bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Burung Tercantik di Dunia yang Keindahannya Mempesona

10 Burung Tercantik di Dunia yang Keindahannya Mempesona

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 5 Februari 2021

Burung adalah salah satu hewan yang terdiri dari berbagai genus serta spesies yang mengagumkan. Berbagai spesies burung yang tersebar di belahan dunia memiliki keunikan tersendiri, mulai dari suara, bentuk, hingga warna dan corak bulu yang dimilikinya.

Nah, kali ini Bacaterus akan membahas beberapa spesies burung tercantik di dunia yang bisa mempesona siapa saja yang melihatnya. Selain karena bentuknya yang unik, warna bulu yang dimiliki oleh burung-burung ini membuat penampilannya semakin menarik. Jenis burung apa saja yang masuk ke dalam daftar? Berikut adalah ulasannya.

1. Hoopoe (Hudhud)

* sumber: 1freewallpapers.com

Salah satu burung yang termasuk ke dalam daftar burung tercantik di dunia adalah hoopoe atau dikenal juga dengan nama hudhud. Burung bernama ilmiah Upupa epops ini banyak ditemukan di wilayah benua Afrika, Eropa, dan Asia.

Burung hudhud sendiri memiliki karakteristik warna kekuningan dengan ujung sayap serta ekor bercorak hitam dan putih. Burung ini diketahui memiliki paruh yang panjang serta memiliki mahkota pada bagian kepalanya yang indah. Nah, burung hud-hud sendiri menjadi salah satu hewan yang namanya diabadikan dalam kitab suci Al-Qur'an.

2. Peacock (Merak Jantan)

* sumber: en.m.wikipedia.org

Merak adalah salah satu jenis burung yang cukup populer di dunia. Burung ini dikenal karena memiliki warna serta corak ekor yang indah ketika mengembang. Merak sendiri merupakan spesies burung yang masuk ke dalam genus Pavo dan Aropavo.

Burung merak sendiri diketahui memiliki 3 spesies yang terdiri dari merak biru atau merak india (Pavo cristatus), merak hijau atau merak jawa (Pavo muticus), dan merak kongo (Afropavo congensis).

Selain dapat menarik perhatian merak betina, keindahan ekor dari burung ini dapat membuat orang yang melihat kagum dan terpesona. Tidak heran bila burung ini menjadi satu dari sekian banyak spesies burung tercantik di dunia.

3. Cendrawasih (Bird of Paradise)

* sumber: alvinoalvonso.blogspot.com

Berikutnya ada burung cendrawasih atau dikenal luas oleh masyarakat dunia sebagai bird of paradise atau burung dari surga. Julukan tersebut memang cukup pantas disematkan pada burung ini. Selain karena bentuknya yang menawan, warna bulu yang dimiliki oleh burung ini pun terlihat sangat indah dan mempesona.

Cendrawasih sendiri memiliki beragam spesies yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan warna bulunya. Burung ini biasa ditemukan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia bagian timur, Papua Nugini, dan juga Australia bagian timur

4. Golden Pheasent

* sumber: id.m.wikipedia.org

Nah, selanjutnya ada golden pheasent. Burung yang bernama ilmiah Chrysolophus pictus ini berasal dari daratan China. Burung ini ini termasuk ke dalam daftar sebagai burung tercantik yang ada di dunia. Masyarakat sendiri mengenal jenis burung ini sebagai burung pelangi.

Hal tersebut disebabkan karena bulu pada burung ini memiliki gradasi warna yang cukup bervariasi dan indah mulai dari bagian kepalanya yang berwarna kuning keemasan hingga bagian tubuhnya yang memiliki perpaduan warna yang terang seperti merah, kuning, dan biru.

5. Flamingo

* sumber: en.m.wikipedia.org

Flamingo adalah spesies burung berkaki jenjang yang dikenal karena keunikannya. Selain memiliki penampilan yang menawan, corak bulunya kerap menjadi perhatian. Flamingo sendiri berasal dari genus Phoenicopterus serta bagian dari keluarga Phoenicopteridae.

Burung ini biasa ditemukan di berbagai negara yang ada di belahan Bumi bagian barat dan timur. Di dunia sendiri terdapat 6 spesies flamingo, di mana 4 spesies bisa ditemukan di benua Amerika, sementara 2 spesies lainnya bisa ditemukan di benua Afrika, Eropa Selatan, Timur Tengah, hingga bagian barat daya India.

6. The Kill-billed Toucan

* sumber: en.m.wikipedia.org

The kill-billed toucan bernama ilmiah Ramphastos sulfuratus. Masyarakat dunia sendiri dikenal sebagai toucan berparuh pelangi karena bentuk paruhnya yang unik dan memiliki warna yang cukup beragam. Hal inilah yang membuatnya dinobatkan sebagai burung tercantik di dunia.

Burung ini biasa ditemukan di hutan tropis Meksiko selatan hingga Kolombia. Nah, the kill-billed toucan sendiri termasuk ke dalam burung omnivora, di mana mereka sangat suka memakan buah, biji-bijian, serangga, kadal, ular, dan telur burung yang berukuran kecil.

7. Puffin Atlantik

* sumber: id.m.wikipedia.org

Puffin atlantik adalah spesies burung tercantik yang kerap dijuluki sebagai ‘beo laut’. Burung bernama ilmiah Fratercula arctica ini dikenal memiliki karakteristik tubuh berukuran mungil dengan paruh yang besar dan berwarna merah dan hitam. Burung ini memiliki mahkota serta bercak abu-abu pada bagian pipi dan berwarna putih pada bagian bawah.

Salah satu yang membuat burung ini menarik adalah kemampuanya berganti kulit saat berada di laut pada musim dingin dan berubah warna kembali selama musim semi. Burung ini biasa ditemukan di sepanjang pantai yang berada di kawasan Amerika Utara dan Kanada timur.

8. Blue Jay

* sumber: en.m.wikipedia.org

Predikat sebagai burung tercantik di dunia selanjutnya dipegang oleh burung blue jay. Pemilik nama ilmiah Cyanocitta cristata ini dikenal dengan karakteristiknya tubuhnya yang unik.

Blue jay termasuk ke dalam keluarga burung gagak, burung magpie serta burung raven di mana burung ini memiliki jambul pada bagian kepalanya. Burung ini memiliki ukuran tubuh kecil dengan warna bulu berwarna biru terang. Jenis burung ini biasa ditemukan di wilayah Amerika Serikat serta Kanada.

9. Bohemian Waxwing

* sumber: commons.m.wikimedia.org

Bombycilla garrulus atau bohemian waxwing adalah spesies burung pengicau yang banyak ditemukan di wilayah hutan utara Paleartik dan Amerika Utara. Burung ini memiliki karakteristik bulu berwarna abu-abu dengan tanda wajah berwarna hitam yang meruncing ke atas.

Sayap burung ini memiliki corak berwarna putih dan kuning cerah. Bohemian waxwing sendiri menjadi salah satu burung tercantik yang ada di dunia karena bentuk serta warna bulunya yang menarik.

10. Scarlet Macaw

* sumber: commons.m.wikimedia.org

Nah, burung lainnya yang dikenal juga sebagai burung tercantik di dunia adalah scarlet macaw. Burung ini adalah salah satu dari spesies yang masuk dalam keluarga burung beo besar neotropis. Burung ini biasanya hidup di hutan tropis di Amerika Selatan dan Tengah.

Scarlet macaw cukup terkenal karena memiliki warna bulu yang berwarna-warni. Burung ini memiliki karakteristik tubuh berwarna merah dan biru pada bagian punggung. Sementara di bagian sayapnya sendiri terdapat warna kuning yang berpadu indah dengan warna merah dan biru pada sayapnya.

Demikianlah bahasan mengenai 10 burung tercantik di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Keindahan burung-burung di atas menjadi salah satu bukti ciptaan Tuhan yang luar biasa. Nah, menurut kamu burung mana yang paling menarik? Jangan lupa cek juga bahasan mengenai burung terbesar di dunia hanya di Bacaterus.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram