Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / 10 Tempat Makan Burger Enak di Bandung yang Bikin Nagih

10 Tempat Makan Burger Enak di Bandung yang Bikin Nagih

Siapa yang tak kenal burger? Hamburger—atau sering disingkat jadi burger—adalah makanan yang dibuat dari roti bundar berisi patty (biasanya dari daging sapi), selada, tomat, bawang bombai, saus sambal & tomat, mayones, dan mustard.

Tapi, semakin berkembangnya zaman, patty burger ada yang dibuat dari daging domba, babi, ikan, dan yang paling populer setelah patty sapi adalah ayam. Isian burger juga sekarang tambah bervariasi. Ada yang menambahkan pickle alias asinan, sosis, ham, hingga keju cheddar, dan melted mozarella cheese.

Tahukah Anda burger berasal dari mana? Banyak yang mengira kalau burger datang dari Negeri Paman Sam, Amerika. Akan tetapi, hamburger sebenarnya merupakan singkatan dari “makanan yang berasal dari Hamburg”.

Hamburg sendiri berada di Jerman. Jadi, asal-muasal hamburger itu dari Jerman, ya. Tapi, memang banyak penduduk Hamburg yang bermigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan hamburger di sana.

Tadi sekilas mengenai sejarah burger. Di Indonesia sendiri banyak yang menyukai burger. Biasanya burger disantap sebagai menu makan siang yang praktis karena waktu istirahat kuliah atau kerja yang singkat.

Burger juga sering dipilih sebagai snack ketika kelaparan pada malam hari. Di Bandung sendiri ada cukup banyak gerai penjajak burger. Bacaterus telah mengumpulkan 10 restoran dan tempat makan burger enak di Bandung. Berikut di antaranya.

10 Tempat Makan Burger Enak di Bandung

1. Burger King

Burger King burger enak di Bandung

* sumber: anakjajan.com

Semua orang pasti tahu Burger King, lah yaw~ Franchise makanan cepat saji ini memiliki cabang di seluruh belahan dunia, salah satunya di negeri kita tercinta ini. Seperti namanya, Burger King menyediakan aneka burger. Akan tetapi, di sini juga ada macam-macam kentang goreng, milkshake, dan menu sarapan.

Harga burger di Burger King juga cukup terjangkau buat uang saku anak sekolahan dan kuliahan. Misalnya, Burger King sering mengadakan paket combo 2 burger Jumbo yang ukurannya bahkan lebih besar dari telapak tangan orang dewasa + 2 fries + dan 2 Coke dengan harga Rp 90.000. Dan kalau Anda mau beli paket satuan, harganya cuma sekitar Rp 30.000/porsi.

Orang-orang membandingkan burger milik Burger King dengan McD, dan banyak yang mengatakan kalau Burger King lebih juara. Pasalnya, roti Burger King lebih padat, berserat, dan lebih besar daripada restoran lainnya. Sayuran seperti selada, bawang bombai, dan tomat yang digunakan Burger King juga sangat fresh. Jangan lupakan acar yang merupakan esensial penting dalam burger.

Cabang Burger King di Bandung cukup banyak, dicatat, ya:

  • Burger King PVJ, Paris Van Java Mall, Jalan Sukajadi no. 131-139, Cipedes, Sukajadi.
  • Burger King BEC Mall, Bandung Electionic Centre, Lantai Dasar gedung baru (BEC 2), Jalan Purnawarman no. 7, Babakan Ciamis, Sumur Bandung.
  • Burger King Buah Batu, Jalan Buah Batu no. 163, Turangga, Lengkong.
  • Burger King Ciwalk Mall, Cihampelas Walk, Lantai GF 01, Jalan Cihampelas no. 160, Cipaganti, Coblong.
  • Burger King 23 Paskal Mall, Jalan Kebon Jati no. 188, Kb. Jeruk, Andir.
  • Burger King BIP Mall, Bandung Indah Plaza, Food Court, Jalan Merdeka no. 56, Citarum, Bandung Wetan.
  • Burger King TSM, Trans Studio Mall, Jalan Jendral Gatot Subroto no. 289, Cibangkong, Batununggal.

2. Brother Jonn & Sons

Rekomendasi burger enak di Bandung yang ke-2 ada Brother Jonn & Sons. Berbeda dengan Burger King, restoran ini berupa food truck yang super imut banget! Mobil restoran ini berwarna biru langit lengkap dengan kursi yang berwarna biru langit dan kuning cerah juga.

Tapi, bukan karena tempatnya lucu saja, orang-orang datang ke Brother Jonn & Sons karena jatuh cinta pada burgernya. Di sini terkenal dengan topping yang super banyak dan burgernya yang berukuran besar. Terus, patty-nya juicy, tebal, dan enak banget. Pantas saja, soalnya Brother Jonn & Sons merupakan anak perusahaan dari Suis Butcher, salah satu restoran steak terbaik di Bandung.

Seru banget makan burger di Brother Jonn & Sons. Area outdoor dipadu dengan cuaca dan pemandangan khas Ciumbuileuit yang indah membuat Anda merasa sedang piknik sambil makan burger. Nuansa retro dan vintage-nya bagus banget buat foto-foto terus di-upload ke Instagram.

Beberapa menu yang enak di Brother Jonn & Sons ada “The Boss of the Bun” (IDR 55K) yang terdiri dari classic buns, beef patty, beetroot relish, onion rings, keju, selada, beef bacon, sunny side up, dan smoky bbq sauce. Para pecinta keju wajib pesan “Cheez Booster” (IDR 40K), perpaduan antara buns, beef patty, ayam, keju, dan cheese snack. Lumerrrr di mulut!

Kalau Anda vegetarian, pilihlah menu “Herbs Fully Loaded” (IDR 35K) yang terdiri dari roti, veggie patty, mango salsa, dan coleslaw (salad kol seperti HokBen). Selain burger, di Brother Jonn & Sons juga ada Corn Dog (IDR 27K) dan seporsinya isi dua. Food truck ini terletak di Jalan Ciumbuleuit no. 107, Hegarmanah. Mereka buka setiap hari di atas jam 3 sore.

3. Wingman Wings & Burger

Sebenarnya Wingman Wings & Burger lebih dikenal karena sayap ayamnya, tapi burgernya juga enak, dong! Makanya, restoran ini jadi terkenal banget juga. Restoran ini memiliki ruangan yang cukup luas dengan dua lantai.

Tempatnya nyaman buat ngumpul-ngumpul bersama teman, bahkan ada colokan di mana-mana dan free WiFi, makanya banyak juga mahasiswa yang nongki di sini sambil mengerjakan tugas.

Menu andalan restoran ini adalah Parade Wings (IDR 184K) yang merupakan 40 sayap ayam goreng dengan 4 pilihan saus. Lalu, untuk menu burgernya ada Wingman Cheese Burger (IDR 36.5K), Wingman Beef Bacon, Burger Saus Mangga, Wingman Double Cheese Burger, dan masih banyak lagi.

Serunya, Anda bisa memilih saus yang Anda inginkan. Tersedia 7 macam saus, yaitu saus Krakatau Heat (pedas, asam, manis), Asian Zing (Asian spicy blend), Orleans Cajun (spicy mild & savory), Chipotle Rub (spicy smoke & savory), Garlic Butter Parm (asin & gurih), Barbeque Man (saus barbeque), dan terakhir ada Manggo Mayo (manis & asam).

Daripada penasaran, langsung saja datang ke markas Wingman Wings & Burger di Jalan Dipatiukur no. 26B, Lebakgede, Coblong. Restoran ini bersebelahan dengan pool travel Jackal’s Holiday Dipatiukur, ya. Nomor telepon yang dapat dihubungi adalah (022) 20453358 dan WhatsApp 081223900707.

4. Wild Grass

Wild Grass adalah restoran dengan tema semi-outdoor yang kekinian banget. Lokasi Wild Grass ada di daerah Ciumbuleuit dekat dengan Miss Bee Providore. Wild Grass menyajikan banyak menu Barat, especially burger yang menjadi signature dish mereka.

Pesanlah “Ultimate Burger”, yaitu homemade beef patty yang juicy banget disajikan dengan Deep Fried Crispy Orange Cheddar, Grilled Pineapple, Selada, Jamur, dan Toasted Chili Mayo Burger Bun.

Harga seporsi burger ini adalah IDR 65K. Menurut semua orang yang telah mencobanya, Ultimate Burger Wild Grass adalah yang terbaik. Patty-nya juicy dan crispy orange cheddar-nya sangat enak. Wild Grass Resto terletak di Jalan Gunung Kareumbi no. 10, Ciumbuleuit, Cidadap.

5. Sonoma Resto

Sonoma Resto terkenal karena porsi Jumbonya. Restoran ini juga sering menjadi pilihan para milenial nongkrong dan nge-date karena suasananya yang homey namun classy. Nama Sonoma sendiri diambil dari tanaman rambat yang menutupi tembok di rumah yang dipakai kafe tersebut. Katanya tanaman itu mirip seperti yang ada di rumah-rumah di Sonoma, California.

Ada dua lokasi Sonoma Resto, yaitu di Jalan Lombok no. 29 (perempatan Jalan Aceh—Siliwangi) dan di Jalan Bengawan no. 33, Cihapit (seberang St. Ursula dan Taman Superhero). Baik Sonoma Lombok maupun Bengawan setiap ruangannya memiliki style berbeda.

Untuk makanannya, Sonoma Resto memang lebih banyak menyediakan menu Barat, tapi ada juga menu Indonesia-nya, kok. Tapi, menu yang wajib Anda coba kalau berkunjung ke Sonoma adalah menu-menu Jumbo seperti Sonoma Big Black Burger dengan total diameter 24 cm!

Untuk dagingnya, Anda bisa memilih mau beef, chicken, atau fish. Burger yang warna hitamnya didapatkan dari arang aktif ini harganya cuma IDR 150K saja. Itu bisa dimakan sama 4-6 orang dewasa atau hingga 8 anak-anak, loh! Murah banget, kan?

Padahal burger ini sudah sama kentang goreng, telur, dan keju lumer, loh. Hm, jadi ngiler, ya? Cobain juga Monster Pizza Slice dan Superhero Hotdog yang ukurannya sama-sama Jumbo.

6. Big Burger

Suka ngepoin akun Instagram yang isinya burger-burger enak di @bigburger.bdg? Memang, kalau melihat postingannya, Big Burger suka jadi ngiler ingin nyobain burger di sana! Signature Dish restoran ini adalah “Big Burger”, yaitu burger sapi yang dipadu dengan keju, onion ring, dan keju. Kalau Anda lagi ngidam telur, pesan “Sunny Beef Burger” (IDR 16K) yang ada telur sunny side up-nya.

Semua gerainya beroperasi setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam. Gerai Big Burger ada cukup banyak di Bandung, lokasinya ada di:

  • Jalan A. H. Nasution no. 63, Pasir Endah.
  • Jalan Cicendo no. 11A.
  • Jalan BKR no. 131A.
  • Food Court BTC Fashion Mall.
  • Griya Ujung Berung.
  • Saung Mina Wangi.

7. Road Runner Burger

Ingin nyobain burger yang ada nanas bakar di dalamnya? Cuma di Road Runner Burger lah Anda bisa menemukannya. Di Road Runner Burger, Anda akan disajikan burger rasa autentik asli Western. Soalnya, kalau di restoran lain, burgernya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Nah, kalau di Road Runner Burger rasanya asli, soalnya dibuat langsung oleh chef asal Inggris.

Cita rasa khasnya terdapat dari bawang bombai yang ditumis dan bumbu rahasia yang berpadu yang mampu membuat lidah bergoyang. DAN, yang paling penting adalah, burger ini bukan junk food! Kenapa bisa begitu? Karena Chef Allan—chef Road Runner Burger—membuat burgernya dari bahan-bahan terbaik dan tersehat.

Dagingnya menggunakan Australian atau New Zealand Beef tanpa tepung dan es sama sekali. Lalu, telurnya dipilih yang mengandung Omega 3 dan salmonella free. Semua sayurannya organik bebas pestisida. Kejunya berkualitas. Terus, saus dan mayonesnya homemade dibuat oleh Chef Allan sendiri.

Pilihan menu di restoran ini ada Cheese Burger, Deluxe Cheese Burger, Hawaiian Burger, dan Giga Bite Burger (Double Deluxe). Tidak banyak varian memang, tapi ini semua sama persis seperti burger-burger yang ada di Inggris sana.

Daripada makan junk food tidak jelas, mending makan burger yang sehat dan lezat, kan? Road Runner Burger dapat Anda temukan di Jalan Pungkur no. 181 dan di Jalan Kalimantan no. 1.

8. Moo Burger Premium Meat

Moo~ makan burger sapi di Moo Burger Premium Meat, yuk! Restoran ini sudah ada dari dulu, loh. Pada tahun 2010-an, Moo Burger merupakan tempat hits buat anak gaul Bandung nongkrong. Tapi, dulu namanya bukan seperti sekarang. Dulu nama restoran ini adalah Mr. Moo Burger.

Daripada restoran, sebenarnya Moo Burger Premium Meat lebih seperti kios. Dulu lokasinya ada di Jalan Trunojoyo di parkiran distro-distro sekitar Trunojoyo, lalu pernah juga ada semacam food truck yang suka mangkal di depan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di sini, tentu primadonanya adalah burger daging sapinya, seperti Sloppy Burger dan Super Star Burger (double patty + telur ceplok). Patty-nya dipanggang menggunakan batu bara sehingga panasnya lebih tahan lama dan dagingnya matang lebih merata. Ciri khas Moo Burger adalah roti bundarnya berwarna hijau. Roti itu merupakan homemade yang dicampur dengan sayur-sayuran, jadi warnanya hijau.

Setiap burger akan diberi dua macam keju, yaitu cheddar dan mozzarella. Dan, ciri khas lainnya adalah, Moo Burger selalu memberikan daging cincang (seperti untuk spaghetti bolognaise) di dalamnya. Menurut para pelanggannya, burger di Moo Burger ini juara banget, bahkan Burger King saja kalah mantapnya dari Moo. Wah, jadi penasaran, ya?

Selain burger sapi, ada juga burger ayam dan hotdog kalau Anda bosan sama burger sapi. Kisaran harga burgernya mulai dari 20 – 40 ribuan.

Kios Moo Burger Premium Meat ada di Jalan R. E. Martadinata no. 42, Citarum, Bandung Wetan. Kios ini berupa kedai kayu di depan tempat les mengemudi. Patokannya ada di dekat Kantor Pos Banda (Gedung Graha Pos Indonesia). Kios ini buka setiap hari dari jam 12 siang – 9 malam dan hari Jumat & Sabtu dari jam 1 siang – 9 malam.

9. Carl’s Jr.

Selain Burger King, ada satu lagi jaringan restoran burger terkenal, yaitu Carl’s Jr. Restoran ini terkenal dengan ukuran burgernya yang jumbo. Carl’s Jr. menyediakan aneka tipe burger. Ada yang isinya Beef Bacon, Grilled Chicken, dan masih banyak lagi. Selain burger, ada pula aneka sandwich, fries, dan milkshake.

Carl’s Jr. berlokasi di  23 Paskal Mall, Level 1, Paskal Hyper Square, Jalan Pasirkaliki no. 25-2, Kb. Jeruk, Andir. Carl’s Jr. beroperasi setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam pada hari Senin – Kamis dan tutup pada jam 12 malam.

10. Maio Green Burger

Burger dengan pesona Indonesia? Ya cuma di Maio Green Burger yang ada. Pasalnya, tak cuma rotinya saja yang berwarna hijau, burger ini ketika sudah jadi akan dibungkus menggunakan daun pisang. Eits, bukan cuma untuk kepentingan estetika saja, loh. Daun pisang akan menambahkan aroma dan rasa, membuat roti jadi lebih empuk, dan menahan panas burger agar lebih tahan lama.

Semua itu berkat kandungan zat polifenol di dalam daun pisang yang meresap masuk ke dalam roti dan patty ketika dipanggang. Penasaran dengan sensasi burger Indonesia ini? Kunjungi kedai @MaioGreenBurger di Jalan Sultan Agung no. 13.

Nah, itu dia sepuluh restoran burger enak di Bandung yang recommended. Menurut Anda, burger manakah yang paling enak di Kota Kembang ini? Share di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment