Bacaterus / Bunga / 11 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam dan Berbunga Cantik

11 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam dan Berbunga Cantik

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2020

Apakah kamu tertarik melihat kebun tetanggamu yang penuh warna sementara milikmu terlihat biasa-biasa saja? Mungkin kamu sudah berjuang keras untuk mencoba menanam bunga seperti milik tetanggamu tapi tak berhasil.

Bunga-bunga yang kamu tanam sepertinya susah sekali untuk mekar. Faktanya ada bunga yang mudah ditanam dan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Pasti kamu tertarik untuk tahu bunga apa saja yang mudah ditanam dan tak perlu ribet dalam perawatannya.

Nah, artikel ini akan membahas mengenai beberapa jenis bunga yang kamu cari tersebut. Berikut ini adalah 11 jenis bunga yang mudah tumbuh dan dijamin membuat tamanmu terlihat cerah dan ceria!

1. Kosmos

Kosmos

Bunga ini adalah bunga yang mungil dengan batang ramping. Kosmos tahan terhadap panas, kekeringan, juga kondisi tanah yang buruk. Para penyuka berkebun tidak perlu memberi banyak perhatian pada bunga ini setelah menabur benih.

Cukup buang kepala bunga yang mati, hindari pemberian air yang berlebihan, dan berikan penopang jika perlu, kosmos akan bisa tumbuh dengan baik. Terlebih lagi, bunga kosmos, yang biasanya memiliki kelopak bunga putih, kemerahan, atau oranye, tidak begitu bermasalah dengan hama dan bisa berbiji sendiri.

2. Sweet Pea

Sweet Pea

Orang akan jatuh cinta ketika melihat sweet pea yang harum dan cantik ini. Dan semakin sering kamu memetik bunganya, semakin banyak bunga yang akan tumbuhan ini hasilkan. Biji besar sweet pea mudah untuk ditanam.

Namun, jika menanam dengan menabur benih terdengar rumit, kamu cukup membeli tanaman ini dalam bentuk yang sudah distek. Yang diperlukan oleh bunga yang senang merambat ini adalah tempat yang cerah, pagar yang mendukung, dan penyiraman yang teratur.

Jika semuanya terpenuhi, maka kamu akan mendapatkan bunga potong yang kamu tanam sendiri. Perhatikan tikus, keong, dan siput karena hewan ini suka tunas muda. Pertimbangkan untuk menutupinya dengan cloche mini, atau mungkin Fuchsia.

3. Fuchsia

Fuchsia

Fuchia merupakan tanaman teras yang mudah untuk ditanam langsung dari bibit tanaman atau plug dan tanaman ini paling disukai untuk menambah keindahan pot gantung dan pot tanaman dengan warna bunganya. Tanaman ini memiliki berbagai warna dan bentuk, mulai dari menjalar hingga tegak lurus.

Bahkan kamu juga bisa mencoba menanam fuchsia ‘Lady Boothby’ yang merambat untuk tampilan yang ambisius. Untuk tampilan yang benar-benar profesional, buang tiap ujung batang saat tanaman masih kecil untuk mendorong pertumbuhan yang lebih lebat. Buah berry dari tanaman Fuchsia bisa dimakan.

4. Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga matahari tahunan yang memiliki tinggi antara 6 dan 16 kaki, tergantung pada varietasnya merupakan tanaman yang sangat mudah diurus. Untuk menanamnya, cukup tabur benih di tempat yang cerah dan terlindung  yang menyediakan dukungan untuk batang untuk mencegah kerusakan.

Bunga matahari ini bisa tumbuh di sebagian besar jenis tanah, kecuali tanah yang tergenang air, dan sebagian besar varietas tahan terhadap panas juga kekeringan. Bunga ini menarik lebah dan burung dan akan menghasilkan biji yang mengandung nutrisi seperti Vitamin E dan B1, magnesium, dan selenium.

5. Daffodil (Narcissus)

Daffodil (Narcissus)

Umumnya bunga yang dikenal dengan nama narcissus ini memiliki ciri enam kelopak bunga yang berbentuk terompet dengan warna putih atau kuning. Ternyata bunga Dafodil sangatlah mudah untuk ditanam. Bunga ini umumnya mekar di akhir musim dingin atau awal musim semi atau sekitar Maret.

Namun di negara tirai bambu Cina, Daffodil mekar pada awal-awal tahun bertepatan dengan waktu tahun baru Cina sehingga menjadi simbol perayaan tahun baru imlek. Selain itu bunga ini dianggap membawa keberuntungan alias hoki.

Setelah mekar, Daffodil masih membutuhkan sedikit perawatan. Cukup sediakan sinar matahari penuh, tanah yang agak kering asam, dan air yang cukup. Dengan kondisi yang tepat, bunga daffodil yang berumur panjang akan kembali berbunga tiap tahun.

6. Lupin

Lupin

Bunga Lupin tersedia dalam berbagai warna dan bunga ini bisa tumbuh hingga setinggi empat kaki. Lupin merupakan pilihan bunga yang menarik untuk memberikan warna dan tekstur pada taman rumahmu. Yang terpenting adalah menanam lupin itu sederhana!

Kamu hanya perlu menanam biji atau stek di daerah yang cerah dengan tanah yang normal tapi berdrainase baik. Bunga Lupin akan tumbuh dengan baik di daerah yang belum pernah diberikan kompos atau pupuk.

Tumbuhan yang indah ini, yang merupakan sejenis legume, akan menghasilkan biji yang akan memproduksi ulang lebih banyak bunga di tahun-tahun berikutnya jika tidak dibuang dari bunga Lupin yang sedang tumbuh.

7. Nasturtium

Nasturtium

Jika kamu mempunyai area taman yang tampaknya kurang cocok dengan tanaman yang ribet perawatannya, maka nasturtium mungkin cocok untuk taman rumahmu. Bunga ini sudah lama dianggap sebagai salah satu bunga termudah untuk ditanam,

Bunga nasturtium menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang tidak terlalu kering. Nasturtium umumnya sangat mudah ditanam dari biji. Bunga akan muncul dalam varietas yang tumbuh tidak terlalu tinggi dan menjalar dalam nuansa oranye, merah, kuning, pink, emas, dan salmon.

Jika kamu berencana untuk fokus pada berkebun di wadah atau pot, ubi jalar yang merambat, lobelia juga alyssum yang tumbuh pendek, semua akan menambah keindahan pada tepi setiap rangkaian bunga. Tumbuhan ini cenderung mudah menyebar, jadi sediakan ruang yang cukup untuk ekspansi.

8. Aster

Aster

Kamu tak perlu repot-repot merawat agar tanaman tahunan yang mandiri ini tetap bisa terlihat tumbuh ceria dengan bunga-bunganya yang dipenuhi daun bunga yang berbentuk seperti bintang. Itu karena bunganya akan muncul kembali dengan sedikit perawatan tiap tahunnya.

Bersiaplah untuk menyaksikan daun bunga yang berwaran ungu dan merah muda yang mekar dari bulan Agustus hingga Oktober. Aster tak hanya akan mencerahkan lanskap lama setelah sebagian besar bunga lainnya memudar, tetapi bunga ini juga mengundang kupu-kupu Monarch untuk datang ke tamanmu.

9. Yarrow

Yarrow

Bunga ini adalah pilihan yang tangguh dan indah untuk taman bunga apa pun di bawah sinar matahari penuh. Yarrow merupakan bunga yang mudah ditanam tidak peduli walaupun kamu bukan termasuk orang bertangan dingin.

Bunga Yarrow memenuhi kepala bunga dengan rapat sehingga memberikan struktur arsitektur pada hamparan bunga di tamanmu. Tanaman ini tumbuh subur karena diabaikan, menyukai tanah yang tidak begitu bagus, juga mekar dari bulan Juni sampai Oktober.

Warna bunga Yarrow yang paling umum adalah kuning, tapi ada juga varietas berwarna merah, pink, putih dan salmon. Berdaun pakis yang tumbuh rendah ke tanah, Yarrow memiliki tangkai bunga yang bisa tumbuh dari dua belas inci hingga empat kaki dari tanah.

10. Marigold

Marigold

Marigold populer karena tanaman bunga ini mudah untuk ditanam. Bermacam warna bunga ini juga akan menjadikannya terlihat lebih bagus dan kamu akan menemukannya dalam warna putih, oranye, kuning, merah dan campuran.

Dari yang kecil hingga varietas raksasa, ada segudang varietas marigold sehingga kamu dapat memilih warna dan ukuran yang sempurna untuk taman bunga atau wadah yang kamu miliki. Marigold tumbuh dengan cepat dari biji.

Cukup tabur langsung setelah embun beku terakhir di bawah sinar matahari penuh atau maksimum sampai 20% naungan. Marigold juga tahan terhadap tanah yang kering dan berpasir, tapi tidak terlalu lembab.

11. Poppy California

Poppy California

Bunga Poppy California merupakan tanaman tahunan cerah. Tanaman ini memiliki warna merah, oranye, dan kuning, yang tumbuh baik di tanah yang tidak subur, kering, atau bahkan berpasir dengan sinar matahari yang penuh.

Poppy California tahan terhadap kekeringan dengan baik, sehingga penyiraman tidak akan menjadi masalah. Faktanya, yang perlu kamu lakukan dengan tanaman yang pemeliharaannya gampang ini adalah untuk menyebarkan benih langsung di tanah dan saksikan tumbuhan bunga ini berkembang!

Bunga Poppy California juga  merupakan jenis bunga yang melakukan penyemaian sendiri sehingga kamu dapat menikmati bermunculannya beragam warna dengan mudah tiap tahun, meskipun kamu mungkin ingin memangkas sebagian bunga untuk memaksimalkan pemekaran.

Nah, kesebelas jenis bunga tadi adalah varietas bunga yang mudah ditanam. Bagi kamu yang bukan tangan dingin pun bisa menanam tanaman bunga ini. Selain itu, beberapa bunga perawatannya sangat mudah.

Jika kamu penyuka bunga dan berkebun tentu bunga-bunga ini adalah berita baik. Jadi, sudahkan kamu memilih jenis bunga apa yang akan kamu tanam di tanam rumahmu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *