Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Bunga Langka di Dunia yang Paling Unik dan Memesona

10 Bunga Langka di Dunia yang Paling Unik dan Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Ada banyak jenis bunga di dunia yang sering dijadikan tanaman hias dan memiliki karakteristik unik masing-masing, mulai dari bentuk, warna, hingga aroma wanginya yang semerbak. Tapi, tentu tidak semua bunga bisa dijadikan tanaman hias, karena faktanya ada beberapa jenis bunga yang sangat langka dan sulit didapat.

Nah, berikut ini adalah 10 macam bunga paling langka di dunia yang sudah jarang ditemukan. Beberapa di antaranya bahkan telah dinyatakan punah di alam liar dan hanya bisa dilihat di penangkaran.

10 Bunga Langka di Dunia

1. Lady Slipper

Lady Slipper

* sumber: www.worldatlas.com

Lady slipper, khususnya yang berwarna kuning dan ungu, merupakan salah satu jenis anggrek yang cukup langka di dunia dan memiliki bentuk yang sangat unik. Kelopak bagian bawahnya terlihat seperti kantong yang berlubang dan memang mirip dengan sepatu atau sandal.

Lady slipper pernah ditemukan di Inggris serta beberapa kawasan di Eropa, namun dulu para ahli botani sempat mengira kalau bunga ini sudah punah. Hingga akhirnya di tahun 1917, bunga ini kembali ditemukan tumbuh di lapangan golf di Inggris. Saking langkanya, bunga ini mendapat perlindungan hukum di Inggris dan termasuk ke dalam salah satu jenis bunga paling mahal di dunia.

2. Jade Vine

* sumber: www.edenproject.com

Jade vine atau Strongylodon macrobotrys adalah bunga dari pohon sejenis kacang-kacangan yang berhabitat asli di hutan Filipina. Sesuai namanya, Jade Vine memiliki warna yang sangat indah, yaitu perpaduan antara biru dan hijau mint. Bentuk bunga ini seperti cakar dan menggantung dalam jumlah banyak, panjangnya bahkan bisa mencapai 3 meter.

Setidaknya, ada dua hal yang membuat bunga ini semakin langka, pertama adalah perusakan habitat asli Jade Vine. Kedua, bunga ini berkembang biak lewat penyerbukan alami oleh kelelawar, jadi Jade Vine sulit sekali dibudidayakan di penangkaran, sedangkan kondisi alam terus berubah dan jumlah kelelawar pun terus menurun.

3. Anggrek Hantu

* sumber: www.worldatlas.com

Anggrek hantu berhabitat asli di Kuba, Florida, dan Bahama. Dinamakan demikian karena anggrek ini berwarna putih, berkelopak panjang, dan terlihat seperti menggantung di udara sehingga mirip seperti hantu. Keunikan lain dari anggrek hantu adalah pohon bunganya tidak memiliki daun/klorofil, jadi bunga ini tidak bisa membuat makanan sendiri seperti tanaman-tanaman lainnya.

Anggrek hantu biasanya berbunga antara bulan April dan Agustus. Ketika berbunga, anggrek ini hanya mekar sekitar 3 minggu dan mengeluarkan aroma segar seperti sabun. Sampai saat ini populasi anggrek hantu terus menurun. Selain karena perusakan habitat, pengembangbiakan anggrek ini sangat sulit dan bergantung pada penyerbukan alami oleh ngengat sphinx.

4. Lotus Berthelotii

Lotus Berthelotii

* sumber: themysteriousworld.com

Disebut juga dengan parrot’s beak karena bentuk kelopaknya yang menyerupai paruh burung beo. Bunga ini termasuk tanaman endemik yang berasal dari Kepulauan Canary dan sudah mulai langka sejak tahun 1884.

Bunga ini tidak tahan terhadap cuaca panas dan baru akan mekar di kondisi udara yang dingin, terutama di musim semi hingga menjelang musim panas. Sekarang, jumlah bunga paruh beo ini sudah semakin menurun, bahkan saking langkanya, bunga yang tumbuh dan masih bertahan di Kepulauan Canary telah dilindungi oleh hukum.

5. Chocolcate Cosmos

Chocolcate Cosmos

* sumber: www.worldatlas.com

Kosmos cokelat adalah salah satu bunga tercantik di dunia yang berasal dari Meksiko. Bunga ini memiliki kelopak berwarna merah gelap hingga kecokelatan. Sayangnya, bunga dengan nama ilmiah Cosmos atrosanguineus ini sudah punah di alam liar. Terakhir kalinya bunga ini tumbuh secara alami di habitatnya diperkirakan sudah lebih dari 100 tahun lalu.

Pada tahun 1902, ahli botani mulai berusaha membudidayakan bunga ini. Tapi, karena kosmos cokelat tidak memiliki biji, ahli botani memperbanyak bunga ini dengan cara vegetatif untuk menghasilkan klon bunga yang baru.

6. Middlemist Camellia

* sumber: www.worldatlas.com

Middlemist camellia atau middlemist merah merupakan bunga yang sekilas mirip seperti mawar karena memiliki kelopak yang sangat rimbun dan berwarna merah muda. Bunga ini sebenarnya berasal dari China yang kemudian dibawa ke Inggris pada sekitar tahun 1804.

Sayangnya, sejak saat itu bunga middlemist mulai punah dan tidak ditemukan lagi di habitat aslinya di China. Saat ini diketahui hanya ada 2 sampel middlemist yang tersisa di dunia, yaitu bunga yang tumbuh di taman botani Selandia Baru dan satu lagi ada di rumah kaca di Inggris.

7. Rafflesia Arnoldii

* sumber: majalahkartini.co.id

Rafflesia arnoldii termasuk tumbuhan parasit yang ditemukan di Indonesia pada tahun 1818. Nama bunga ini sendiri diambil dari nama penemunya, yaitu Thomas Stamford Raffles dan Dr. Joseph Arnold. Bunga ini termasuk langka karena waktu mekarnya memang tidak menentu. Kalaupun ada yang mekar, bunga ini hanya bertahan sekitar seminggu sebelum layu dan akhirnya mati.

Bunga ini memiliki ukuran kelopak yang sangat besar, diameternya bahkan bisa mencapai lebih dari 1 meter. Keunikan yang lain adalah munculnya aroma busuk saat bunga ini mekar sehingga sering mengundang lalat maupun serangga-serangga lainnya. Karena baunya yang sangat busuk, orang-orang pun sering menyebutnya sebagai bunga bangkai. Selain itu, Rafflesia Arnoldii juga salah satu bunga yang dilindungi di Indonesialho!

8. Gibraltar Campion

* sumber: www.top10magz.com

Bunga campion atau Silene tomentosa adalah bunga langka yang hanya ditemukan di Gibraltar, tepatnya di area tebing berbatu. Bunga ini cukup harum, tapi umurnya sangat pendek. Bunga campion juga terlihat cantik karena memiliki kelopak berwarna ungu atau merah muda.

Di tahun 1992, bunga ini dinyatakan punah dan tidak pernah ditemukan lagi di alam liar. Namun pada tahun 1994, seorang pendaki menemukan bunga campion yang tumbuh di salah satu tebing Gibraltar. Sejak saat itu bunga ini langsung dibudidayakan kembali untuk mencegah kepunahannya. Meski demikian, camipion tetap jadi bunga paling langka di dunia dan hanya bisa ditemukan di taman botani Gibraltar dan London.

9. Youtan Poluo

* sumber: themysteriousworld.com

Bunga selanjutnya yang tak kalah unik dan sangat langka adalah youtan poluo atau disebut juga sebagai udumbara di Indonesia. Bunga ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak terlihat seperti bunga pada umumnya. Uniknya, bunga ini bisa tumbuh di media apa saja, mulai dari permukaan tanaman, kaca, hingga logam.

Yang menarik adalah bunga ini memiliki mitos yang sampai sekarang masih dipercaya oleh banyak orang. Menurut mitosnya, bunga ini hanya mekar 3.000 tahun sekali dan sering dikait-kaitkan dengan tanda reinkarnasi Buddha. Tak hanya itu, bunga ini juga sering disebut sebagai bunga dari surga, bahkan kemunculannya kerap dianggap sebagai tanda datangnya keberkahan.

10. Kadupul

Kadupul

* sumber: themysteriousworld.com

Bunga kadupul ditemukan di Sri Lanka dan termasuk bunga yang mengeluarkan aroma wangi ketika sedang mekar. Bentuknya sangat cantik dan memiliki warna putih, tapi yang membuat kadupul dimasukkan ke dalam kategori langka adalah karena umur bunganya yang sangat pendek.

Bunga ini hanya mekar saat tengah malam, mekarnya pun hanya beberapa jam saja alias mati sebelum matahari terbit. Karena hal inilah kadupul dianggap sebagai bunga langka dan tak banyak orang yang bisa menikmati keindahannya. Tak hanya itu, gara-gara umurnya yang sangat pendek, kadupul pun disebut-sebut sebagai bunga paling mahal di dunia.

Dari 10 bunga langka di dunia yang sudah disebutkan di atas, jenis mana yang pernah kalian lihat secara langsung? Sebenarnya masih cukup banyak tanaman atau bunga lainnya yang juga sudah jarang ditemukan di alam liar. Kalau kalian tahu salah satunya, tulis di kolom komentar, ya! Ingin tahu tumbuhan langka yang ada di Indonesia? Kunjungi artikel 10 Tumbuhan Langka di Indonesia ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penakut yang suka film horor, penyuka musik, dan hobi menulis fiksi maupun non-fiksi.

Leave A Comment