Bacaterus / Bunga / 10 Bunga yang Bisa Dimakan Ini Rasanya Sangat Enak Lho!

10 Bunga yang Bisa Dimakan Ini Rasanya Sangat Enak Lho!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini bunga dikenal sebagai tumbuhan untuk mempercantik taman atau ruangan. Namun, tahukah Anda jika beberapa jenis bunga ternyata bisa dimakan? Bahkan, ada beberapa bunga yang memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti bunga kamboja.

Mari kenal 10 jenis bunga yang bisa dimakan berikut ini. Bacaterus sudah merangkum beberapa jenis bunga umum yang aman untuk dikonsumsi. Siapa tahu di daftar ini terdapat bunga yang ditanam di pekarangan rumah Anda. Tentu saja Anda bisa langsung mencoba untuk mengonsumsinya.

1. Bunga Turi

Bunga Turi Bunga yang Bisa Dimakan

* sumber: www.bibitbunga.id

Dari banyaknya jenis bunga, mungkin bunga turi inilah bunga yang paling sering dikonsumsi. Bunga turi memiliki bentuk seperti bulan sabit, tapi saat mekar bentuk bunga ini nampak serupa dengan kupu-kupu. Sejatinya, rasa dari bunga yang bisa dimakan ini agak pahit. Namun, rasa bunga ini sangat khas dan sampai saat ini tetap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Bunga yang hadir dalam dua warna, yakni merah dan putih, ini sering dipakai sebagai campuran sayur untuk pecel. Bagi yang suka dengan bunga ini, bunga turi juga bisa langsung dimakan sebagai lalapan.

2. Matahari

Matahari

Yang satu ini juga tak kalah populer di Indonesia hingga mancanegara. Sudah menjadi rahasia umum jika kuaci dari biji bunga matahari merupakan cemilan yang enak dan sehat. Kadang-kadang kuaci biji bunga matahari dibumbui agar rasanya sedikit lebih asin. Uniknya, biji bunga matahari juga bisa diolah menjadi mentega.

Tidak hanya bijinya saja, kelopak bunga matahari juga dapat dicampur menjadi topping salad. Sejumlah restoran terkenal juga sering memanfaatkan kelopak bunga matahari ini untuk platting. Rasa kelopak bunga matahari ini memang hambar sehingga cocok dicampur ke dalam berbagai jenis makanan.

3. Lavender

Lavender

Berpikir bahwa lavender hanya berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk? Wah, nanti dulu! Anda harus tahu bahwa bunga berwarna ungu nan cantik ini bisa dipakai sebagai bahan pembuatan berbagai jenis makanan, lho. Kelopak lavender bisa dipakai untuk membuat kue, puding, dan biskuit.

Tak hanya itu saja ternyata kelopak bunga lavender juga bisa dipakai sebagai penyedap aroma roti, es krim sorbet, sampanye, semur, dan saus salad. Aroma makanan yang ditambahkan dengan lavender ini pasti akan lebih menggugah selera.

4. Anyelir

Anyelir

* sumber: www.faunadanflora.com

Anda pasti sudah familiar dengan bunga yang bisa dimakan berikut ini. Ya, anyelir adalah salah satu jenis bunga cantik yang ternyata bisa langsung dikonsumsi. Anda bisa langsung melahap anyelir atau mencampurkannya ke dalam salad.

Di samping itu, beberapa restoran bintang lima juga mencampur anyelir ke dalam wine agar rasa dan aromanya jauh lebih sedap. Di beberapa negara, anyelir dimanfaatkan sebagai bunga untuk mendekorasi kue, terutama kue pernikahan. Pasalnya, dekorasi dari bunga anyelir ini bisa langsung dimakan bersama kue tersebut.

5. Bunga Pepaya

Bunga Pepaya

* sumber: www.khasiat.co.id

Buah dan daun pepaya memang sudah biasa dikonsumsi. Namun, apakah Anda tahu bahwa buah pepaya juga memiliki bunga? Bunga pepaya berukuran sangat kecil dan jika dilihat sekilas nampak menyerupai melati. Usut punya usut, bunga pepaya sudah sering diolah menjadi lauk.

Gunakan bunga pepaya yang masih kuncup dengan warna hijau kekuningan. Tumis bunga pepaya ini dengan rempah-rempah lainnya agar rasanya lebih nikmat. Mengingat bunga pepaya ini memiliki rasa yang pahit, maka nampaknya Anda tidak bisa menyantap bunga pepaya ini secara langsung. Untuk menyamarkan rasa pahitnya, rebus saja bunga pepaya dan asam jawa.

6. Aster

Aster

Aster atau yang lebih dikenal sebagai daisy adalah bunga cantik yang biasanya digunakan sebagai dekorasi atau hand-bouquet. Namun, di Inggris dan Eropa aster dianggap sebagai bunga liar karena bisa tumbuh di padang rumput.

Bunga ini terdiri dari berbagai warna maupun jenis. Anda juga bisa mengonsumsi kelopak bunga aster ini, lho. Petik saja kelopak bunga daisy ini, lalu campurkan ke dalam salad atau sandwich Anda. Kelopak bunga aster tidak memiliki rasa, tapi cukup terasa gurih apabila dikunyah di dalam mulut.

7. Anggrek

Anggrek

* sumber: www.twsflorist.co.id

Sangat mudah untuk menjumpai tanaman anggrek di Indonesia. Bunga ini tumbuh sangat subur di negara beriklim tropis ini. Kecantikannya yang sederhana membuat anggrek menjadi favorit bagi para kolektor tanaman. Anggrek termasuk dalam jenis bunga yang bisa dimakan.

Tekstur kelopak bunga ini sedikit gurih dan segar seperti mentimun, lalu ada sedikit rasa pedas yang terasa ketika Anda mengunyah kelopak bunga ini. Bunga ini sering dipakai sebagai bahan campuran untuk membuat permen. Akan tetapi, Anda juga bisa menambahkan kelopak anggrek ini ke dalam tumisan lauk Anda. Kelopak bunga anggrek dijamin 100 persen aman dikonsumsi.

8. Kuma-kuma (Saffron)

Kuma-kuma (Saffron)

Mungkin Anda kurang familiar dengan nama bunga kuma-kuma atau dalam Bahasa Inggris bernama saffron. Sekilas tampilan bunga ini nampak seperti kembang sepatu. Bunga yang satu ini memang jarang ditemukan di Indonesia. Bahkan, saffron dijual dengan harga yang fantastis karena terbilang langka.

Kuma-kuma bisa dipakai untuk menguatkan citarasa masakan. Namun, manfaat yang paling banyak diperoleh manusia dari kuma-kuma adalah sebagai obat-obatan. Pasalnya, bunga ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Ada sejumlah nutrisi dan vitamin lainnya yang terkandung di dalam bunga ini.

9. Nasturtium

Nasturtium

Tanaman rambat ini juga memiliki rasa yang enak bila dikonsumsi. Adalah nasturtium yang merupakan bunga berwarna kuning, merah, dan jingga yang tumbuh dengan cara merambat. Dilihat dari tampilannya, Anda pasti tidak akan menyangka bahwa bunga ini bisa dimakan.

Kelopak bunga nasturtium ini terasa seperti selada, agak gurih dan terasa segar. Bedanya, selada dari kelopak bunga nasturtium ini berwarna-warni. Kuncup bunga ini juga bisa diolah menjadi acar, lho. Bahkan, kuncup bunga nasturtium bisa menjadi penyedap rasa alami untuk melezatkan rasa masakan Anda. Apakah Anda berminat untuk mencoba bunga nasturtium?

10. Mawar

Mawar

Mawar adalah bunga universal yang bisa ditemukan di mana saja. Bunga ini memang identik sebagai bunga untuk menyiratkan cinta dan kasih sayang. Akan tetapi, kelopak bunga mawar yang katanya terasa pahit ini justru menjadi enak jika dicampur ke dalam salad sayuran atau buah-buahan Anda.

Kelopak bunga mawar bisa dimasukkan ke dalam air, lalu dibekukan di dalam lemari es. Selanjutnya, es batu dari kelopak mawar tadi bisa dimasukkan ke dalam wine. Apabila Anda ingin memanfaatkan kelopak mawar, keringkan saja kelopak mawar terlebih dahulu. Sesudah itu, Anda bisa mengolah kelopak bunga mawar yang kering tadi menjadi selai, puding, atau sirup.

10 bunga yang bisa dimakan ini memang luar biasa istimewa. Tak hanya indah dilihat ternyata beberapa jenis bunga bisa membuat makanan Anda jadi lebih enak. Nah, dari 10 bunga yang sudah kami sebutkan di atas, bunga manakah yang ingin Anda makan terlebih dahulu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *