan berwarna kekuningan di bagian dalamnya. Di Indonesia, kue ini sudah tersedia dalam berbagai rasa. Mulai dari rasa pandan, hingga rasa keju.

5. Donat

Donat (Copy)

Camilan manis dari tepung terigu ini memanglah bukan asli Indonesia. Namun, camilan ini kian populer dari bisa ditemukan di mana pun. Mulai dari pedagang kaki lima hingga kafe. Donat sendiri terbuat dari tepung terigu yang dicampur sejumlah bahan, dibentuk bulat dan diberi bolong di bagian tengah, serta digoreng.

Bagian atas makanan ini biasanya bakal diberi topping yang manis. Topping manis yang sering dipakai pada makanan ini adalah meses cokelat, gula, dan selai. Dari segi bentuk, donat mengalami perkembangan seiring waktu berjalan.

Kini, donat tak hanya berbentuk bulat semata. Ada pula donat berbentuk kuku beruang, berbentuk persegi panjang, hingga berbentuk seperti tali berpilin.

6. Kue Cubit

Kue Cubit (Copy)

Camilan ini merupakan kue basah yang dulu sempat ngehits di Bandung. Kue ini dibuat dari campuran tepung terigu dan susu, serta bahan-bahan lainnya. Campuran bahan tersebut lantas dimasak ke dalam sebuah cetakan baja berbentuk bulat.

Ada dua cara menyantap kue ini. Pertama, dengan memakai tangan secara langsung. Dan yang kedua, dengan menggunakan sumpit. Kue ini memiliki varian rasa yang beragam. Mulai dari rasa cokelat, kecu, hingga green tea dan red velvet.

7. Martabak Manis

Martabak Manis (Copy)

Martabak manis merupakan salah satu jenis martabak. Salah satu camilan dari tepung yang amat populer di Indonesia. Pada makanan ini, tepung terigu sebagai bahan dasar bakal dijadikan adonan bersama bahan-bahan lainnya, seperti telur, gula pasir, baking powder, susu bubuk, dan air.

Adonan itu lantas dimasukkan ke atas teflon yang dipanasi dengan api kecil. Teflon lantas digoyang-goyangkan agar adonan tersebut merata dan menempel ke seluruh permukaan teflon. Angkat adonan bila bagian tengahnya sudah menggelembung.

Bila sudah begitu, bagian permukaan adonan bakal diberi mentega beserta topping bercita rasa manis. Topping yang dipakai sendiri bisa beragam. Mulai dari yang klasik semisal cokelat kacang, hingga yang kekinian seperti red velvet dan durian.

8. Churros

Churros (Copy)

Churros merupakan camilan berbahan tepung terigu yang berasal dari Spanyol. Selain di Spanyol, makanan ini juga bisa ditemukan di Portugal, beberapa negara Amerika Latin, serta di Meksiko dan Filipina. Makanan ini memiliki bentuk panjang dan disantap dengan cara dicocol ke saus cokelat.

Tak perlu jauh-jauh ke Spanyol atau negara lainnya untuk menikmati camilan manis ini. Kamu pun juga bisa menikmatinya di Indonesia, khususnya Jakarta. Di Jakarta, kamu bisa menyantap Churros di D’Churros yang ada di Jalan Prof. DR. Satrio Blok Buntu No. 1, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

9. Lapis Legit

Lapis Legit (Copy)

Camilan ini merupakan kue yang resepnya diadopsi dari salah satu kue Belanda, Spekkoek. Lapis legit dibuat dari tepung terigu, kuning telur, mentega, dan gula. Adonan pada kue ini nantinya akan dimasukkan ke dalam loyang berbentuk persegi sebanyak 18 lapis atau lebih.

Umumnya, kue ini disantap sebagai teman minum teh atau kopi. Namun, untuk etnis Tionghoa, kue ini biasanya disajikan secara khusus sebagai salah satu santapan di Tahun Baru Imlek. Lapis legit sendiri kini mulai berkembang dan memiliki banyak varian.

Beberapa varian tersebut adalah maksuba, lapis legit Bangka, dan legit gulung. Varian rasanya pun tak kalah beragam yaitu mulai dari rasa original, cokelat, pandan, hingga rasa keju.

10. Kue Ulat

Kue Ulat (Copy)

Boleh dibilang kalau ini camilan dari tepung terigu yang paling unik di artikel ini. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk dan warna seperti ulat. Bahan dasarnya sendiri adalah tepung terigu, mentega, susu kental manis, dan choco chips.

Kue ini kini dikenal sebagai salah satu alternatif kue lebaran. Jadi, kalau kamu bosan dengan kue lebaran yang itu-itu saja, kamu bisa menjadikan kue ulat sebagai kue lebaranmu nanti. Kamu bisa membeli kue ini di toko kue, atau bahkan bikin sendiri di rumah.

Camilan manis merupakan makanan yang bisa dibuat dari tepung terigu. Sepuluh camilan manis di atas adalah beberapa contoh di antaranya. Di antara semua camilan manis yang ada di artikel ini, mana yang merupakan camilan kesukaanmu? Yuk beritahu kami via kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar