Bacaterus / Tanaman Hias / Inilah 10 Tanaman Hias dan Bunga Termahal di Indonesia

Inilah 10 Tanaman Hias dan Bunga Termahal di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2019

Memberikan bunga kepada orang terkasih adalah hal yang biasa. Jenis bunga yang biasa diberikan untuk orang tercinta adalah mawar, matahari, lily, dan baby breath. Jika ingin sesuatu yang berbeda, cobalah untuk memberikan tanaman hias atau bunga termahal di Indonesia kepada orang yang Anda kasihi.

Harga tanaman hias dan bunga termahal di Indonesia cukup fantastis. Angkanya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bila Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan tanaman hias dan bunga paling mahal di Indonesia ini untuk dirawat atau diberikan kepada orang spesial.

Yuk, simak daftar tanaman hias dan bunga termahal di Indonesia yang sudah dirangkum oleh Bacaterus.

10 Tanaman Hias dan Bunga Termahal di Indonesia

1. Lily of the Valley

Lily of the Valley Bunga Termahal di Indonesia

Nama bekennya adalah Lily of the Valley, tetapi jika di Indonesia bunga ini dikenal sebagai bakung gunung. Bunga yang satu ini sangat populer dan terkenal mahal karena hanya tumbuh di bulan Mei saja, di mana itu adalah musim semi di daratan Eropa.

Lily of the Valley melambangkan kemurnian dan kebahagiaan. Bunga ini juga memiliki aroma yang sangat harum. Menariknya, Kate Middleton juga membawa buket bunga berisi Lily of the Valley di hari pernikahannya.

Akan tetapi, bunga bakung gunung termasuk bunga beracun yang tak layak dikonsumsi. Anda boleh memelihara atau membuatnya sebagai hand-bouquet, tapi tidak untuk dimakan. Harga bunga ini mencapai 500 ribu rupiah untuk satu tangkainya. Berminat untuk membeli?

2. Kadaka

Kadaka

* sumber: exo-s.blogspot.com

Kadaka merupakan tanaman hias yang bentuknya seperti lidah yang tampak menjulur-julur. Tanaman asli Indonesia ini biasa tumbuh dengan lebat di hutan. Dahulu, tanaman ini dipandang sebelah mata, tetapi kini Kadaka menjadi salah satu tanaman termahal yang banyak diburu.

Varietas Kadaka ini bermacam-macam, ada Kadaka Osaka, Kadaka Ular, dan Kadaka Keriting. Semakin unik bentuknya, maka semakin mahal pula harga tanaman ini. Bahkan, ukuran tanaman ini juga menentukan harganya. Jika Kadaka semakin besar, harga yang dibandrol pun juga semakin tinggi.

3. Adenium

Adenium

* sumber: ilmubudidaya.com

Mungkin bunga yang satu ini sudah cukup familiar bagi Anda yang tinggal di Indonesia. Ya, Adenium memang bunga yang cukup umum karena bisa tumbuh dengan subur di Indonesia. Bahkan, saat ini kita bisa mendapatkan Adenium dengan corak yang bagus hanya dengan mengeluarkan uang sebesar puluhan ribu rupiah.

Meskipun bisa diperoleh dengan harga yang murah, Adenium tetap tergolong bunga termahal di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan semakin besar dan unik bonggol Adenium, maka harga jualnya pun semakin tinggi. Hingga saat ini masih ada saja Adenium unik yang dijual dengan harga mencapai 50 juta rupiah.

4. Anggrek Hitam Papua

Anggrek Hitam Papua

* sumber: intisari.grid.id

Melihat Anggrek berwarna putih, pink, atau merah mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan Anggrek Hitam dari Papua ini? Bunga Anggrek Hitam adalah satu dari sekian banyak bunga termahal di Indonesia. Tingginya harga bunga ini dikarenakan bunga tersebut sangat langka dan jarang ditemukan.

Anggrek Hitam Papua memiliki kelopak berwarna hitam dan putik berwarna pink cerah. Perpaduan warna tersebut membuat bunga ini semakin memukau. Bahkan, saat ini Anggrek Hitam Papua sudah mulai dibudidayakan karena peminat bunga tersebut sangat banyak.

Jika Anda ingin membeli Anggrek Hitam Papua, siap-siap saja untuk merogoh kocek yang besar. Pasalnya, satu tanaman Anggrek Hitam Papua bisa dihargai sampai 100 juta rupiah.

5. Anthurium

Anthurium

Selanjutnya, ada sebuah tanaman hias dengan harga yang cukup mahal, yakni Anthurium. Tanaman yang daunnya lebar-lebar ini lebih dikenal dengan nama kuping gajah. Sampai saat ini, tanaman tersebut masih dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah.

Anthurium memiliki tulang daun yang besar sehingga daun-daunnya tampak sangat kekar. Tanaman ini terdiri dari seribu macam varietas. Akan tetapi, hanya beberapa jenis anthurium saja yang terkenal di Indonesia, seperti Jenmanii, Wafe of Love, Hookeri, dan masih banyak lagi. Di antara jenis-jenis Anthurium, yang paling terkenal adalah Jenmanii. Jenis tersebut pernah dijual di Oasis Nursery Anthurium senilai 70 juta rupiah.

6. Oriental Lily

Oriental Lily

Nama lain dari Oriental Lily adalah Lily Stargazer. Bunga ini sangat terkenal karena tampilannya yang cantik dan aromanya yang sangat harum. Bunga yang satu ini juga dijual di Indonesia meskipun tergolong langka.

Harga satu tangkai Oriental Lily dapat mencapai 500 ribu rupiah. Bunga yang rapuh ini memakan waktu lama untuk bisa mekar. Butuh waktu setahun untuk Oriental Lily agar bisa mekar dan menebarkan aroma yang sangat harum.

7. Tulip

Tulip

* sumber: digiyan.com

Bunga tulip tidak dapat tumbuh di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Namun, dengan beberapa teknik tertentu para petani bunga dapat menanam bunga tulip di Indonesia. Seperti yang bisa Anda tebak, tulip juga masuk dalam daftar bunga yang mahal di Indonesia.

Keindahan tulip memang membuat siapa saja tertarik untuk memilikinya. Apalagi bunga ini juga hadir dalam berbagai pilihan warna yang menarik, seperti putih, kuning, ungu, dan merah.

Buket bunga tulip bisa dibandrol dari harga 1 – 2 juta rupiah. Jika ingin memberikan bunga ini kepada orang terkasih, Anda bisa memesannya melalui toko bunga online yang menjual hand-bouquet dari tulip.

8. Kantong Semar

Kantong Semar Tumbuhan Pemakan Serangga

Tanaman pemakan serangga yang satu ini merupakan tanaman yang harganya cukup mahal. Meskipun dapat ditemukan dengan mudah di hutan-hutan, tetapi kantong semar diperjualbelikan dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah.

Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga karena ketika ada serangga yang berada di bibir kantong atau bagian dalam kantong, maka kantongnya akan langsung tertutup sehingga serangganya tidak dapat keluar.

9. Gloriosa

Gloriosa

Kalau nama Gloriosa kurang familiar di telinga Anda, bagaimana dengan kembang sungsang? Kembang sungsang merupakan bunga yang sijual dengan harga mahal di Indonesia karena harga per bunganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Sayangnya, di balik tampilannya yang begitu eksotis ternyata Gloriosa memiliki racun yang dapat membunuh seseorang. Kandungan senyawa Alkaloid Gloriocine di dalam bunga ini dapat membuat iritasi sampai yang terparah dapat menghilangkan nyawa seseorang. Namun, jika diolah dengan tepat maka bunga ini bisa menjadi obat untuk berbagai masalah kesehatan.

10. Hortensia

Hortensia

Bunga yang satu ini memang terlihat sangat memesona. Baik dari segi warna maupun bentuk, Hortensia adalah bunga yang mengagumkan. Menariknya, bunga ini juga bisa tumbuh di Indonesia, lho.

Warna Hortensia bisa bermacam-macam, mulai dari putih, violet, pink, dan juga biru. Bunga yang cukup mahal di Indonesia ini dibandrol dengan harga 80 – 100 ribu per tangkai. Anda juga bisa membeli bibitnya untuk menanam bunga ini di rumah.

Sejumlah tanaman hias dan bunga termahal di Indonesia ini memang sangat menarik untuk menghias taman atau diberikan kepada orang terkasih. Dari sepuluh bunga yang sudah kami sebutkan ini, manakah jenis bunga yang paling menarik perhatian Anda? Yuk, tinggalkan jawabannya di kolom komentar di bawah ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Inilah 10 Tanaman Hias dan Bunga Termahal di Indonesia”

Tinggalkan komentar