Bacaterus / Cabe / Pecinta Pedas, Berani Coba 10 Cabe Terpedas di Dunia Ini?

Pecinta Pedas, Berani Coba 10 Cabe Terpedas di Dunia Ini?

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2019

Indonesia adalah Negara yang terkenal dengan berbagai jenis sambal, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal ijo, sambal matah, sambal teri, sampai dengan sambal roa. Sudah bukan rahasia lagi jika sebagian masyarakat Indonesia memang menggemari makanan pedas. Bahkan, ada statement yang menyatakan, “Nggak bisa makan kalau tidak pakai sambal.

Apakah Anda termasuk seorang yang gemar menyantap makanan pedas? Jika ya, berapa banyak cabe rawit yang digunakan pada sambal yang Anda makan? Tahukah Anda bahwa sebenarnya cabe rawit hanya memiliki tingkat kepedasan 100.000 – 225.000 SHU (Scoville Heat Unit)?

Jika ditelusuri lebih dalam, masih ada jenis cabe lainnya yang tingkat kepedasannya melebihi cabe rawit. Nah, bagi Anda yang suka menyantap makanan pedas, silakan coba 10 cabe terpedas di dunia yang berhasil dirangkum oleh Bacaterus ini.

10 Cabe Terpedas di Dunia

1. Carolina Reaper

Carolina Reaper Cabe Terpedas di Dunia

Jangan ngaku pecinta pedas kalau Anda belum memiliki nyali untuk mencoba cabe terpedas di dunia ini. Adalah Caroline Reaper yang diklaim sebagai cabe paling pedas di dunia oleh Guinness World Records pada tahun 2013. Cabe yang berasal dari Rock Hill, Carolina Selatan, Amerika Serikat ini memiliki kepedasan yang benar-benar tiada duanya.

Jenis cabe ini adalah hasil persilangan antara cabe Red Habanero dan Ghost Pepper atau yang juga dikenal dengan nama Bhut Jolokia. Bukti bahwa Carolina Reaper adalah cabe yang kepedasannya tidak masuk akal adalah skala scoville-nya yang mencapai angka 1.400.000 – 2.200.000 SHU.

2. Trinidad Moruga Scorpion

Trinidad Moruga Scorpion

Sebelum Carolina Reaper ditemukan, Trinidad Moruga Scorpion memegang gelar sebagai cabe terpedas di dunia. Jika dilihat sekilas, bentuk cabe ini nampak seperti paprika merah bantet dan kulitnya juga keriput. Namun, tak ada yang menyangka bahwa kepedasan cabe ini bisa membuat Anda menangis.

Konon, jika Anda ingin memasak cabe ini maka Anda harus menggunakan sarung tangan karena cabe ini sangat panas jika terkena kulit. Trinidad Moruga Scorpion adalah cabe asli dari Moruga, Trinidad, dan Tobago. Tingkat kepedasan dari cabe ini mencapai 1.200.000 – 2.000.000 SHU.

3. Naga Vipper

Naga Vipper

Naga Vipper adalah hasil persilangan dari tiga jenis cabe terpedas di dunia, yakni Bhut Jolokia, Naga Morich, dan Trinidad Moruga Scorpion. Jenis cabe ini pertama kali dibudidayakan di Cumbria, Inggris oleh seorang petani cabe bernama Gerald Fowler.

Kedahsyatan cabe ini baru dirasakan ketika Anda menelan cabe ini sampai perut. Pada awalnya, rasa pedas saat menggigit cabe ini mungkin tidak terlalu menyengat di dalam mulut. Namun, ketika sampai di perut, Anda bisa merasakan sensasi perut terbakar selama 1 jam.

Bahkan, jika sistem pencernaan Anda tidak kuat menahan kepedasan cabe ini, maka organ pencernaan Anda bisa luka. Skala scoville untuk Naga Vipper adalah 1.382.111 SHU.

4. Infinity Chilli

Infinity Chilli

Diberi nama Infinity Chilli karena memang cabe ini memiliki kepedasan yang tak terhingga. Jika biasanya rasa pedas cabe bertahan selama beberapa menit dan akan hilang jika kita minum, tidak demikian ketika Anda menyantap cabe ini. Sensasi pedasnya bertahan lebih lama di mulut.

Penemuan cabe ini berdasarkan perkawinan silang antara beberapa jenis cabe yang dilakukan oleh Nick Woods, seorang petani cabe yang berasal dari Grantham, Lincolnshire, Inggris. Infinity Chilli akan memberikan efek pedas belakangan. Tenggorokan Anda akan merasakan sensasi panas yang awet setelah menyantap cabe dengan tingkat kepedasan 1.382.118 SHU ini.

5. 7 Pot Primo

7 Pot Primo

Meskipun tampilannya seperti cabe yang sudah membusuk, 7 Pot Primo ini memang memiliki kulit yang keriput. Namun, sejatinya cabe tersebut masih segar dan masih layak untuk dikonsumsi.

Bentuk 7 Pot Primo sangat unik karena badannya terlihat gemuk tetapi ekornya runcing seperti cabe rawit. Dengan bentuk seperti ini, cabe tersebut semakin terlihat “mengerikan.” Skala scoville untuk 7 Pot Primo adalah 800.000 – 1.268.250 SHU.

6. Ghost Pepper (Bhut Jolokia)

Ghost Pepper

Dinamakan sebagai Ghost Pepper atau cabe setan karena pedasnya cabe ini bikin Anda seperti “kesetanan.” Di tahun 2011, Ghost Pepper sempat menjadi cabe yang paling pedas di dunia. Namun, di tahun 2012 kedudukannya digantikan oleh Trinidad Moruga Scorpion.

Asal usul cabe ini ternyata dari timur laut India (Assam, Nagaland, dan Manipur). Penduduk Assam percaya bahwa memakan Bhut Jolokia dapat mengurangi risiko penyakit rematik, kanker, dan osteoporosis. Bahkan, cabe setan ini digadang-gadang dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Apakah Anda berani mencoba cabe setan yang level pedasnya berada di angka 855.000 – 1.041.427 SHU ini?

7. Chocolate Habanero

Chocolate Habanero

Melihat tampilannya, cabe ini memang nampak seperti buah kurma. Bahkan, banyak yang mengira bahwa Chocolate Habanero ini tidak terlalu pedas karena warna kulitnya cokelat. Berbeda dengan sejumlah cabe terpedas di dunia lainnya yang memiliki kulit berwarna merah. Jangan terlena dengan tampilan Chocolate Habanero karena cabe ini bisa membuat lidah Anda terasa seperti terbakar.

Cabe yang satu ini benar-benar pedas, bahkan rasa pedasnya masih terasa menyengat meskipun cabe ini sudah diolah menjadi saus sambal. Cabe yang juga dikenal dengan nama kongo hitam ini biasa dimanfaatkan masyarakat Meksiko untuk membuat saus Mole. Rasa pedas dari Chocolate Habanero berasal dari tingkat kepedasannya yang mencapai 425.000 – 577.000 SHU.

8. Red Savina Habanero

Red Savina Habanero

Red Savina Habanero sempat dinobatkan sebagai cabe yang paling pedas di seluruh penjuru dunia mulai tahun 1994 sampai dengan 2007. Sekilas bentuknya mirip dengan Carolina Reaper karena cabe terpedas tersebut memang hasil persilangan dari Red Savina Habanero dengan Ghost Pepper.

Untuk membuat saus sambal yang paling pedas, Anda hanya membutuhkan 1 gram Red Savina Habanero ini. Wah, nggak kebayang bagaimana pedasnya, ya? Ada yang bilang bahwa menggigit cabe ini bisa membuat Anda merasakan sensasi seperti bungee jumping karena pedasnya memang bikin meronta-ronta. Skala scoville dari Red Savina Habanero adalah 350.000 – 577.000 SHU.

9. Scotch Bonnet

Scotch Bonnet

Jangan salah kira karena ini bukan paprika mini. Paprika memiliki rasa pedas yang tidak terlalu terasa, sementara Scotch Bonnet memberikan rasa pedas yang membuat Anda merem melek. Cabe jenis ini lebih banyak ditemukan di Kepulauan Karibia dan beberapa negara di Afrika Barat atau Amerika Serikat.

Banyak yang mengatakan bahwa satu gigitan cabe Scotch Bonnet bisa membuat Anda mengeluarkan air mata. Maklum saja, skala scoville cabe ini adalah 100.000 – 400.000 SHU.

10. Bird’s Eye Chilli (Cabe Rawit)

Bird’s Eye Chilli

Di antara jajaran cabe terpedas di dunia, ternyata Bird’s Eye Chilli atau yang lebih akrab dikenal sebagai cabe rawit memiliki skala scoville yang paling rendah, yakni 100.000 – 225.000 SHU. Berbahagialah kita yang bisa memperoleh cabe rawit dengan mudah di Indonesia.

Dengan tingkat kepedasan tersebut, kita bisa langsung menggigit cabe rawit ketika sedang makan gorengan. Bahkan, kita bisa langsung membuat sambal dengan beberapa buah cabe rawit tanpa ditambahkan tomat.

Bagaimana dengan kesepuluh cabe terpedas di dunia ini? Jika lidah Anda sudah bisa menerima pedasnya cabe rawit, mungkin Anda bisa mencoba tantangan lain dengan mencoba 9 cabe lainnya yang kami sebutkan di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar