Bacaterus / Buku / 9 Buku Warren Buffett Terbaik Untuk Jadi Pebisnis Handal

9 Buku Warren Buffett Terbaik Untuk Jadi Pebisnis Handal

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Januari 2020

Jika ditanya adakah orang kaya lain di dunia yang sekaya Bill Gates? Jawabannya, ya ada. Dia adalah Warren Buffett yang merupakan sahabat Bill Gates. Buffett dikenal sebagai orang paling dermawan di dunia.

Banyak uang miliknya yang sudah dia berikan untuk amal. Buffeet bahkan berjanji akan menyumbangkan 3,6 miliar dolar AS di saham Berkshire Hathaway untuk lima yayasan berbeda.

Banyak buku yang membahas tentang sosok yang satu ini. Sebelum membahas buku-buku terbaik mengenai Warren Buffett, yuk, berkenalan dulu dengan tokoh dermawan ini.

Sekilas Tentang Warren Buffett

Warren Buffet dikenal orang sebagai “Oracle of Omaha”. Dalam sejarah skenario investasi dunia, Buffett merupakan salah satu dari banyak investor Amerika yang paling sukses hingga detik ini.

Buffett merupakan pemilik dan CEO Berkshire Hathaway. Menurut Forbes, kekayaan bersih real-time Buffett pada tanggal 19 Januari 2018 berjumlah 91,5 miliar dollar Amerika.

Warren Buffett mengelola Berkshire Hathaway yang mempunyai lebih dari 60 perusahaan, termasuk di dalamnya perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell juga rantai restoran Dairy Queen.

Buffett, yang merupakan anak seorang anggota kongres AS, pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan pertama kali mengajukan pajak pada usia 13 tahun.

Kumpulan Buku Warren Buffet Terbaik

Nah, setelah tahu sekilas tentang sosok Warren Buffet, kini kami mau merekomendasikan beberapa buku terbaik mengenai dirinya.

1. The Warren Buffett Way

The Warren Buffett Way

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau kamu sedang mencari pelajaran tentang investasi dari catatan mengesankan yang telah dikumpulkan Buffett, maka buku yang ditulis oleh Robert G. Hagstrom ini kemungkinan merupakan buku yang kamu perlukan.

Warren Buffett Way menjelaskan semua aturan praktis yang digunakan Buffett dalam berinvestasi dan membimbing pembaca dengan studi kasus dari portofolio Buffett sendiri.

Dalam buku ini juga dibahas aturan terkenal seperti membeli bisnis yang kamu pahami serta beberapa pelajaran lebih dalam yang diambil dari investasi kehidupan nyata yang dilakukan Oracle dari Omaha.

Buku karya Hagstrom ini adalah buku yang bagus untuk investor yang baru mulai dan akan terus menjadi pedoman bahkan ketika kamu berpikir kamu tahu apa yang kamu lakukan.

2. The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America

The Essays of Warren Buffett

Cek Harga di Lazada

Selalu menjadi sebuah kejutan saat berpikir bahwa Buffett tidak pernah menulis buku sendiri. Kalau ditotal, jumlah surat pemegang sahamnya setara dengan beberapa buku, meskipun, jika dibaca secara berurutan, buku-buku itu kurang bagus karena kurangnya editor.

Lawrence Cunningham memecahkan masalah tersebut dengan membaca surat-surat dan menyusun pemikiran Buffett di seputar topik tersebut. Dia menggunakan gaya beberapa suara editorial yang diperlukan untuk mengikat semuanya, tapi kontennya tetap milik Buffett dan demikian pula filosofinya.

Edisi keemapt dari buku The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America mengambil cakupan yang lebih besar dibandingkan The Warren Buffett Way. Buku ini tidak semata-mata ditujukan untuk investor individu, seperti yang tersirat dalam sub judul, walaupun kamu masih akan belajar banyak tentang investasi.

3. The Warren Buffett CEO

The Warren Buffett CEO

Buku CEO Warren Buffett tidak banyak membahas tentang Buffett sebagai investor, tapi lebih banyak membahas dirinya sebagai seorang manajer. Buku ini adalah buku yang bagus untuk para calon manajer dan profesional bisnis.

Buku yang ditulis oleh Robert P. Miles ini menunjukkan bagaimana Buffett menseleksi CEO untuk beberapa anak perusahaan Berkshire dan bagaimana dia mengelola anak perusahaan tersebut, tetapi buku ini menceritakan kisah itu melalui eksekutif Berkshire.

CEO Warren Buffett bukan buku petunjuk investasi, tetapi kamu akan belajar banyak tentang perusahaan hebat dan manajemen hebat, dua hal yang penting untuk diingat oleh seorang investor. Yang terpenting lainnya, dalam buku ini pembaca akan melihat sisi Warren Buffett yang tak bisa dilepaskan dari kinerja portofolionya.

4. Dear Mr. Buffett

Dear Mr. Buffett

Buku karya Janet Tavakoli ini merupakan buku Buffett yang benar-benar bukan tentang Buffett, meskipun dia adalah salah satu karakter utama. Janet Tavakoli yang seorang pakar keuangan terstruktur merupakan penulis buku-buku yang sebelumnya berfokus pada kewajiban utang yang dijaminkan.

Tavakoli bertemu dengan Buffett dan, setelah kekacauan keuangan yang terjadi pada tahun 2009, dia mulai melihat lebih banyak nilai dalam filosofi Buffett dan metode investasi nilai. Sekali lagi, buku ini merupakan salah satu buku di mana kamu melihat Buffett berbeda melalui mata orang lain.

Dear Mr. Buffett merupakan bacaan yang menyenangkan karena beberapa wawasan akan meresahkan bagi investor, khususnya mereka yang melakukan penyalahgunaan sistematis yang mendorong timbulnya “The Great Recession” atau resesi hebat yang terjadi di dunia.

5. The Snowball

The Snowball

Cek Harga di Lazada

Bila kamu membaca semua hal di atas dan kamu masih merasa bahwa kamu belum menyerap cukup ilmu Buffett, maka kamu punya masalah. Untungnya, itu adalah salah satu penyakit yang bisa segera sembuh. Buku biografi Buffett ini merupakan tuntunan menyeluruh tentang kehidupan dan masa Warren Buffett.

Buku karya Alice Schroeder ini ditulis dengan kerja sama dari Buffett. Buku The Snowball menekankan bahwa pendekatannya berkembang dari waktu ke waktu, tetapi buku ini akan memberikanmu pandangan panjang pada kehidupan Buffett dan pencapaiannya yang luar biasa.

6. The Real Warren Buffet: Managing Capital, Leading People

The Real Warren Buffet

Cek Harga di Lazada

Penulis James O’Loughlin menerangkan dua faktor terpenting yang diperlukan agar bisnis berjalan dengan lancar, yaitu orang dan modal. Dia dengan cara yang sangat terperinci menggambarkan bagaimana Mr. Buffett mempunyai keahlian dalam menangani keduanya dengan efisiensi terbaik yang menambah keberhasilan monumentalnya.

Pelajaran dari buku ini yaitu akses mudah ke pendanaan menyebabkan orang membuat keputusan yang tidak disiplin. Pelajaran paling penting untuk dipelajari yaitu disiplin mengenai penggunaan uang dari sumber daya yang tersedia. Ketika kita menghargai orang dan memperlihatkan betapa pentingnya mereka maka akan membuat perbedaan besar dalam sikap mereka terhadap kita.

7. The Warren Buffett Stock Portfolio

Warren Buffett Stock Picks

Pertanyaan yang sangat umum yang ditanyakan oleh para investor adalah perusahaan mana yang tepat untuk berinvestasi? Kapan berinvestasi? Apa yang harus dicari sebelum berinvestasi? Menariknya, pembaca bisa mempelajari itu semua dari seorang semua ini dari Warren Buffett sendiri.

Pembaca akan belajar materi merumuskan strategi investasi dengan mencari ‘indikator yang tepat dan logis’, memahami pentingnya melakukan penelitian mendasar sebelum berinvestasi. Jika kamu membaca buku ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan penting sebelum kamu mulai berinvestasi.

8. Warren Buffett & The Interpretation of Financial Statements

Warren Buffett & The Interpretation of Financial Statements

Cek Harga di Lazada

Seorang pemula atau master, artis atau insinyur, tidak peduli siapapun kamu, sebelum berinvestasi kamu perlu belajar untuk memahami laporan keuangan, yaitu laporan penghasilan, neraca dan laporan arus kas. Laporan keuangan membentuk wajah keuangan perusahaan dan menggambarkan kesehatan keuangan perusahaan.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus ada dalam struktur keuangan perusahaan agar bisa membuat keputusan keuangan yang baik dan seberapa tahan lama struktur keuangan tersebut bisa bertahan. Itulah yang akan kamu pelajari dari buku karya Mary Buffett & David Clark ini.

9. Warren Buffett’s Management Secrets

Warren Buffett’s Management Secrets

Bisnis yang sukses akan sangat tergantung pada gaya manajemen yang diterapkan oleh manajernya. Selama bertahun-tahun sudah banyak strategi yang dikembangkan untuk menghasilkan berbagai jenis manajemen bisnis yang efisien dan produktif. Tetapi kunci keberhasilan itu terletak pada kesederhanaan.

Sebagai manajer, Warren Buffett selalu mengambil peran kepemimpinan untuk meningkatkan tingkat kemajuan. Mary Buffett dan David Clark berbagi kepada pembaca gaya manajemen Buffett yang cocok untuk pengusaha dan manajer baru.

Bagi kamu yang ingin sukses dalam berbisnis, mungkin buku-buku yang membahas tentang kehidupan dan kiat bisnis Warren Buffet di atas bisa menjadi panduan yang bagus.

Jika kamu tertarik membeli salah satunya, silahkan klik tombol cek harga untuk mengetahui harga terbaru dari buku-buku di atas di marketplace pilihan kami (pastikan membeli produk yang original walaupun bekas).

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *