Bacaterus / Buku / Tertarik Belajar Saham? Ini 10 Buku Terbaik Tentang Saham

Tertarik Belajar Saham? Ini 10 Buku Terbaik Tentang Saham

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Sampai saat ini, instrumen investasi paling menarik yang paling sering disarankan banyak orang sukses adalah saham. Terutama untuk kita-kita yang masih muda, mempelajari dunia saham bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan hari tua yang nyaman. Untuk itu, kita harus mulai memperlajarinya sedini mungkin.

Selain informasi yang tersebar luas di internet untuk mempelajari seluk beluk saham, buku masih jadi media yang paling kuat untuk belajar. Ada banyak buku dari beragam tingkatan yang bisa kita baca untuk mempelajari saham. Tertarik belajar saham? Simak ulasan 10 buku tentang saham terbaik berikut ini yuk! 

1. Rich Dad Poor Dad – Robert T. Kiyosaki [2000]

Rich Dad Poor Dad - Robert T. Kiyosaki [2000]

Sebagai instrumen investasi, tentu sajam saham berkaitan erat dengan uang. Kalau ingin belajar tentang saham, kita harus punya sudut pandang yang bagus terhadap uang. Itulah yang nantinya membedakan orang kaya dengan orang miskin. Hal paling mendasar yang membedakan kedua kelompok itu adalah sudut mereka terhadap uang.

Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki menyajikan hal-hal yang kita perlukan untuk membentuk sudut pandang kita terhadap uang. Setelah kamu membaca buku ini, kamu akan punya sudut pandang yang berbeda terhadap uang. Hal ini penting dan sangat dasar kalau kamu ingin masuk ke dunia saham.

2. The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America – Warren Buffett [1997]

The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America - Warren Buffett [1997]

Satu nama yang paling melekat kalau kita bicara soal saham adalah Warren Buffet. Beliau adalah sosok yang selalu bersanding dengan Bill Gates mengisi jajaran orang terkaya di dunia. Apa yang membuat dirinya ada di posisi itu? Saham. Sebagian besar kekayaan Warren Buffet berasal dari saham.

Penasaran nggak sih sama isi kepalanya? Di dalam buku ini Warren Buffet memberikan berbagai tips dan kebijakan penting yang dilakukan perusahaan supaya nilainya bertambah. Materi yang penting untuk investor pemula yang ingin tahu bagaimana caranya menilai dan memproyeksikan saham sebuah perusahaan.

3. The Intelligent Investor – Benjamin Graham [1949]

The Intelligent Investor - Benjamin Graham [1949]

Barangkali buku ini memang tua, tapi isinya masih sangat relevan untuk dipelajari hari ini. Bahkan tokoh sekaliber Warren Buffet pun membaca buku ini ketika usianya 19 tahun. Menurut dia, buku ini memberi kerangka pemahaman untuk berinvestasi. Kerangka intelektual adalah hal paling dasar yang dibutuhkan seorang investor.

Buku ini akan membantu para pembaca untuk membentuk kerangka intelektualnya masing-masing. Apa yang tertuang di dalam buku ini selain tepat juga cukup jelas. Saham itu sangat bergantung kepada keputusan. Sebagian besar keputusan dipengaruhi oleh emosi, kita butuh kerangka intelektual yang kuat untuk menyeimbangkannya.

4. Security Analysis – Benjamin Graham & David L. Dodd [1934]

Security Analysis - Benjamin Graham & David L. Dodd [1934]

Satu lagi buku klasik yang nggak boleh dilewatkan oleh siapa pun yang ingin belajar saham. Satu hal yang harus dimiliki kalau kita ingin berinvestasi saham adalah peta. Itulah yang akan menentukan arah kita dalam berinvestasi hari ini dan seterusnya. Warren Buffet mengatakan, dari buku inilah dia mendapatkan peta investasi.

Peta investasi itu sudah dijalani selama lebih dari 50 tahun. Inti dari buku memungkinkan kita untuk melakukan analisis menyeluruh sehingga bisa mengukur nilai sebuah perusahaan. Kemampuan menganalisis adalah hal paling mendasar kalau kita ingin berinvestasi saham.

5. Beating The Street – Peter Lynch [1993]

Beating The Steet - Peter Lynch [1993]

Apa yang diharapkan orang ketika berinvestasi tajam? Tentu saja kita berharap kalau nilainya akan meningkat selama investasi itu berjalan. Peter Lynch membagikan kisahnya di dalam buku ini. Sosoknya yang sudah berpengalaman dalam mengelola saham membuat semua yang dia tulis di buku ini menjadi pelajaran yang penting.

Peter Lynch juga membagikan bagaimana dia mengambil keputusan penting ketika berinvestasi supaya nilai investasinya terus tumbuh setiap tahun. Peter punya prinsip sendiri yang menjadi pedoman ketika dia akan menjual dan membeli saham, semuanya dia bagikan di dalam buku ini.

6. #MILLENIALINVESTOR: Investasi Ala Milenial – Dea Salsabila dan Priscilla Siregar [2019]

#MILLENIALINVESTOR: Investasi Ala Milenial - Dea Salsabila dan Priscilla Siregar [2019]

Buku ini sangat cocok buat kita-kita yang masih muda. Gaya penulisan dibuat ringan dan kasual jadi nggak bikin bosan ketika membaca. Materi yang sebenarnya rumit disajikan dengan cara yang halus sehingga kita dapat mencerna pesan yang disampaikan dengan mudah. Ditulis oleh dua orang milenial yang sudah berinvestasi sejak muda.

Buku ini terasa dekat, pengalaman yang dibagikan oleh penulis melalui buku ini nggak jauh dari kehidupan generasi muda di Indonesia. Penulis membagikan langkah-langkah memulai investasi, cara memilih investasi, dan jenis-jenis investasi yang cocok untuk milenial. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak, segera cari bukunya, ya!

7. Invested – Danielle Town [2018]

Invested - Danielle Town [2018]

Para pemula mungkin masih agak bisa untuk membedakan antara menabung dengan berinvestasi. Meski sama-sama menyimpan uang, menabung dan berinvestasi adalah dua hal yang jauh berbeda. Danielle Town menjabarkan itu dengan lengkap dan mudah dicerna dan mengapa kita sebaiknya nggak boleh fokus menabung saja.

Mungkin kamu masih ragu-ragu apakah kamu benar-benar harus berinvestasi saham atau cukup dengan menabung saja? Buku ini akan meyakinkan kamu kalau berinvestasi akan jauh lebih baik untuk kamu di masa depan. Buku ini akan menjadi pondasi yang kuat untuk mempelajari investasi saham lebih serius.

8. Yuk Belajar Nabung Saham – Ryan Filbert Wijaya [2017]

Yuk Belajar Nabung Saham - Ryan Filbert Wijaya [2017]

Kalau kamu lebih nyaman membaca buku tentang saham karya penulis Indonesia, buku layak jadi pilihan. Bahasanya mudah dicerna dengan penuturan yang lugas. Penulisnya, Ryan Filbert adalah praktisi investasi Indonesia, jadi nggak perlu diragukan lagi tentang materi yang dia sampaikan.

Bisa dibilang, kalau kamu masih sangat awam tentang dunia saham buku ini seharusnya jadi buku pertama yang kamu baca. Buku ini cukup menjawab semua pertanyaan seputar saham yang biasanya muncul dalam benak para pemula. Karena yang menulis adalah praktisi, jadi apa yang tertulis di buku ini sudah teruji dan bukan cuma sebatas teori.

9. The Warren Buffet Way – Robert G. Hagstorm [1994]

The Warren Buffet Way

 Jangan heran kalau nama Warren Buffet sering disebut-sebut di berbagai materi yang bicara soal saham. Pengaruhnya di dunia investasi saham memang sebesar itu. Kalau buku yang diulas sebelumnya bicara soal hal-hal fundamental, kerangka, dan analisa, buku ini lebih banyak bicara soal strategi.

Seperti menjalani sebuah misi, berinvestasi juga butuh strategi. Bagaimana pun saham adalah instrumen investasi yang punya risiko. Kita nggak akan otomatis untung atau otomatis rugi. Untuk itu, kita butuh strategi kalau mau berinvestasi. Buku ini bicara tentang strategi yang dilakukan oleh salah satu orang paling berpengaruh dalam dunia saham.

10. The Disciplined Trader – Mark Douglas [1990]

The Disciplined Trader - Mark Douglas [1990]

Kedisiplinan adalah satu hal yang wajib dimiliki ketika kita ingin mempelajari bidang apa pun. Buku ini membahas aspek-aspek psikologis dan secara spesifik ditujukan untuk siapa pun yang sedang belajar investasi saham. Mark Douglas memberikan beberapa poin tentang apa yang harus kita lakukan untuk melatih diri ketika berinvestasi.

Dunia saham dunia yang sangat cair, sama sekali nggak bisa diprediksi. Ada orang-orang yang bisa mengukur, memproyeksikan, atau menebak masa depan saham suatu perusahaan, namun semua itu nggak bersifat mutlak. Untuk itu kita perlu melatih diri untuk disiplin menghadapi dinamika saham dan buku ini punya materi yang bagus tentang itu.

Buku tentang saham yang sudah diulas di atas bisa jadi alat untuk memperdalam pemahaman kita. Setelah itu, tentu saja kita akan selalu butuh buku-buku baru karena kita nggak boleh berhenti belajar.

Ada buku tentang saham yang menurut kamu bagus? Mari berbagi di kolom komentar. Hal-hal yang bermanfaat sebaiknya jangan disimpan sendiri ya teman-teman. Selamat membaca!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *